Thursday, May 23, 2013

Bacaan Ringan "SEJARAH JAWARA BETAWI TEMPO DOELOE"

http://massandry.blogspot.com
Dulu, di tanah Betawi, gak pernah sepi ama yg namanya Jawara. Jago-jago silat yang rata-rata bergelang bahar dan bergolok itu ‘ngamprak’ dimana-mana. Sampai-sampai mau ngelamar pacar  kudu dites ilmu silatnya dulu ama calon mertua. Kalau kalah tanding urusannya bisa gagal jadi menantu. Maklum, itu waktu kompeni ada dimana-mana. Kompeni kalau bertindak suka semau-maunya. Main tangkap dan main hajar sembarangan. Banyak pemuda Betawi yang mati kapiran ditangan kompeni-kompeni biadab itu. Belum lagi kelakuan centeng-centeng tuan tanah yang gak kalah bengisnya. Orang-orang kampung yang gak mau bayar utang habis dibikin babak belur. Makanya jangan heran kalau anak-anak muda Betawi getol belajar silat buat ngelawan yang begituan. Dan pada abad 18 muncul se’gambreng’ jawara-jawara dari tanah Batavia, mulai dari Tenabang, Pekojan, Mester, Rawa Belong, Kemayoran, Kwitang, Kebon Nanas, Cawang, Condet, Depok, ama Bekasi. Itu waktu jawara yang terkenal di Betawi banyak banget, ada Pitung, Jampang, Ji’ih, Entong Gendut, Wan Kadir, Mat Peci, Sabeni, Murtado, Darip, Jaelani, Puase, Ja’man, Mat Item, Wan Ali Lubi, Wan Hamid Kranji, Asenie, dan masih banyak lagi.

Jawara Betawi rata-rata berilmu tinggi. Tapi malang melintang di Betawi itu waktu gak bisa cuma ngandelin silat. Itu jawara-jawara harus punya ilmu lain biar tambah sakti. Macam-macam ilmu kesaktian yang dijadiin andelan jawara, diantaranya ilmu pancasona, anti bacok, anti pelor, ilmu terbang, dan ilmu rawarontek. Jago-jago ilmu kebal yang rata-rata tinggal di daerah Kulon atawa Banten disamperin banyak jawara-jawara buat berguru nambah ilmu. Jawara yang baru pulang berguru dari Kulon bakal disegenin ama jawara-jawara lain dan pasti bakal bikin centeng tuan tanah pada kebakaran jenggot, urusan rentenir tuannya bisa disetop ama itu jawara yang pasti ngebela orang miskin. Tapi ada juga jawara berkepandaian tinggi yang gak hampir-hampir gak pernah pakai kekerasan buat memberantas kezaliman dan kejahatan kayak Wan Kadir jawara asal Kebon Coklat, Kampung Melayu. Wan Kadir gak perlu repot-repot nurunin tangan buat membasmi jawara-jawara yang jahat. Cukup pakai mulut itu jawara-jawara sudah gemeteran dan langsung kabur terbirit-birit. Habis generasi Wan Kadir muncul lagi dua murid penerusnya menggantikan Wan Kadir kayak Wan Ali Lubi dan Wan Hamid yang cara ama gaya jawaranya tidak berbeda jauh dengan Wan Kadir.

Dengan keahlian silat yang dimiliki, para jago-jago Betawi membela orang-orang kampung yang dizolimi. Centeng-centeng bayaran yang biasa petantang petenteng nagih utang, tulak pinggang sambil doak-doakan balik dibikin bengap-bengap. Tuan tanah kepalanya jadi pusing. Bule kumpeni juga begitu. Penghasilan Kumpeni dari setoran pajak jadi berkurang. Para staf di Gubernemen Hindia Belanda badannya pada encok-encok. Hidupnya jadi gak tenang. Gubernur Belanda puter otak sampai begadang-begadang. Cara satu-satunya biar tenang itu jawara-jawara kudu ditangkep dan dibui, kalau ngelawan kumpeni biar ditembak mati aja sekalian. Akhirnya itu jawara-jawara pada jadi buronan kumpeni di kampung sendiri.

Kumpeni nyuruh marsose, opas, ama centeng-centeng masuk keluar kampung buat nangkep jawara-jawara. Tapi yang dicari susah banget ketemu. Malahan ada jawara yang udah dikepung Kumpeni pake bisa lolos. Tapi kalau pas giliran ketemu urusannya malah jadi tambah keblangsak. Serdadu Belanda dibikin pulang tinggal nama alias ko’it. Centeng-centeng habis digaplokin sampai bonyok-bonyok. Dari sekian banyak jawara yang selamat gak ketangkep, ada jawara –jawara yang justru mati ditangan Kumpeni. Entong Gendut ama Pitung hidup di satu jaman, tapi dua-duanya mati diberondong peluru emas marsose. Entong Gendut ditembak mati di kali Ciliwung Condet, kalau Pitung ditembak mati di Marunda. Tapi itu mayit-mayit jawara dikubur jiwa perjuangannya gak ikut terkubur, malah perjuangannya makin berkobar dilanjutin ama jawara-jawara Betawi lain.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds