Monday, December 10, 2012

Bacaan Ringan "KWEE TANG KIAM - SEJARAH MUSTIKA KWITANG"

http://massandry.blogspot.com
Kwitang di era modern terkenal sebagai pusat penjualan buku dengan harga murah. Dulu pada era kolonial Belanda, kampung tua Kwitang, Senen, Jakarta Pusat terkenal karena memiliki seorang pendekar silat tangguh.
 
Bahkan, pemberian nama Kwitang menurut sejarah berasal dari nama pendekar yang konon memiliki ilmu silat yang sakti mandraguna itu. Pendekar sakti itu bernama Kwee Tang Kiam.
 
Kwee Tang Kiam pertama kali menapakkan kakinya di Batavia pada abad 17 masehi. Saat itu Batavia dipenuhi para jawara silat yang sakti mandraguna. Pria China itu kemudian memilih sebuah tempat di kawasan Senen sebagai tempat tinggalnya (Kwitang).
 
Dalam buku "Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History an Innovation" karya Thomas A. Green and Joseph R. Svinth, disebutkan Kwee Tang Kiam berasal dari dataran Tiongkok. Ia merupakan seorang pedagang yang suka mengembara.
 
Konon, pria sakti itu telah mengembara ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Selain jago silat, ia juga terkenal pandai dalam meracik obat. Kemampuannya itu dimanfaatkannya untuk berdagang obat-obatan.
 
Meski sakti, Kwee Tang Kiam tidak segan mengajarkan ilmu silat yang dimilikinya kepada warga sekitar tempatnya tinggal. Masyarakat sekitar pun banyak yang belajar kepadanya, padahal ilmu silatnya mirip dengan jurus-jurus ampuh yang dimiliki Shaolin.
 
Alhasil, kehebatan ilmu silatnya langsung diakui oleh para jawara Betawi yang ada saat itu. Namun, Kwee Tang Kiam harus mengakui kesaktian seorang jawara Betawi yang bernama Bil Ali.
 
Saat itu, Kwee Tang Kiam berhasil dikalahkan Bil Ali dalam sebuah duel. Namun, antusiasme warga untuk belajar silat darinya tidak surut. Alhasil, warga yang diajari silat oleh Kwee Tang Kiam kian hari kian bertambah.
 
Kwee Tang Kiam kemudian memilih memeluk agama Islam. Hingga ajal menjemputnya, ia tetap setia menetap di kampung yang saat ini dikenal dengan nama Kwitang itu. Hingga saat ini, tidak ada riwayat jelas kapan sang jawara asal negeri tirai bambu itu meninggal.
 
Namun, ilmu silat yang dimiliki Kwe Tang Kiam masih dapat ditemui. Salah seorang murid Kwee Tang Kiam, terus menurunkan ilmu silat itu kepada anak cucunya.
 
Akhirnya, pada 27 September 1952, H. Moch Zaelani, salah seorang keturunan dari murid Kwee Tang Kiam, melestarikan ilmu silat yang dimiliki Kwee Tang Kiam dengan mendirikan sebuah perguruan pencak silat yang diberi nama "Mustika Kwitang."

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BANG JAMPANG - JAWARA DARI JAMPANG / GROGOL - PART 3"

http://massandry.blogspot.com Setibanya dikampung, sebuah fitnah menanti. Sebuah fitnah yang dibuat Subro dan Gabus yang menyatakan bahwa...

Blogger Template by Blogcrowds