Monday, August 13, 2012

Tokoh Terkenal "TUJUH PIMPINAN NAZI - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Hermann Wilhelm Goring (1893-1946)
ACE SEKALIGUS PENJAHAT PERANG
Hermann Goring merupakan pemimpin militer Nazi berpangkat paling tinggi, yakni Reichmarchall. la adalah reichmasrshall sekaligus pemimpin Gestapo, Polisi Rahasia Nazi. Walaupun menjadi ace dan pahlawan bagi Jerman pada Perang Dunia I, akhir hidupnyaterpuruksebagai penjahat perang paling kejam di Jerman. Dalam sejarah hidupnya, ia merupakan seorang yang kontroversial.
Goring dilahirkan pada 12 Januari 1893 dari keluarga birokrat tulen. Bapaknya adalah seorang ahli hukum dan birokrat di Rosenheim, Bavaria. Karena orang tuanyatidak mempercayai pendidikan umum di Bavaria, Goring mendapat pendidikan privat sebelum masuk ke akademi militer di Karlsruhe dan Lichterfelde.
Oleh sejawatnya, Goring yang suka menenteng senjata browning ini dikenal sebagai pria yang sangat glamor. Walaupun terlihat lebih gemuk akibat ketergantungan pada morphin, pemuda Goring sempat dikenal sebagai seorang yang tampan dan atletis.
Sejarah Perang Dunia I mencatatnya sebagai ace Jerman yang telah menjatuhkan 22 pesawat musuh. Keberanian dan kemahirannya di udara itu membuahkan bintang jasa Pour le Me’rite. la kemudian diberi jabatan yang cukup mentereng, yakni sebagai komandan JagdgeschwaderFreiherr von Richthofen (Jasta 11), skuadron tempur Jerman. Pasca PD I, ia sempat bekerja di pabrik pesawat Fokker. Walau demikian ia masih terlibat dalam pasukan perdamaian di Jerman.
Karir politik Goring diawali ketika ia masuk menjadi anggota Partai Nazi pada 1922.1a langsung mengambil alih kepemimpinan SA dan bercokol di sini hingga berpangkat Letnan Jenderal. Selanjutnya, ia menjadi anggota Reichstag (parlemen) sejak 1928 dan menjadi pemimpin parlemen pada periode 1932-1933. Kecakapan dalam bidang militer dan kedekatannya dengan Hitler membuat Goring dianugerahi pangkat paling tinggi dalam militer Jerman, yaitu sebagai Reichmarshall.
Dalam Perang Dunia II, ia dianggap sebagai salah satu pencetus penyerangan terhadap Inggris dalam peristiwayang dikenal sebagai Battle of Britain. Namun akibat peristiwa itu pula, kepopulerannya dalam elite Nazi merosot. Apalagi ketika luftwaffe atau Angkatan Udara Jerman gagal menyerang Russia. Gaya hidupnya yang glamour dalam kondisi yang sulit juga membuat banyakorang sebal. Oleh musuh-musuhnya, Goring dikenal sebagai perusak dan penyerobot karya-karya seniterkemuka di Eropa, terutama dari daerah-daerah yang didudukinya.
Kedekatan hubungannya dengan Hitler juga naik turun. Goring tercatat sebagai satu-satunya petinggi Nazi pemilik medali Grand Cross of the Iron Cross, yang disematkan sendiri oleh Hitler atas kecemerlangannya memimpin pendudukan ke Prancis dan negara-negara sekitarnya. la juga dipercaya membentuk pasukan khusus yang dinamai Divisi Hermann Goring. Dan menjadi komandan Forschungsamt (FA), pasukan intelijen yang bertugas mengawasi dan menyadap lalu lalang informasi melalui telepon dan gelombang radio.
la juga dikenal sebagai pemimpin Nazi tertinggi yang ikut melegitimasi final solution of the Jewish question, sebuah rencana pemusnahan massal bagi kaum Yahudi yang saat itu dicap sebagai pengacau dan pembangkrut ekonomi dunia.
Posisinya yang paling krusial adalah ketika ia diangkat sebagai komandan Gestapo, polisi rahasia Nazi yang terkenal kejam. Goring dikenal sebagai komandan Gestapoyang paling suksesyang berhasil membawa gestapo menjadi “polisi politik” bagi Nazi.
Namun demikian, sebuah peristiwa tiba-tiba membuat Hitler mencabut semua kepercayaan itu dan berubah menjadi amat membencinya. la dianggap sebagai pengkianat dan diusir dari segala urusan partai Nazi. Peristiwa itu adalah ketika ia bersamasama Heinrich Himmler, pada saat-saat terakhir perang, bernegoisasi dengan musuh tanpa sepengetahuan Hitler.
Goring ditangkap pasukan Sekutu di Austria pada 8 Mei 1945.1a merupakan seorang pemimpin tertinggi Nazi yang tertangkap dan sempat diadili di pengadilan perang di Nuremberg. Namun beberapa jam sebelum vonis mati dijatuhkan, ia keburu menenggak sebuah pil sianida di dalam selnya. Mayatnya dikremasi dan abunya dilarung di sungai Isar. (gat)
Otto Skorzeny (1908 1975)
PALING BERBAHAYA DI EROPA
Ia sebenarnya bukan prajurit yang menonjol, namun keberaniannya yang begitu besar dalam misi pembebasan Mussolini dari personel Gran Sasso, Italia, sontak memberinya gelar sebagai figur pasukan elit Nazi yang paling ditakuti di Eropa. Tak kurang dari Hitler sendiri kagum bagaimana bisa ia “menyuruh” pilot pesawat capung yang membawa Mussolini dan dirinya kabur dari puncak tebing tempat Gran Sasso berdiri.
Ketika itu, ia menyuruh beberapa anak buahnya menahan pesawat dengan menancapkan kaki ke tanah. Ketika mesin pesawat sudah berputar sekencang-kencangnya, pilot pesawat kemudian memberi isyarat agar mereka melepas pegangan, dan pesawat pun terlontar dan melesat ke udara. Hitler langsung memujinyadan menaikkan pangkat dari kapten menjadi mayor.
Kisah keberaniannya juga merebak di seputar misi rahasia membunuh pemimpin Yugoslavia, Joseph Bros Tito, dan upaya penculikan pemimpin tertinggi pasukan Sekutu Jenderal Dwight D. Eishenhower. Sebagian besar tugas tersebut memang tidak terlaksana dengan tuntas. Namun sepak terjangnya sangat menakutkan hingga Skorzeny dijuluki sebagai orang paling berbahaya di Eropa.
Skorzeny lahir pada 12 Juni 1908 dari keluarga militer kelas menengah di Austria. Masa kecil hingga remajanya banyak dihabiskan untuk memperdalam ilmu teknik dan olahraga anggar. la bahkan tercatat telah melakukan sekurangnya 15 kali duel menggunakan anggar gara-gara masalah pribadi. Terakhir, ia terkena sabetan di pipi hingga meninggalkan parut yang tajam. lnstingnya sebagai militer sangat tajam.
Tahun 1931, ia bergabung dengan Nazi dan langsung menduduki tempat di kesatuan SA. Ia berperan penuh dalam peristiwa pengambilalihan Austria oleh Jerman pada 12 Maret 1938. Pada waktu itu, ia berhiasil menyelamatkan Presiden Austria, Wilhem Miklas, dari tembakan seorang anggota pasukan Nazi.
Skorzeny yang kemudian bergabung dengan Waffen-SS ikut juga dalam kampanye penyerbuan ke Rusia pada tahun 1941-1942. Namun karena terluka, ia kembali ke Jerman pada Desember 1942 dan mendapatkan medali Iron Cross, lambang keberanian.
Setelah pulih, Skorzeny langsung dipromosikan untuk pemilihan pasukan komando khusus yang akan be rtug as membebaskan Benito Mussolini dari penjara di Italia. Pasukan khusus ini dipilih langsung oleh Hitler, disaring dari seluruh pasukan Jerman. Skorzeny terpilih
Segera, selama dua bulan mereka bak kucing dengan tikus, mengikuti gerak pasukan Italia yang selalu memindah-mindahkan Mussolini demi menghindari pembebasan oleh pasukan Jerman. Akhirnya, pada 12 September 1943, diketahui bahwa Mussolini dipindahkan ke Hotel Campo Imperatore di Gran Sasso, Pegunungan Alpen. Skorzeny menunjukkan keberanian dengan melakukan pengamatan dari udara dengan menggunakan pesawat glider.
Dengan operasi bersandi Uternehmen Eiche pimpinan Letnan Otto von Berplesh, Mussolini berhasil dibebaskan tanpa menumpahkan peluru satupun. Skorzeny kemudian ditugaskan membawa Mussolini dari Roma menuju Berlin. Karena propaganda Goebbels dan Himmler, Skorzenyyang dalam foto tampak nyata bersama Mussolini dilambungkan namanya sebagai penyelamat mantan pemimpin Italia tersebut. Nama Skorzeny terkenal ke seantero dunia dan kemudian dianugerahi Knight Cross oleh Hitler serta naik pangkat menjadi Mayor.
Pada Mei 1944, ia kembali ditugaskan ke Yugoslavia dalam operasi Rosselsprung. Tugas operasi yang dilakukan dengan pasukan airborne itu adalah meculik Joseph Bross Tito. Pasukan Skorzeny berhasil menaklukkan pasukan Pengawal Tito di markas besarnya di Drvar, namun Tito berhasil meloloskan diri beberapa menit sebelum serangan dimulai.
Dalam peristiwa Plot 20 Juli 1944, Skorzeny berhasil menyelamatkan nyawa Hitler yang coba dibunuh oleh beberapa pesaingnya di Berlin. Dalam saat-saat yang genting itu, Skorzeny lah yang ditugasi memegang kekuasaan tertinggi atas pasukan Jerman, selama 36 jam hingga keadaan kembali terkendali.
Semakin mendapat kepercayaan dari Hitler, pada Oktober 1944, ia kembali ditugaskan ke Hongaria dalam operasi khusus Panzerfaust. Tugasnya menculik anak penguasa setempat, Miklos Horthy, dan menekannya untuk membatalkan negoisasi dengan pihak Rusia.
Puncaknya adalah ketika Hitler menugaskan dia pada sebuah operasi sangat khusus pada 21 Oktober 1944 bertajuk Operasi Greif. Bersama dua lusin pasukan panzer, ia menculik beberapa beberapa pasukan Amerika beserta mobil jipnya. Kemudian mereka menyamar dan membuat keonaran dan menyerang pasukan Sekutu di garis belakang. Kekacauan yang terjadi selama beberapa jam itu kemudian dikenal sebagai Battle of the Bulge dan mampu membuat pasukan Sekutu kalang kabut.
Akibat dari operasi tersebut muncul kabar burung bahwa Skorzeny saat itu sedang menuju Paris untuk menculik atau membunuh Eisenhower. Rumor ini sukses besar dan memaksa Eisenhower tidak meninggalkan markas besarnya selama beberapa minggu. Sukses mempermalukan Sekutu itu sangat membekas di hati Hitler dan Skorzeny dihadiahi The Oak Leaves to the Knight’s Cross, sebuah penghargaan tertinggi militer Jerman.

Namun keruntuhan Nazi membuat Skorzeny berhitung panjang dan menyerahkan din pada pasukan Sekutu pada Mei 1945. la diadili dalam kaitan peristiwa Battle of the Bulge. la berhasil keluardari penjara pada 27 Juli 1948 dan kemudian meminta suaka pada Jenderal Franco, penguasa Spanyol. la bekerja sebagai insinyur hingga 1952, ketika Pemerintah Jerman mengampuninya.
Ia kemudian memjadi konsultan keamanan bagi beberapa pemimpin dunia, termasuk di antaranya Juan Peron dari Argentina dan Gamel Abdel
Naseer dari Mesir. la diduga menjadi penggerak dan pelopor organisasi Odessa, organisasi yang beranggotakan para mantan personel pasukan SS.

Skorzeny yang pernah menjadi orang yang paling ditakuti di Eropa itu meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas di Madrid pada 5 Juli 1975. (gat).
Walter Richard Rudolf Hess (1894-1987)
DIPUJA KAUM NEO-NAZI
Apa yang dilakukannya dalam peristiwa “Misi Rahasia Hess” memang masih misterius. Namun sebagai salah satu elit partai Nazi, iatermasuk yang berumur panjang dan berpikiran jauh ke depan. Itu sebab, ia dituduh sebagai penggerak dan figur bagi kaum Neo-Nazi. Sebagai seseorang yang sangat dekat dengan Hitler, ia memang dianggap yang paling tahu tentang pikiran sang Fuhrer.
Hess sebenarnya dilahirkan jauh dari hiruk pikuk Eropa. Walaupun datang dari golongan atas Jerman, bapaknya seorang pengusaha eksporimpor, ia dilahirkan pada 26 April 1894 di Alexandria, Mesir. Pendidikan masa kecilnya sangat eksklusif dan diajar oleh guru privat karena orang tuanya tidak percaya pada sistem pendidikan di Mesir. Ketika keluarganya kembali ke Jerman pada tahun 1908, barulah ia disekolahkan pada sekolah umum.
Hess remaja sebetulnya sangat menggemari astronomi. Namun bapaknyatetap menginginkannya meneruskan bisnis keluarga dan menyekolahkan pada sekolah bisnis di Swiss. Hanya saja, Perang Dunia I menyeretnya untuk masuk kedalam Resimen ke-7 Bavarian Field Artillery. Sebagai seorang infanntri, ia sempat dianugerahi medali Iron Cross sebelum kemudian pindah ke angkatan udara (the Imperial Air Corps) dengan pangkat terakhir letnan.
Selepas PD I, ia kembali ke Munich, bergabung dengan Thule Society dan menjadi personel pasukan Freikorps. la juga kembali kuliah di Universitas Munich dengan mengambil konsentrasi di ilmu politik, sejarah, ekonomi dan geopolitik.
Hidupnya berubah ketika mendengarkan pidato politik Hitler pada Mei 1920. Begitu terpesonanya, sehingga ia be rjanji untuk mengabdikan diri sepenuhnya pada Hitler. la segera menjadi orang kepercayaan Hitler. la sempat dipenjara bersama Hitler ketika tertangkap dalam Beer Hall Putsch, peristiwa revolusi gagal. Jabatannya waktu itu sebagai komandan batalion pasukan SA. Saat dipenjara di Landsberg itulah ia menuliskan buku Mein Kampfyang didiktekan Hitler. Buku ini segera menjadi buku terkenal, paling laris dan menjadi pegangan bagi para penganut paham Nazi. Sejak keluar dari penjara, Hess kemudian menjadi sekretaris pribadi Hitler.
Hess yang digambarkan sebagai seorang yang emosional, merasa terpinggirkan ketika beberapa petinggi Nazi mulai berebut pengaruh mendekati Hitler yang sudah berkuasa penuh atas Jerman. Beberapaorang yang dianggap menjadi pesaingnya adalah Hermann Goring, Joseph Goebbles, dan Heinrich Himmler.
Ketika Jerman berencana menyerbu lnggris, Hess sangat tidak setuju, menjadi sangat nervous. Dialah yang kemudian melakukan misi rahasia yang dianggap paling konyol. Dalam penerbangan yang diakuinya sebagai sebagai misi rahasia yang telah disetujui Hitler ini, ia terbang ke Skotlandia dan Inggris membawa proposal perdamaian antar kedua negara.
Namun apa lacur, pihak Inggris tidak begitu mempercayainya dan menahannya di Menara London. Sedangkan Hitlersendiri, begitu mengetahui tindakan ini segera mengumumkan bahwa tindakan itu adalahtindakan gila dan bodoh. Hitler yang marah besar segera mencopot jabatannya dan menyerahkannya kepada Martin Bormann. Namun ia tetap memberi uang pensiun pada istri Hess dan tidak menganggapnya sebagai pengkianat.
Selama perang Dunia II berlangsung, praktis Hess berada di dalam penjara lnggris. Baru ketika perang berakhir dan para petinggi Nazi dihadapkan pada pengadilan perang di Nuremberg, ia turut serta diadili dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Menanggapi apa yang telah dilakukannya itu, Hess dengan mantap mengatakan tidak menyesal.
Rudolf ditemukan meninggal dunia pada 17 Agustus 1987 di kebun dalam penjara Spandau, sebelah barat Berlin, dengan kabel lampu baca melilit di leher. Padahal saat itu ia menjelang dibebaskan karena dianggap sudah cukup tua untuk menuntaskan vonis tahanan seumur hidup. Tidak diketahui apakah ia bunuh diri atau dibuhuh. Namun men u rut penjaga penjara, Hess mengalami kemerosotan mental dan kehilangan ingatan sangat parah. la pernah dua kali mencoba bunuh diri namun gagal, yakni pada 1941 dan 1977. la mengiris nadi di pergelangan tangannya.
Hess dikebumikan di Wundiesel. Tak lama setelah itu, penjara Spandau dirobohkan agar tidak dijadikan tempat pemujaan bagi para Neo-Nazi. Tak ada akar rotan pun jadi, para pemuja Neo-Nazi itu pun langsung mengalihkan sasaran ke makam Hess. Mereka menganggap makamnya sebagai tempat suci. Setiap tahun ribuan pengikut Neo-Nazi, kebanyakan dari Belanda dan Denmark, berdemonstrasi dan menganggap Hess sebagai orang suci yang membawa perdamaian. (gat)
Heinrich Himmler (1900- 1945)
PALING BRUTAL DAN KEJAM
Heinrich Himmler mungkin adalah petinggi Nazi yang paling brutal dan kejam. Sebagai pemimpin SS yang juga mengontrol Gestapo, is merupakan “ketua pelaksana” holocaust. Sebagai pemrakarsa kamp konsentrasi dan Einsatzgruppen death squads, is diperkirakan telah menjagal 6-11 juta kaum minoritas dengan cara-cara yang amat sadistik. Mereka yang dijagal adalah kaum Yahudi, Gipsi, homoseksual, komunis, umat Katolik dan suku bangsa Slav.
Himmler berasal dari kelas menengahJerman. la dilahirkan pada 7 Oktober 1900 dari keluarga seorang kepala sekolah di Munich, Jarman. Seperti kebanyakan pemuda pada masa itu, is pun ikut bergabung dengan militer dan bahu-membahu bersama militer Jerman dalam Perang Dunia I. Setelah tamat sekolah militer pada 1918, is bergabung dengan Resimen 11 Bavarian.
Selain ilmu kemiliteran, Himmlerjugaterpesona dengan agronomi dan biologi. Semasa Perang Dunia I selesai, is memilih melanjutkan menuntut ilmu agronomi di Technische Hochschule, Munich. Selama kuliah ini, is aktif di organisasi mahasiswa, selain juga aktif dalam Freikorps. DarI pasukan tang dibentuk khusus dari mantan veteran Perang Dunia I inilah Himmler mengenal Partai Nazi dan ‘esmi bergabung pada 1923.
Dengan pangkat feldwebel (sersan) dalam Reichkriegsflagge, Himmler terlibat juga dalam ‘evolusi gagal Partai Nazi di Bavaria yang terkenal lengan sebutan Beer Hall Putsch. Hanya karena cangkatnya yang masih rendah, Himmler tidak Turut serta diadili dan mempertanggungjawabkan P ristiwa tersebut.
Ketika Nazi dibekukan, pada 1925, is kembali menekuni hobi lamanya menjadi petani dan mem buka peternakan ayam. Namun kondisi ekonomi yang sulit membuat usahanya ini jatuh. Ketika partai ini direhabilitasi pada 1926, is pun kembali bergabung. Jabatannya kali ini tidak main-main, yakni Wakil Pemimpin Distrik Bavaria.
Ketika pasukan Schutzstfaffel atau SS dibentuk Pada 1927 untuk membendung kekuatan politis Pasukan SA, is diangkat menjadi wakil komandan. Dan, ketika Komandan SS Erhard Heiden mengundurkan diri pada 1929, is langsung menggantikannya. Saat itu, jumlah anggota SS cuma 280 personal.
Pasukan SS yang merupakan pasukan khusus ,ntuk melindungi keselamatan Hitler dan para :emimpin Nazi lainnya berkembang pesat di bawah epemimpinan Himmler. Hanya dalam empattahun Jurnlah personelnya telah melambung menjadi 52.000 orang. Personal SS terdiri dari manusia ang lolos seleksi eugenetika Hitler.
Akibat persaingan dengan SA yang semakin tajam, Himmlerlalu mengubahtampilan pasukannya dari yang berseragam coklat, mirip seragam SA, menjadi hitam. Setelah itu SS meroket menjai pasukan terkuat sekaligus terkejam dan terloyal pada Hitler. Pasukan ini pula yang mengeksekusi Ernst Rohm (komandan SA) dan para petinggi Nazi lainnya yang berkianat pada peristiwa The Night of the Long Knives tanggal 30 Juni 1934.

Peristiwa paling mengerikan setelah itu adalah ketika pasukan SS mengusulkan dibentuknya dan sekaligus sebagai pelaksana program kamp konsentrasi. Pada 1941, mereka juga mengadakan kamp pembasmian (extermination camp) di Polandia. Di dua jenis kamp inilah dilakukan holocaust(pembantaian massal) bag i kaum Yahudi, suku bangsa Roma, homoseksual, komunis dan penganut agama lain selain paham Nazi. Jutaan jiwa melayang akibat program brutal ini.
Pada 1945, kekuatan pasukan SS mencapai 800.000 personal. Namun tekanan pasukan Sekutu membuat Himmler gentar juga. Merasa masa depan Jerman sudah semakin mem buruk, ia berusaha menghubungi pihak Sekutu untuk berunding lewat perantara Count Folke Bernadotte dari Lubeck, Swedia.
Namun keberuntungan tidak memihaknya. Rencana perundingan itu gagal. Hitler yang tak mengetahui rencana tersebut langsung memecatnya dari segala jabatan yang pernah diberikan. Untunglah, Hitler keburu bunuh diri dan perang segera berakhir sehingga ketika ia kembali ke Berlin tidak sempat mendapat perlakuan mengerikan dari Hitler.
Himmler kemudian menjadi penjahat perang yang paling dicari oleh pihak Sekutu. Pada 22 Mei 1945, ia ditangkap pasukan Inggris di Bremen dan diajukan ke pengadilan militer di Nuremberg. Namun, sehari kemudian, saat akan diajukan di pengadilan, di penjara di Luneburg, ia memilih bunuh

Sambil menenggak pil sianida, ia menulis dan mengatakan dengan lantang, “I am Heinrich Himmler” Entah apa maksudnya? (gat)

No comments: