Wednesday, September 3, 2014

Bacaan Ringan "SEPULUH KEUNIKAN DERBY MERSEYSIDE LIVERPOOL FC vs EVERTON"

http://massandry.blogspot.com

Derby Merseyside, laga klub sepakbola sekota antara Liverpool vs Everton, menyimpan banyak sekali keunikan. Tak hanya jadi laga derby sepakbola dengan tradisiyang alot, tapi juga punya banyak hal menarik di dalamnya. Liverpool vs Everton ,Derby Merseyside, inilah 10 keunikan tentangnya...

1. Derby terpanjang.
Derby terpanjang di Liga Inggris. Laga Liverpool vs Everton adalah pertandingan derby terpanjang yang pernah terjadi di divisi teratas sepakbola Inggris! Keduanya selalu berduel di tiap musim divisi tertinggi Liga Inggris sejak musim 1962-63. Tidak ada derby lain yang berlangsung lebih lama dari ini. Derby Manchester? sempat terputus karena United beberapakali degradasi sebelum tahun 60an, dan City pun pernah terlalusering naik turun divisi.

2. Rekor kartu merah. 
Pertandingan Derby Merseyside menghasilkan kartu merah terbanyak di Premierleague. Fakta ini bisa menjadi gambaran panasnya rivalitas di atas lapangan. Sejak era Premier league dimulai 1992, duelantara Liverpool vs Everton telah menghasilkan 20 kartu merah. Jumlah ini yang terbanyak dibandingkan pertandingan lainnya di EPL.

3. The Friendly Derby. 
Derby Merseyside sempat disebut' The Friendly Derby ', karena banyak suporter Liverpool dan Everton yang berkerabat bahkan satu famili. Maka bukan hal yang aneh jika seringkali terlihat, dua kubu suporter duduk bercampur di stadion. Ada kejadian unik di final Piala Liga 1984, dimana suporter Liverpool dan Everton berbaur di stadion, kemudian justru bersama-sama menyanyikan chant "Merseyside, Merseyside" dan "Are you watching Manchester?". Namun menjelang periode 90an, rivalitasDerby Merseyside semakin memanas, apalagi sejak era Premier League dimulai.

4. Sangat dekat. 
Liverpool vs Everton adalah laga derby yang benar-benar sangat dekat. Jika diibaratkan tetangga, rumah mereka cuma berbatas tembok penyekat. Jarak antara Stadion Anfield dan Goodison Park cuma kurang dari 1 kilometer, hanya dibatasi sebuah area bernama Stanley Park!

5. Istilah 'Merseyside'. 
Laga Liverpool vs Everton mendapat sebutan sebagai Merseyside Derby sejak 1955, saat sebuah koran nasional memakai istilah tersebut.

6. Klub dari kota tersukses.
Derby Merseyside adalah laga dua klub di kota tersukses dalam sejarah sepakbola Inggris. Secara statistik, kota Liverpool adalah yang tersukses di sepakbola Inggris. Kota ini menghasilkan 27 trophy juara liga (dari Liverpool 18, Everton 9),lebih banyak daripada kota Manchester (22) dan London (19).

7. Siapa yang lebih baik? Siapa yang lebih baik di Derby Merseyside? Liverpool atau Everton?
Di era 60an, keduanya adalah juara reguler di liga Inggris. Namun setelahnya, Liverpool menjadi lebih dominan, sedangkan Everton makin melemah. Kalau soal jumlah gelar juara, sudah jelas Liverpool lebih unggul. Tren pertemuan di antara keduanya bisa dilihat pada grafik(klik gambar untuk memperbesar), dimana Everton lebih banyak menang sebelum tahun 1970an. *jumlah kemenangan Everton: warna biru, Liverpool: merah, seri: kuning.
Secara total, statistik hasil pertandingan Liverpool vs Everton hingga saat ini: bertanding 218x, Liverpool menang 88x, seri 64x, Everton menang 66x.

8. Jadwal yang unik. Pengaturan jadwal Derby Merseyside sangat unik, karena selalu sama tiap musimnya.
Sejak 2003, jadwal derby pertama selalu berlangsung di Goodison Park (kandang Everton), dan baru kemudian di Anfield. Ini bukan terjadi karena kebetulan, tapi memang karena ada kesepakatan yang berkaitan dengan siaran televisi Liga Inggris .

9. Everton tidak pernah jadi tamu? Everton sejatinya tidak pernah menjadi tamu di Derby Merseyside. Kenapa?
Saat bertandang ke Anfield, Everton kembali ke rumah lamanya. Secara historis, Everton adalah klub pertama yang menjadikan Stadion Anfield sebagai kandangnya (1884-1892). Namun ketika Liverpool didirikan pada 1892, Everton pindah ke Goodison Park. Itulah sebabnya terkadang fans Everton 'mengejek' Liverpool sebagai squatters atau penghuni liar.

10. Respek di tengah Rivalitas. Tidak seperti kebanyakan klub derby lain, basis suporter Evertondan Liverpool sangat berdekatan bahkan bercampur di satu wilayah. Tapi, justru relatif jarang terjadi perkelahian fisik diantara kedua kubu suporter.

Ada satu kejadian menarik beberapa tahun lalu, saat terjadi insiden kriminal penembakan terhadap seorang bocah fans Everton tahun 2007. Liverpool mengundang keluarga sang korban di sebuah laga Liga Champions. Saat mereka masuk lapangan dengan mengenakan syal dan jersey Everton, musik khas suporter Everton untuk pertama kalinya diputar di Stadion Anfield! Dan Liverpudlian memberikan standing ovation sesaat sebelum menyanyikan lagu ' You'll Never walk Alone '.