Wednesday, July 4, 2018

Bacaan Ringan "BANG MUGENI - JAWARA DARI PASAR SENEN - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Bang MUGENI  seorang pemuda santri murid utama dari Kyai H. Juned dan H.Moch Rosyid  yang berasal dari marunda , Bang Mugeni di kenal sebagai Jawara Pasar senen dan sekitar nya meliputi kebon kosong,Tanah tinggi,Bungur,Poncol,Pasar gaplok,Kramat pulo gundul,Paseban,Kwitang. (tidak jelas dan tidak ada keterangan sejak  kapan  Bang Mugeni mulai menjadi jawara senen dan sekitarnya). Masa itu Bang mugeni  sangat di kenal dan sangat di hormati oleh teman teman nya dan sangat diperhitungkan dan di takuti   oleh lawan lawan nya dari kelompok - kelompok  Golongan hitam yang selalu bergerak di malam hari untuk membuat terror perampokan yang kadang di barengi pemerkosaan dan pembakaran rumah yang  di rampok nya demi untuk menghilangkan jejak.

Dalam beberapa peristiwa gangguan keamanan, di ceritakan bahwa pernah terjadi  Bang Mugeni mendapat laporan dari seorang penduduk ada beberapa orang yang terlihat mengendap endap di kebon, Bang Mugeni bersama para anak buah nya langsung menuju lokasi dan benar saja dia  menjumpai gerombolan perampok sudah akan mulai beraksi di sebuah rumah dekat tempat mereka mengendap di kebon sesuai yang di laporkan seorang penduduk tersebut.

Singkat cerita Bang Mugeni dan anak buah merangsek maju dan pecahlah pertarungan  bebas   dengan kelompok gerombolan perampok Umar codet dari wilayah pulo gadung yang memang sedang dalam pencarian polisi belanda KNIL  karena sudah sangat membuat resah penduduk. Bang Mugeni mengenali bahwa itu Umar codet karena ada codet bekas luka yang memanjang  dari bawah alis sampai ke atas jidat dan wajah nya mirip dengan gambar yang di sebar KNIL  di Pasar Senen.

Rupanya tengah malam itu Gerombolan rampok Umar codet akan  melakukan aksi perampokan  pada sebuah rumah keluarga Orang padang di daerah Kebon kosong yang di kenal  sebagai pedagang grosir di Pasar senen yang cukup berada.Saat itu jumlah dari Bang Mugeni Cs dengan  perampok cukup berimbang. Terjadilah pertarungan satu lawan satu antara anak buah Bang Mugeni dengan anak buah  Umar codet sedangkan Bang Mugeni sendiri langsung  berhadapan dengan pemimpin rampok  Umar codet  dan satu anak buah nya. Pertarungan dengan Golok terhunus, masing masing mengeluarkan Ilmu silat kanuragan dan Ilmu kesaktian dalam,  pada saat itu pertarungan berjalan seru dan sangat sengit karena Umar codet bukan lah orang sembarangan yang kosong, dia sebagai kepala Gerombolan rampok tentu ber ilmu tinggi dan di bantu pula oleh seorang anak buah nya yang tentu bukan saja memiliki Ilmu silat tetapi sedikit banyak nya berilmu dalam juga.

Bang Mugeni dengan mengeluarkan segenap  ilmu  silat yang di lambari tenaga dalam dan ilmu Hikmah yang tinggi serta  pilih tanding,  berkat se izin Allah SWT  Pertarungan achir nya  dapat di menangkan oleh Bang Mugeni beserta beberapa anak buah nya,2 orang anak buah bang Mugeni tewas dalam pertarungan tersebut  2 orang lain nya terluka dan dari fihak perampok sebanyak 4 orang tewas, sedangkan Umar codet pimpinan perampok terluka dan sempat melarikan diri bersama  sisa  anak buah nya  menerobos kebon dan menghilang di kegelapan malam. 

Habib Abdul Kadir Alhadad, Bang Mugeni di gambarkan sebagai orang yang ramah dan low profil dan sangat santun,  dalam ke seharian nya Bang Mugeni sangat akrab dengan para pedagang di pasar senen dan akrab pula dengan masyarakat sekitar nya. Bang Mugeni memiliki sohib atau sahabat karib yaitu Habaib muhamad Abdulah kadir al hadad yang di kenal dengan Habib Kadir seorang pemuka agama  islam terkemuka   di  kebon nanas. Selain sahabat karib karena usianya sebaya,  Bang Mugeni juga belajar huruf arab gundul dan  Ilmu Tasyauf  dari ayat suci Alquran yang di bimbing langsung  oleh   Habib Kadir, selain itu antara bang Mugeni dan Habib kadir kerap bertukar Ilmu silat luar maupun ilmu dalam.

Tahun 1915, Bang Mugeni seorang Jawara berlatar belakang santri mendapat jodohnya seorang gadis bernama Aminah yang berasal asli dari Bangka dekat kemang sekarang wilayah Jakarta selatan, kemudian gadis  Aminah dinikahi nya pada tahun itu juga. Selanjutnya dari hasil perkawinan nya itu Thn.1916, lahir buah hati yang pertama seorang bayi  lelaki, anak itu di beri nama RAIDI. Kemudian 2 tahun kemudian yaitu pada Thn 1918,lahir lah buah hati nya yang 2, seorang bayi  laki-laki yang selanjut nya di beri nama IMAM SYAFI”IE.

Pada awal tahun 1921, lahir lagi anak ke 3 seorang bayi laki laki lalu di beri nama SAPRI karena lahir nya pada bulan Sapar dalam kalender arab. Selanjut nya di di penghujung tahun 1922 lahir anak yang ke 4 seorang bayi perempuan yang selanjutnya diberi  nama  SUPENAH (supene,dalam panggilan sleng betawi).

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds