Saturday, January 10, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH TOKUGAWA CLAN - TOKUGAWA IEYASU - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Tokugawa Ieyasu
徳川家康
Tokugawa Shogun : ke-1
Masa jabatan : 1603–1605
Penguasa Monarki : Go-Yōzei
Didahului oleh : Zaman Sengoku
Digantikan oleh : Tokugawa Hidetada

Informasi Pribadi
Lahir : 31 Januari 1543 Istana Okazaki, Mikawa
Meninggal : 1 Juni 1616 (umur 73) Sunpu, Jepang
Suami/istri : Lady Tsukiyama
Ayah : Matsudaira Hirotada
Ibu : Odainokata
Anak Legitimate
Matsudaira Nobuyasu
Kame-hime
Anak Illegitimate
Yūki Hideyasu
Toku-hime
Tokugawa Hidetada

Tokugawa Ieyasu (徳川 家康; lahir di Okazaki, 31 Januari 1543 – meninggal di Shizuoka, 1 Juni 1616 pada umur 73 tahun; lahir dengan nama Matsudaira Takechiyo 松平 竹千代) adalah seorang daimyo dan shogun di Jepang. Pendiri Keshogunan Tokugawa (Tokugawa Shogunate) yang memerintah Jepang sejak menaklukkan Ishida Mitsunari dalam Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600 hingga Restorasi Meiji pada tahun 1868. 

Bersama dengan Toyotomi Hideyoshi dan Oda Nobunaga, Ieyasu adalah salah satu dari tiga pemersatu Jepang pada periode Sengoku. Ia memerintah dari tahun 1600 karena sepeninggalan Hideyoshi terjadi perebutan kekuasaan di antara para daimyo. Daimyo Ieyasu akhirnya berhasil merebut kekuasaan keshogunan. Ieyasu mendirikan keshogunan Tokugawa, Pemerintahannya dipusatkan di Edo (sekarang Tokyo). Selama 264 tahun (1603-1868) keshogunan Tokugawa berkuasa di Jepang. Selama periode ini, Jepang cenderung tertutup dari dunia luar. Keshogunan Tokugawa berakhir setelah Restorasi Meiji yang menandai berakhirnya keshogunan Tokugawa sekaligus menjadi keshogunan terakhir di Jepang.

Daftar isi  [sembunyikan] 
1 Kehidupan awal (1542–1556)
2 Kebangkitan (1556–1584)
3 Ieyasu dan Hideyoshi (1584–1598)
4 Kampanye Sekigahara (1598–1603)
5 Sebagai Shogun
5.1 Shogun Ieyasu (1603–1605)
5.2 Pensiunan shogun (1605-1616)
5.3 Pengepungan Osaka
6 Wafat

Kehidupan awal (1542–1556)
Ieyasu lahir di Istana Okazaki di wilayah Mikawa pada hari ke 26 bulan ke 12 dan tahun ke 11 tenbun, Kalender jepang. awalnya bernama Matsudaira Takechiyo, ia adalah anak dari Matsudaira Hirotada (松平 広忠), Daimyo Mikawa dari klan Matsudaira, Ibunya bernama Odainokata (於大の方), putri seorang samurai Mizuno Tadamasa. Dua tahun kemudian, Odainokata dikirim kembali ke keluarganya dan tidak pernah kembali lagi.

Klan Matsudaira terpecah pada tahun 1550; di satu sisi memilih mengikuti Klan Imagawa dan di sisi lain lebih memilih Klan Oda. Akibatnya, Ieyasu menghabiskan awal kehidupannya dalam bahaya karena dampak dari perang Oda-Imagawa. Perseteruan Klan Matsudaira muncul akibat dari pembunuhan kakek Ieyasu, Matsudaira Kiyoyasu. Berbeda dari ayahnya yang disenangi oleh Klan Imagawa.

Tahun 1548, ketika Klan Oda menginvasi Mikawa, Hirotada meminta bantuan kepada Imagawa Yoshimoto, Daimyo Klan Imagawa, untuk mengusir Klan Oda dari Mikawa. Yoshimoto menyetujui untuk membantu dengan ketentuan Hirotada mengirim anaknya Takechiyo ke Sumpu sebagai sandera, Hirotada setuju. Oda Nobuhide, pemimpin Klan Oda, mempelajari tentang perjanjian ini dan menculik Ieyasu dari Rombangan dalam perjalanannya ke Sumpu. saat itu Ieyasu baru berumur enam tahun.

Nobuhide mengancam akan mengeksekusi Takechiyo/Ieyasu kecuali ayahnya memutuskan semua hubungan dengan klan Imagawa. Hirotada menjawab apabila mengkorbankan anaknya akan terjadi masalah serius dengan klan Imagawa. Meskipun menolak, Nobuhide memilih untuk tidak membunuh Takechiyo melainkan menahannya selama tiga tahun di kuil Manshoji, Nagoya.

Pada tahun 1549, ketika Takechiyo berumur tujuh tahun, ayahnya, Hirotada meninggal dunia. Pada waktu yang hampir sama, Oda Nobuhide meninggal dunia karena wabah. Kematiannya menjadi pukulan berat bagi klan Oda. tentara di bawah Komando Imagawa, Sessai Taigen mengepung benteng yang menjadi tempat tinggal Daimyo baru Klan Oda, Oda Nobuhiro. dengan benteng yang akan jatuh, Sessai menawarkan pengepungan apabila Klan Oda tidak mau menyerah atau menyerahkan Takechiyo diambil sebagai sandera dan dibawa ke sunpu. Disini ia mendapatkan kehidupan yang cukup baik sebagai sandera dan sekutu Imagawa yang berpotensi di masa depan.

Kebangkitan (1556–1584)
Pada tahun 1556 dia beranjak dewasa, dan, mengikuti tradisi, mengubah namanya dari Matsudaira Takechiyo menjadi Matsudaira Jirōsaburō Motonobu (松平 次郎三郎 元信). Satu tahun kemudian, di usia 16 (menurut perhitungan penanggalan Asia Timur), dia menikahi istri pertamanya dan mengubah namanya lagi menjadi Matsudaira Kurandonosuke Motoyasu (松平 蔵人佐 元康). Diizinkan kembali ke Mikawa tempat kelahirannya, Imagawa memerintahkan dia untuk melawan klan Oda dalam serangkaian pertempuran. Motoyasu berjuang pertempuran pertama di Pengepungan Terabe dan kemudian berhasil mengantarkan persediaan untuk benteng perbatasan melalui serangan malam berani.

Pada 1560 pimpinan klan Oda telah beralih pada pemimpin brilian Oda Nobunaga. Imagawa Yoshimoto memimpin pasukan besar (sekitar 20.000 pasukan) menyerang wilayah klan Oda. Motoyasu dengan pasukannya merebut sebuah benteng di perbatasan dan kemudian tinggal di sana untuk mempertahankannya. Akibatnya, Motoyasu dan orang-orangnya tidak hadir pada Pertempuran Okehazama dimana Yoshimoto dibunuh oleh serangan kejutan Oda Nobunaga.

Dengan kematian Yoshimoto, Motoyasu memutuskan untuk bersekutu dengan klan Oda. Perjanjian rahasia perlu dilakukakan karena istri Motoyasu dan bayinya, Nobuyasu, disandera di Sunpu oleh klan Imagawa. Pada tahun 1561, Motoyasu secara terbuka berpisah dari Imagawa dan merebut benteng Kaminojo. Motoyasu kemudian melakukan pertukaran istri dan anaknya dengan istri dan putri penguasa benteng Kaminojo. Pada 1563 Nobuyasu menikah dengan putri dari Nobunaga, Tokuhime.

Selama beberapa tahun ke depan, Motoyasu mereformasi klan Matsudaira dan menenteramkan Mikawa. Dia juga memperkuat pengikut kuncinya dengan memberi mereka tanah and istana di Mikawa. Mereka yaitu: Honda Tadakatsu, Ishikawa Kazumasa, Koriki Kiyonaga, Hattori Hanzō, Sakai Tadatsugu, and Sakakibara Yasumasa.

Motoyasu mengalahkan pasukan militer dari Mikawa Monto di Provinsi Mikawa pada Pertempuran Azukizaka. Monto adalah kelompok biarawan yang suka berperang yang berkuasa di Provinsi Kaga dan memiliki banyak kuil di tempat lainnya di Jepang. Mereka menolak untuk mematuhi perintah Motoyasu dan jadi dia berperang dengan mereka, mengalahkan pasukan mereka dan merobohkan kuil mereka. Pada suatu pertempuran, Motoyasu hampir tewas ketika ia terkena peluru yang tidak menembus baju besinya. Kedua pasukan, Motoyasu dan pasukan Monto menggunakan senjata mesiu baru dari Portugis yang diperkenalkan di Jepang 20 tahun sebelumnya.

Pada tahun 1567 , Motoyasu mengubah namanya lagi, nama keluarga barunya adalah Tokugawa dan nama pemberiannya sekarang Ieyasu. Dengan demikian, ia mengaku sebagai keturunan dari klan Minamoto. Tidak ada bukti yang membenarkan ini yang diduga keturunan dari Seiwa Tennō, Kaisar ke-56 Jepang .

Ieyasu tetap menjadi sekutu Oda Nobunaga dan tentara Mikawa-nya adalah bagian dari pasukan Nobunaga yang ditangkap di Kyoto pada tahun 1568. Pada saat yang sama Ieyasu sedang memperluas wilayahnya sendiri. Dia dan Takeda Shingen, daimyo klan Takeda di Provinsi Kai membuat aliansi dengan tujuan menaklukkan semua wilayah Imagawa. Pada tahun 1570 , pasukan Ieyasu ditangkap di Provinsi Tōtōmi ketika pasukan Shingen merebut Provinsi Suruga (termasuk ibukota Imagawa, Sunpu).

Ieyasu mengakhiri aliansi dengan Takeda dan melindungi bekas musuh mereka, Imagawa Ujizane; ia juga bersekutu dengan Uesugi Kenshin dari klan Uesugi - musuh klan Takeda. Setelah tahun itu, Ieyasu memimpin 5.000 paaukannya membantu Nobunaga di Pertempuran Anegawa melawan klan Azai dan Asakura.

Pada bulan Oktober 1571, Takeda Shingen, yang sekarang bersekutu dengan klan Hōjō, menyerang wilayah Tokugawa dari Tōtōmi. Ieyasu meminta bantuan kepada Nobunaga, yang mengutus sekitar 3.000 pasukan. Awal tahun 1573, kedua pasukan bertemu di Pertempuran Mikatagahara. Tentara Takeda, di bawah arahan Shingen, menyerang pasukan Ieyasu sampai mereka terpecah-belah. Ieyasu melarikan diri dengan hanya 5 orang ke sebuah istana di dekatnya. Ini adalah kerugian besar bagi Ieyasu, tapi Shingen tidak mampu mengeksploitasi kemenangan karena Ieyasu segera mengumpulkan tentara baru dan menolak untuk bertempur Shingen lagi di medan perang.

Keberuntungan memihak Ieyasu, setahun kemudian, Takeda Shingen gugur dalam pengepungan di awal tahun 1573. Shingen digantikan oleh putranya yang tidak berkemampuan, Takeda Katsuyori. Pada tahun 1575, tentara Takeda menyerang istana Nagashino di Provinsi Mikawa. Ieyasu meminta bantuan Nobunaga untuk membantu dan hasilnya, Nobunaga secara pribadi datang memimpin pasukan yang sangat besar (sekitar 30.000 pasukan). Oda - Tokugawa dengan kekuatan 38.000 pasukan memenangkan kemenangan besar pada tanggal 28 Juni 1575, pada Pertempuran Nagashino, Takeda Katsuyori selamat dari pertempuran dan mundur kembali ke Provinsi Kai.

Selama tujuh tahun ke depan, Ieyasu dan Katsuyori berjuang di serangkaian pertempuran kecil. Pasukan Ieyasu berhasil merebut kendali Provinsi Suruga dari klan Takeda.

Pada 1579, istri Ieyasu, dan putra sulungnya, Matsudaira Nobuyasu, dituduh oleh Nobunaga bersekongkol dengan Takeda Katsuyori untuk membunuhnya. Istri Ieyasu dieksekusi dan Nobuyasu dipaksa untuk melakukan seppuku. Ieyasu kemudian mengangkat anak ketiganya, sekaligus anak kesayangannya, Tokugawa Hidetada, sebagai ahli waris, karena putra keduanya diadopsi oleh Toyotomi Hideyoshi, pemimpin masa depan dari Jepang.

Akhir peperang dengan Takeda tiba pada tahun 1582 ketika sebuah gabungan pasukan Oda - Tokugawa menyerang dan menaklukkan Provinsi Kai. Takeda Katsuyori, serta putra sulungnya Takeda Nobukatsu, dikalahkan di Pertempuran Temmokuzan dan kemudian melakukan seppuku.

Pada akhir 1582, Ieyasu sedang dekat dengan Osaka dan jauh dari wilayah sendiri ketika ia mengetahui bahwa Nobunaga dibunuh oleh Akechi Mitsuhide. Ieyasu berhasil melakukan perjalanan berbahaya kembali ke Mikawa, menghindari pasukan Mitsuhide di sepanjang perjalanan, karena mereka berusaha untuk menemukan dan membunuhnya. Satu minggu setelah ia tiba di Mikawa, pasukan Ieyasu bergerak untuk membalas dendam pada Mitsuhide. Tapi mereka terlambat, Hideyoshi mengalahkan dan membunuh Akechi Mitsuhide dalam Pertempuran Yamazaki.

Kematian Nobunaga berarti bahwa beberapa provinsi yang diperintah oleh pengikut Nobunaga, siap untuk perebutan. Pemimpin Provinsi Kai melakukan kesalahan dengan membunuh salah seorang ajudan dari Ieyasu. Ieyasu segera menyerbu Kai dan mengambil kendali. Hōjō Ujimasa, pemimpin klan Hōjō menanggapi dengan mengirimkan banyak pasukan yang lebih besar ke Shinano dan kemudian ke Provinsi Kai. Tidak ada pertempuran yang terjadi antara pasukan Ieyasu dan pasukan besar Hōjō dan , setelah beberapa negosiasi , Ieyasu dan Hōjō setuju untuk penyelesaian yang meninggalkan Ieyasu menguasai kedua Provinsi Kai dan Shinano, sedangkan Hōjō menguasai provinsi Kazusa (serta sebagian kecil dari kedua Provinsi Kai dan Shinano) .

Pada saat yang sama (1583) perang untuk menguasai Jepang terjadi antara Toyotomi Hideyoshi dan Shibata Katsuie. Ieyasu tidak ikut dalam konflik ini, membangun reputasinya baik untuk berhati-hati dan kebijaksanaan. Hideyoshi mengalahkan Katsuie di Pertempuran Shizugatake - dengan kemenangan ini, Hideyoshi menjadi daimyo paling kuat di Jepang.

Pada tahun 1584, Ieyasu memutuskan untuk mendukung Oda Nobukatsu, putra tertua dan pewaris Oda Nobunaga, untuk melawan Hideyoshi. Ini adalah tindakan berbahaya dan bisa mengakibatkan kehancuran bagi Tokugawa.

Pasukan Tokugawa mengambil benteng tradisional Oda di Owari, Hideyoshi merespon dengan mengirim pasukan ke Owari. Ekspedisi Komaki adalah satu-satunya saat pemersatu Jepang berperang satu sama lain: Hideyoshi melawan Ieyasu. Ekspedisi ini bersifat ragu-ragu dan setelah berbulan-bulan ekspedisi yang sia-sia dan penuh kepura-puraan, Hideyoshi menyelesaikan perang melalui negosiasi. Pertama-tama dia berdamai dengan Oda Nobukatsu, dan kemudian ia menawarkan gencatan senjata kepada Ieyasu. Kesepakatan itu dibuat pada akhir tahun, sebagai bagian dari perjanjian, putra kedua Ieyasu, O Gi Maru, menjadi anak angkat Hideyoshi.

Ajudan Ieyasu, Ishikawa Kazumasa, memilih untuk bergabung dengan daimyo yang lebih unggul dan ia pun pindah ke Osaka untuk bersama Hideyoshi. Namun, hanya beberapa pengikut Tokugawa lainnya mengikuti contoh ini.

Hideyoshi memahami kecurigaanya terhadap Ieyasu , dan lima tahun berlalu sebelum mereka berperang sebagai sekutu. Tokugawa tidak berpartisipasi dalam invasi Hideyoshi di Shikoku dan Kyushu .

Pada tahun 1590 Hideyoshi menyerang daimyo independen terakhir di Jepang, Hōjō Ujimasa. Klan Hōjō memerintah di delapan provinsi di wilayah Kanto di Jepang bagian timur. Hideyoshi memerintahkan mereka untuk tunduk pada otoritas tetapi mereka menolak. Meskipun Ieyasu adalah teman dan sesekali bersekutu dengan Ujimasa, menggabungkan kekuatan 30.000 samurainya dengan pasukan Hideyoshi yang berjumlah sekitar 160.000. Hideyoshi menyerang beberapa istana di perbatasan dari klan Hōjō dengan sebagian besar pasukannya mengepung istana Odawara. Pasukan Hideyoshi merebut Odawara setelah enam bulan (anehnya di periode itu, korban di kedua belah pihak hanya sedikit). Selama pengepungan ini , Hideyoshi menawarkan kesepakatan radikal kepada Ieyasu. Dia menawarkan Ieyasu delapan provinsi Kanto yang mereka akan rebut dari Hōjō sebagai imbalan atas lima provinsi yang saat ini dikendalikan Ieyasu (termasuk provinsi asal Ieyasu dari Mikawa ). Ieyasu menerima proposal ini. Tertunduk oleh kekuatan luar biasa dari pasukan Toyotomi , Hōjō menerima kekalahannya, para pemimpin Hōjō bunuh diri dan Ieyasu bergerak masuk dan menguasai provinsi mereka, jadi mengakhiri pemerintahan klan lebih dari 100 tahun.

Ieyasu sekarang menyerahkan kendali dari lima provinsi (Mikawa , Totomi , Suruga , Shinano , dan Kai) dan memindahkan semua prajurit dan pengikutnya ke wilayah Kanto. Dia sendiri menduduki kota benteng Edo di Kanto. Ini mungkin adalah langkah paling berisiko yang pernah dibuatnya - untuk meninggalkan kampung halamannya dan mengandalkan loyalitas tak menentu dari para samurai Hōjō sebelumnya di Kanto. Dalam peristiwa tersebut, itu berhasil dengan cemerlang bagi Ieyasu. Ia mereformasi provinsi Kanto, mengendalikan dan menenangkan samurai Hōjō dan meningkatkan infrastruktur ekonomi di wilayahnya. Juga, karena Kanto agak terisolasi dari sekitar Jepang, Ieyasu mampu mempertahankan tingkat otonomi yang unik dari pemerintahan Hideyoshi. Dalam beberapa tahun, Ieyasu telah menjadi daimyo paling kuat kedua di Jepang. Ada pepatah Jepang yang kemungkinan mengacu pada peristiwa ini : "Ieyasu memenangkan Kekaisaran dengan mundur."

Pada tahun 1592, Hideyoshi menginvasi Korea sebagai awal untuk rencananya untuk menyerang Cina (lihat Invasi Jepang ke Korea (1592-1598) untuk informasi lebih tentang kampanye ini). Samurai Tokugawa tidak pernah mengambil bagian dalam kampanye ini. Di awal tahun 1593, Ieyasu dipanggil ke pengadilan Hideyoshi di Nagoya (di Kyūshū, berbeda dari kota yang dieja sama di Provinsi Owari), sebagai penasehat militer. Dia tinggal di sana selama lima tahun ke depan. Meskipun sering absen, putra Ieyasu, pengikut setia dan bawahannya mampu mengendalikan dan meningkatkan Edo dan wilayah baru Tokugawa lainnya.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds