Sunday, January 19, 2014

Bacaan Ringan "BIOGRAPHY LENGKAP "METALLICA - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
METALLICA, THE ONE OF THE BIGGEST METAL MONSTER IN THE WORLD

Siapa yang suka & hobi music Metal, so pasti kenal & suka dengan Metallica, The One of The Biggest Metal Monster in the world!. Ini adalah timeline catatan sejarah dari Metallica, dari awal terbentuknya hingga suksesnya mereka menjadi Band Metal besar dunia.

Semuanya dimulai dari…

Awal 1981
Lars Ulrich, seorang fans dari New Wave of British Heavy Metal metal yang berkeinginan untuk memulai sebuah band. Dia akhirnya membuat sebuah iklan di majalah Recycler terbitan California bagian Selatan yang isinya: “Drummer looking for other metal musicians to jam with, Tygers of Pan Tang, Diamond Head and Iron Maiden.”

Oktober 1981
Meskipun pada saat itu Lars masih belum mempunya band, dia meyakinkan temannya Brian Slagel (pendiri Metal Blade Records) untuk memasukan lagunya di album kompilasi berikutnya, Metal Massacre. Slagel setuju dan akhirnya Lars merekrut James Hetfield sebagai vokalis dan pemain gitar.

Masih dengan band yang belum mempunyai nama, Lars berdiskusi dengan seorang temannya Ron Quintana yang sedang mencari nama untuk sebuah Fanzine. Diantara nama-nama yang disebutkan Quintana adalah “Metal Mania” dan “Metallica”. Lars meyakinkan Rob untuk menggunakan nama Metal Mania untuk Fanzine dan “mencuri” nama Metallica sebagai nama bandnya.

Awal 1982
Berikutnya Dave Mustaine merespon iklan yang dipasang oleh Lars juga di majalah Recycler yang isinya mencari seorang pemain gitar.  Setelah mendengar permainan gitar Dave dan melihat perlengkapan alat-alatnya, lars dan James memutuskan untuk merekrut Dave.

Metallica merekam lagu pertama mereka “Hit The Lights” untuk album kompilasi Metal Massacre I. Formasi band pada saat itu adalah: James Hetfield sebagai vokalis, pemain rhythm gitar dan bas. Lars Ulrich sebagai pemain drum. Dave Mustaine sebagai pemain lead gitar.

14 Maret 1982
Metallica melakukan konser pertama mereka di Radio City, Anahiem, California dengan formasi: James Hetfield, Lars Ulrich, Dave Mustaine danRon Mcgovney.

James berpikir bahwa band ini tidak akan berhasil tanpa adanya seorang frontman, dan bernyanyi sambil bermain gitar tidak keliatan terlalu baik. Setelah beberapa sesi latihan yang kurang sukses dengan vokalis lain, Sammy Dijon, akhirnya mereka memutuskan bahwa James tetap sebagai vokalis dan frontman sementara semua bagian gitar akan dilakukan oleh Dave.

METALLICA AWAL
27 Maret 1982
Metallica sebagai opening act grup Saxon di Whisky. Sebenarnya Motley Crue yang harus tampil sebagai opening act nya Saxon. Tapi kenyataannya Tommy Lee dan Vince Nail menolak untuk tampil sebagai band pembuka lagi. Dan akhirnya mereka memperkenalkan Ron McGovney kepada sang promoter yang berakhir dengan tampilanya Metallica sebagai band pembuka Saxon.

JAMES & DAVE
April 1982
Metallica membuat album demo mereka yang pertama dengan judul Power Metal. Nama tersebut terinspirasi dari Kartu Nama mereka yang dibuat oleh Ron McGovney.

25 Mei 1982
Metallica mengadakan konser di Backbay High School (tempat sekolah Lars) di Costa Mesa. Penampilan pertama James pada Rhythm gitar. Sayangnya konser tersebut tidak terlalu sukses karena mayoritas mereka adalah bukan penggemar Metal dan tempat tersebut sudah hampir kosong sebelum mereka menyelesaikan setlist nya.

14 Juni 1982
Metal Massacre I dirilis.Pada cetakan pertama ada kesalahan penulisan oleh Label Rekaman tersebut: ”Mettallica” dan “Ron McGouney”. Karena “Hit The Lights” dalam versi tersebut direkam hanya dengan menggunakan 4 trek kaset player maka hasilnya juga tidak terlalu bagus.

6 Juli 1982
Metallica membuat album demo mereka yang kedua dengan judul No Life ‘till Leather dengan materi tujuh lagu baru: “Hit The Lights”, “Mechanix”, “Motorbreath”, “Seek and Destroy”, “Metal Militia”, “Jump in The Fire” dan “Phantom Lord”.

Beberapa bulan kemudian James dan Lars menyaksikan pertunjukan band Trauma di Whisky A Go-Go dengan Cliff Burton sebagai pemain bas. Cliff mengunakan pedal Wah pada gitar basnya untuk menghasilkan suara yang sangat-sangat berbeda dengan pemain-pemain bas yang lainnya.

Tertarik dengan permainan basnya Cliff dan sedikit kecewa dengan permainan bas Ron McGovney, Lars dan James mendekati Cliff setelah pertunjukan dan menanyakan dia untuk ikut bergabung dengan Metallica. Pada saat itu jawaban Cliff adalah “Tidak”. Meskipun pada akhir tahun Cliff akhirnya setuju untuk bergabung dengan Metallica jika mereka mau pindah ke San Fransisco.

29 Nopember 1982
Metallica mengadakan pertunjukan di Old Waldrof, San Fransisco dengan Exodus sebagai band pembuka. Pada saat itulah untuk pertama kalinya mereka bertemu dengan Kirk Hammet. Konser Metallica tersebut direkam secara amatir oleh mereka dan akhirnya menjadi demo dengan judul Live Metal Up Your Ass Demo.

Malam berikutnya, mereka ikut ambil bagian dalam acara Metal Mania nya Ron Quintana. Ini adalah penampilan terakhirnya Ron McGovney dengan Metallica.

28 Desember 1982
Jam Session pertama Cliff Burton dengan Metallica di El Cerrito di rumah manajer Grup Exodus, Mark Whittaker.

Februari 1983
James, Lars dan Dave pindah ke rumah Mark Whitaker di Jalan 3132 Carlson Boulevard, El Cerrito yang akhirnya tempat tersebut menjadi pilihan utama mereka untuk bersenang-senang. Metallica akhirnya bisa meyakinkan Whittaker untuk menjadi Road Manager mereka, Produser sementara dan kordinator.

Johnny ‘Z’ Zazula seorang promoter konser dan pemilik studio rekaman New Jersey’s Rock N’ Roll Heaven mengundang mereka untuk tampil di wilayah East Coast dan merekam album mereka setelah ia mendengar demo No Life Till Leather

5 Maret 1983
Penampilan perdana Cliff burton bersama Metallica di The Stone, San Francisco. Konser berikutnya di The Stone pada tanggal 19 Maret direkam dan muncul dalam video Cliff ‘Em All. Itu juga merupakan konser terakhir Metallica dengan Dave Mustaine di San Francisco

16 Maret 1983
Metallica merekam demo mereka yaitu ”Whiplash” dan “No Remorse.”

April 1983
Metallica pergi ke East Coast untuk menemui Johnny Zazula. Mereka tidur di tempat mereka berlatih yang sering disebut dengan Music Building.Anthrax, teman dari Johnny Z memberikan mereka kulkas dan oven toaster juga memberikan tempat untuk mereka mandi karena di tempat tersebut tidak tersedia kamar mandi.

Metallica akhirnya dikontrak oleh Johnny dengan label rekamannya yg baru yaitu Megaforce Records setelah tidak mendapatkan perusahaan label rekaman yang lain.

Metallica memutuskan untuk memecat Dave.  Di suatu pagi mereka membangunkan Dave dan memberinya tiket bis untuk pulang ke California. Penggantinya Kirk Hammett dari band Exodus datang untuk mengisi posisi tersebut pada hari yang sama.

“We went in where he was sleeping and woke him up. I was the one who was definitely closest to him at the time and I didn’t want to say anything, and as Cliff was the newest member he didn’t want to say anything, so we both pointed to James to do the dirty deed. We told him and he looked at us and didn’t really know what to do. He was sitting on the bus before I think it hit him. In retrospect, it may have been a dirty way to do it, but he was so unpredictable it was certainly the safest!”

“Lars, Metallica: In Their Own Words”

16 April 1983
Konser pertama Metallica bersama dengan Kirk Hammett di The Showplace, Dover, New Jersey

10 – 27 Mei 1983
Metallica akhirnya melakukan proses rekaman untuk album pertama mereka Kill ‘Em All di Music America, Rochester, NY dengan diproduseri olehPaul Curcio.

Nama asli album tersebut Metal Up Your Ass yang ditolak oleh perusahaan rekaman untuk digunakan. Cover asli dari album Metal Up Your Ass adalah gambar sebuah pisau yang muncul atau keluar dari toilet.

25 Juli 1983
Metallica merilis Kill ‘Em All di Megaforce Records di Amerika dan di Music For Nations di wilayah Eropa.

27 Juli – 3 September 1983
Konser tur pertama Metallica berbarengan dengan grup band Raven. Nama yang digunakan untuk tur tersebut adalah Kill ‘Em All For One tour yang merupakan gabungan dari nama album kedua band tersebut yg dikeluarkan oleh Megaforce Records

Oktober – Desember 1983
Metallica menghabiskan waktu untuk mengumpulkan materi untuk album berikut mereka Ride The Lightning.
Boston, sewaktu mereka tur konser bersama Anthrax, truk yang membawa semua perlengkapan dan peralatan mereka dicuri. Yang tersisa hanyalah gitar yang ditaruh dikamar oleh John Marshall yang kuatir akan cuaca yang sangat dingin diluar akan menyusutkan neck dari gitar tersebut. Untuk sisa 3 hari tur tersebut, anthrax meminjamkan perlengkapan panggung mereka kepada Metallica. Dikatakan bahwa lagu Fade To Black terinspirasi dari kejadian tersebut

Di akhir tahun Kill ‘Em All telah menjual sebanyak 17.000 kopi. Jumlah yang cukup besar album yang dikeluarkan secara independen. Tetapi pada saat itu Metallica masih mengalami kesulitan financial, tidak jarang mereka hanya makan satu kali dalam satu hari dan tanpa uang untuk biaya hotel, mereka harus meminta-minta bantuan dari fans-fans loyal mereka.

Awal Februari 1984
Metallica terbang ke Eropa untuk mendukung tur konser grup band Venom di Seven Dates of Hell Tour. Meraka akan tampil di depan 7.000 fans mereka di Aardschok Festival, Zwolle, Holland.

Penampilan pertama mereka di Zurich, Swiss. Tur tersebut hamper saja ditunda sesaat setelah mereka tiba disana karena James terluka pada tangannya setelah terkena pecahan gelas bir pada pesta di malam sebelumnya.

Februari – Maret 1984
Ride The Lightning direkam di Sweet Silence Studios, Copenhagen, Denmark.

Diantara beberapa barang yang dicuri beberapa bulan sebelumnya adalah amplifier Marshall kesukaan James. Sebelum rekaman, James mencari amplifier yang sebanding keseluruh bagian eropa.

Diakhir bulan Maret, Metallica bersama dengan Anthrax, The Rods dan Exciter seharusnya akan memulai tur Hell On Earth mereka di Inggris, tapi tur tersebut dibatalkan karena penjualan tiket yang tidak bagus.

Metallica yang sudah terbang dari Denmark ke London akhirnya menghabiskan waktu mereka di London dengan Anthrax. Di akhir Maret dan di awal April mereka mengadakan dua pertunjukan di Marquee, London.

Agustus 1984
Album Ride The Lightning dirilis. Perusahaan printing di Prancis secara tidak sengaja mencetak warna yang salah yang seharusnya biru tetapi dicetak berwarna hijau sebanyak 400 kopi. Saat ini rekaman tersebut merupakan salah satu yang diburu oleh para kolektor.

Pertengahan tahun 1984
Bosan dengan waktu-waktu rekaman dan turing, James bergabung dengan band Spastic Children sebagai drummer. Anggota band yang lainnya adalah Fred Cotton pada Vokal, James McDaniels pada gitar dan seorang pemegang bas yang bernama Jumbo.

Musim Gugur 1984
Metallica memutuskan kontrak dengan Megaforce Records dan mulai bekerjasama dengan Elektra Records, yang akhirnya merilis Ride The Lightning pada label tersebut.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Cliff Burnstein dan Peter Mensch dari Q-Prime menjadi manajer mereka.

Nopember – Desember 1984
Tur Bang The Head That Doesn’t Bang dengan band Tank dengan rata-rata jumlah penonton sebanyak 1.300 tiap satu pertunjukan.

Metallica memperoleh nama Alcoholica dari seorang penggemar dari Eropa yang memakai T-shirt buatan sendiri dengan cover Kill ‘Em All yang telah dirubah.

“The first time I saw it was some kid had done a shirt, with silk screens or paints at home. He had the Kill ‘Em All album cover, except instead of ‘Metallica’ it said ‘Alcohollica,’ and instead of ‘Kill ‘Em All,’ it said ‘Drink ‘Em All.’ Instead of the hammer with the blood, it was a vodka bottle dumped over. We thought it was pretty cool. We had shirts like that made up for ourselves.”

Januari – Maret 1985
Di bulan Januari 1985, Metallica kembali ke Amerika dengan tur yang disebut dengan W.A.S.P. dengan didukung oleh band Armored saint. Di beberapa hari tanpa pertunjukan mereka mengadakan pesat yang cukup gila-gilaan, alcohol dimana mana, hotel diteror, dan beberapa kejahilan2 muncul dengan cepat.

Pada tanggal 6 Maret, seorang basis muda yang bernama Jason Newsted menyaksikan konser Metallica di Phoenix, Arizona.

17 Agustus 1985
Metallica ikut bermain di konser bertajuk Monsters Of Rock Festival bersama dengan Bon Jovi dan Ratt di Castle Donington, Inggris di depan 70.000 penggemarnya.

Penonton di Donington sangat dikenal suka melempar sesuatau atau apapun ke pangung.

31 Agustus 1985
Metallica terus melanjutkan konser-konser besar mereka, bermain di Day on The Green in Oakland, California di hadapan 60.000 penggemarnya.

September – Desember 1985
Metallica memulai proses rekaman album beriutnya Master Of Puppets di Sweet Silence Studios, Copenhagen, Denmark.

26 Februari 1986
Album Master Of Puppets dirilis. Album tersebut bertahan selama 72 minggu di album charts dan menjadi rekaman emas mereka yang pertama.

27 Maret 1986
Metallica memulai tur Damaged Inc. di Amerika sebagai supporting act nya Ozzy Osbourne. Ini adalah tur mereka yang terakhir sebagai supporting band.

26 Juli 1986
James mengalami patah pergelangan tangan setelah terjatuh pada saat bermain skateboard menuruni bukit di Evansville, Indiana sesaat sebelum pertunjukan tetapi dia tetap melanjutkan konser tersebut meskipun hanya bernyanyi tanpa gitar. John Marshall teknisi gitar mereka menggantikan peran james dalam gitar.

10 September 1986
Tur Damage Inc. untuk wilayah eropa dimulai. Pada tanggal 21 September dengan didukung oleh Anthrax, mereka mengadakan pertunukan yang cukup terkenal di Hammersmith Odeon, London.

27 September 1986
Pada pertunjukan di Stockholm pada tanggal 26 september, untuk pertama kalinya James kembali bermain gitar setelah kecelakaan yang menimpa dia sebelumnya.

Pertunjukan tersebut adalah pertunjukan terakhir dari Cliff Burton. Melakukan perjalanan dai Stockholm menuju Copenhagen dengan bis, mereka mengundi dengan kartu untuk menentukan siapa yang akan tidur dan di tempat yang mana. Cliff mendapatkan kartu As Wajik dan memilih untuk tidur di tempat Kirk. Menjelang sore supir bis tersebut mendadak kehilangan kendali dan akhirnya tidak bisa mengendalikan sama sekali bis tersebut hingga akhirnya terguling selama beberapa kali. James, Kirk dan Lars selamat tanpa luka-luka yang serius. Tapi Cliff Burton tewas ditempat setelah tubuhnya terlontar keluar dan terjepit nis tersebut.

Oktober 1986
Garry Sharpe-Young menginterview Cliff Burton pada tanggal 20 September 1986 tepat seminggu sebelum kematiannya.

“Funnily enough Cliff and I also talked theoretically about what Metallica would do if one of the band was killed: we were actually talking about Led Zeppelin and John Bonham. What we were actually discussing was the hypothesis of Lars meeting his Maker… Cliff said that they would have a big drunken party in his honor, and then get a new drummer. Fast.”

“Garry Sharpe-Young, Justice For All: The Truth About Metallica”

Metallica segera mengadakan audisi untuk mencari pemain bas yang baru. Diantaranya adalah rekomendasi dari beberapa teman termasuk Les Claypool dari grup band Primus yang merupakan teman Kirk pada pelajaran Aljabar dan Troy Gregory dari band Prong. Jason Newsted dari band Floatsam and Jetsam pada saat itu sedang mempelajari set list metallica secara lengkap untuk menghadapi proses audisinya. Selesai audisi, mereka (James, Lars dan Kirk) mengajak Jason ke Tommy’s Joint di san Francisco  untuk sekedar minum dan mengobrol. James, Lars dan Kirk mengadakan konferensi singkat tepatnya di dalam kamar mandi tempat tersebut dan akhirnya memutuskan bahwa Jason akan menjadi bassis mereka yang baru.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds