Friday, January 31, 2014

Bacaan Ringan "LIMA BELAS TRAGEDI TERPARAH DALAM DUNIA OALHRAGA - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
10. Tragedi Stadion Kayseri Ataturk
Tanggal: 17 September 1968
Lokasi: Stadion Kayseri Ataturk, Kayseri, Turki
Total meninggal: 44 orang

Pertandingan antara Kayseri Erciyesspor dan Sivasspor dalam pertandingan Liga Utama Turki, dihadiri lebih dari 12.000 suporter dari kedua belah pihak. Pertandingan berlangsung dengan atmosfir yang sangat keras. Dan pada menit ke-20, gol tercipta oleh Oktay, striker dari Kayserispor. 

Setelah gol tersebut, para pemain dari kedua belah pihak mulai berkelahi tanpa alasan yang jelas, sang wasit mengeluarkan kartu merah kepada salah satu pemain Kayserispor, tapi setelah meminta pendapat dari para ofisial lainnya, wasit merubah keputusannya dan memperbolehkan pemain tadi bertanding kembali. Dan dari level pertandinganyang keras itu, para suporter mulai berulah dengan melemparkan batu kepada suporter lawan. 

Dan beberapa suporter Sivas mencoba melarikan diri dari lemparan batu, berlari kedalam lapangan dan mencari pintu keluar, beberapa yang lari ke lapangan dihadang para petugas kepolisian dan memutar balik sehingga para suporter Sivas terdesak di pintu keluar terdekat dan menerobos menabrak sesama para suporter Sivas yang berada diluar pintu keluar stadion. 

Saat lautan suporter Sivas tersebut bertabrakan, kejadian berikutnya sangat mengenaskan, banyak yang terinjak-injak, dan menyebakan 44 orang meninggal dan ratusan lainnya cedera.Dan para suporter Sivas yang berhasil keluar stadion membuat rusuh di sepanjang jalan di kota Kayseri, setidaknya 60 mobil pribadi dan beberapa gedung rusak akibat ulah mereka, tidak berhenti disitu, saat mereka meninggalkan kota Kayseri, di jalan bebas hambatan yang menghubungkan antara kota Kayseri dan Sivas, mereka berhenti dan mulai membakar setiap mobil, truk dan bus yang menggunakan plat nomor kota Kayseri.

9. Tragedi Kebakaran di Kota Bradford
Tanggal: 11 Mei 1985
Lokasi: Stadion Valley Parade, Bradford, England
Total meninggal: 56 orang

Kali ini api yang menjadi petaka. Pada hari dimana tim sepakbola Bradford City merayakan titel juara Liga Divisi Tiga. Kejadian terjadi saat pertemuan tim Bradford City dan Lincoln City. Disaat pertandingan berjalan, salah satu suporter berulah dengan membuang puntung rokok yang masih menyala dan melemparnya ke belakang tribun yang kebetulan terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar seperti tumpukan koran dan kain. 

Dan hasilnya, 5 menit sebelum half time, asap putih muncul dari tribun kayu berumur 77 tahun, dan polisi mulai menginstruksikan para penonton untuk pindah dari blok G, tempat dimana api mulai terlihat. Dan 3 menit kemudian, wasit menghentikan pertandingan yang berkedudukan 0-0.

Saat penonton dievakuasi turun ke lapangan, ada beberapa yang masih terjebak di tribun blok G, parapenonton juga mencoba mendobrak pintu keluar yang dikunci untuk menghindari para penonton yang tidak diinginkan masuk saat pertandingan, dan itu benar-benar menolong banyak nyawa para penonton yang panik akibat kebakaran hebat di tribun. 

Banyak kayu dan material yang meleleh jatuh menimpa para penonton yang berusaha menyelamatkan diri. Dan total penonton yang tewas sebanyak 56 orang dan ikut mencederai lebih dari 250 lainnya. Ironisnya banyak penonton yang merayakan kejadian tersebut setelah berhasil keluar dari stadion, seperti mereka berhasil membakar orang atau sebagainya, ada beberapa video yang berhasil merekam kejadian tersebut.

8. Tragedi Ibrox Kedua
Tanggal: 2 Januari 1971
Lokasi: Stadion Ibrox, Glasgow, Skotlandia
Total meninggal: 66 orang

Tragedi terjadi saat pertandingan antara Rangers dan Celtic, hasil masih 0-0 sampai menit 89, namun Celtic berhasil membobol gawang Rangers di menit-menit akhir, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Celtic, dan para pendukung Rangers mulai meninggalkan stadion. 

Kerumunan pendukung Rangers yang meninggalkan stadion secara serempak menimbulkan kepanikan tersendiri saat banyaknya pendukung yang terjepit, banyak yang terhimpit dan kehabisan napas termasuk anak-anak, dan menewaskan 66 orang serta mencederai lebih dari 200 orang lainnya.Perlu dicatat, disaat detik-detik terakhir perpanjangan waktu, Rangers berhasil menyamakan kedudukan lewat gol dari Colin Stein, dan para penonton yang sudah meninggalkan stadion kembali mencoba masuk ke dalam, sehingga bentrok dengan penonton yang ingin keluar. 

Para ofisial tidak sependapat dengan ini karena mereka mengklaim para penonton sama-sama berjalan beriringan keluar stadion. Bagaimanapun, rumor dari gol yang dibuat Colin Stein masih ramai diperbincangkan dan dipercayai hingga tahun-tahun berikutnya.

7. Tragedi Luzhniki
Tanggal: 20 Oktober 1982
Lokasi: Stadion Lenin, Moskow
Total meninggal: 66+ orang

Kejadian ini terjadi saat perhelatan UEFA Cup antara Spartak Moscow dan Haarlem pada 20 Oktober 1982. Tragedi ini sengaja ditutupi untuk kebaikan masyarakat Uni Soviet pada waktu itu. 

Tiket pertandingan ini sebenarnya hanya terjual sedikit, hanya tribun bagian Timur saja yang dipenuhi oleh penonton, dan hanya satu gerbang keluar yang terbuka.Beberapa menit sebelum pertandingan berakhir, Spartak Moscow masih memimpin 1-0, dan beberapa penonton mulai terlihat meninggalkan lapangan, tapi saat injury time, Spartak Moscow berhasil mencetak gol kedua (Sergei Shyetsov, pencetak gol kedua, mengatakan “akan lebih baik kalo saya tidak mencetak gol tersebut”) dan beberapa penonton yang sebelumnya akan meninggalkan stadion kembali kedalam dan berhadapan dengan para penonton yang ingin keluar, mengakibatkan kepanikan tersendiri yang menyebabkan 66 orang tewas, walaupun banyak saksi yang mengatakan jumlah sebenarnya adalah lebih dari 340 orang. Jika itu benar, maka kejadian ini adalah tragedy terburuk sepanjang sejarah. 

Dan menurut beberapa saksi, kepanikan saat itu menyebabkan tangga tribun yang licin ambruk sehingga menimbulkan efek domino dan banyak penonton yang terhimpit dan terinjak-injak.

6. Tragedi Puerta 12
Tanggal: 23 Juni 1968
Lokasi: Stadion Monumental, Buenos Aires, Argentina
Total meninggal: 71+ orang

Tragedi ini memiliki beberapa versi, tragedi yang terjadi saat pertandingan antara River Plate melawan Boca Juniors. Versi pertama tragedi ini adalah versi yang paling diyakini, yaitu saat para penonton mulai meninggalkan stadion melalui pintu nomor 12 dan yang ternyata pintu tersebut terkunci sehingga menyebabkan penonton yang sudah berada di dekat pintu tersebut terhimpit oleh desakan penonton dari belakang yang juga ingin keluar melalui pintu tersebut. 

Banyak yang berteriak untuk berhenti mendesak dan segera mundur, tapi banyak juga yang tidak mendengar. Versi kedua menyatakan kalau para pendukung River Plate salah memasuki tribun yang ternyata adalah tribun dari suporter Boca Juniors dan menyebabkan bentrokan. Dan ada beberapa versi lainnya dari tragedi yang telah menyebabkan lebih dari 71 orang tewasdan mengakibatkan 150 lainnya terluka. Rata-rata korban tewas berumur 19 tahun.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds