Friday, January 16, 2015

Bacaan Ringan "SENJATA TRADISIONAL SAMURAI DAN TINGKATAN - PART 1"

http://massandry.blogspot.com

Katana aka Pedang adalah senjata panjang bermata, digunakan dalam berbagai bentuk oleh berbagai peradaban di seluruh dunia One Piece.

Pedang fundamental terdiri dari pedang, dengan satu atau dua tepi untuk menusuk dan memotong, dan gagang untuk mencengkeram. Maksud dasar dan bentik fisik dari ilmu pedang cukup konstan selama berabad-abad, namun teknik yang sebenarnya bervariasi antar budaya dan periode sebagai akibat dari perbedaan dalam desain pedang dan kegunannx. Nama-nama yang diberikan kepada banyak pedang dalam mitologi, sastra, dan sejarah mencerminkan prestise tinggi sebuah senjata.

Meito
Pedang adalah senjata yang sangat umum di dunia One Piece. Banyak orang memegang pedang, tapi ada orang-orang yang berlatih keras, dan belajar untuk menggunakan pedang dengan sangat baik. Orang-orang ini dikenal sebagai pendekar pedang. Sepanjang One Piece, pedang muncul dalam berbagai kelas dan jenis yang berbeda. Beberapa pedang yg mereka egang dinamai dan bahkan diklasifikasikan sebagai "meito".

Meito (名刀 Meitō, secara harfiah berarti "Pedang Terkenal" atau "Pedang Bagus") Bukan tipe pedang melainkan status pedang.

Di Jepang, ini berarti pedang yg memiliki sejarah dan status legendaris. Pedang biasanya memiliki kualitas yang menonjol di atas semua pedang lainnya dalam daya tahan dan ketajaman. Meito kadang-kadang dikaitkan dengan prajurit yang memegang dan menjadi bagian dari identitasnya. Terlepas dari siapa yang memiliki mereka meito dipandang dengan hormat tertinggi di Jepang dan diberi meito adalah untuk membawa kehormatan besar bersamanx. Seringkali prajurit yang kalah dalam pertempuran akan diambil meito mereka dari mereka oleh pemenang, sehingga kehilangan kehormatan mereka bersama dgn kehilangan Meito.

Untuk memegang suatu meito terhormat, biasanya akan diturunkan kepada mereka dari master ke siswa atau dari anggota keluarga lainnya. Ada beberapa metode lain di samping ini yang diterima tetapi jarang. Metode lain mendapatkan meito terhormat itu akan ditawarkan, hal ini biasanya sebagai menunjukkan perasaan hormat dari satu orang ke orang lain. Seorang prajurit juga dapat menang dalam pertempuran melawan prajurit lain dalam duel yang adil dan dengan demikian diizinkan untuk mengklaim itu sebagai milik mereka.

Untuk mencuri meito atau menggunakan tindakan lain yang tercela adalah menunjukkan rasa tidak hormat pda meito dan prajurit yang melakukannya akan sangat dibenci. Untuk menempatkan status meito dalam gaya berpikir orang barat, yang mna meito akan dianggap dalam status setara dengan pedang seperti Excalibur (yang akan dianggap sebagai Raja Arthur "meito" dalam arti Jepang).

Dalam One Piece, meito sering salah diterjemahkan sebagai salah bagian dari nama pedang (misalnya Zorro yang Shusui yang sering dicatat oleh fans sebagai "Meito Shusui" bukan hanya "Shusui" dalam kesalahan orang-orang yang tidak mengerti bahwa Meitou adalah status) atau sebagai "nama pedang".

Impian Tashigi adalah untuk membebaskan semua meito dari tangan penjahat seperti bajak laut. Dia percaya pedang menangis karena bukannya digunakan untuk perbuatan mulia dan terhormat, mereka malah digunakan untuk kejahatan. Alasannya mengejar Zoro untuk mendapatkan kepemilikan meito nya, Wado Ichimonji yang dia percaya adalah di tangan orang jahat. Sejauh yang kita tahu ia telah mengambil pedang Kashū, pedang tidak terdaftar sebagai Meitou tapi masih salah satu Kelas Pedang Ryo Wazamono.

Katana
Katana (刀 katana, Secara harfiah berarti "backsword") adalah jenis pedang Jepang. Ini adalah bermata tunggal, pedang melengkung yang digunakan oleh banyak samurai. Diucapkan sebagai "kah-tah-nah", baik katana dan katanas dapat diterima sebagai bentuk jamak. Shigure Tashigi adalah sebuah katana. Panjang katana adalah antara 60-73 sentimeter. Peringkat tinggi Marinir, terutama Wakil Admirals, menggunakan katana atau pedang yang sangat menyerupai katana.

Kogatana
Kogatana (小刀 kogatana, Secara harfiah berarti "pedang/pisau kecil bermata satu") adalah versi yang sangat kecil dari sebuah katana. Hal ini lebih seperti pisau tangan, dan biasanya digunakan untuk cadangan saat melawan samurai. Sebuah kogatana biasanx berukuran tangan orang rata-rata sekitar ukuran belati kecil. Dracule Mihawk menggunakan ini untuk melawan lawan yang lemah, dan kadang-kadang menggunakannx untuk makan.

Daito
Daripada senjata tertentu, Daito (大刀 Daito, secara harfiah berarti "pedang panjang") Sebenarnya merupakan kategori pedang dibawah katana dan tachi. Untuk memenuhi syarat sebagai Daito, pedang harus memiliki pisau lebih panjang dari 2 Shaku (sekitar 24 inci atau 60 cm) dalam garis lurus. Dalam kasus Roronoa Zoro, ketiga pedang yang ia gunakan untuk itu Santoryu semua dikukuhkan sebagai Daito katanas.

Nodachi
Nodachi (野 太 刀 nodachi, Secara harfiah berarti "field sword") adalah pedang dua tangan besar Jepang. Dibandingkan dengan katana, nodachi lebih sulit untuk dipegang karena ukuran dan berat, tetapi - seperti senjata apapun - bisa sangat mematikan jika prajurit yg menghunus itu terampil. Panjang gagang nodachi itu bervariasi antara 12-13 inci (30-33 cm). Kemampuan memotong dan jangkauan melebihi yang dari katana, karena berat dan ukuran. Nodachi panjangnx bisa mencapai 1,50 meter. Kapten Heart Pirates, Trafalgar Law memengang salah satu, akan digunakan dalam saat terdesak dengan kekuatan Buah Iblis nya. Shiliew, mantan Kepala keamanan Impel Down, juga memiliki salah satu pedang jenis ini.

Cutlass
Cutlass (カットラス Kattsutorasu) Adalah pedang pendek dan tebal, dengan bentuk lurus atau sedikit melengkung dan tajam di ujungnx, dan gagang sering menampilkan penutup seperti perisai penjaga. Terbaik dikenal sebagai senjata pilihan para pelaut, mungkin karena itu juga cukup kuat untuk memotong tali berat, kanvas, dan kayu. Itu juga cukup pendek untuk digunakan di tempat yang relatif dekat. Banyak prajurit Marinir berpangkat rendah dan bajak laut yang terbukti memegang salah satu pedang jenis ini.

Saber
Saber (サーベル Sāberu) Adalah jenis pedang dengan ujung pisau tunggal dengan penjaga tangan yang besar. Pisau yang biasanya (tetapi tidak selalu) melengkung panjang variabel. Tidak seperti cutlass, pedang ini lebih panjang dan tipis. Pedang ini sering terlihat sedang digunakan oleh karakter latar belakang. Penggunaan paling menonjol dari satu ini adalah dengan Shanks, yang tampaknya lebih menyukainx dari jenis pedang lainnya. Pedang-Nya tampaknya lebih besar daripada yang normal. Vista juga mempekerjakan dua pedang jenis ini dalam pertempuran. Laksamana Onigumo menggunakan delapan pedang ini dalam perubahan yg berbasis laba-laba dari kekuatan Buah Iblis nya.

Kukri
Kukri (ククリ Kukuri) Adalah pedang berat melengkung yg digunakan untuk sebagai alat dan senjata. Pedang ini sedikit bengkok pada sudut 20 °, meskipun beberapa contoh memiliki sudut yang sangat curam. Kukri dimulai dengan 3 hingga 10 cm, panjangnya 30 cm dan seterusnya, meruncing ke arah tepi dari margin atas luas. Hampir selalu memiliki sisi tunggal dan hampir tidak pernah memiliki "false edge". Ini biasanya memiliki tulang belakang yang sangat tebal dan dalam banyak hal merupakan hibrida antara pisau dan kapak. "Big-knife" yang digunakan oleh Sarquiss menyerupai kukri, dan Helmeppo menggunakan dua kukri untuk pertempuran.

Shikomizue
Shikomizue (仕込み 杖 shikomizue, secara harfiah berarti "prepared cane") Adalah pedang yg biasanya disembunyikan di dalam tongkat. Brook telah terlihat memegang jenis ini untuk Gaya Anggar nya, Kaku menggunakan sepasangan yang juga menyerupai shirasaya katanas, dan Roronoa Zoro juga menggunan satu dalam kilas balik di anime.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds