Friday, April 4, 2014

Bacaan Ringan "MENELUSURI JEJAK KEJAYAAN ISLAM DI EROPA DAN ASIA - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Rahmatanlil’alamin, Rahmat bagi Semesta Alam, itulah anugerah yang Allah SWT berikan bagi agama Islam di bumi ini. Berbagai peradaban telah dibangun berlandaskan pada syariat Islam, namun semua itu hanya tinggal sejarah. Tidak hanya memiliki Jejak Kejayaan Islam di Istanbul, Turki, Islam pun memiliki banyak jejak kejayaan di berbagai belahan bumi ini. HijUp akan berbagi beberapa diantaranya, yaitu di Damaskus, Baghdad, dan Cordoba. Kota-kota tersebut adalah ibukota dari peradaban Islam yang sempat berkuasa dan memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat luas pada saat itu. Masing-masing memiliki sejarah yang kuat dan meninggalkan jejak kejayaan yang masih dapat dikagumi hingga saat ini.

Damaskus - Dinasti Umayyah
Damaskus termasuk kota tertua yang dihuni manusia dan Islam mulai memiliki pengaruh di kota tersebut pada era kekuasaan Khalifah Umar bin Khattab. Panglima perang seperti Khalid bin Walid, Amr bin Ash, Abu Ubaididah bin Jarrah, dan Yazid bin Abu Sufyan berhasil menunaikan tugas yang diberikan untuk menaklukkan daerah Suriah dan Palestina. Secara resmi, Damaskus berada dalam kekuasaan Islam pada September 635 M.

Pada 661 M, Mu‘awiyah bin Abu Sufyan mendirikan Dinasti Umayyah dan menetapkan Damaskus sebagai ibukota pemerintahan. Mengawali kekuasannya, Dinasti Umayyah fokus untuk memperluas wilayah kekuasaan Islam hingga ke Afrika Utara, Spanyol, Asia Tengah, Persia, serta India. Salah satu jejak kejayaan terbesar dari Dinasti ini adalah Masjid Umayyah yang masih dapat dilihat hingga saat ini. Pada masa kejayaannya, Masjid yang memiliki tiga buah menara, tiga buah kubah, empat buah mihrab, tiga buah saumaah, dan empat buat gapura ini menjadi pusat kegiatan umat Islam.

Damaskus terkenal akan kemakmuran dan sifat dermawan para penduduknya. Sederet lembaga amal berdiri untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan. Damaskus juga menjadi pusat peradaban pendidikan dan setiap orang yang ingin meraih sukses akan datang ke kota ini untuk belajar. Berbagai fasilitas dan bantuan pendidikan sangat melimpah, sehingga para pelajar tidak perlu khawatir akan tempat tinggal dan kekurangan makanan. Pada era kejayaan Islam, terdapat 150 perguruan tinggi yang terdapat di Damaskus. Al-Nuriyyah Al-Kubra yang didirikan Khalifah Nur Al-Din menjadi perguruan tinggi terfavorit dan terbaik pada saat itu.

Kekuasaan Dinasti Umayyah berakhir pada 750 M dan digantikan oleh Dinasti Abbasiyah. Ibukota pemerintahan pun berpindah ke kota Baghdad. Dinasti Ustmani yang berasal dari Turki pun sempat menguasai Damaskus sekitar tahun 1560 M.  

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds