Thursday, April 17, 2014

Bacaan Ringan "KISAH SA'AD ABI WAQQAS - MUSLIM YANG DOANYA DIKABULKAN ALLAH S.W.T - PART 5"

http://massandry.blogspot.com
Khalifah Umar bin Khattab mengirimkan pasukan muslim dalam jumlah besar ke Iraq (pada saat itu masih bagian dari Persia) di bawah pimpinan sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash.

Mendengar pergerakan pasukan Islam ini , Kaisar Persia yang terakhir dan masih muda, Yazdgird III (632 M. - 651 M.) memerintahkan kepada panglima perangnya Rustam Farrokhzad untuk menghadangnya. Akhirnya kedua pasukan ini bertemu di sebelah barat sungai Eufrat di desa yang bernama Al-Qadisiyyah (barat daya Hillah dan Kufah).

Pasukan muslim mengirim delegasi ke kamp pasukan Persia dengan mengajak mereka memeluk Islam atau tetap dalam keyakinan mereka tetapi dengan membayar pajak atau jizyah. Setelah tidak dicapai kesepakatan diatas, pecahlah pertempuran. Sa'ad sendiri tidak bisa memimpin langsung pasukannya dikarenakan sakit bisul yang parah. Tetapi dia tetap memonitor jalannya pertempuran bersama deputinya Khalid bin Urtufah.

Hari pertama pertempuran berakhir dengan kemenangan di pihak Persia dan hampir saja pasukan muslim akan menemui kekalahan dengan tidak imbangnya jumlah pasukannya dengan pasukan Persia yang lebih besar. Pasukan Persia menggunakan gajah untuk memporak-porandakan barisan muslim dan ini sempat membuat kacau kavaleri muslim dan kebingungan diantara mereka bagaimana cara untuk mengalahkan gajah-gajah tersebut. Keadaan seperti ini berlangsung sampai dengan berakhirnya hari kedua pertempuran.

Memasuki hari ketiga, datanglah bala bantuan muslim dari Syria (setelah memenangkan pertempuran Yarmuk). Mereka menggunakan taktik yang cerdik untuk menakut-nakuti gajah Persia yaitu dengan memberi kostum pada kuda-kuda perang. Taktik ini menuai sukses sehingga gajah-gajah Persia ketakutan, akhirnya mereka bisa membunuh pemimpin pasukan gajah ini dan sisanya melarikan diri kebelakang menabrak dan membunuh pasukan mereka sendiri. Pasukan muslim terus menyerang sampai dengan malam hari.

Pada saat fajar hari keempat, datanglah pertolongan Allah SWT. dengan terjadinya badai pasir yang mengarah dan menerpa pasukan Persia sehingga dengan cepat membuat lemah barisan mereka. Kesempatan emas ini dengan segera dimanfaatkan pihak muslim, menggempur bagian tengah barisan Persia dengan menghujamkan ratusan anak panah. Setelah jebolnya barisan tengah pasukan Persia, panglima perang mereka Rustam terlihat melarikan diri dengan menceburkan diri dan berenang menyeberangi sungai, tetapi hal ini diketahui oleh pasukan muslim yang dengan segera menawan dan memenggal kepalanya.

Pasukan muslim yang berhasil memenggal kepalanya adalah Hilal bin Ullafah. Setelah itu dia berteriak kepada pasukan Persia dengan mengangkat kepala Rustam : "Demi penjaga Ka'bah! Aku Hilal bin Ullafah telah membunuh Rustam!". Melihat kepala panglima perangnya ditangan pasukan muslim, pasukan Persia menjadi hancur semangatnya dan kalang kabut melarikan diri dari pertempuran. Sebagian besar pasukan Persia ini berhasil dibunuh dan hanya sebagian kecil saja yang mau memeluk agama Islam. Dari Pertempuran ini, pasukan muslim memperoleh ghanimah atau rampasan perang yang sangat banyak, termasuk perhiasan kekaisaran persia.

Setelah pertempuran ini, pasukan muslim terus mendesak masuk dengan cepat sampai dengan ibukota Persia, Ctesiphon atau Mada'in. setelah itu mereka melanjutkan ke arah timur dan mematahkan dua kali serangan balasan dari pasukan Persia yang pada akhirnya berhasil menghancurkan kekaisaran Persia dan menjadikannya daerah muslim sampai dengan saat ini.

Sa’ad juga satu-satunya sahabat yang dikaruniai umur yang panjang diantara sepuluh sahabat Nabi Saw yang dijamin masuk surga. Dia meninggal dalam usia delapan puluh tahun. Firasat akan panjangnya usia Sa’ad pernah dikemukakan oleh Rosulullah Saw ketika suatu hari Sa’ad menderita sakit. Pada saat merasakan kerasnya sakit, ingatan dan akal Sa’ad terus menimbang-nimbang urusan harta yang meresahkannya, kemudian Nabi SAW datang menjenguk Sa’ad. Disamping pembaringan sahabatnya, beliau duduk sembari meletakkan tangan di bahu Sa’ad. Perhatian sederhana dari Rosulullah Saw tersebut, telah memberikan ketenangan jiwa dan meredakan sakit fisik Sa’ad, yang keadaannya memang cukup memprihatinkan.

Saat Sa’ad mulai dapat mengatur nafas, mulai bisa mengendalikan suhu tubuhnya yang tinggi diterjang demam, mulailah ia mengutarakan apa yang menjadi pasal keresahan dan kegundahan hatinya. Dia berkata kepada Rosulullah Saw: ”Ya, Rasulullah, alangkah kerasnya penyakit yang saya derita ini, sebagaimana engkau menyaksikan sendiri. Adapun saya memiliki harta yang cukup banyak, sedang yang mewarisi hanyalah seorang anak perempuan. Apakah boleh saya menyedekahkan dua-pertiga dari harta saya itu ?”, Mendengar pertanyaan sahabatnya, Nabi SAW tersenyum dan menjawab,”Tidak boleh, wahai Sa’ad.” Nabi SAW memijat bahu Sa’ad dengan lembut, mulai mengurutnya pelan-pelan, lalu memijat seluruh permukaan lengannya. Sa’adpun bertanya untuk kedua kalinya,”Bagaimana jikalau separuhnya, ya Rasulullah ?” Sambil terus memijat bahu dan lengan sahabatnya, Nabi Muhammad SAW menggelengkan kepala,”Tidak boleh, wahai Sa’ad.” Kemudian Sa’ad bertanya kembali: ”Bagaimana jika sepertiganya ?”, mendengar pertanyaan tersebut Nabi SAW menarik nafas lalu tersenyum kepada Sa’ad. ”Sepertiga itu banyak dan cukup besar, sahabatku. Wahai Sa’ad, sesungguhnya, bila kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya, hal itu lebih baik bagimu, daripada jika kamu meninggalkan mereka dalam keadaan miskin sehingga harus meminta-minta pada sesama manusia.”nasehat beliau sambil memberi isyarat dengan kedua tangan.”Sesungguhnya, wahai Sa’ad, apapun yang kamu nafkahkan dengan maksud untuk mencari ridla Allah pasti kamu diberi pahala. Sekalipun kamu hanya memberikan sekerat daging ke mulut istrimu.

Mendengar penjelasan junjungannya tersebut, Sa’ad-pun tersenyum tipis. Gelisah hati dan resah pikirannya berkurang, seiring bulir-bulir keringat yang mulai membasahi kening, pertanda demam hebatnya tengah berangsur pulih. Dalam keadaan demikian, sekali lagi Sa’ad menatap wajah Nabi SAW lekat-lekat dan berkata kepada beliau: ”Wahai, Rasulullah junjungan kami, apakah saya ini akan segera berpisah dengan keluarga dan kawan-kawanku ?”, ”Belum, Sa’ad, belum waktunya.”jawab Nabi SAW.”Sesungguhnya belum dekat waktunya kamu berpisah dengan mereka. Kamu masih akan menambah amal yang kamu niatkan demi mencari ridla Allah, hingga bertambah juga derajat dan keluhuranmu. Dan barangkali kamu akan meninggal setelah sebagian orang dapat mengambil manfaat darimu, sedangkan yang lain merasa dirugikan olehmu.”

Demikianlah firasat Rosulullah atas sahabatnya Sa’ad bin Abi Waqqas yang ternyata memang diberikan umur yang panjang hingga delapan puluh tahun. Banyak yang dilakukannya selama hidup demi perjuangan dan dakwah Islam. Dia menjadi saksi atas sejarah pasca tebunuhnya khalifah Ustman bin Affan. Saat itu terjadi pertentangan dan fitnah di antara kaum muslimin sehingga terjadi kekisruhan pada masa kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dengan pendiri dinasti Umayyah, Mu’awiyah bin Abi Shofyan. Sa’ad yang telah berusia lanjut memilih untuk menepi dari berbagai fitnah yang sampai kepadanya. Ketika banyak orang, yang dipelopori oleh keponakannya, Hasyim bin ’Utbah bin Abi Waqqash, menyatakan dukungan agar Sa’ad berani ikut bersaing dalam perebutan kekuasaan, Sa’ad memilih untuk diam dan menyingkir.

Menjelang akhir hayatnya, Sa’ad lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Saw. Dia meninggal di pangkuan salah satu putranya. Pada saat detik-detik ajal menjemput Saad berkata: ”Kenapa engkau menangis, wahai anakku ?”ucap Sa’ad dalam sengal nafasnya, tatkala ia menyaksikan airmata berlelehan di pipi sang anak yang dikasihi.”Baginda Nabi SAW pernah menyampaikan kabar gembira, bahwasanya ayahmu ini adalah salah satu penduduk surga. Sungguh ayah percaya penuh dan mengimaninya. Lagipula, kepada siapa lagi kita hendak beriman, jika bukan kepada Allah dan Rasul-Nya…”

Airmata sang anak-pun makin deras mengalir, demi mendengar perkataan sang Abi, yang begitu dalam maknanya dan sungguh mengharukan hati.”Sebenarnyalah, Allah tiada akan menyiksa ayah, dan sesungguhnya ayahmu adalah termasuk penduduk surga…”berkata Sa’ad dengan lirih, demi menenangkan hati sang anak yang dirundung duka teramat dalam, waktu mendampinginya di saat-saat terakhir.

Dengan lemah, dalam puncak kepayahan sakratul maut, Sa’ad memberi isyarat kepada anaknya, untuk mengambil sesuatu dari dalam peti, tempat dimana Sa’ad biasa menyimpan benda-benda atau barang-barang pribadi. Sang anak tertegun, demi menyaksikan apa yang terdapat didalam peti itu hanyalah sehelai kain kusam, yang karena usianya juga tampak telah sedemikian lapuk. Kemudian Sa’ad berkata: ”Wahai, orang-orang yang kucintai, sesungguhnya aku telah mengenakan kain ini, saat kuhadapi orang-orang musyrik dalam peperangan Badar. Kain ini telah kusimpan lama, lama sekali, demi saat-saat seperti hari ini.”Yang hadir ketika itu langsung memahfumi, bahwasanya Sa’ad ingin ia dikafani dengan kain kusam itu. Kain yang pernah ia selempangkan sebagai pakaian, saat ia bersama-sama pasukan Islam yang pertama, bersama dengan Rasulullah dan para sahabatnya yang setia, memerangi kaum musyrikin di medan perang Badar.

Demikianlah akhirnya Saad meninggal dunia dan jasadnya di kafani dengan baju jubah yang dipakai ketika perang Badar. Saat meninggal pada tahun 54 Hijriyah dan dimakamkan di pemakaman Baqi’ di kota Madinah. 

Sumber: indonesiaindonesia.com

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds