Thursday, April 17, 2014

Bacaan Ringan "KISAH BILAL BIN RABAH - BUDAK YANG PALING BERIMAN KEPADA ALLAH S.W.T - PART 3"

http://massandry.blogspot.com
Dan ketika seseorang membaca kitab hadist atau buku-buku tentang Abu Bakar R.A., kita dapat mengetahui bahwa Nabi Muhammad S.A.W. dipilih oleh Allah S.W.T., begitu juga Abu Bakar R.A. dipilih oleh Allah S.W.T., dia dipilih untuk mengabdi dan berkorban untuk Islam, dia dipilih untuk membela Nabi Muhammad S.A.W. di sepanjang waktu, 

Qadhi Abul Hassan Ahmad ibn Muhammad az Zubaidi menulis dalam kitabnya, bahwasanya Abu Hurairah R.A. berkata “Kaum Muhajirin dan Anshar berkumpul di sekeliling Nabi Muhammad S.A.W., dan Abu Bakar R.A. bersumpah demi nyawa Rasulullah S.A.W. ‘Ya Rasulullah S.A.W., tidak pernah aku bersujud di hadapan berhala, bahkan di masa jahiliyah sekalipun.” 

Karena mendengar ini, Umar marah dan membalas perkataannya “Wahai Abu Bakar, kau mengatakan hal ini dan bersumpah demi hidup Rasulullah S.A.W. bahwa kau tidak pernah bersujud di hadapan berhala, tapi aku pernah melihatmu berjalan ke tempat penyembahan berhala di masa-masa jahiliyah.”

Abu Bakar R.A. berkata “Ya Umar, itu tidak seperti yang kau kira. Ayahku, Abu Quhafa membawaku. Dia menuntun tanganku dan membawaku ke salah satu tempat penyembahan berhala. Kemudian dia memberitahuku ‘berhala itu adalah tuhanmu. Bersujudlah kepadanya.’ Ayahku meninggalkanku disana seorang diri. Aku mendekati berhala itu dan meminta makanan, minuman, dan pakaian. Dan ketika berhala itu tidak menjawab, aku mengambil sebuah batu dan melemparnya ke berhala itu. Ketika ayahku melihat apa yang telah kulakukan, dia marah dan menamparku, kemudian ayahku membawaku kepada ibuku dan menceritakan kejadian ini dengan tujuan agar ibuku memarahiku.

Tapi ternyata ibuku malah memelukku dan berkata ‘Ya Abu Quhafa, jangan berkata buruk kepada anakku, karena ketika dia lahir, aku menerima sambutan kepada anak ini. Sebuah suara yang tanpa pemilik terdengar “Wahai wanita hamba Allah, selamat karena kelahiran anakmu, yang bernama “Shiddiq” di langit, yang merupakan seorang sahabat dari Muhammad S.A.W.”

Juga Abu Bakar R.A. pernah berkata: “Sebelum Nabi Muhammad S.A.W. menerima wahyu kenabian, aku bepergian ke Yaman. Dan aku menemui seorang ahli kitab. Ketika ahli kitab ini melihatku, dia berkata ‘Tampaknya kau berasal dari Haram.’ Aku berkata “Ya, aku dari Haram.” Kemudian ahli kitab itu berkata “Tampaknya kau berasal dari suku Quraisy?” Aku berkata “Ya.” Kemudian dia berkata “Tampaknya kau berasal dari klan Taym?” Aku berkata “Ya.”

Abu Bakar berkata “Mengejutkan karena setelah dia mengatakan demikian, dia berkata ‘Hanya satu tanda yang belum kulihat.’ Aku bertanya padanya ‘tanda apa itu?’ Dia berkata ‘tunjukkan perutmu.’” Aku menolak dan bertanya ‘Kau harus memberitahuku dulu, kenapa aku harus menunjukkan perutku?’ Kemudian dia berkata padaku ‘aku membaca di dalam kitab suci, bahwa seorang nabi akan diutus di Haram, dan dua orang akan bersama nabi ini dan menolongnya di sepanjang waktu. 

Yang satu adalah anak muda, dan yang kedua adalah orangtua paruh baya. Dan untuk orang yang paruh baya, tubuhnya kurus dan punya kulit yang sangat putih. Dia punya tanda di atas perutnya, dia juga punya tanda di paha kirinya. Aku telah melihat semua tanda yang tersembunyi. Tunjukkan aku perutmu.’ Aku menunjukkan perutku dan melihat ada tanda di atas perutku. Dia bersumpah demi Tuhan dari Ka’bah ‘aku bersumpah demi Tuhan dari Ka’bah bahwa kaulah orangnya yang telah disebutkan dalam kitab suci kami.’ Kemudian dia memberiku nasihat yang baik. Dan setelah menyelesaikan pekerjaanku, aku meninggalkan Yaman dan berjalan menuju Makkah Tul Mukarramah, dan aku menunggu kedatangan nabi terakhir ini.”

Dan ketika dia tahu bahwa nabi terakhir ini tidak lain tidak bukan adalah teman masa kecilnya, yaitu Muhammad bin Abdullah S.A.W. yang telah menerima wahyu dari Allah, maka tanpa keraguan sedikit pun, Abu Bakar R.A. langsung beriman dan mengucapkan kalimat La ilaha ilallah muhammadar rasulullah.

Keimanan yang begitu besar sampai-sampai pada suatu ketika Jibril A.S. turun dari langit dan berkata kepada Nabi Muhammad S.A.W. “Ya Muhammad S.A.W., Allah menyampaikan salamnya padamu, dan Allah berfirman padamu ‘katakan kepada putra Abu Quhafa bahwa Allah S.W.T. meridhoinya.’”

Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad S.A.W. “Setiap orang yang kuundang ke dalam Islam akan mempunyai keraguan atau paling tidak mempunyai pertanyaan tentangku atau Islam. Abu Bakar adalah satu-satunya orang yang tidak bertanya apapun ketika aku mengundangnya, tidak ada keraguan sedikitpun, dia beriman dan mengucapkan kalimat La ilaha ilallah muhammadar rasulullah.”

Dan karena hal ini, dia diberikan gelar Shiddiq (yang paling jujur dan paling saleh), karena dia tidak pernah sekalipun meragukan sabda Rasulullah S.A.W. sampai-sampai diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad S.A.W. baru saja menggerakkan bibirnya, dan sebelum Nabi Muhammad S.A.W. mengucapkan apa yang ingin disabdakannya, Abu Bakar R.A. langsung berkata “Nabi Muhammad S.A.W. telah berbicara benar.”

Sampai-sampai ketika Nabi Muhammad S.A.W. pergi ber Mi’raj, dalam satu malam Nabi Muhammad S.A.W. pergi dari Makkah Tul Mukarramah, Masjidil Haram, ke Masjidil Aqsa di Yerussalem, dan dari sana dia naik ke langit, dan kembali. Ketika dia S.A.W. menceritakan kisah ini kepada orang-orang kafir (penyembah berhala), mereka mencemooh dan tidak percaya dengan kata-kata Nabi Muhammad S.A.W., sampai-sampai orang yang imannya lemah keluar dari Islam dan tidak mau percaya kepada Nabi Muhammad S.A.W. Dan orang-orang kafir tahu bahwa Nabi Muhammad S.A.W. mendapatkan dukungan penuh dari Abu Bakar R.A. dan dialah satu-satunya yang membela Nabi Muhammad S.A.W. di sepanjang waktu. Jadi mereka datang dan menceritakan kisah ini kepada Abu Bakar R.A. “Ya Abu Bakar, apakah kau tahu apa yang dikatakan temanmu? Dia berkata dalam satu malam dia berjalan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem, dan dia kembali dalam satu malam.”

Abu Bakar R.A. menjawab “Jika temanku berkata demikian, maka dia telah berkata benar. Wahai orang-orang kafir, kalian telah datang kepada Abu Bakar hari ini, Demi Allah, aku mempercayainya dalam hal-hal yang jauh lebih besar daripada ini! Aku mempercayai wahyu yang datang kepadanya setiap pagi dan sore dari langit, dan kalian pikir kalian bisa menjauhkanku dari Islam karena dia menceritakan kisah ini? Jika dia telah berkata demikian, maka dia telah bicara jujur.”

Inilah mengapa dia disebut Shiddiq. Dia memeluk Islam tanpa takut dengan bencana yang akan menimpanya dan semua masalah yang akan dia hadapi. Karena keimanannya yang begitu besar, tidak ada rasa takut di dalam hatinya. Hal ini terbukti ketika dia mendatangi Nabi Muhammad S.A.W. dan berkata “Ya Rasulullah S.A.W., kita harus berdakwah terang-terangan.”

Nabi Muhammad S.A.W. menjelaskan “Ya Abu Bakar, bukan sekarang waktunya. Jumlah umat Muslim masih sangat sedikit di Mekkah. Biarlah kita jadi kuat dahulu, barulah kita menyampaikan pesan Allah secara terang-terangan.”

Abu Bakar R.A. terus memaksa sampai akhirnya Nabi Muhammad S.A.W. memberikan izin, padahal baru ada 39 Muslim yang ada di muka bumi waktu itu. Kemudian Abu Bakar R.A. pergi ke Masjidil Haram, di hadapan orang-orang kafir dan pemimpin mereka, dia menyampaikan dakwahnya secara terang-terangan. 

Ketika dia baru mulai berdakwah, orang-orang kafir menerjangnya dan memukulinya, menendangnya, menginjak-injaknya. Abu Bakar menerima begitu banyak pukulan sampai-sampai di dalam hadist dikatakan “Abu Bakar R.A. bersimbah darah dari ujung kepala hingga ujung jari.”Mereka memukulinya sampai dia pingsan dan setiap orang yang ada di Masjidil Haram merasa bahwa Abu Bakar tidak mungkin bertahan hidup setelah penyerangan ini, sampai-sampai anggota klan-nya datang dan membawanya, dan mereka berseru di Masjidil Haram bahwa jika Abu Bakar meninggal, maka klannya akan membunuh Utbah bin Rabiah karena telah mendalangi penyerangan ini.

Abu Bakar R.A. tidak sadarkan diri. Keluarganya berusaha membuatnya sadar namun dia tetap tak sadarkan diri. Di sepanjang hari sampai sore hampir berakhir, dia tetap tak sadarkan diri. Dan akhirnya ketika dia siuman, hadist mencatat bahwa kata-kata pertamanya adalah “Wahai keluargaku, katakan bagaimana keadaan Nabi Muhammad S.A.W.?”

Anggota keluarganya dan anggota klannya mendiskusikan hal ini... Sepanjang hari Abu Bakar berada dalam keadaan sekarat, dia dipukuli dengan begitu beringas, semua ini terjadi karena rasa cintanya kepada Muhammad bin Abdullah S.A.W. Dia baru siuman dan masih lemah, tapi satu-satunya orang yang dia pikirkan adalah Muhammad S.A.W. Dia terus-menerus bertanya “Wahai ibu, katakan padaku bagaimana keadaan Rasulullah S.A.W.?” Ketika ibunya memberitahunya “Aku tidak tahu bagaimana keadaan sahabatmu.”

Dia berkata “Pergilah ke Ummi Jamil (saudara Umar) yang juga telah masuk Islam, pergilah kepadanya dan tanyakan padanya, dia telah masuk Islam secara sembunyi-sembunyi.” Ketika ibunya pergi kepada Ummi Jamil, dia berkata “Aku tidak tahu apa yang kau bicarakan, aku tidak kenal siapa itu Abu Bakar, dan aku tidak kenal dengan Muhammad bin Abdullah.”

Meski berkata begitu, dia datang untuk melihat keadaan Abu Bakar R.A., dan ketika dia melihatnya dalam keadaan sekarat, dia tidak dapat menyembunyikan keimanannya, dia mulai menjerit dan menangis, dan Abu Bakar berkata “Ya Ummi Jamil, kau telah melihat Rasulullah S.A.W., katakan padaku bagaimana keadaan Rasulullah?” Ketika dia diberitahu bahwa Rasulullah S.A.W. baik-baik saja dan sedang berada di Darul Arqa, dia tidak tenang dan bersumpah “Demi Allah, aku tidak akan makan dan minum sampai aku melihat wajah Rasulullah S.A.W., sampai aku melihat bahwa Nabi Muhammad S.A.W. baik-baik saja dan berada di tempat yang aman.” Ibunya khawatir karena Abu Bakar R.A. tidak mau makan dan minum, dan ibunya tahu bahwa tidak mungkin dia membatalkan sumpahnya karena dia telah menyebut nama Allah.

Karena Abu Bakar R.A. masih lemah dan jalan terlihat aman, maka ibunya membawanya ke tempat Rasulullah S.A.W. Dan ketika dia melihat wajah Rasulullah S.A.W. yang dirahmati, dia merasa tenang. Dia mendekap Nabi Muhammad S.A.W. dan menangis sedalam-dalamnya, sehingga Nabi Muhammad S.A.W. juga ikut menangis. dan semua sahabat dan para Muslim lemah yang ada disana juga ikut menangis. Kemudian dia bertanya “Ya Rasulullah S.A.W., ini adalah ibuku, dia selalu merawatku dengan baik, kau adalah orang yang dirahmati. Ya Rasulullah, undanglah dia ke dalam Islam dan berdo’alah kepada Allah S.W.T. agar mengabulkan do'amu dan menyelamatkan ibuku dari api neraka.” Nabi Muhammad S.A.W. mengangkat tangannya dan kemudian ibunya Abu Bakar R.A. mengucapkan kalimat La ilaha ilallah muhammadar rasulullah.

Karena keberaniannya, Ali R.A. berkata “Hanya satu jam bersama Abu Bakar lebih baik daripada seluruh bumi yang dipenuhi orang-orang beriman seperti orang-orang beriman pada masa Fir’aun.” Hari ini ada milyaran umat Muslim. Kemudian terjadi peristiwa 9/11 dan kita mulai kehilangan identitas kita. Tiba-tiba umat Islam yang kuat menjadi lemah, mereka mencukur jenggotnya, mereka melepaskan identitas muslimnya. Padahal pada masa itu belum ada milyaran Muslim, baru ada 39 Muslim di muka bumi ketika Abu Bakar R.A. menyatakan keimanannya secara terbuka dan berdakwah/menyampaikan pesan Allah di antara orang-orang kafir.

Segalanya dia korbankan untuk Islam, dia mengorbankan kekayaannya untuk Islam, dia mengorbankan anak dan istrinya untuk Islam, bahkan dia tidak menyisakan apa-apa untuknya, dia menyumbangkan semuanya untuk Islam.

http://www.lampuislam.blogspot.com/

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds