Saturday, July 11, 2020

Tokoh Islami "HABIB ABDULLAH BIN ALI AL HADDAD - BANGIL PASURUAN PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Pada tahun 1295 H / 1874 M, beliau menunaikan ibadah haji dan berziarah ke makam Rasulullah saw. Selama berada di Makkah, beliau tinggal di rumah mufti Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi ( ayahanda Al-Imam Al-'Allamah Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ), penyusun Simtud Duror. Sementara, di kota Jarwal, beliau mempelajari, antara lain, ilmu Nahwu ( tata kalimat ) dan mantik ( logika ), sehingga memperoleh ijazah dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan.

Tak lama kemudian, beliau menuju ke Madinah. Tinggal empat bulan disana, beliau berguru pada Syekh Muhammad Abdul Mukti bin Muhammad al-Azab, seorang faqih dan pakar bahasa arab. Tapi beliau tidak mendapat ijazah, sebelum mendapat ijazah dari Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad. Setelah mendapat ijazah dari Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad berupa wirid dan kitab-kitab karangannya, barulah beliau memperoleh ijazah dari Syekh Muhammad Abdul Mukti.

Setelah "kenyang" dengan ilmu, pada 1297 H / 1876 M, beliau mulai berdakwah ke tanah Melayu. Mula-mula ke Singapura, lalu ke Johor. Disana, beliau bersahabat dengan Sayyid Salim bin Thaha Al-Habsyi dan Sultan Abu Bakar bin Ibrahim yang saat itu menjadi Sultan Johor. Ketika menghadiri peresmian istana Kesultanan Johor, beliau ditemui oleh Sultan Ahmad dari Padang dan diminta untuk menjadi disana. Namun, Habib Abdullah menolak dengan baik.

Setelah kurang lebih empat tahun berdakwah di Johor, beliau meneruskan perjanan dakwahnya ke Jawa, Indonesia. Mula-mula, beliau tiba di Batavia, kemudian meneruskan ke Bogor, Solo dan Surabaya. Di kota-kota tersebut, beliau merasa kurang nyaman, walaupun kaum muslimin setempat menyambutnya dengan antusias. Pada akhir syawal 1301 H, beliau tiba di Bangil, Jawa Timur. Disinilah beliau merasakan kenyamanan dan pada akhirnya menetap untuk berdakwah. Setiap hari, selepas asar, beliau menggelar Rahah ( pengajian ), dan setiap kamis mengisi majelis taklim di Masjid Kalianyar.

Beliau mengisi hari-harinya dengan ibadah. Sejak magrib hingga menjelang isya, beliau selalu membaca Al-Qur'an dengan hafalan. Selepas shalat Isya berjemaah, beliau beristirahat selama dua jam, dan setelah itu membaca ratib bersama anak dan para sahabatnya. Kemudian, beliau menyelenggarakan muthala'ah ( menelaah ) sampai pukul 24.00.

Dua jam kemudian, beliau beristirahat lalu shalat Sunah, dan setelah itu berkeliling kota Bangil.pukul 03.00 dinihari pulang, lalu shalat Tahajud hingga menjelang fajar. Setelah shalat Subuh berjemaah dengan keluarga, beliau membaca wirid sampai menjelang waktu dhuha, lalu sholat dhuha delapan raka'at. Begitulah amalan Ulama besar ini setiap hari.

Pada suatu malam, ketika berjalan mengelilingi kota Bangil, beliau bertemu dengan seorang anggota hansip. "Kenapa malam-malam begini Habib keliling di jalanan?".tanya hansip keheranan.
"Mengapa kamu juga berada di pos penjagaan ini?" Habib Abdullah kembali bertanya.
"Kami ditugasi oleh Pak Camat menjaga daerah sekitar ini." Jawab Hansip.
Maka Habib Abdullah pun menimpali, "Saya mendapat tugas dari penguasa alam semesta."

Suatu hari, beliau membacakan kitab-kitab karangan Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad di Masjid Kalianyar. Setiap kali hadir di majelis taklim yang dihadiri kurang lebih 60 orang itu, beliau biasa membawa ketel kecil berisi kopi. Usai pengajian, menjelang magrib, dihidangkanlah kopi untuk para jemaah. Kopi itu cukup untuk 60 orang yang hadir.


Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds