Tuesday, October 29, 2013

Bacaan Perang "PERANG KOD - PERANG PERAIRAN IKAN INGGRIS VS ISLANDIA - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Konflik Fase III (1975- 1976)
Tahun 1975, Islandia menetapkan wilayah sejauh 200 mil dari garis pantai sebagai zona ekonomi eksklusif (ZEE) miliknya. Dengan bertambahnya luas wilayah perairan sebagai hasil dari penetapan ZEE, Islandia berencana menggunakan sebagian wilayah dalam ZEE sebagai zona penangkapan ikan & sebagian lainnya sebagai zona pelestarian ikan yang tidak boleh digunakan untuk kegiatan penangkapan ikan. Islandia mengklaim bahwa penetapan ZEE harus dijalankan secepatnya untuk mencegah kepunahan ikan kod selaku komoditas utama perikanan laut Islandia.

Inggris sekali lagi menunjukkan penolakannya terhadap tindakan Islandia karena walaupun sudah ada pembahasan mengenai masalah ZEE di sidang PBB, peraturan internasional yang mengatur masalah ZEE sendiri belum ditetapkan secara resmi pada saat itu. Kendati demikian, Islandia tetap bersikeras pada keinginannya menetapkan ZEE & mengerahkan 8 kapal patroli untuk menegaskan klaimnya tersebut. Inggris lantas meresponnya dengan menerjunkan 22 kapal perang tipe fregat, 7 kapal perbekalan, 9 perahu penarik, & 3 kapal pendukung untuk melindungi kapal-kapal nelayan miliknya.

Banyaknya kapal-kapal militer yang dikerahkan oleh kedua belah pihak mengindikasikan semakin seriusnya konflik ini. Aksi saling tabrak & saling tembak antar kapal semakin sering terjadi. Ketika konflik antara kedua negara semakin berlarut-larut, Islandia pun mengancam akan menutup pangkalan militer NATO yang berlokasi di Keflavik. Tindakan tersebut jelas tidak disukai Inggris & negara-negara anggota NATO lainnya karena pangkalan militer NATO yang ada di Islandia berguna untuk mencegah terjadinya penyusupan oleh kapal-kapal selam Soviet ke Atlantik utara.

Ancaman yang dikeluarkan oleh Islandia membuat Inggris terpaksa mengalah & menghormati klaim ZEE yang ditetapkan oleh Islandia pada bulan Juli 1976. Memasuki awal tahun 1977, semua kapal Inggris dilarang melakukan aktivitas perikanan di perairan Islandia sama sekali sehingga lebih dari 2.000 nelayan pukat di Inggris kehilangan mata pencahariannya. Baru pada tahun 2002, pemerintah Inggris mengucurkankan uang sebesar 37 juta pound sebagai dana kompensasi kepada para mantan nelayan tersebut.

Ringkasan Konflik

1. Waktu & Lokasi Pertempuran
    - Waktu : 1958 - 1961, 1972 - 1973, 1975 - 1976
    - Lokasi : perairan sekitar Islandia

2. Pihak yang Bertempur
    (Negara)  -  Islandia
          melawan
    (Negara)  -  Inggris

3. Hasil Akhir
    - Kemenangan politis pihak Islandia
    - Inggris mengakui klaim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Islandia

4. Korban Jiwa
    - Islandia : 1 jiwa
    - Inggris : tidak ada

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds