Skip to main content

Bacaan Ringan "SEPULUH KEUNIKAN DERBY MERSEYSIDE LIVERPOOL FC vs EVERTON VERSI 2"

http://massandry.blogspot.com
Merseyside Derby atau  Derby Merseyside, adalah laga antara dua club satu kota di daerah pelabuhan Liverpool Inggris.
Pertandingan keduanya tak menjadi Derby yg sangat di nantikan pecinta sepak bola di dunia, kenapa ??
Karna pertandingan saudara sekota ini tak pernah lepas dari keunikan2nya. Kami akan coba publikasikan 11 keunika Derby Merseyside ini:

1.  Istilah 'Merseyside'.
Merseyside adalah nama sebuah sungai besar yg membentang di dalam kota Liverpool menuju daerah Menchester. Jadi kota Liverpool juga terkenal dgn nama Merseyside.

Dan sejak tahun 1955 sebuah Koran kota tsbt menamai pertandingan keduanya dengan nama Derby Merseyside

2. Derby Terlama.
Kenapa terpanjang/terlama ?
Karna pertandingan keduanya adalah Derby yg sudah di mulai dari tahun 1962-63 
Memang masih ada Derby2 lain di kompetisi tertinggi Inggris, yaitu Derby Manchester, tapi mereka sering terpotong karna  MU sempat beerapa kali terdegradasi sebelum tahun 60an, dan City pun terlalu sering naik turun divisi.

3. Sangat dekat.
Liverpool vs Everton adalah laga derby yang benar-benar sangat dekat (sekitar 250 m). Jika diibaratkan tetangga, rumah mereka cuma berbatas tembok penyekat. Jarak antara Stadion Anfield dan Goodison Park cuma kurang dari 1 kilometer, hanya dibatasi sebuah area bernama Stanley Park!

4. Memiliki Rekor kartu merah.
Pertandingan Derby Merseyside menghasilkan kartu merah terbanyak di Premier league.

Fakta ini bisa menjadi gambaran panasnya rivalitas di atas lapangan. Sejak era Premierleague dimulai 1992, duel antara Liverpool vs Everton telah menghasilkan 20 kartu merah. Jumlah ini yang terbanyak dibandingkan pertandingan lainnya di EPL.

5. The Friendly Derby.
Derby Merseyside sempat disebut 'The Friendly Derby', karena banyak suporter Liverpool dan Everton yang berkerabat bahkan satu famili.

Maka bukan hal yang aneh jika seringkali terlihat, dua kubu suporter duduk bercampur di stadion. Ada kejadian unik di final Piala Liga 1984, dimana suporter Liverpool dan Everton berbaur di stadion, kemudian justru bersama-sama menyanyikan chant "Merseyside, Merseyside" dan "Are you watching Manchester?". Namun menjelang periode 90an, rivalitas Derby Merseyside semakin memanas, apalagi sejak era Premier League dimulai.

6. Siapa yang lebih baik?
Siapa yang lebih baik di Derby Merseyside? Liverpool atau Everton?

Di era 60an, keduanya adalah juara reguler di liga Inggris. Namun setelahnya, Liverpool menjadi lebih dominan, sedangkan Everton makin melemah. Kalau soal jumlah gelar juara, sudah jelas Liverpool lebih unggul.

Tren pertemuan di antara keduanya bisa dilihat pada grafik (klik gambar untuk memperbesar), dimana Everton lebih banyak menang sebelum tahun 1970an. *jumlah kemenangan Everton: warna biru, Liverpool: merah, seri: kuning.

Secara total, statistik hasil pertandingan Liverpool vs Everton hingga saat ini: bertanding 218x, Liverpool menang 88x, seri 64x, Everton menang 66x.

7. Klub dari kota tersukses di Inggris.
Derby Merseyside adalah laga dua klub di kota tersukses dalam sejarah sepakbola Inggris.

Secara statistik, kota Liverpool adalah yang tersukses di sepakbola Inggris. Kota ini menghasilkan 27 trophy juara liga (dari Liverpool 18, Everton 9), lebih banyak daripada kota Manchester (22) dan London (19).

8. Siapa yang lebih baik?
Siapa yang lebih baik di Derby Merseyside? Liverpool atau Everton?

Di era 60an, keduanya adalah juara reguler di liga Inggris. Namun setelahnya, Liverpool menjadi lebih dominan, sedangkan Everton makin melemah. Kalau soal jumlah gelar juara, sudah jelas Liverpool lebih unggul.

Tren pertemuan di antara keduanya bisa dilihat pada grafik (klik gambar untuk memperbesar), dimana Everton lebih banyak menang sebelum tahun 1970an. *jumlah kemenangan Everton: warna biru, Liverpool: merah, seri: kuning.

Secara total, statistik hasil pertandingan Liverpool vs Everton hingga saat ini: bertanding 218x, Liverpool menang 88x, seri 64x, Everton menang 66x.

9. Jadwal yang unik.
Pengaturan jadwal Derby Merseyside sangat unik, karena selalu sama tiap musimnya.

Sejak 2003, jadwal derby pertama selalu berlangsung di Goodison Park (kandang Everton), dan baru kemudian di Anfield. Ini bukan terjadi karena kebetulan, tapi memang karena ada kesepakatan yang berkaitan dengan siaran tv Inggris

10. Everton tidak pernah jadi tamu?
Everton sejatinya tidak pernah menjadi tamu di DerbyMerseyside. Kenapa?

Saat bertandang ke Anfield, Everton kembali ke rumah lamanya. Secara historis, Everton adalah klub pertama yang menjadikan Stadion Anfield sebagai kandangnya (1884-1892). Namun ketika Liverpool didirikan pada 1892, Everton pindah ke Goodison Park. Itulah sebabnya terkadang fans Everton 'mengejek' Liverpool sebagai squatters atau penghuni liar.

11. Respek di tengah Rivalitas.
Tidak seperti kebanyakan klub derby lain, basis suporter Everton dan Liverpool sangat berdekatan bahkan bercampur di satu wilayah. Tapi, justru relatif jarang terjadi perkelahian fisik diantara kedua kubu suporter.

Ada satu kejadian menarik beberapa tahun lalu, saat terjadi insiden kriminal penembakan terhadap seorang bocah fans Everton tahun 2007. Liverpool mengundang keluarga sang korban di sebuah laga Liga Champions. Saat mereka masuk lapangan dengan mengenakan syal dan jersey Everton, musik khas suporter Everton untuk pertama kalinya diputar di Stadion Anfield! Dan Liverpudlian memberikan standing ovation sesaat sebelum menyanyikan lagu 'You'll Never walk Alone'.



Popular posts from this blog

Bacaan Dewasa "FAKTA KEHIDUPAN SEKSUAL REMAJA JEPANG"

http://massandry.blogspot.com Inilah beberapa alasan Negeri Sakura itu melegalkan JAV Sex di Jepang sudah bukan hal yang tabu bagi kita, apalagi budaya sex yang bisa terbilang ekstrem di tengah-tengah bangsa yang menjunjung tinggi kesopanan ini. Siapa sih yang tidak tahu kalau bangsa Jepang terkenal sopan? Namun tak sedikit pula yang tahu budaya sex Jepang yang ekstrim.
Berikut kisahnya: 
1. Di salah satu kuil di Tokyo, ada sebuah gerbang merah yang jadi simbol sakral penduduk disana. Ternyata, di arena setelah kita melewati gerbang merah tersebut adalah area ritual bagi perempuan disana yang ingin melepas keperawanannya. 

2. Tahu shinkansen? Di kereta api super cepat ini ternyata tersedia gerbong khusus buat perempuan. Di gerbong ini, perempuan diberikan kebebasan untuk ngapain tanpa harus keganggu ama cowo- cowo yang ada disana. Konon kabarnya cowo Jepang sering ngelakuin tindakan asusila di kereta api. (bahkan beberapa syuting film porno memakai latar belakang kereta api sinkansen …

Bacaan Ringan "PROFIL LENGKAP WARKOP DKI "

http://massandry.blogspot.com
PROFIL: WAHYU SARDONO (DONO - WARKOP)
Drs. H. Wahjoe Sardono lebih dikenal dengan Dono Warkop lahir di Solo 30 September 1951 adalah aktor dan pelawak Indonesia yang bertinggi badan 167 cm serta beragama Islam. Ia juga dikenal sebagai aktor pada akhir 1970-an, tahun 1980-an dan era 1990-an. Dono meninggal pada 30 Desember 2001 akibat Kanker Paru-Paru.
Pendidikan:  Fakultas Ilmu Sosial - Jurusan Sosiologi, Universitas Indonesia 
Karir: Penyiar Radio Prambors (1974-1980)  Asisten Dosen Jurusan Sosiologi – Fakultas Ilmu Sosial UI (1974- 1980)  Dosen Jurusan Sosiologi – Fakultas Ilmu Sosial UI 
Alamat Rumah: Jalan Pulo Asem Utara 13/18, Jakarta Timur. 

Kabut tebal menyelimuti dunia perlawakan Indonesia. Ahad dini hari 30 Desember 2001 sekitar pukul 00.50 WIB, Drs H.Wahyu Sardono alias Dono Warkop, menghembus napas terakhirnya di kamar no 11 Paviliun Ignatius rumah sakit St Carollus Salemba Jakarta Pusat. Dia meninggal dengan tenang, disamping sahabatnya, Indr…

Bacaan Ringan "SABUNG AYAM MAULANA HASANUDDIN vs PRABU PUCUK UMUN"

http://massandry.blogspot.com Setelah kedua belah pihak telah bersepakat, dan telah menyiapkan ayam yang akan disabungkan, maka di hari itu, pada 11 Rabiul Awal tahun 888 Hijriah, orang-orang dari istana Pakuan Banten Girang dan para adjar dan pandita di Gunung Pulosari telah berkumpul untuk menyaksikan pertandingan sabung ayam antara Maulana Hasanuddin dan Ragamulya Surya Kencana alias Prabu Pucuk Umun. Saat itu, ayam keduanya saling mematuk, menghantam, mencabik, atau sesekali menghindari serangan lawannya, sebelum saling menyerang satu sama lain, yang diiringi oleh sorak-sorai para pendukung Maulana Hasanuddin dan Ragamulya Surya Kencana secara bergantian atau pun bersamaan.
Saat itu, semua yang hadir dan menyaksikan adu tanding kesumat itu merasa takjub dan heran ketika kedua ayam yang sama gagah dan perkasanya belum menandakan ada yang akan kalah di tengah arena. Bila ayam yang satu terpantik atau terjangkar oleh ayam yang lainnya, maka para pendukungnya akan bersorak gembira, da…