Wednesday, September 3, 2014

Bacaan Ringan "SEJARAH DERBY MERSEYSIDE LIVERPOOL FC vs EVERTON"

http://massandry.blogspot.com
Liverpool adalah nama sebuah kota di Inggris. Disana terdapat 2 kekuatan sepakbola, yaitu Liverpool fc dan Everton fc. Liverpool berkandang di Anfield stadium sementara everton di Goodison park letak kedua stadion hanya dipisahkan oleh Stanley park. 

Ketika membicarakan kedua klub ini, banyak aspek yang sangat menarik  salah satunya adalah tentang “Derby Merseyside”. Derby Merseyside adalah salah satu Derby di inggris bahkan dunia yang tergolong Derby yang “Ramah” mengapa demikian? Karena setau saya sejak dulu kedua supporter dari Lfc dan Efc selalu duduk bersampingan jika sedang berlangsungnya derby, maklum karena supporter dari kedua klub itu kebanyakan masih satu family. 

Namun sejak terjadinya Tragedi Heysel semua nya berubah, karena tragedy itu everton yang pada saat itu menjadi juara Liga inggris tidak berhak mengikuti Piala Champions karena hukuman yang dijatuhkan kepada tim tim liga inggris untuk tidak tampil dikejuaraan manapun selain inggris selama 5 tahun, Tentu saja hal ini membuat fans dari everton kesal. 

Namun, beberapa tahun belakangan ini Kedamaian antara fans everton dan Liverpool kembali seperti semula. Pada saat kebenaran dari tragedy Hillsborough terungkap banyak fans everton yang sangat respect akan hal itu. Kembali ke Derby Merseyside berikut ini adalah beberapa hasil pertandingan Derby Merseyside :

Pada 1990-91,  Liverpool dan Everton bertemu diPiala FA saat di Anfield pada 17 Februari 1991. Pertandingan berakhir imbang tanpa gol, dan replay tiga hari kemudian berakhir imbang 4-4 ​​di Goodison Park, di mana Peter Beardsley mencetak dua gol. 1990-1991 Kenny Dalglish sebagai manajer Liverpool, mengundurkan diri dua hari setelah bermain imbang 4-4 ​​dengan Everton. Replay kedua berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Everton pada tanggal 27 Februari, dan mengakhiri harapan ganda Liverpool.

Musim 1991 Peter Beardsley pindah dari Liverpool ke Everton, diikuti oleh bek Gary Ablett, menyebabkan ketegangan dalam derby Merseyside.Pada tanggal 7 Desember 1992, Everton mengalahkan Liverpool 2-1 di Goodison Park dalam permainan di mana Peter Beardsley hanya menjadi orang kedua dalam sejarah yang mencetak gol untuk kedua klub di Liverpoolderby tersebut.

Derby 1993-1994 di Anfield Liverpool mengalahkan Everton 2-1. peristiwa yang paling menonjol dari pertandingan ini adalah gol kemenangan oleh Robbie Fowler, yang ternyata 19 bulan berikutnya dan merupakan salah satu pemain muda paling menjanjikan di Inggris pada saat itu.

Derby pada tanggal 18 Oktober 1997, ketika Everton menang 2-0 di Goodison dengan kemenangan yang pada akhirnya menyelamatkan mereka dari degradasi (mereka hanya tinggal dengan memiliki selisih gol lebih besar dari Bolton Wanderers)

Musim 2000-01 melihat salah satu derby yang paling menarik dari era Premier League. Liverpool menang 3-2 atas Everton di Goodison pada bulan April, dengan mencetak gol saat injury time oleh Gary McAllister . Gol yang penting ini membantu Liverpool lolos Liga Champions untuk pertama kalinya setelah sekian lama.

Pada 2004-05, Everton finish di urutan keempat di liga dan Liverpool datang kelima - saat itu kota Liverpool berpesta, Liverpool juara Champions Eropa (meski diliga domestik diposisi 5),Everton memastikan langkah kekejuaraan Champions Eropa musim 2006 ( setelah finish diposisi 4 liga domestik ),para pecinta bola dikenalkan keganasan striker Everton Wayne rooney,sebelum akhirnya ditransfer ke Manchaster united.

Pada 2007-08, pertemuan di Goodison Park diselimuti kontroversi ketika wasit Mark Clattenburg memberikan Liverpool penalti. Everton mendominasi permainan setelah tertinggal tetapi terkena pinalti lagi ketika Joleon Lescott menghadang Jamie Caragher dikotak terlarang. Kemenangan tersebut membantu mengamankan finish empat besar dan lolos ke Liga Champions untuk Liverpool.

Pada musim 2008-09, Liverpool dan Everton bertemu empat kali, Liverpool memenangkan pertandingan Liga di Goodison Park 2-0. Everton nyaris lolos ke Liga Champions, sementara mereka maju ke final Piala FA di mana mereka dikalahkan oleh Chelsea.

Ketika belah pihak bertemu di musim 2009-10, kedua klub sedang menderita awal bencana untuk musim ini. Liverpool meraih kemenangan 2-0 di Goodison Park dan 1-0 di Anfield. Sementara itu di musim 2010-2011 Liverpool sama sekali tidak bisa mengalahkan everton baik di anfield maupun goodison park. Di ggoodison park Lfc harus menyerah 2-0 berkat gol dari arteta dan tim cahill sementara di anfield Lfc harus puas dengan bermain imbang 2-2 gol diciptakan oleh raul meireles dan dirk kuyt lewat titik penalty.

Pada musim 2011-12, Liverpool dan Everton bertemu tiga kali, dua kali di liga dan sekali di Piala FA, dengan Liverpool memenangkan semua tiga. Pertemuan pertama terjadi pada tanggal 1 Oktober 2011, dengan Liverpool menang 2-0 di liga di Goodison (gol oleh Andy Carroll dan Luis Suárez) melawan Everton 

Pada tanggal 13 Maret 2012, Liverpool memenangkan pertandingan Anfield 3-0 setelah hat-trick oleh Steven Gerrard, yang menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick di derby sejak Ian Rush pada tahun 1982. Pertemuan ketiga Musim adalah Piala FA semi-final di Stadion Wembley pada tanggal 14 April. Everton memimpin melalui gol Nikica Jelavic di babak pertama. Liverpool menyamakan kedudukan melalui gol Luis Suárez pertengahan babak kedua, dan Andy Carroll mencetak gol kemenangan bagi Liverpool di menit ke-87

Dimusim 2012-2013 kedua tim harus puas dengan berbagi poin 2 kali. Bermain 2-2 di goodison park dan 0-0 di Anfield stadium. Untuk musim 2013-2014 Derby akan di mulai di Goodison park pekan ini yaitu pada tanggal 23 November 2013. Fakta unik dari derby ini juga ialah Sejak tahun 2003 derby Merseyside selalu diadakan pertama di Goodison park lalu di Anfield.


Source :
http://rosehanstory.blogspot.com/2012/12/merseyside-derby.html http://en.wikipedia.org/wiki/Merseyside_derby