Thursday, May 29, 2014

Bacaan Ringan "AKTRIS FILM PANAS - RAHAYU EFFENDI - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
2. Rahayu Effendi
Setelah Nurnaningsih, tongkat estafet bom sex diteruskan oleh Rahayu Effendi. Berbeda dengan Nur yang semi telanjang, Rahayu konon nekat telanjang di film Tante Girang (1974) yang menggemparkan dunia perfilman Indonesia. 

Selain film tersebut, Rahayu juga membintangi film lainnya yang tidak menampilkan adegan panas, seperti Bundaku Sayang  dan Pacar Pilihan yang masuk nominasi Piala FFI tahun 1975.

Siti Rahayu yang lebih dikenal dengan nama Rahayu Effendi (lahir di Bogor, Jawa Barat, 30 Agustus 1942; umur 70 tahun) adalah pemeran wanita senior Indonesia dan ibu dari pemeran pria dan Wakil Gubernur Jawa Barat saat ini, Dede Yusuf.

Rahayu Effendi adalah aktris senior Indonesia yang terjun sejak tahun 1964, film yang pertama dibintanginya adalah "Pilihan Hati". Ia juga pernah menjadi penari di Istana Negara. Ia juga pernah memenangkan beberapa penghargaan atas karyanya pada ajang FFI dan FSI.

Rahayu Effendi menjalani pendidikan SMA di Bogor, Fakultas Sosial Politik di Universitas Pajajaran (Bandung) lalu kursus peran dan sinematografi di Jakarta. Rahayu Effendi memulai karirnya sebagai penari di Istana Bogor dan pernah juga menjadi pramugari Garuda, dan bermain pertama kali dalam film Pilihan Hati (1964). Sampai tahun 1993, muncul dalam sekitar 70 film, yang sebagian besar sebagai pemain utama. 

Mulai pertengahan 1980-an lebih aktif sebagai produser sinetron. Beberapa produksi sinetronnya meraih hadiah di FFI maupun FSI. Hari Depan Masyarakat Asmat Yang Cerah (1985) meraih piala Widya sebagai film dokumenter terbaik pada FFI 1987. 

Pemahat Borobudur (episode Jendela Rumah Kita) mendapat piala Vidia sebagai sinetron terbaik pada FSI 1989. Gadis Manis Dalam Gerimis (dari Jendela Rumah Kita), serial per episode lepas terbaik pada FSI 1992, dan Sepeda Anak Pak Ustadz (juga dari Jendela Rumah Kita), cerita drama serial terbaik pada FSI 1994. Puluhan tahun sebelumnya, Yayuk (panggilan akrabnya) masuk nominasi aktris pembantu dalam Pacar Pilihan (1975) pada FFI 1979. 

Rahayu adalah formatur persatuan Rumah Produksi (1995).

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds