Wednesday, September 3, 2014

Bacaan Ringan "SEJARAH KLUB LIVERPOOL FC - PART 3"

http://massandry.blogspot.com
Gelar Juara Liga Primer Pertama kali Liverpool FC pada tahun 1901 Setelah 8 tahun masuk di kancah Liga Premier, LFC bangkit memuncaki Liga inggris dengan gelar juara ditangan yang menjadi modal untuk generasi Anfield selanjutnya. Benih kesuksesan ini sudah di tebarkan sejak 1896 ketika LFC memutuskan merekrut Legenda sepakbola Tom Watson menjadi Manajer Tim. hasilnya adalah tim ini tidak bisa diremehkan. salah satu gebrakan pertamanya adalah mengontrak Alex Raisbeck yang sangat inspirasional 2 tahun kemudian. berkat tangan dingin Watson lah tim juara LFC dibangun. 

Dengan Raisbeck sebagai pemimpin di belakang, dan Bill Perkins yang handal dibawah mistar gawang. didampingi oleh Billy Dunlop pemain internasional Skotlandia sebagai Full-Back dan pemain sayap jack Cox yangmenyisir sisi lapangan membantu assist bagi Sam Raybound si penyerang. tim LFC musim 1900/01 dilansir adalah tim dengan kemampuan terbaiknya. 

Semua ini terjadi pada jaman kumis baplang, ketika para pemain LFC berganti pakaian di Sandon dan berkemas untuk pertandingan away dengan menggunakan kereta atau kereta berkuda. Anfield yang pada masa itu hanya mampu menampung 20.000 penonton pada setiap pertandingan di akhir pekan. dan pada setiap harinya kambing mengunyah rumputnya dan memberikan pupuk alami dari kotorannya. juga masa keruntuhan ratu Victoria yang mendominasi koran-koran lokal. 

Gol dari Robertson, Satterhwaite dan Raybound membuat LFC mengawali musim dengan sempurna ketika mengalahkan Blackburn Rovers 3-0 di Anfield pada pembukaan musim didepan 20.000 pendukungnya. The Reds sedang membabi buta dengan mengemas kemenangan selanjutnya 2-1 melawan Stoke City, lalu membungkam West Bromwich Albion telak 5-0 menjadikan 3 kemenangan berturut-turut bagis skuad Tom Watson. meskipun begitu Aston Villa yang mempunyai selisih pertandingan lebih banyak memuncaki klasemen saat itu. Penyerang Sam Raybound bersama Tommy Robertson, masing-masing mengemas 1 gol disetiap pertandingan dalam 3 pertandingan terakhir. dan Raybound kembali mencetak gol pada Merseyside Derby di Goodison Park. 

Tendangan pada menit 46 membungkam mulut para pendukung The Toffees yang sudah memimpin dibabak pertama. dengan hasil imbang di derby tersebut kemenangan penuh LFC pun berakhir. pada minggu depannya LFC menjamu favorit juara musim itu Sunderland. dan mereka mengalami kekalahan pertama dikandang pula. LFC dibekap dengan 1-2 di Anfield, dan itu menjadi titik balik dari kemenangan berturut-turut di awal musim. Bagi pelatih Watson, kalah dari klub asalnya adalah kenyataan pahit yang harus ditelan, tetapi dialah yang akhirnya akan tertawa untuk terakhir kalinya nanti di akhir musim. 

Kemenangan bagi Notts County dan Wolves menambah kekalahan menjadi berturut-turut bagi LFC. dan sementara tergeser ke papan tengah di urutan klasemen, tetapi sebuah kemenangan besar 5-1 kembali mengumpulkan keyakinan para pemain dan supporter di Anfield. kemenangan 5-1 itu menghancurkan favorit juara lainnya, Aston Villa.seperti biasa ditengah musim keadaan mulai berbalik memburuk, dengan tidak konsistennya para pemain semakin menghantui The Reds. setelah kalah dari Sheffield dan United yang lalu ditutup dengan kemenangan dari Manchester City 4-3. 

Andy McGuigan membalikan keadaan dibabak kedua dan menghadiahkan kemenangan bagi the Reds dengan semua golnya setelah tertinggal 2-3 dibabak pertama. Seiring pergantian tahun dengan keyakinan penuh dari para Liverpudlians tetapi kenyataannya gelar juara semakin jauh dari jangkauan. walaupun pada awal abad itu diawali dengan kemenangan 3-1 dari Stoke City, tetapi kekalahan menyakitkan dari Everton dikandang dan minggu berikutnya dari Bolton semakin memudarkan harapan juara bagi the Reds. 

Pada pertengahan Februari, LFC terdampar di posisi 8 klasemen, tertinggal 9 poin dari pimpinan klasemen, Nottingham Forest. tetapi dengan determinasi tinggi yang akhirnya menjadi ciri khas team juara ala LFC di masa akan datang, hasil-hasil yang gemilang datang belakangan untuk berjuang meraih gelar juara. pada 23 Februari, Watson membawa tim melawat ke klub lamanya, Roker Park. dan bukan mustahil kembali ke kandang lama dengan sebuah senyuman menjadi hadiah manis setelah Jack Cox mengemas gol penting 1-0 untuk membuktikan ini adalah kebangkitan yang tak bisa ditangguhkan lagi. Wolves, Villa dan Newcastle berhasil dikalahkan oleh the Reds yang perlahan-lahan kembali bergeser menuju ke posisi dua klasemen dan gol Raybound pada menit 75 di Anfield pada tanggal 8 April 1901 menjadi pertanda kemenangan penting dan menggeser penghuni posisi kedua klasemen, Notts County. 

Membuat persaingan semakin ketat dengan selisih 5 point dari pemimpin sementara Sunderland dengan 3 pertandingan sisa ditangan menjadikan kesempatan untuk mengangkat Piala Juara untuk pertama kali semakin didepan mata bagi para Merseysider. Kemenangan atas Sheffield United atas perolehan gol dari goal getter terbaik the Reds Raybound, pada Senin Paskah mensejajarkan LFC dengan Rokerites pada posisi puncak klasemen menjadikan persaingan juara semakin memanas saat itu. 

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds