Friday, August 3, 2012

Fakta Dunia "20 MITOS SEJARAH TERBESAR DUNIA"

http://massandry.blogspot.com

Dikatakan bahwa siapapun yang tidak tahu sejarah dilarang untuk mengulanginya – dan selama banyak kesalahan sejarah yang Anda dengar, banyak sejarah adalah sesuatu yang tak ingin Anda ulangi. Tetapi, banyak “fakta” sejarah yang terkenal adalah mitos, tanpa dasar apapun. Berikut adalah 20 contoh yang paling umum, yang telah menyesatkan dan membodohi orang-orang selama bertahun-tahun, dasawarsa, atau berabad-abad.

Bila lebih banyak orang yang tahu faktanya, sejumlah pencetak sejarah besar akan dikenal (Anda kenal Ub Iwerks?), beberapa orang terkenal akan berhenti mengambil keuntungan, dan kita bisa berhenti menyalahkan apel untuk segalanya! Mari mulai dengan kesalahpahaman berikut…

20. Hawa memakan apel yang buruk
Satu apel sehari bisa mengusir dokter, tetapi mereka masih mempunyai pengartian salah mengenai “buah terlarang” yang dimakan Hawa di surga, yang menjadikan hidup semakin sulit bagi kita (ketika Adam & Hawa diusir dari surga). Kenyataannya, tidak ada di manapun disebutkan buah apel dalam cerita Injil mengenai Adam dan Hawa. Hanya disebut “buah pohon yang ada di tengah-tengah taman” (Genesis 3:3). OK, bisa saja sebuah apel, tapi bisa saja aprikot, mangga, atau lainnya. Di dalam Qur’an disebutkan bahwa buah tersebut ialah buah khuldi.

19. Newton tertimpa sebuah apel
Apel terus menuai kecaman buruk dengan cerita terkenal bahwa ilmuwan Sir Isaac Newton duduk di bawah pohon, memikirkan masalahnya, ketika sebuah apel jatuh di kepalanya. Memberinya inspirasi untuk hukum gravitasi, atau apel yang malang ini takkan pernah dimaafkan! Tapi ketika apel jatuh ini adalah cerita yang bagus, sebenarnya tak pernah terjadi. Cerita ini pertama diterbitkan dalam sebuah esai karya Voltaire, jauh setelah kematian Newton. Sebelumnya, keponakan Newton, Catherine Conduitt, adalah satu-satunya orang yang pernah bercerita tentang itu. Hal ini sebenarnya adalah penemuan.

18. Walt Disney menggambar Mickey Mouse
Salah satu karakter fiksi paling terkenal di dunia, Mickey Mouse, dikenal sebagai karya Walt Disney. Tetapi, Mickey adalah visi animator nomor satu Disney, Ub Iwerks. Disney, tidak pernah menjadi seorang seniman besar, yang selalu bermasalah dalam menggambar karakter yang menjadikan dirinya terkenal. Baginya, Iwerks dikenal sebagai animator tercepat dalam perusahaannya. Ia menggambar film pendek Mickey pertama dengan satu tangan, Plane Crazy (1928), dalam dua minggu. (sekitar 700 gambar setiap hari) Tetapi memberikan sejumlah peran pada Disney – ketika film dirilis tahun itu, Disney menjadi suara latar Mickey.

17. Marie Antoinette berkata “Biarkan mereka makan kue”
Tahun 1766, Jean Jacques Rousseau menulis sebuah insiden 25 tahun sebelumnya, dimana “seorang permaisuri besar” (nama tak diketahui) diberitahu bahwa rakyatnya tidak memiliki roti. “Dan biarkan mereka makan kue,” ia menanggapi. Ketika Rousseau menulis ini, Marie Antoinette adalah seorang putri berusia 11 tahun di Austria. Revolusi Perancis baru dimulai 23 tahun kemudian. Mitos bahwa ia mengatakan kata-kata terkenal ini mungkin disebarkan oleh para propagandis revolusi, untuk menggambarkan tanggapan dinginnya terhadap penderitaan rakyat Perancis.

Di poin selanjutnya dalam daftar ini, kita akan mengungkap kisah panjang Napoleon, dan menguak bagaimana para penyihir TIDAK mati, sebagaimana yang telah Anda dengar…

16. The Great Train Robbery adalah film fitur pertama
Ketika dirilis pada 1903, “The Great Train Robbery” mengawali beberapa teknik, termasuk cut lompat, close-up sedang dan alur cerita yang kompleks. Tetapi film fitur pertama? Film ini hanya sepuluh menit! Bahkan film pendek pun lebih panjang dari ini. Film fitur pertama adalah film 100 menit dari Australia, “The Story of the Kelly Gang”, dirilis tiga tahun kemudian. Bahkan bila Anda berpikir film fitur sebagai “fitur” sebuah program sinema, maka gelarnya diberikan pada sejumlah film Perancis yang dibuat pada 1890-an.

15. Van Gogh memotong telinganya
Van Gogh dikenal sebagai seniman yang kelaparan, hanya menjual satu lukisan seumur hidupnya, dan – dalam pertengkaran dengan Gauguin – memotong telinganya, tidak lama sebelum bunuh diri. Meskipun ia menghadapi akhir yang tragis, dan lukisannya sedikit terjual, tidak sia-sia ia menghabiskan hidupnya mengajar seni. Ia hanya menghabiskan delapan tahun dalam hidupnya untuk melukis, yang membantu menjelaskan mengapa ia tidak mati kelaparan. Juga, ia tidak memotong seluruh telinganya, hanya sebagian kuping kiri. Menyakitkan, tapi tak seburuk yang Anda kira.

14. Penyihir dibakar di Salem
Pengadilan penyihir Salem (Massachusetts) tahun 1692 memimpin pada penahanan 150 orang, 31 diantaranya diadili dan 20 dieksekusi. Meskipun pengadilan ini terjadi tanpa penyelidikan, banyak kesalahpahaman terhadap mereka. Sebagai awalnya, 31 “penyihir” terkutuk tidaklah semuanya wanita. Enam diantaranya pria. Juga, mereka tidak dibakar. Sebagaimana yang diketahui para pemburu penyihir, seorang penyihir takkan pernah dihukum mati dengan metode ini. Hukum gantung adalah metode umum- meskipun satu orang dihukum mati dengan melempar batu besar.

13. Napoleon hanyalah seorang kopral kecil
Sebagian orang percaya bahwa ambisi besar Napoleon dikarenakan postur tubuhnya yang kecil. Bukan seperti itu. Aslinya, Napoleon disebut Le Petit Corporal (”Sang Kopral Kecil”), tapi ia memiliki tinggi 1.7 meter – lebih tinggi daripada rata-rat orang Perancis abad ke-18. Jadi mengapa diberi gelar ini? Dalam awal karir militernya, para tentara menggunakannya untuk mengejek pangkatnya yang rendah. Nama ini melekat terus, bahkan sampai ia menjadi pemimpin Perancis.

12. Raja John menandatangani Magna Carta
Magna Carta (Perjanjian Besar) dikenal sebagai titik penting dalam sejarah, membatasi kekuasaan Raja Inggris dan menebarkan benih-benih demokrasi. Lukisan-lukisan memperlihatkan Raja John menandatangani Magna Carta di sebuah padang rumput di Runnymede pada tahun 1215. Cukup adil, kecuali untuk satu hal. Selain penjahat, John juga buta huruf. Bila Anda melihat satu dari empat Magna Carta yang ada, ia hanya memberikan lambang kerajaan. Tak ada tanda tangan.

11. Walter Raleigh memperkenalkan kentang dan tembakau ke Inggris
Sir Walter Raleigh – penjelajah, kurir, prajurit – adalah salah seorang figur mitos terbesar yang disebutkan berasal dari Inggris. Sebenarnya setiap alasan atas ketenarannya tidak benar. Apakah ia tampan? Menurut kesaksian tertulis, ia bukanlah lukisan minyak – meskipun katanya ia membuat terkesan Ratu Elizabeth I, dan memegang reputasi sebagai pria idaman. Apakah ia meletakkan jaket di atas genangan air sehingga Ratu dapat berjalan melaluinya? Tidak, sama sekali bohong. Paling penting, ia tidak kembali dari kunjungannya ke Dunia Baru (Amerika) sambil membawa kentang dan tembakau pertama Inggris. Meskipun Raleigh dikatakan memperkenalkan kentang pada 1586, malah sebenarnya tumbuh pertama kali di Italia pada 1585, dan menyebar cepat ke seluruh Eropa (bahkan melintasi Selat Inggris). Juga, meskipun orang-orang dari seluruh Eropa menyalahkan Sir Walter karena kecanduan rokok mereka, Jean Nicot (asal usul nama ‘nikotin’) memperkenalkan tembakau ke Perancis tahun 1560. Tembakau menyebar ke Inggris dari Perancis, bukan Dunia Baru.

10. Magellan mengelilingi dunia
Semua orang tahu dua hal mengenai penjelajah Portugal, Ferdinand Magellan. Satu, ialah orang pertama yang mengelilingi dunia; dan dua, pada perjalanan berseajrahnya, ia dibunuh oleh warga asli Filipina. Tentunya, dua hal ini saling bertabrakan. Magellan hanya berhasil setengah jalan keliling dunia, memberikan sisa perjalanan pada asistennya, Juan Sebastian Elcano, untuk menyelesaikan pelayaran ini.

9. Nero bermain biola ketika Roma terbakar
Kita semua tahu kisah tentang Kaisar Nero yang marah yang memulai Kebakaran Besar Roma tahun 64 M, kemudian, kemudian bermain biola ketika kota terbakar. Tetapi, hal ini sangatlah tidak mungkin. Untuk satu hal, biola baru ditemukan 1.600 tahun kemudian. Baiklah, sejumlah versi cerita ini menyebutkan ia bermain seruling atau lyre – tapi kemudian, para cendekiawan memindahkan kaisar ke villanya di Antium, 30 mil jauhnya, ketika kebakaran dimulai. Meskipun ia tak bersalah dalam bencana ini, tetapi, banyak bukti bahwa ia kejam dan bejat.

8. Kapten Cook menemukan Australia
Banyak orang Australia setuju bahwa bukan dia yang melakukannya – kecuali alasan yang salah. Mereka akan menunjukkan bahwa, bertahun-tahun sebelum Cook tiba di Sydney tahun 1770, Australia telah dikunjungi oleh penjelajah Belanda, Abel Tasman dan Dirk Hartog, dan seorang bajak laut, William Dampier. Tentunya, sudah ditemukan 50.000 tahun yang lalu oleh penduduk asli Australia. Supaya adil bagi Cook, ia memang menemukan bagian baru dari daratan ini – dan lebih penting lagi, kali ini mengikutsertakan para penetap berkulit putih pertama (kesempatan yang tidak dilakukan Tasman, Hartog dan Dampier). Mari katakan Cook menemukan Australia! Baik, tapi Cook sebenarnya seorang Letnan ketika berlayar ke Daratan Selatan. Pangkat “kapten” bisa saja, tapi sangat salah – dan – dan karena ia sering dipanggil “Kapten Cook” maka bisa saja ini bagian dari namanya, inilah yang perlu diperbaiki.

7. Shakespeare menulis cerita Hamlet
William Shakespeare dikenal umum sebagai penulis drama terhebat yang pernah hidup, bahkan meskipun sebagian dramanya bukan asli, tapi sebenarnya adaptasi dari cerita sebelumnya. “The Tragedy of Hamlet, Prince of Denmark” (1603), bisa jadi dramanya yang paling terkenal, didasarkan pada cerita rakyat Skandinavia. Meskipun bukan versi asli cerita ini, kita bisa menganggapnya sebagai yang terbaik.

6. Amerika Serikat merdeka pada 4 Juli 1776
Tahan kembang apinya! Sebagaimana yang diketahui anak-anak sekolah Amerika (dan banyak non-Amerika) , bapak pendiri Amerika menandatangani Deklarasi Kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Tetapi, perang berkobar kembali selama tujuh tahun berikutnya sebelum kemerdekaan dari Inggris diberikan penuh pada 3 September 1783. Pada hari itu, George III dari Inggris dan para pemimpin AS menandatangani Perjanjian Damai. (menurut saya hal ini mirip dengan perang kemerdekaan Indonesia melawan Belanda setelah 1945, tetapi pada 1945 sudah banyak negara yang mengakui Indonesia)


5. Edison menemukan lampu listrik
Thomas Edison dikenal sebagai penemu terhebat di dunia. Rekornya – 1.093 paten – masih mengejutkan kita lebih dari seabad kemudian. Hebatnya, kecuali untuk satu hal: ia tak pernah menemukan sebagian dari mereka. Kebanyakan penemuan Edison adalah hasil dari teknisinya yang tak pernah terkenal – dan penemuannya yang paling terkenal, lampu listrik, bahkan bukan hasil dari laboratoriumnya. Empat puluh tahun sebelum Edison lahir, ilmuwan Inggris Sir Humphry Davy menemukan penerangan (menggunakan filamen karbon). Selama bertahun-tahun, sejumlah inovator memperbarui model karya Davy. Masalahnya tak satupun yang dapat menyala lebih dari 12 jam sebelum filamennya pecah. Pencapaian lab Edison adalah menemukan filamen yang tepat yang dapat menyala selama berhari-hari. Pencapaian yang besar, tapi bukan yang pertama.

4. Columbus membuktikan bahwa Bumi bulat
Adalah penulis Amerika Serikat Washington Irving, sekitar 500 tahun setelah Columbus berlayar ke Amerika, yang menyebutkan penjelajah Italia ini sebagai yang pertama membuktikan bahwa Bumi bulat, menentang kepercayaan Bumi datar pada waktu itu. Faktanya, sebagian besar warga Eropa yang berpendidikan pada masa Columbus tahu bahwa Bumi bulat. Sejak abad ke-4 SM, tidak satupun yang percaya bahwa Bumi datar. Bila bukan ini masalahnya, Columbus takkan pernah berlayar untuk membuktikan Bumi bulat… sebenarnya karena ia sendiri tidak percaya itu! Columbus mengira Bumi berbentuk buah pir. Ia berlayar untuk membuktikan lainnya: bahwa Asia lebih dekat daripada yang dikira orang-orang. Bahkan mengenai ini, ia salah. Sekalian memperbaiki catatannya, perlu diketahui bahwa ia tak pernah mendarat di daratan Amerika. Daratan yang telah ia jejaki adalah Kepulauan Bahama. Memang berbentuk buah pir!

3. Gandhi membebaskan India
Bagi bangsa Barat, Mahatma Gandhi adalah pemimpin gerakan kemerdekaan India. Ia berhak menggunakan ideologi kuno Ahimsa (tanpa kekerasan). Tetapi, sebagian sejarawan setuju bahwa kemerdekaan India sudah pasti terjadi. Gandhi hanyalah salah seorang pemimpin kemerdekaan. Kongres Nasional India didirikan pada 1885, ketika ia hanya berusia 16 tahun. Ketidakpedulian sipil Gandhi hanyalah bagian kecil dalam gerakan ini, dan sejumlah sejarawan bahkan mengatakan bahwa India bisa memperoleh kemerdekaan lebih awal bila mereka lebih fokus pada metode memaksa yang diterapkan 50 tahun sebelumnya, dan masih didukung oleh pemimpin kemerdekaan lainnya, seperti pesaing Gandhi, Netaji Chandra Bose (yang juga dihormati di India).

2. Yesus lahir tanggal 25 Desember
Natal ditujukan untuk merayakan kelahiran Yesus, tapi belum ada bukti, dalam Injil atau lainnya, bahwa Ia lahir di hari itu. Tak satupun yang mengatakan bahwa Ia lahir di sebuah palungan, atau bahwa ada tiga pria bijak (meskipun beberapa orang mengatakan tiga hadiah). Juga ada pandangan berbeda mengenai mengapa 25 Desember dipilih sebagai Hari Natal, tapi salah satu hal yang menarik adalah bahwa hari itu juga dirayakan oleh para pengikut Mithras, dewa teratas dalam kepercayaan Yunani yang berkembang di Mediterania Timur sekitar 100 SM. Para pengikut kepercayaan ini percaya bahwa Mithras lahir dari seorang perawan pada 25 Desember, dan kelahirannya disaksikan oleh para penggembala…

Yang membawa kita pada mitos sejarah nomor satu – sesuatu yang telah merasuki otak hampir semua anak-anak sekolah di Amerika Serikat…

1. George Washington adalah Presiden Amerika Serikat pertama
Semua orang “tahu” bahwa Washington adalah presiden pertama (sejauh ini) dari 43 Presiden AS. Tetapi , bukan ini yang sebenarnya. Pada Revolusi Amerika Serikat, Kongres Kontinental (atau ‘Kongres Gabungan Amerika Serikat’) memilih Peyton Randolph sebagai Presiden pertama. Dibawah Randolph, salah satu tindakan pertamanya adalah membentuk Tentara Kontinental (sebagai pertahanan melawan Britania Raya), menunjuk Jenderal Washington sebagai komandannya. Randolph digantikan pada 1781 oleh John Hancock, yang memimpin kemerdekaan dari Britania Raya (lihat mitos #6). Setelah Washington mengalahkan Britania dalam Pertempuran Yorktown, Hancock mengirimkannya surat ucapan selamat. Balasan dari Washington dikirimkan kepada “The President of the United States”. Delapan tahun kemudian, sebagai pahlawan perang, Washington sendiri menjadi Presiden yang terpilih langsung pertama di Amerika – tapi sebagai, Presiden ke-TUJUH BELAS! (menurut saya, Washington adalah presiden ke-17 bila sejarah juga mencatat para Presiden Kongres Kontinental)