Wednesday, July 4, 2018

Bacaan Ringan "JAWARA JAWARA DARI TANAH JAWA - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Sebagai kata pembuka kami ulas terlebih dahulu tentang pemahamam Sosial Budaya Masyarakat Betawi Tempo Dulu, berkaitan dengan keberadaan Jawara di Zaman penjajahan Belanda yang di ceritakan oleh Lettu. Sapri Bin Mugeni kepada penulis pada Februari th.1977.

Pada masa itu kota Jakarta sepenuh nya masih dikuasai oleh Penjajah kolonial belanda,budaya masyarakat betawi  tempo dulu sangat berbeda jauh dengan masyarakat sekarang di era teknologi dan computer.Tempo dulu sebagian besar lelaki muda maupun dewasa akan terselip Golok di pinggang nya minimal pisau guna untuk membela diri dan membela keluarga nya dan sebagian besar anak lelaki betawi belajar mengaji ,belajar tulis latin yang tujuan nya mampu menulis Tafsir Ayat Suci Alquran dan sekaligus belajar  ilmu silat betawi. Pada masa itu  dan masa masa sebelumnya dikenal budaya PENDEKAR dan ini tidak terbatas di Jakarta tetapi  di seluruh tanah jawa karena masa itu keamanan masyarakat belum terjamin dan keamanan belum ter koordinasi seperti sekarang ini.

Dulu masa penjajahan belanda tentu belum ada POLRI yang ada KNIL yaitu polisi belanda  yang jumlah nya terbatas dan sudah pasti praktek di lapangan nya lebih mengutamakan kepentingan – kepentingan pemerintah kolonial Belanda ketimbang problem keamanan di tengah masyarakat, andaikata menyentuh keamanan masyarakat itu  sifat nya belum intensif seperti sekarang ini.

Masa itu persis seperti di komik komik silat ada Pendekar golongan Putih dan ada Pendekar golongan Hitam. Di Betawi (Jakarta tempo dulu) bila ada JAWARA berarti dia adalah Juara dari para Jagoan di wilayah sekitar nya dan dapat di pastikan dari Pendekar golongan putih, kalau di Banten Namanya JARO dan di Tambun,Purwakarta,Cikampek namanya BANG MANDOR. Sedangkan Pendekar dari golongan hitam tidak di sebut Jawara tetapi  Kepala gerombolan atau kepala rampok atau kepala begal atau bila kesaktian nya sudah sangat tinggi, pilih tanding mereka bergerak sendiri tampa anak buah sebagai  perampok Tunggal seperti Mat Item dari Teluk Gong,Mat Ali Item dari Tanjung barat dll.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds