Monday, January 12, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH PANJANG NEGERI JEPANG DARI JAMAN PRASEJARAH - L.JEPANG ZAMAN HEISEI"

http://massandry.blogspot.com
L. Jepang Zaman Heisei (1989 M – Sekarang)

1) Keadaan Zaman
Zaman Heisei merupakan zaman kaisar Akihito berkuasa (8 Januari 1989 sampai sekarang). Setelah kaisar Shōwa meninggal dunia, diputuskan pemberian nama zaman sesudah zaman Shōwa adalah zaman Heisei. Heisei dapat diartikan ”damai di mana-mana”.

Pada zaman ini Jepang mengalami Perang Dingin (1985 – 1991).
Pada awal zaman ini Jepang juga masih mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada tahun 1989 M Yen menguat terhadap dolar. Suku bunga menjadi rendah. Investasi pun meningkat sampai 60%. Saham Nikkei mencapai rekor tertinggi yaitu 39.000. Tapi pada tahun 1991, saham tersebut jatuh pada kisaran 15.000. Peristiwa tersebut dikenal dengan ”gelembung ekonomi” (bubble economy). Efek dari krisis ekonomi pada keluarga jepang rata-rata telah terbatas dan ini mungkin karena penekanan jepang berhemat dan menabung. Ekspor jepang utama meliputi mobil, mesin industri, dan aksesoris komputer. Amerika Serikat mengimpor sekitar seperempat dari semua ekspor jepang. Di masa lalu Jepang telah mempertahankan surplus perdagangan dengan amerika serikat, yang telah menjadi sumber ketegangan antara kedua negara. namun, pada 2009, Jepang mengalami defisit perdagangan pertamanya dalam 28 tahun karena permintaan luar negeri menyusut, khususnya di Amerika Serikat.

Pada tahun 1995 terjadi gempa bumi besar berkekuatan 7,2 SR di Kobe dan menewaskan lebih dari 5000 orang.
Pada tahun 2002 Jepang bersama dengan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2002.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds