Monday, January 12, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH PANJANG NEGERI JEPANG DARI JAMAN PRASEJARAH - D.JEPANG ZAMAN HEIAN"

http://massandry.blogspot.com
D. Zaman Heian (794 M – 1185 M)

1) Keadaan Zaman
Untuk membangun kembali pemerintahan Ritsuryō yang kacau, kaisar Kanmu memindahkan ibukota ke Heian-kyō (sekarang Kyōto) pada tahun 794 M. Pada zaman ini, tanah pribadi yang bebas pajak (shōen) semakin bertambah. Para petani kecil melepaskan hak untuk membayar pajak kepada negara dan menyerahkannya kepada bangsawan terkemuka. Kemudian bangsawan tersebut dianggap majikannya dan petani tersebut menggarap tanah majikannya. Pajak yang seharusnya diberikan kepada negara malah masuk ke bangsawan penguasa shōen. Akibatnya penghasilan negara makin berkurang dan golongan bangsawan semakin makmur.

Keluarga Fujiwara yang memiliki shōen sangat banyak menjadi kaum penguasa (kizoku) yang paling berkuasa. Kekuasaan Fujiwara pun mulai menjalar ke istana. Hal itu terjadi setelah Fujiwara Yoshifusa diangkat menjadi Sesshō (penasehat bagi kaisar yang belum dewasa) bagi kaisar Seiwa pada tahun 858 M. Kemudian Fujiwara Mototsune menjadi orang pertama yang menjadi Kanpaku (penasehat bagi kaisar yang telah dewasa). Puncaknya terjadi pada masa Fujiwara Michinaga. Pada masa itu kebudayaan golongan aristokrasi telah mencapai kemakmurannya dan kekayaan Fujiwara melebihi kekayaan kaisar.

Saat keluarga Fujiwara hidup mewah di ibukota, kaum militer meluaskan kekuasaannya di daerah. Kaum militer membentuk kelompok militer dengan kaum bangsawan yang berkuasa. Dua kekuatan militer yang paling besar adalah keluarga Minamoto (Genji) dan keluarga Taira (Heishi). Pada pertengahan abad ke-11, kekuatan Fujiwara yang ditaktor melemah. Tennō Shirakawa yang meskipun telah turun tahta tapi tetap masih memerintah (Jōko) memegang kekuasaan tunggal pemerintahan. Setelah itu terjadi pertentangan antara Jōko dengan Tennō. Masing-masing bersekutu dengan dua kaum militer terkuat yaitu keluarga Taira dan Minamoto.

Selama tahun 1160 M – 1199 M terjadi peperangan antara keluarga Taira melawan keluarga Minamoto. Peperangan ini dikenal dengan peperangan Hōgen&Heiji. Zamannya dinamakan zaman Genpei. Pada saat itu keluarga Taira (sekutu dari pihak Tennō) yang dipimpin Kiyomori, mengalahkan keluarga Minamoto (sekutu dari pihak Jōko) yang dipimpin Yoshitomo sehingga menggantikan kekuasaan Fujiwara. Dengan runtuhnya keluarga Fujiwara, zaman Heian pun berakhir.

2) Kebudayaan
http://moshimoshi.netne.net/materi/sejarah_jepang/bab_4_files/image015.gifHiragana (urutan iroha)
Pada zaman Heian, kebudayaannya masih mencontoh Cina, tetapi memasuki akhir abad ke-9 dinasti Tang mulai goyah. Karena pengaruh Cina makin berkurang, maka muncullah kebudayaan baru khas Jepang (Kokufū bunka).

Di bidang sastra lahirlah tulisan Hiragana dan Katakana untuk menggantikan Manyōgana (kanji yang dibaca dalam bunyi bahasa Jepang). Huruf yang lahir pertama kali adalah Katakana. Katakana diciptakan oleh Kibinomakibi. Pada saat itu Katakana hanya digunakan oleh laki-laki. Kemudian lahirlah Hiragana yang diciptakan oleh Kobodaishi. Pada saat itu Hiragana hanya digunakan oleh wanita. Karya-karya sastra yang berkembang pada zaman ini adalah Waka. Atas perintah kaisar dibuatlah kumpulan Waka yang disebut Kokinwakashū.

Selain itu berkembang pula Nikki (catatan harian), Zuihitsu (essay), dan Monogatari (cerita/dongeng). Yang paling terkenal saat itu adalah Genji monogatari karangan Murasaki Shikibu yang menceritakan kehidupan di kalangan istana. Ada juga Makuranosōshi karya Seishōnagon. Bahasa pun mengalami perkembangan. Pada zaman ini dipakai bahasa Jepang klasik (Chūko nihongo) yang merupakan perkembangan dari bahasa Jepang kuno (Jōdai nihongo).

Dari segi industri, kertas berkembang sangat pesat. Pabrik kertas didirikan dan teknik membuat kertas semakin berkembang.

3) Peninggalan
Ruang Phoenix (Hōdō) yang terdapat di kuil Byōdōin yang didirikan oleh Fujiwara Yorimichi di Kyōto adalah bangunan yang paling terkenal pada zaman ini. Cara membangunnya merupakan cara membangun tempat tinggal penguasa pada saat itu yang disebut Shinden zukuri. Bangunan terkenal lainnya adalah istana Heian. Istana ini dibangun meniru gaya di Chang’an. Tapi tahun 1227 M istana ini habis terbakar.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds