Monday, December 10, 2012

Bacaan Ringan "BANG HUSIN BIN HUSNI - JAWARA GOLOK SELIWA

http://massandry.blogspot.com
Bang Husin berkopiah merah dengan para murid (foto from album facebook lukman pengadegan)
Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai.
 
Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari gambar golok
 
Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.

Sebagai putra Betawi, dan anak dari seorang jawara, tentu saja Bang Husin juga kudu belajar maenan. Bapak nya bernama Husni bin Muhammad. Husni Bin Muhammad adalah anak dari suami istri asli medan yang meninggal dunia sewaktu beliau masih bayi, tidak diketahui siapa nama kedua orang tuanya. Husni kecil kemudian diambil anak oleh pasangan asli betawi yaitu Muhammad, setelah Muhammad meninggal dunia, Husni diasuh oleh seorang jawara betawi yaitu Kong Ajid. Tidak diketahui apakah Bapak Husni mendapatkan maenan golok seliwa dari Kong Ajid atau dari orang lain. Berdasarkan cerita Bang Husin ke saya, Bapaknya tidak pernah mau bercerita dari mana asal muasal maenan Golok seliwa ini.
 
Masa kecil Bang Husin tidak berbeda jauh dengan anak-anak seumurnya pada jamannya, nakal, suka berkelahi, dsb. Pak Husni sendiri mendidiknya cukup keras, tetapi Husin kecil tetap "ngebandel". Akhirnya Bang Husin dititpkan pada kenalan Pak Husni, yaitu  Kong Rodani. Kong Rodani adalah jawara cingkrik dari garis Kong Sinan.
 
Setelah dirasa cukup belajar cingkrik (+/- 5 tahun) Bang Husin ditest oleh bapaknya, dan setelah dirasa cukup, kemudian baru diajarkan maenan GOLOK SELIWA ini. Selanjutnya Bang Husin mulai tekun mempelajari Golok Seliwa. Untuk menambah perbendaharaan keilmuan, Bang Husin juga belajar maenan Gerak Rasa Sanalika di Rawa Belong. Kehebatan Bang Husin di sini adalah, walaupun sudah menguasai Golok Seliwa, pada saat belajar Gerak Rasa Sanalika, Bang Husin bisa menjadi empty cup. Bang Husin pernah cerita ke saya, pada saat belajar Gerak, temannya ada yang bertanya : "Sin, kok elu kagak replek ngelawan kalo lagi belajar, biar kate dipites-pites?" jawab Bang Husin : "lah, kan gue di sini belajar, ye kudu bisa ngikutin pelajaran, kagak boleh bawa-bawa maenan gue"
 
Keunikan maenan golok seliwa adalah permainan golok yang cepat perpindahannya dari tangan kanan ke kiri, to the point, dan perubahan tenaga dari kosong ke isi (juga sebaliknya).
 
Itulah satu sikap yang patut dicontoh, berjiwa besar, mau belajar dan bisa mengosongkan wadah. Salute.  Ini hanya secuil cerita sosok seorang guru silat Betawi yang saya kagumi. Dengan keadaan yang sederhana, Bang Husin tetap loyal dengan dedikasinya mengajar silat. Semoga ilmu yang diajarkannya menjadi berkah dan Golok Seliwa tetap lesatri dan terus berkembang.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds