Sunday, October 5, 2014

Bacaan Ringan "KISAH REINKARNASI DALAM SATU KELUARGA"

http://massandry.blogspot.com
Banyak orang Barat percaya bahwa hanya penduduk Asia bagian Tenggara yang percaya pada reinkarnasi, tetapi banyak kaum Muslim Syiah dari Asia Barat serta orang-orang dari Timur dan Afrika Barat meyakininya. Orang-orang Afrika kemudian membawanya ke bagian-bagian dari masyarakat di Brasil dan banyak suku-suku asli di utara-barat Amerika Utara mempercayainya. Para antropolog telah melaporkan kepercayaan yang sama dari suku Ainu di Jepang dan suku-suku di tengah Australia.

Orang Barat cenderung melihat keyakinan itu dengan skeptis tetapi keyakinan ini mengalami perkembangan yang meningkat. “Sebuah survei yang dilakukan tahun 1968 menunjukkan bahwa 18 persen orang di delapan negara Eropa Barat percaya pada reinkarnasi. Sebuah survei serupa yang dilakukan di Amerika Utara menunjukkan bahwa 20 persen orang Amerika dan 26 persen orang Kanada mengatakan bahwa mereka percaya pada reinkarnasi. Dalam survei-survei selanjutnya di Amerika Serikat, 23 persen dari responden melaporkan pada tahun 1982 dan 26 persen dari mereka yang dilaporkan di awal tahun 1990 mengatakan bahwa mereka percaya pada reinkarnasi. Demikian pula, dalam sebuah survei kemudian di Eropa (dilaporkan pada tahun 1986) 21 persen dari responden menegaskan keyakinan mereka pada reinkarnasi. Dalam survei Eropa di awal 1990-an persentase orang-orang yang percaya pada reinkarnasi telah meningkat lebih jauh. Sebagai contoh, di Prancis sekitar 28 persen, di Austria 29 persen, dan 29 persen di Great Britain “(Stevenson, 2001).

Sebuah contoh kasus reinkarnasi adalah kasus keluarga Pollock. Yang berasal dari Hexham di Northumberland.

John Pollock dan Florence Beard menikah pada tahun 1942. Johanes (nama depannya) telah menganut Katolik pada usia sembilan belas, pada tahun 1939. Dimana kepercayaan pada reinkarnasi dianggap sebagai bid’ah dalam iman Katolik tapi John yakin bahwa ia akan memberikan bukti yang akan memenuhi keinginan Gereja.

John dan Florence memiliki dua putri, Joanna dan Jacqueline ketika keluarga tersebut tinggal di Hexham. Pada 5 Mei 1957 ketika kedua anak perempuannya pergi menghadiri pertemuan anak-anak di gereja lokal ditemani oleh teman mereka Anthony Layden. Joanna saat itu berusia sebelas, Jacqueline enam tahun dan Anthony sembilan tahun. Tiba-tiba sebuah mobil yang dikemudikan oleh seorang wanita secara tidak sengaja menabrak anak-anak tersebut dan membunuh mereka hampir seketika.

John yakin bahwa doanya akan dijawab dan anak-anaknya akan terlahir kembali. Istrinya merasa ngeri dengan hal ini dan itu terbukti menjadi halangan besar pada pernikahan mereka tapi dia ternyata menjadi hamil di awal tahun 1958 dan John yakin bahwa ia akan memiliki anak perempuan kembar. Florence tidak yakin akan memiliki anak kembar karena belum pernah terdengar kelahiran kembar dalam keluarga. Dia berkonsultasi dengan dokter yang meyakinkan dia bahwa hanya satu detak jantung yang dapat dideteksi. Namun, pada tanggal 4 Oktober 1958 Nyonya Pollock ternyata melahirkan anak perempuan kembar. Yang tertua bernama Gillian dan yang lebih muda Jennifer.

John melihat bahwa Jennifer memiliki garis tipis samar di atas alis kanannya dan ingat bahwa Jacqueline, anaknya yang telah meninggal, menderita cedera di tempat yang sama ketika ia berusia tiga tahun, setelah jatuh dari sepeda-nya, dengan bekas luka di atas alis kanannya. Jennifer juga memiliki tanda lahir coklat (digambarkan sebagai cetak ‘jempol’) di pinggulnya persis seperti yang telah dimiliki Jacqueline.

Florence tidak bisa tinggal di kota tempat anak-anak perempuannya telah dibunuh dan keluarganya pindah ke Whitley Bay ketika si kembar berusia sembilan bulan. Tiga tahun kemudian keluarga tersebut mengunjungi Hexham dan menurut John anak-anaknya segera ‘mengenal’ kota tersebut. Mereka mengatakan telah mengetahui di mana sekolah saudara mereka yang telah meninggal dan mengidentifikasi bekas rumah mereka. Semua ini, keluarga tersebut mengklaim, adalah tanpa ragu. Mereka tampaknya tahu jalan-jalan sepanjang daerah tersebut dengan sangat baik dan juga menunjuk taman bermain yang sering dikunjungi oleh kakak mereka yang telah meninggal dunia. Ketika si kembar berumur empat-tahun-lama John mengambil beberapa mainan milik Joanna dan Jacqueline. Jennifer dan secara benar memberikan nama kedua boneka dan memberikan mainan yang satunya kepada adiknya yang adalah milik kakak tertua.

Keluarga Pollocks bersikeras bahwa mereka tidak pernah membicarakan tentan kakak perempuan mereka yang telah almarhum dan John mengatakan bahwa ia tidak membahas hal tersebut sampai si kembar berusia 13-tahun.

Gillian dan Jennifer dikatakan telah mencerminkan perilaku saudara mereka yang lebih tua dalam Jennifer yang sangat bergantung pada kakak(kembar)nya , Gillian, seperti Jacqueline dengan Joanna. Ketika si kembar belajar menulis Gillian segera menjepit pensil antara jari telunjuk dan ibu jarinya digenggam tetapi Jennifer menggenggam secara tinju/mengepal. Joanna, pada usia sebelas tahun telah mampu menulis dengan benar selama beberapa tahun sebelum ia meninggal, tapi Jacqueline yang berusia enam tahun waktu itu, masih memiliki kebiasaan memegang pensil dengan mengepal.

John Pollock juga mengatakan bahwa suatu hari ia menemukan si kembar berteiak histeris. Mereka tanpa diketahui bermain di luar ketika mereka tiba-tiba panik dan berteriak, “Mobil itu! Mobil! Ini datang pada kita! “

Ingatan itu berhenti ketika Gillian dan Jennifer berusia lima tahun dan mereka tumbuh sebagai perempuan muda normal tanpa kenangan dari kehidupan sebelumnya. Stevenson mengatakan bahwa dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan mereka “mereka tidak menampilkan diri sebagai menawarkan bukti reinkarnasi , tetapi mereka tidak menyangkal bukti yang orang tua mereka telah peroleh dari mengamati mereka ketika mereka masih anak-anak.”

Pada tahun 1978  Ian Stevenson mengatur untuk melakukan tes darah yang akan menunjukkan apakah kembar tersebut berasal dari satu atau dua telur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka kembar monozigot, yang berarti bahwa mereka adalah identik dan dari satu telur dan sebagai hasilnya memiliki materi genetik yang sama. Stevenson mengatakan, “Karena tanda lahir Jennifer kadang-kadang adalah turun-temurun, orang akan mengira bahwa jika tanda lahir Jennifer adalah keturunan genetik, Gillian akan memiliki tanda serupa. Tapi karena dia tidak memiliki tanda apapun, kita dapat mengandaikan bahwa itu adalah sejenis kelainan biologis selama kehamilan si kembar ‘yang memproduksi tanda lahir Jennifer tetapi hipotesis ini tidak akan berhubungan dengan ukuran dan lokasi dengan tanda di tubuh Jacqueline sebelumnya.

Dr Ian Stevenson pertama menyelidiki kasus ini pada tahun 1964 dan tetap berhubungan dengan keluarga sampai kematian John Pollock di tahun 1985. Stevenson mengatakan, “antusiasme John Pollock terhadap reinkarnasi dapat mengurangi kekuatan kasus bagi orang-orang yang tidak percaya bahwa dia dan istrinya (atau beberapa anggota keluarga lainnya) tidak pernah berbicara tentang saudara mereka yang almarhum kepada anak kembar mereka. Keyakinannya tentang reinkarnasi mungkin telah melemahkan dan bahkan menyebabkan kasus ini menjadi kurang efektif. Tapi ia dengan bijak menjawab bahwa, meskipun banyak keberatan, tapi ini memiliki beberapa manfaat, keterbukaannya terhadap reinkarnasi memungkinkan dia untuk mencatat perilaku anak perempuan kembarnya yang kebanyakan orang tua Barat akan mengabaikan atau mentertawakannya. “

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds