Monday, August 13, 2012

Tokoh Terkenal "TUJUH PIMPINAN NAZI - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Sebagai organisasi politik besar, Nazi tentu memiliki tokoh-tokoh kunci yang amat disegani. Umumnya amat sadis, loyal pada partai, otoriter, dan ambisius. Jumlahnya mencapai puluhan. Berikut tujuh di antaranya:

Adolf Hitler (1889 – 1945)
DIKTATOR PENJUNJUNG TEORI DARWIN
Agaknya tidak ada manusia di dunia ini yang terobsesi teori evolusi Charles Darwin sebesar obsesi Adolf Hitler. Ketika Nazi yang dipimpinnya mulai eksis di wilayah Eropa, ia berusaha mewujudkan impian “membuat” manusia yang sempurna secara membabi buta dan mengerikan berdasarkan teori evolusi tersebut. Bahkan, dalam bukunya yang berjudul Mein Kampf(Perjuanganku), ia menyamakan ras non Eropa sebagai kera.

Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn, Austria, pada 20 April 1889 dari seorang ayah bernama Alois Hitler, pensiunan pegawai bea cukai. Mengikuti ayahnya yang berpindah mukim, Hitler kecil tumbuh di kota Lambach. Di sini ia banyak belajar dan menghabiskan waktu di sekolah biara Katolik yang mempunyai beberapa ukiran berbentuk Swastika. Kedekatan dengan biara membuatnya mengidolakan biarawan yang melayani sekolah tersebut. Bahkan ia pernah bercita-cita ingin menjadi biarawan, terlebih karena mereka bisa bernyanyi dengan suara yang indah.

Namun beranjak dewasa, ia segera melupakan cita-citatersebut. la ingin menjadi seorang seniman. Untuk itu ia segera berangkat ke Wina, mencoba keberuntungan mendaftar pada sebuah universitas seni, namun gagal. Akibatnya, ia luntang-lantung menjadi tunawisma di kota tersebut.

Cita-citanya berubah kembali ketika Jerman meletupkan Perang Dunia I. Kali ini ia ingin menjadi tentara. Yang satu ini bisa dilakoni tanpa banyak masalah. la mendaftardan langsung dikirim ke medan pertempuran. la bertugas sebagai pengantar pesan pada pasukan Infanteri Resimen Bavaria ke-16. Saat itu usianya sudah 25 tahun.

Selalu beruntung
Entah kebetulan entah tidak, sejak gabung di kemiliteran, kehidupan Hitler selalu diliputi keberuntungan. Khususnya dalam urusan maut dan ajal. Sebagai misal, ketika resimennya terlibat pertempuran hebat dengan pasukan lnggris dan Belgia di leper. Dari 3.000 anggota, 2.500 orang tewas, luka-luka atau hilang. Hitler termasuk dari sebagian kecil yang lolos tanpa menderita suatu luka berarti. Padahal tempat ia biasa berdiri beberapa kali dihujani bom. la selalu pindah beberapa detik sebelum bom jatuh.

la mendapat luka pertama ketika terjun dalam medan perang di kota Somme, pada 7 Oktober 1916. Luka yang diderita adalah akibat terkena pecahan mortir. Setelah PD I berakhir, ia termasuk yang selamat walau harus terbaring di rumah sakit lebih dulu sebelum diperbolehkan pulang. Matanya buta sementara akibat gas klorin yang ditembakkan pasukan Inggris.

Keberuntungan terus menyertai, juga ketika ia berkuasa penuh sebagai pemimpin Nazi. Sedikitnya enam kali percobaan pembunuhan terhadap dirinyayang dilakukan orang-orang terdekat, selalu gagal  secara aneh. Pada puncaknya ketikaterjadi peristiwa Plot 20 Juli.

Pada 20 Juli 1944, sekelompok militer Jerman pimpinan Kolonel Graf von Stauffenberg yang menentang rezim Hitler, berencana meledakkan Hitler di markasnya sendiri. Saat itu, Hitler mengadakan konferensi militer di sebuah wisma kayu di dekat Wolfsschanze (Sarang Serigala), markas besar Hitler. Kolonel Graf von Stauffenberg membawa serta sebuah tas berisi born waktu. Dengan berpura-pura akan ke kamar kecil, ia menitipkan tas kepada seorang opsir. Saat ia keluar itulah, born yang diletakkan di samping kaki opsir tersebut meledak.

Namun lagi-lagi Hitler beruntung. Saat itu, ia tengah medengarkan paparan dari salah seorang perwira. Posisinya membungkuk, menghadap peta-peta yang terpapar di sebuah meja kayu yang tebal. Tubuhnya selamat karena terhalangi oleh meja kayu tersebut. Hanya tangan kanannya lu mpuh sementara, sedikit rambut hangus, pakaian kayak dan punggung terluka terkena reruntuhan bangunan.

Akibat Plot 20 Juli, 4.980 orang Jerman dihukum mati. Sebagian ditembak, termasuk Stauffenberg, dan yang lainnya digantung dengan kawat piano.

Eugenetika
Hitler mulai berkuasa di Partai Nazi pada 1929. Selain karena usahanya yang keras, ini juga berkat keberuntungannya. Disebut keberuntungan karena ia masuk kegiatan parti bukan karena keinginan pribadi. la masuk ke dalam Deutsche Arbeiterpartei (DAP), lebih karena ditugaskan pimpinan AD Jerman untuk memata-matai kegiatan bawah tanah partai buruh ini.

Di partai ini, ia bukannya bertugas melainkan malah tertarik untuk menjadi anggota dan mengembangkan parti ini agar lebih vokal. Itu karena ia menganggap DAP bisa mengakomodir obsesi pribadinya mengkritik kelemahan Pemerintah Weimar yang mau begitu saja tunduk menandatangani Perjanjian Versailles 1991. Banyak pengamat, mengatakan, obsesi tersebut merupakan cerminan rasa nasionalis Hitler yang kebetulan juga dimiliki banyak rakyat Jerman yang tak ingin kehidupannya terpuruk oleh perjanjian penutup Perang Dunia I yang amat menghina Jerman itu.

Ia kemudian menjadi pengurus DAP pada Juli 1921. Suara lantang dan kepandaian berpidato terbukti sebagai berkah yang mengantarkannya menjadi ketua DAP, yang kemudian berubah nama menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau Nazi. Di bawah Kepemimpinan nya yang kharismatis dan megalomaniak, dalam waktu singkat partai ini kebanjiran anggota baru, termasuk dari kalangan pengusaha.

Hitler sesungguhnya tercatat sebagai anggota DAP ke-555. Namun, karena merasa diri terhormat dan berperan penting dalam pengembangan DAP, ia lalu memajukan nomor keanggotan itu ke nomor 7 agar terkesan sebagai pendiri partai yang cemerlang.

Apa pun itu, ia memang cemerlang. Kemenangannya dengan suara mayoritas secara berturut-turut dalam pemilu tahun 1929 di kota Coburg dan Thuringen membuat Presiden Jerman, Paul von Hindenburg, mau tak mau mengangkatnya menjadi Kanselir Jerman.

Pada saat itu, keadaan Jerman sebagai negara yang kalah perang dalam Perang Dunia I memang sangat sulit. Segala sesuatu diatur dalam berbagai perjanjian yang dikendalikan oleh Sekutu sebagai pemenang perang. Akibatnya, timbul semacam amok dalam diri Kanselir Hitler.

Saat itu, Teori Evolusi Darwin sangat merasuk di otaknya. Salah satu prinsip teori yang menginspirasinya adalah bahwa setiap makhluk hidup harus bertarung demi mempertahankan hidup. Prinsip ini diterapkannya dengan memulai penyerangan terhadap negara-negara tetangga, seperti Austria, Cekoslovakia, Prancis, Rusia, dan lain-lainnya. Kemenangan demi kemenangan yang diraih membuatnya besar kepala dan ingin menguasai dunia.

Akhirnya, konsep eugenetika pun dipakai. Eugenetika bisa diartikan sebagai perbaikan ras manusia dengan memperbanyak individu-individu yang sehat dan membuang individu yang cacat atau sakit. Individu yang sehat, bisa dihasilkan dari perkawinan individu yang sehat pula.

Hitler menerapkan konsep tersebut dengan tangan besi. Dan hasilnya sungguh mengerikan. Orang-orang lanjut usia, cacat fisik dan mental serta penyakitan dari seluruh Jerman dikumpulkan dalam suatu pusatsterilisasi khusus. Di sini mereka dihabisi karena dianggap parasit. Untuk mendapatkan ras Arya (Jerman) murni, ia menganjurkan pemuda-pemudi Jerman yang berambut blonde (pirang) dan bermata biru untuk melakukan hubungan seks bebas.

Hingga 1935, sebagai diktator, ia mendirikan ladang-ladang khusus reproduksi manusia. Di dalamnya, pemudi-pemudi Jerman dikumpulkan dan harus melayani setiap pria dari ras Arya yang masuk, demi mendapatkan keturunan yang unggul.

Yang lebih gila, ukuran tengkorak manusia Jerman, terutama yang baru lahir, juga diukur. Ini karena menurut Teori Evolusi Darwin, volume otak makhluk hidup akan membesar saat menaiki tangga evolusi. Akibatnya, bayi yang mempunyai volume otak tak sesuai, harus juga disingkirkan. Dengan demikian, akan didapat manusia yang benar-benar sempurna untuk dijadikan prajurit masa depan Jerman.

Kontroversi
Masa kejatuhan Hitler diawali selepas ia menyerang Polandia. Kemenangan gilang-gemilang dan mengejutkan dengan taktik blitzkrieg membuat Inggris dan Prancis sadar akan bahaya dari negara tetangganya ini. Kedua negara lalu menyatakan perang dan membuka lembaran Perang Dunia II.

Dengan bantuan Amerika Serikat dan Uni Soviet, mereka menggempur pertahanan Hitler dari berbagai sisi. Pertempuran mematikan terjadi ketika pasukan Sekutu menghancurkan pasukan Jerman dari arah Barat, yakni di Pantai Normandia sementara pasukan Uni Sovyet menekan mu ndur Jerman dari wilayah Timur, persisnya dari arah Stalingrad.

Berangsur-angsur, kekuasaan Nazi pun pudar. la mulai merasa bahwa kekalahan telah tak bisa ditolak manakala tentara Rusia sudah berangsur mengalir ke arah Berlin. Ketika para panglima perangnya menyatakan tak bisa membendung lagi serangan demi serangan dan iaterpojok di bungker bawah tanah Berlin, ia pun sepakat mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Pdatanggal 30 April 1945, bersama Eva Braun, wanita yang baru dikawininya pada tanggal 29 April, Hitler bunuh diri di Sarang Serigala. Hitler menembak kepalanya sendiri sementara Eva Braun menenggak kapsul sianida. Begitu pun ia tak mau jasadnya jatuh ke tangan musuh. Untuk itu ia berpesan agar setelah mati, tubuhnya segera dibakar.

Sepak terjang Hitler membuat beberapa kontroversi. la merupakan penganjur diwujudkannya mobil murah untuk rakyat Jerman. Mobil ini dinamai Volkswagen/ VW (mobil rakyat). Sampai sekarang mobil dengan merk ini masih laris di pasaran.

Ia juga menyalahkan komunisme dan kaum Yahudi sebagai penyebab kebangkrutan ekonomi dunia. Untuk itu, ia berupaya menyerang dan melenyapkan kaum Yahudi, terutama di Eropa, secara keji. Menurut khabar, jumlah kaum Yahudi yang dibunuh mencapai 6 juta orang. Namun menurut penelitian terakhir yang dilakukan Profesor Roger Garaudi dan Profesor Rober Farisun dari Perancis serta Lois Marschalko dari Hongaria, jumlah kaum Yahudi di Eropa saat itu hanya berkisar 1-1,5 juta orang. Yang berada dalam jangkauan Hitler kira-kira hanya 500 ribu orang saja.

Dalam hasil penelitian tahun 1978 yang dipublikasikan di surat kabar Le Mondeitu, mereka menyebutkan bahwa Yahudi telah memanipulasi datatentang jumlah korban demi mendapatsimpati dari dunia.
Sampai sekarang, di Jerman dan beberapa negara lain masih terdapat beberapa kelompok yang mengikuti pemikiran Hitler. Kelompok dinamai sebagai Neonazi. (gat)

Martin Bormann (1900 – ?)
MANAJER YANG PENUH MUSLIHAT
Hitler dan Nazi boleh berkuasa penuh atas Jerman, namun di balik itu semua ternyata ada satu orang yang dikenal pandai mengakomodir keduanya hingga bisa menjadi suatu kesatuan yang mahadahsyat. la adalah Martin Bormann, “manajer” Sang Fuhrer. la menyiapkan pidato, mengatur pertemuan, menyederhanakan administrasi, bahkan jugaterlibat langsung hingga prosesi pernikahan, pembuatan surat wasiat, dan bunuh diri yang dilakukan sang majikan.

Semua itu tak akan diserahkan kepadanya kalau saja Bormann bukan orang kepercayaan Hitler.Jabatan resminya adalah sekretaris pribadi, yang mana pengaruhnya seolah-olah bertindak sebagai manajer Kanselir Jerman.

Bormann dilahirkan pada 17 Juni 1900 di Wegeleben, dekat Halberstadt, Jerman. Ayahnya seorang sersan mayor yang kemudian beralih menjadi seorang pegawai kantor pos. Karena situasi yang sulit, Bormann remaja terpaksa drop out sekolah dan harus bekerja di sebuah pertanian di Mecklenburg. Dan beberapa bulan sebelum Perang Dunia I berakhir, ia bergabung dengan pasukan Freikorps di Mecklenburg sebagai seorang cannoneer pasukan artileri.

Tahun 1924, bersama Rudolf Hoss, iaterpaksa mendekam selama setahun di penjara karena terlibat pembunuhan brutal atas Walther Kadow, seorang yang dianggap penghianat negara. Selepas penjara, ia bergabung dengan NSDAP di kota Thuringia. Di sini karirnya bersinar terang hingga dipercaya menjadi manajer bisnis pada 1928.

Kedudukan itulah yang membuatnya dekat dengan Nazi dan Adolf Hitler. Kedekatan ini selanjutnya bisa disimak dari kesediaan Hitler menjadi saksi pernikahan Bormann dengan Gerda Buch pada 1929.

Sekretaris pribadi
Karir Bormann terus menanjak. Pada Oktober 1933, ia menjadi anggota ReichsleiterNSDAP dan kemudian menjadi anggota Reichstag (DPR). Bersamaan dengan itu, ia juga menjadi sekretaris pribadi Rudolf Hess hingga 1941, saat Hess memutuskan melakukan misi rahasia ke lnggris. Peristiwa itu menjadi pintu masuk bagi Bormann untuk masuk lebih dalam dan menjadi orang kepercayaan Hitler, yang saat itu sudah berkuasa penuh di Jerman.

Bormann yang piawai berbisnis, juga menggalang kampanye bertajuk The Adolf Hitler Endowment Fund of German Industry, yang berhasil mengeruk dana dalam jumlah yang besar. Dalam suatu pertemuan Hitler berkata, “Untuk memenangkan peperangan ini, aku memerlukan Bormann!” la pun diangkat sebagai sekretaris pribadinya.

Lengkaplah sudah karir Bormann sebagai tangan kanan Hitler. Pengaruhnya sangat besar, hingga sejarawan meyakini bahwa Bormann juga yang berada di balik peristiwa holocaustterhadap kaum Yahudi. Sepanjang hidupnya, Bormann yang berperangai kasar memang dikenal anti-Semit, rasial dan menentang gereja. Namun, iajuga dikenal sangat licin bermuslihat.

Salicin belut
Akhir perang agaknya tidak serta merta mengakhiri “hidup” Bormann. la seperti punya banyak nyawa. Orang yang pernah menjadi saksi pernikahan Hitler ini mempunyai banyak kisah kematian. Sejarah mencatat, ia mati ditembak tentara Rusia saat berusaha menerobos pengepungan Rusia, dua hari setelah Hitler bunuh diri. Namun ada yang meyakini ia bunuh diri menenggak sianida di sebuah jembatan di Sunga Spree di Berlin.

Pada 1946, ada saksi yang mengaku melihat Bormann di sebuah biara di Italia Utara. Tak sedikit pula yang meyakini, dengan mengoperasi plastik di wajah, ia berhasil melarikan diri ke Amerika Selatan. Di Argentina, secara diam-diam ia menjadi seorang jutawan dan leluasa bergerak di Brazil dan Chile sebelum meninggal di Paraguay.

Namun, sebuah tulang belulang yang ditemukan sekelompok tukang bangunan di sebelah barat Berlin pada 1972, melalui arsip gigi dan susunan tulang rangka, diidentifikasi sebagai milik Bormann. Tes DNA yang dilakukan pada 1999 akhirnya mengukuhkan temuan itu sebagai miilik Bormann.

Untuk mengantisipasi kelicinan Bormann, sebuah pengadilan militer di Nuremberg, Jerman, pada 1 Oktober 1946 secarainabsentiamenjatuhkan vonis mati. Tanpa kehadirannya pula Pengadilan Jerman kemudian mengumumkan kematian sang buronan pada April 1973.(gat)

Paul Joseph Goebbels (1897-1945)
AHLI PROPAGANDA YANG JAHAT
Apa yang dipikirkan oleh Joseph Goebbels dan Magda Goebbels, istrinya pada 1 Mei 1945 sungguh sangat tidak bisa dipahami manusia berpikiran aaras. Hanya karena khawatir masa depan anakanaknya akan hidup dalam alam non-Nazi, keenam Dutra-putrinya yang masih kecil itu masing-masing diberi “hadiah” sebuah pil sianida. Satu per satu mereka dibunuh oleh orang tuanya sendiri setelah sebelumnya diberi obat tidur.

Akhir petualangan juru propaganda Nazi tersebut berakhir pada 1 Mei 1945 tak lama setelah anak-anaknya mati. Bersama istrinya yang juga bunuh diri, Goebbels lalu menyuruh pengawalnya membakar jenazah dirinya dan keluarganya.

Paul Joseph Goebbels dilahirkan pada 29 Oktober 1897 di lingkungan Katolik yang taat di Rheydt, Rhineland, dari perempuan bernama Marian dan bapak bernama Friedrich Goebbels, seorang akuntan. Sebagai pendukung utama Hitler dan Nazi, ia sebenarnya bukanlah seorang militer. la pernah ditampik saat mau bergabung dengan militerJerman untuk Perang Dunia I karena kakinya bengkok dan ditopang beberapa pen metal.

Goebbels lalu melanjutkan pendidikan hingga mencapai gelar kesarjanaan tertinggi, Ph.D untuk Literatur dan Filsafat dari Universitas Heidelberg pada 1921.1a kemudian bekerja sebagai wartawan dan penulis untuk beberapa penerbitan. la juga pernah menulis novel dengan judul Michael.

Goebbels bergabung secara resmi dengan Nazi pada 1924.1a adalah pendukung utama Hitler. la juga merupakan pendukung gerakan anti-Semit yang aktif. Oleh Hitler, ia diberi posisi kunci sebagai ‘Aenteri Propaganda Nazi. Pada Desember 1931, a menikahi janda beranak satu bernama Magda handl dan dianugerahi enam anak.

Pembohong besar
Sebagai seorang propagandais, Goebbels banyak disegani para ilmuwan, bahkan hingga sekarang. Itu karena ia dianggap sebagai pelopor dan pengembang teknik propaganda modern. Teknik jitu hasil kepiawaiannya itu diberi nama argentum ad nausem atau lebih dikenal sebagai teknik big lie (kebohongan besar).

Prinsip dari tekniknya itu adalah menyebarluaskan berita bohong melalui media massa sebanyak mungkin dan sesering mungkin hingga kemudian kebohongan tersebut dianggap sebagai suatu kebenaran. Sederhana namun mematikan!

Ia juga mempelopori penggunaan siaran radio sebagai media propaganda massal. Dengan menggunakan radio gelombang pendek yang mampu menjangkau berbagai belahan Bumi, ia menyebarluaskan doktrin Nazi. Bahkan pada 18 Februari 1943, ia mengumandangkan Perang Propaganda Total (Sportpalastrede/ Total War Speech) demi menaikkan moral balatentaraJerman di medan perang.

Goebbels menjadi orang ketiga yang paling populer di Jerman setelah sang Fuehrer dan Martin Bormann. Sebuah kedudukanyangternyata membuat ketidaksukaan dari para petingi Nazi lainnya. Goebbels diolok-olok sebagai The Malicious Dwarf (Si Kerdil yang Jahat) dan The Wotan Mickey Mouse.

Kanselir satu hari
Seperti kebanyakan para petinggi Nazi, akhir karir Goebbels berlangsung tragis. Ketika Hitler menetapkan untuk bunuh diiri demi melihat kenyataan peperangan yang sudah akan berakhir, iasebenarnya sudah menunjuk Goebbels untuk menggantikannya sebagai kanselir dan Grand Admiral Karl Donitz sebagai presiden. Ditengah banyaknya pengkianat di tubuh parajenderal Nazi, Hitlerternyatamasih percaya dan menaruh harapan padanya.

Namun, setelah Hitler tewas, Goebbels kehilangan kepercayaan diiri. Dengan dalih kesetiaan dan menolakberkhianat, sehari kemudian ia menemui Traudl Junge, salah seorang sekretaris Hitler dan menulis surat wasiat yang isinya menolak penunjukkan dirinya sebagai kanselir.

Selanjutnya, setelah Magda, istrinya, membius dan memberi pil sianida pada keenam anaknya (paling tua 12 tahun, paling muda 4 tahun), ia memerintahkan kepada sepasukan SS untuk menembak mereka berdua di kebun tempat Hitler dikremasi dan kemudian meminta jenazah mereka dibakar. Perintah itu dilaksanakan. Namun sebelum tubuh mereka habis terbakar, bom-bom dari pasukan Rusia keburu menghunjam.

Keesokan harinya, sisa-sisa mayat mereka ditemukan oleh pasukan Rusia. Sisa-sisa mayat itu kemudian dibawa dan disimpan (dikuburkan?) di depan markas KGB di Magdeburg, Jerman, bersama-sama sisa-sisa mayat Hitler dan Eva Braun.

Pada April 1970, sisa-sisa mayat tersebut dibakar lagi dan abunya dilarung di sungai Elbe. Versi lain dari proses kematian Goebbels adalah dengan menembak dirinya sendiri setelah menembak istrinya. Mayat mereka kemudian dibakar oleh pasukan SS. (gat)


Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds