Saturday, December 1, 2012

Tokoh Terkenal "ANTONIO LUCIO VIVALDI - IL PRETE ROSSO"

http://massandry.blogspot.com
Antonio Lucio Vivaldi pengucapan Italia: [antɔ ː njo lu ː tʃo vivaldi] (4 Maret 1678 - 28 Juli 1741), dijuluki il Prete Rosso ("Imam Merah") karena rambut merahnya, adalah seorang komposer Baroque Italia, imam, dan pemain biola virtuoso, lahir di Venesia. Diakui sebagai salah satu komponis Baroque terbesar, pengaruhnya selama hidupnya tersebar luas di Eropa. Vivaldi dikenal terutama untuk menyusun concerto instrumental, terutama untuk biola, serta karya-karya paduan suara suci dan lebih dari empat puluh opera. Karya terbaik diketahui-Nya adalah serangkaian concerto biola yang dikenal sebagai The Four Seasons.

Banyak komposisi nya ditulis untuk ansambel musik perempuan dari Ospedale della Pietà, rumah bagi anak-anak terlantar di mana Vivaldi telah dipekerjakan 1703-1715 dan 1723-1740. Vivaldi juga memiliki beberapa keberhasilan dengan stagings opera di Venesia, Mantua dan Wina. Setelah bertemu Kaisar Charles VI, Vivaldi pindah ke Wina, berharap untuk keutamaannya. Kaisar meninggal tak lama setelah kedatangan Vivaldi.

Meskipun musik Vivaldi diterima dengan baik selama hidupnya, kemudian menurun dalam popularitas sampai kebangkitan yang kuat pada paruh pertama abad ke-20. Saat ini, peringkat Vivaldi yang paling populer dan banyak dicatat dari komposer Baroque.

Masa kanak-kanak
Gereja mana Vivaldi dibaptis: San Giovanni Battista di Bragora, Sestiere di Castello, Venice

Antonio Lucio Vivaldi lahir pada 1678 di Venesia, [1] maka ibukota Republik Venesia. Ia dibaptis segera setelah lahir di rumahnya oleh bidan, yang menyebabkan keyakinan bahwa hidupnya entah bagaimana dalam bahaya. Meskipun tidak diketahui secara pasti, baptisan langsung anak kemungkinan besar karena baik untuk kesehatannya yang buruk atau gempa bumi yang mengguncang kota itu pada hari itu. Pada trauma gempa, ibu Vivaldi mungkin telah mendedikasikan dirinya menjadi imam [2] baptisan gereja resmi Vivaldi tidak terjadi sampai dua bulan kemudian.. [3]

Orang tua Vivaldi adalah Giovanni Battista Vivaldi dan Camilla Calicchio, seperti yang tercatat dalam daftar San Giovanni di Bragora [4] Vivaldi memiliki lima saudara:.. Margarita Gabriela, Cecilia Maria, Bonaventura Tomaso, Zanetta Anna, dan Francesco Gaetano [5] Giovanni Battista , yang adalah tukang cukur sebelum menjadi seorang pemain biola profesional, mengajar Antonio bermain biola dan kemudian melakukan tur Venice bermain biola dengan anak laki-lakinya. Antonio adalah mungkin diajarkan pada usia dini, dilihat dari pengetahuan musik yang luas yang telah diperoleh pada usia 24, ketika ia mulai bekerja di della Ospedale Pietà [6]. Giovanni Battista adalah salah satu pendiri Sovvegno dei musicisti di Santa Cecilia, sebuah asosiasi musisi [7].

Presiden Sovvegno adalah Giovanni Legrenzi, seorang komposer Baroque awal dan di maestro cappella di Basilika St Markus. Ada kemungkinan bahwa Legrenzi memberikan Antonio muda pelajaran pertamanya dalam komposisi. The Luksemburg sarjana Walter Kolneder telah dilihat pengaruh gaya Legrenzi dalam jumlah awal liturgi Vivaldi karya Laetatus (RV Anh 31), yang ditulis pada tahun 1691 pada usia tiga belas. Ayah Vivaldi mungkin telah menjadi komposer sendiri: pada tahun 1689, sebuah opera berjudul La Fedeltà sfortunata disusun oleh Giovanni Battista Rossi - nama di mana ayah Vivaldi telah bergabung dengan Sovvegno di Santa Cecilia [8] "Rosso" adalah Italia untuk ". Merah ", dan akan mengacu pada warna rambutnya, ciri khas keluarga.

Kesehatan Vivaldi itu bermasalah. Gejala-Nya, strettezza di Petto ("sesak dada"), telah ditafsirkan sebagai bentuk asma [3] ini tidak mencegah dia dari belajar bermain biola, menyusun atau mengambil bagian dalam kegiatan musik, [3]. meskipun hal itu menghentikannya dari bermain alat musik tiup. Pada 1693, pada usia lima belas, ia mulai belajar untuk menjadi seorang imam [9]. Ia ditahbiskan pada tahun 1703, berusia 25. Dia segera dijuluki il Prete Rosso, "Imam Merah", karena rambut merahnya [10] Tidak lama setelah penahbisannya, pada 1704, ia diberi dispensasi dari merayakan Misa karena ia sakit.. Vivaldi hanya mengatakan Misa sebagai imam beberapa kali. Dia tampaknya telah ditarik dari tugas imam, tapi dia tetap seorang imam.
Pada Conservatorio dell'Ospedale della Pietà

Pada bulan September 1703, Vivaldi menjadi maestro di Violino (master biola) di sebuah panti asuhan bernama Pio Ospedale della Pietà (Rumah Sakit Devout of Mercy) di Venice [1]. Sementara Vivaldi yang paling terkenal sebagai seorang komposer, ia dianggap sebagai luar biasa teknis biola juga. Arsitek Jerman Johann Friedrich von Armand Uffenbach disebut Vivaldi sebagai "komposer dan pemain biola yang terkenal" dan mengatakan bahwa "Vivaldi dimainkan iringan tunggal sangat baik, dan pada kesimpulan ia menambahkan fantasi bebas [an Cadenza improvisasi] yang benar-benar terkejut saya, untuk itu hampir tidak mungkin bahwa siapa pun yang pernah dimainkan, atau akan pernah bermain, sedemikian rupa "[11].

Vivaldi hanya 25 ketika ia mulai bekerja di Ospedale della Pietà. Selama tiga puluh tahun berikutnya ia terdiri sebagian besar karya utamanya saat bekerja di sana [12] Ada empat lembaga sejenis di Venice,. Tujuan mereka adalah untuk memberikan perlindungan dan pendidikan untuk anak-anak yang ditinggalkan atau yatim, atau yang keluarganya tidak bisa mendukung mereka . Mereka dibiayai oleh dana yang disediakan oleh Republik [13]. Anak-anak belajar perdagangan dan harus meninggalkan ketika mereka mencapai 15. Gadis-gadis menerima pendidikan musik, dan paling berbakat tinggal dan menjadi anggota orkestra terkenal di Ospedale dan paduan suara.

Tak lama setelah penunjukan Vivaldi, para anak yatim mulai mendapatkan apresiasi dan penghargaan luar negeri, juga. Vivaldi menulis konserto, cantatas dan musik vokal sakral bagi mereka [14] Karya-karya sakral, yang jumlahnya lebih dari 60, yang bervariasi:. Mereka termasuk motets solo dan skala besar karya paduan suara untuk solois, paduan suara ganda, dan orkestra [15] Dalam. 1704, posisi guru viola all'inglese telah ditambahkan ke dalam tugasnya sebagai instruktur biola. [16] Posisi maestro di coro, yang pada satu waktu diisi oleh Vivaldi, diperlukan banyak waktu dan pekerjaan. Dia harus menulis Oratorio atau concerto pada pesta setiap dan mengajarkan anak yatim teori musik dan cara bermain instrumen tertentu. [17]

Hubungannya dengan dewan direksi dari Ospedale sering tegang. Dewan harus mengambil suara setiap tahun pada apakah untuk menjaga guru. Pemungutan suara pada Vivaldi jarang bulat, dan pergi 7-6 melawan dia pada 1709 [18] Setelah satu tahun sebagai musisi freelance, ia dipanggil kembali oleh Ospedale dengan suara bulat pada 1711,. Jelas selama tahun absen nya dewan menyadari pentingnya perannya [18]. Ia menjadi bertanggung jawab atas semua kegiatan musik lembaga [19] ketika ia dipromosikan menjadi maestro 'concerti di (music director) pada 1716. [20]

Pada 1705, koleksi pertama (Connor Cassara) dari karya-karyanya diterbitkan oleh Giuseppe Sala:. [21] Opus 1 nya adalah kumpulan dari 12 sonata untuk dua biola dan basso continuo, dalam gaya konvensional [16] Pada tahun 1709, sebuah koleksi kedua dari 12 sonata untuk biola dan basso continuo muncul, nya Opus 2. [22] Sebuah terobosan nyata sebagai komposer datang dengan koleksi pertamanya dari 12 concerti untuk satu, dua, dan empat biola dengan string, L'Estro Armonico Opus 3 , yang diterbitkan di Amsterdam pada 1711 oleh Estienne Roger, [23] didedikasikan untuk Grand Prince Ferdinand dari Tuscany. Pangeran disponsori banyak musisi, termasuk Alessandro Scarlatti dan Georg Frideric Handel. Dia adalah seorang musisi sendiri, dan Vivaldi mungkin bertemu dia di Venesia. [24] L'Estro Armonico adalah sebuah sukses besar di seluruh Eropa. Hal ini diikuti pada tahun 1714 oleh La Stravaganza, Opus 4 koleksi concerti untuk biola solo dan string, [25] yang didedikasikan untuk seorang mahasiswa biola tua itu Vivaldi, Venesia mulia Vettor Dolfin [26].

Pada bulan Februari 1711, Vivaldi dan ayahnya pergi ke Brescia, di mana pengaturan nya Mater Stabat (RV 621) dimainkan sebagai bagian dari festival keagamaan. Pekerjaan tampaknya telah ditulis dengan tergesa-gesa: bagian string sederhana, musik dari tiga gerakan pertama diulang dalam tiga berikutnya, dan tidak semua teks diatur. Namun demikian, mungkin sebagian karena esensialitas paksa musik, pekerjaan adalah salah satu karya awal.

Meskipun perjalanan yang sering dari 1718, yang Pietà membayarnya 2 payet untuk menulis dua concerti sebulan untuk orkestra dan untuk berlatih bersama mereka setidaknya lima kali ketika di Venesia. Catatan Pietà ini menunjukkan bahwa ia dibayar untuk 140 concerti antara 1723 dan 1733.
Opera impresariat
Edisi pertama Juditha triumphans [27]

Pada awal abad ke-18 Venice, opera adalah hiburan musik yang paling populer. Ini terbukti paling menguntungkan untuk Vivaldi. Ada beberapa teater bersaing untuk perhatian publik. Vivaldi memulai karirnya sebagai komposer opera sebagai usaha sampingan:. Opera pertamanya, Ottone di villa (RV 729) dilakukan tidak di Venesia, namun di Teater Garzerie di Vicenza pada tahun 1713 [28] Tahun berikutnya, Vivaldi menjadi impresario yang dari Sant'Angelo Teatro di Venice, di mana nya opera Orlando finto pazzo (RV 727) dilakukan. Pekerjaan itu tidak sesuai dengan selera publik, dan itu ditutup setelah beberapa minggu, digantikan dengan mengulang sebuah karya yang berbeda sudah diberikan tahun sebelumnya. [24]

Pada 1715, ia menyajikan Nerone fatto Cesare (RV 724, sekarang hilang), dengan musik oleh tujuh komponis yang berbeda, yang ia adalah pemimpin. Opera berisi sebelas arias, dan sukses. Pada akhir musim, Vivaldi berencana untuk menempatkan pada sebuah opera yang ditulis seluruhnya oleh dia, Arsilda, regina di Ponto (RV 700), namun negara sensor diblokir kinerja. Karakter utama, Arsilda, jatuh cinta dengan wanita lain, Lisea, yang berpura-pura menjadi seorang pria [24]. Vivaldi mendapat sensor untuk menerima opera tahun berikutnya, dan itu adalah sebuah sukses besar.

Pada periode ini, Pietà menugaskan karya liturgi beberapa. Yang paling penting adalah dua oratorios. Moyses Deus Pharaonis, (RV 643) hilang. Yang kedua, Juditha triumphans (RV 644), merayakan kemenangan Republik Venesia melawan Turki dan merebut kembali pulau Corfu. Terdiri tahun 1716, ini adalah salah satu karya-Nya yang kudus. Semua sebelas bagian bernyanyi yang dilakukan oleh gadis-gadis dari Pietà, baik peran perempuan dan laki-laki. Banyak arias termasuk suku cadang untuk solo instrumen-recorder, oboes, klarinet [rujukan?], Biola alto d'amore, dan mandolin-yang memamerkan berbagai bakat dari para gadis. [29]

Juga pada 1716, Vivaldi menulis dan menghasilkan dua opera lagi, L'incoronazione di Dario (RV 719) dan La Costanza trionfante Degli Amori e degli odi (RV 706). Yang terakhir ini sangat populer sehingga itu dilakukan dua tahun kemudian, kembali diedit dan diberi judul Artabano re dei Parti (RV 701, sekarang hilang). Itu juga dilakukan di Praha pada tahun 1732. Dalam tahun-tahun berikutnya, Vivaldi menulis opera beberapa yang dilakukan di seluruh Italia.

Gaya progresif opera menyebabkan dia beberapa masalah dengan musisi yang lebih konservatif, seperti Benedetto Marcello, seorang hakim dan musisi amatir yang menulis sebuah pamflet mencela dia dan operanya. Pamflet, Il teatro alla moda, menyerang Vivaldi tanpa menyebutkan dirinya secara langsung. Gambar sampul menunjukkan perahu (Sant'Angelo), di ujung kiri yang berdiri malaikat kecil mengenakan topi imam dan bermain biola. Keluarga Marcello mengklaim kepemilikan Sant'Angelo Teatro, dan pertempuran hukum yang panjang telah berjuang dengan manajemen restitusi, tanpa keberhasilan. Tulisan di bawah gambar jelas menyebutkan tidak ada tempat dan nama: ALDIVIVA merupakan anagram dari A. Vivaldi.

Dalam sebuah surat yang ditulis oleh Vivaldi untuk nya Bentivoglio pelindung Marchese tahun 1737, ia membuat referensi nya "94 opera". Hanya sekitar 50 opera oleh Vivaldi telah ditemukan, dan tidak ada dokumentasi lain dari opera yang tersisa ada. Meskipun Vivaldi mungkin telah dibesar-besarkan, dalam peran ganda nya komposer dan impresariat adalah masuk akal bahwa ia juga mungkin tertulis atau bertanggung jawab untuk produksi sebanyak 94 opera selama karir yang saat itu telah membentang hampir 25 tahun [30]. Sementara Vivaldi tentu terdiri opera banyak waktu, ia tidak pernah mencapai keunggulan komponis besar lainnya seperti Alessandro Scarlatti, Johann Adolph Hasse, Leonardo Leo, dan Baldassare Galuppi, sebagaimana dibuktikan oleh ketidakmampuannya untuk menjaga produksi berjalan untuk setiap jangka waktu dalam gedung opera besar. [31]

Opera yang paling sukses adalah La constanza trionfante dan Farnace yang mengumpulkan enam kebangunan rohani masing-masing. [31]
Mantua dan The Four Seasons
Karikatur oleh P.L.Ghezzi, Roma (1723). Hanya ada tiga penggambaran hidup dikenal Vivaldi dibuat dalam hidupnya: karikatur ini, yang ukiran kayu di awal artikel ini, dan potret minyak komposer dan biolanya. Groves Kamus Musik dan Musisi telah membantah keaslian dari potret terakhir.

"La primavera" (Spring) - Gerakan 1: Allegro dari The Four Seasons
Menu
00:00
Sebuah kinerja 2.000 langsung oleh Wichita State University Pemain Chamber.
Masalah mendengarkan file ini? Lihat bantuan media.

Pada tahun 1717 atau 1718, Vivaldi ditawari posisi bergengsi baru sebagai Maestro di Cappella pengadilan pangeran Philip dari Hesse-Darmstadt, gubernur Mantua [32]. Ia pindah ke sana selama tiga tahun dan menghasilkan beberapa opera, di antaranya adalah Tito Manlio (RV 738). Pada 1721, ia berada di Milan, di mana ia menyajikan drama pastoral La Silvia (RV 734, 9 arias bertahan). Ia mengunjungi Milan lagi tahun berikutnya dengan Oratorio L'adorazione Delli tre re majus al bambino Gesù (RV 645, juga hilang). Pada 1722 ia pindah ke Roma, di mana ia memperkenalkan gaya baru operanya '. Baru Paus Benediktus XIII mengundang Vivaldi untuk bermain untuknya. Pada 1725, Vivaldi kembali ke Venesia, di mana ia menghasilkan empat opera di tahun yang sama.

Selama periode ini Vivaldi menulis Four Seasons, concerto biola empat menggambarkan adegan yang sesuai untuk setiap musim. Tiga dari concerti adalah dari konsepsi asli, sementara, pertama "Spring", meminjam motif dari Sinfonia dalam tindakan pertama opera kontemporer nya "Il Giustino". Inspirasi untuk concerto mungkin pedesaan di sekitar Mantua. Mereka adalah sebuah revolusi dalam konsepsi musik: di dalamnya Vivaldi diwakili sungai mengalir, bernyanyi burung (dari spesies yang berbeda, masing-masing ditandai khusus), anjing menggonggong, nyamuk berdengung, gembala menangis, badai, penari mabuk, malam diam, pihak berburu baik dari pemburu 'dan titik mangsa pandang, lanskap beku, ice skating anak, dan kebakaran pemanasan musim dingin. Concerto masing-masing terkait dengan soneta, mungkin oleh Vivaldi, menggambarkan adegan yang digambarkan dalam musik. Mereka diterbitkan sebagai empat concerto pertama dalam koleksi dua belas, Il cimento dell'armonia e dell'inventione, Opus 8, diterbitkan di Amsterdam oleh Le Cene tahun 1725.

Selama waktunya di Mantua, Vivaldi berkenalan dengan penyanyi suatu giro muda calon Anna Tessieri yang menjadi muridnya, protégée, dan primadona favorit. [33] Anna, bersama dengan tua nya setengah-adik Paolina, menjadi bagian dari rombongan Vivaldi dan secara teratur menemaninya di perjalanan nya banyak. Ada spekulasi tentang sifat yang Vivaldi dan hubungan Giro, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan sesuatu di luar persahabatan dan kolaborasi profesional. Meskipun hubungan Vivaldi dengan Anna giro dipertanyakan, dia tegas membantah hubungan romantis dalam sebuah surat kepada Bentivoglio pelindungnya tanggal 16 November 1737. [34]
Kemudian hidup dan mati

Selama puncak karirnya, Vivaldi menerima komisi dari bangsawan Eropa dan royalti. Kantata pernikahan Gloria e Imeneo (RV 687) ditulis untuk pernikahan Louis XV. Vivaldi Opus 9, La Cetra, yang didedikasikan untuk Kaisar Charles VI. Pada 1728, Vivaldi bertemu kaisar sementara ia mengunjungi Trieste untuk mengawasi pembangunan pelabuhan baru. Charles mengagumi musik Imam merah sehingga ia dikatakan telah berbicara lebih dengan komposer selama satu pertemuan mereka daripada dia berbicara kepada para menterinya dalam lebih dari dua tahun. Dia memberi Vivaldi judul ksatria, medali emas dan undangan ke Wina. Vivaldi memberi Charles salinan naskah La Cetra, satu set concerti hampir sepenuhnya berbeda dari set dengan judul yang sama diterbitkan sebagai Opus 9. Pencetakan ini mungkin tertunda, memaksa Vivaldi untuk mengumpulkan koleksi improvisasi untuk kaisar.
Muka dari Il teatro alla moda

Ditemani ayahnya, Vivaldi perjalanan ke Wina dan Praha tahun 1730, di mana opera Farnace nya (RV 711) disajikan [35]. Beberapa opera kemudian hari diciptakan bekerja sama dengan dua penulis utama Italia dari waktu. L'Olimpiade dan Catone di Utica ditulis oleh Pietro Metastasio, perwakilan utama dari gerakan Arcadian dan penyair pengadilan di Wina. La Griselda ditulis ulang oleh Goldoni Carlo muda dari sebuah libretto sebelumnya oleh Apostolo Zeno.

Seperti komponis banyak waktu, tahun-tahun terakhir kehidupan Vivaldi menemukannya dalam kesulitan keuangan. Komposisinya tidak lagi dijunjung tinggi seperti mereka pernah berada di Venesia, mengubah selera musik dengan cepat membuat mereka ketinggalan zaman. Sebagai tanggapan, Vivaldi memilih untuk menjual jumlah yang cukup besar manuskripnya dengan harga yang remeh untuk membiayai migrasi ke Wina [36]. Alasan untuk keberangkatan Vivaldi dari Venesia tidak jelas, tetapi tampaknya mungkin bahwa, setelah keberhasilan pertemuannya dengan Kaisar Charles VI, ia berharap untuk mengambil posisi seorang komposer di pengadilan kekaisaran. Dalam perjalanannya ke Wina, Vivaldi mungkin telah berhenti di Graz untuk melihat Anna giro [37].

Hal ini juga kemungkinan bahwa Vivaldi pergi ke Wina untuk opera panggung, terutama karena ia mengambil tinggal dekat Kärntnertortheater tersebut. Tak lama setelah kedatangannya di Wina, Charles VI meninggal, yang meninggalkan komposer tanpa perlindungan kerajaan atau sumber penghasilan yang stabil. Segera setelah itu, Vivaldi menjadi miskin [38] [39] dan meninggal pada malam 27/28 Juli 1741, usia 63, [40] dari "infeksi internal", di sebuah rumah milik seorang janda saddlemaker Wina. Pada tanggal 28 Juli ia dimakamkan di kuburan sederhana di tanah pemakaman yang dimiliki oleh dana rumah sakit umum. Pemakaman Vivaldi berlangsung di Katedral St Stephen, tapi Joseph Haydn muda tidak ada hubungannya dengan penguburan ini, karena tidak ada musik dilakukan pada kesempatan itu. Biaya pemakaman dengan 'Kleingeläut' adalah 19 Gulden 45 Kreuzer yang agak mahal untuk kelas terendah dari penguburan.

Ia dimakamkan di samping Karlskirche, di daerah yang sekarang menjadi bagian dari situs Institut Teknik. Rumah di mana dia tinggal di Wina sejak saat itu telah dihancurkan, Sacher Hotel dibangun pada bagian dari situs. Plak Memorial telah ditempatkan di kedua lokasi, serta "Bintang" Vivaldi di Musikmeile Wina dan monumen di Rooseveltplatz.

Hanya tiga potret Vivaldi dikenal untuk bertahan hidup: sebuah ukiran, sebuah sketsa tinta dan lukisan minyak. Ukiran, oleh Francois Morellon La Cave, dibuat pada tahun 1725 dan menunjukkan Vivaldi memegang selembar musik. Sketsa tinta dilakukan oleh Ghezzi tahun 1723 dan menunjukkan kepala Vivaldi dan bahu dalam profil. Lukisan minyak, yang dapat dilihat di Musicale Liceo of Bologna, memberi kita mungkin gambar yang paling akurat dan menunjukkan rambut merah Vivaldi di bawah wig pirang. [41]
Gaya dan pengaruh

Musik Vivaldi adalah inovatif. Dia cerah struktur formal dan berirama dari konserto tersebut, di mana ia mencari kontras harmonik dan melodi inovatif dan tema, banyak dari komposisinya yang flamboyan, hampir bercanda, riang.

Johann Sebastian Bach sangat dipengaruhi oleh concerto Vivaldi dan arias (ingat dalam bukunya Gairah St John, St Matius Gairah, dan cantatas). Bach ditranskripsi enam concerti Vivaldi untuk keyboard solo, tiga untuk organ, dan satu untuk empat harpsichord, string, dan basso continuo (BWV 1065) berdasarkan concerto selama empat biola, dua viola, cello, dan basso continuo (RV 580).
Anumerta reputasi

Selama hidupnya, popularitas Vivaldi cepat membuatnya terkenal di negara-negara lain, termasuk Perancis, di mana selera musik yang kurang didikte oleh fashion daripada di tempat lain, [rujukan?] Tetapi setelah kematiannya popularitas sang komposer menyusut. Setelah periode Baroque, concerti Vivaldi diterbitkan menjadi relatif tidak dikenal dan diabaikan. Bahkan karya Vivaldi yang paling terkenal, The Four Seasons, pada saat itu tidak diketahui sebelumnya dalam edisi aslinya.

Selama awal abad 20, Fritz Kreisler Concerto di C, di Gaya Vivaldi (yang ia dilewatkan sebagai sebuah karya Vivaldi asli) membantu menghidupkan kembali reputasi Vivaldi. Ini memacu sarjana Perancis Marc Pincherle untuk memulai studi akademis oeuvre Vivaldi. Naskah Vivaldi Banyak ditemukan kembali, yang diakuisisi oleh Perpustakaan Nasional Turin University sebagai akibat dari sponsor dermawan Turinese pengusaha Roberto Foa dan Filippo Giordano, dalam memori anak-anak mereka. Hal ini menyebabkan minat baru dalam Vivaldi oleh, antara lain, Mario Rinaldi, Alfredo Casella, Ezra Pound, Olga Rudge, Chute Desmond, Arturo Toscanini, Arnold Schering dan Louis Kaufman, yang semuanya berperan dalam kebangkitan Vivaldi dari abad ke-20 .

Pada tahun 1926, di sebuah biara di Piedmont, peneliti menemukan empat belas folio kerja Vivaldi yang sebelumnya dianggap telah hilang selama Perang Napoleon. Beberapa volume yang hilang di set bernomor ditemukan dalam koleksi keturunan Grand Duke Durazzo, yang telah memperoleh kompleks biara di abad ke-18. Volume berisi 300 concerto, 19 opera dan lebih dari 100 vokal-instrumental bekerja. [42]

Kebangkitan tidak diterbitkan karya Vivaldi di abad ke-20 sebagian besar disebabkan oleh upaya Alfredo Casella, yang pada tahun 1939 Minggu terorganisir yang Vivaldi bersejarah, di mana Gloria ditemukan kembali (RV 589) dan l'Olimpiade yang dihidupkan kembali. Sejak Perang Dunia II, komposisi Vivaldi ini telah menikmati kesuksesan yang luas. Pada tahun 1947, pengusaha Venesia Antonio Fanna mendirikan Istituto Italiano Antonio Vivaldi, dengan komposer Gian Francesco Malipiero sebagai direktur artistik, dengan tujuan mempromosikan musik Vivaldi dan baru penerbitan edisi dari karya-karyanya. Pertunjukan historis informasi tampaknya telah meningkatkan ketenaran Vivaldi masih jauh.

Penemuan kembali baru-baru ini karya Vivaldi termasuk dua pengaturan Mazmur Nisi Dominus (RV 803, di delapan gerakan) dan Dixit Dominus (RV 807, di sebelas gerakan). Ini diidentifikasi pada tahun 2003 dan 2005, oleh Janice sarjana Australia Stockigt. The Vivaldi sarjana Michael Talbot menggambarkan RV 807 sebagai "arguably karya nonoperatic terbaik dari pena Vivaldi untuk terungkap sejak tahun 1920-an ......". [43] hilang Vivaldi 1730 opera Argippo (RV 697) ditemukan kembali pada tahun 2006 oleh yang harpsichordist dan konduktor Ondřej Macek, yang Hofmusici orkestra melakukan pekerjaan di Kastil Praha pada tanggal 3 Mei 2008, pertunjukan pertama sejak 1730.
Dalam budaya populer

The Vivaldi film, Pangeran di Venesia selesai pada tahun 2005 sebagai ko-produksi Italia-Perancis di bawah arahan Jean-Louis Guillermou. Pada tahun 2005, ABC Radio Nasional menugaskan sebuah drama radio tentang Vivaldi, yang ditulis oleh Sean Riley. Berjudul The Angel dan Imam Merah, drama ini kemudian diadaptasi untuk panggung dan tampil di Festival Adelaide of the Arts [44].

Musik dari Vivaldi, Mozart, Tchaikovsky dan Corelli telah dimasukkan dalam teori Tomatis Alfred mengenai dampak musik terhadap perilaku manusia dan digunakan dalam terapi musik. [Rujukan?]

Penulis Janice Jordan Shefelman menulis buku anak-anak merinci kehidupan Vivaldi berjudul I, Vivaldi. [45]
Bekerja
Artikel utama: Daftar komposisi oleh Antonio Vivaldi dan Daftar opera oleh Vivaldi

Sebuah komposisi oleh Vivaldi diidentifikasi dengan nomor RV, yang mengacu pada tempatnya di "Ryom-Verzeichnis" atau "repertoar des oeuvres d'Antonio Vivaldi", sebuah katalog yang diciptakan pada abad ke-20 oleh musikolog Peter Ryom.

Le quattro stagioni (The Four Seasons) dari 1.723 adalah karyanya yang paling terkenal. Bagian dari Il cimento dell'armonia e dell'inventione ("The Contest antara Harmoni dan Penemuan"), itu menggambarkan suasana hati dan adegan-adegan dari masing-masing empat musim. Karya ini telah digambarkan sebagai sebuah contoh luar biasa dari pra-program musik abad ke-19 [46].

Vivaldi menulis lebih dari 500 konser lainnya. Sekitar 350 peserta ini adalah untuk instrumen solo dan string, yang 230 adalah untuk biola, yang lainnya adalah untuk bassoon, cello, oboe, flute, biola d'amore, perekam, kecapi, atau mandolin. Sekitar empat puluh concerto adalah untuk dua instrumen dan string dan sekitar tiga puluh adalah untuk tiga atau lebih instrumen dan string.

Serta sekitar 46 opera, Vivaldi terdiri tubuh besar musik paduan suara suci. Karya lainnya termasuk sinfonias, sekitar 90 sonata dan musik kamar.

Beberapa sonata untuk flute, diterbitkan sebagai Il Pastor Fido, telah keliru dikaitkan dengan Vivaldi, tetapi disusun oleh Nicolas Chedeville.

Vivaldi Gloria (kumpulan potongan paduan suara untuk SATB) adalah bagian yang sangat terkenal dan banyak dipuji. Penelitian Richard Vendome telah menunjukkan bahwa Vivaldi menulis artikel ini sementara ia adalah direktur musik di sekolah tari seorang gadis, yang menyiratkan bahwa ia bermaksud semua bagian - termasuk tenor dan garis bass - yang akan dinyanyikan oleh gadis atau perempuan. Tesis Vendome adalah kontroversial, tapi dia telah telah terbukti menjadi mungkin dengan sendiri paduan suara nya 'SPAV', yang didedikasikan untuk karya-karya Vivaldi dan murid-muridnya dan di mana perempuan bernyanyi bass, tenor, soprano dan alto, semua di lapangan. [rujukan?]

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds