Thursday, November 15, 2012

Bacaan Ringan "MAKANAN EXTREME DARI JEPANG"

http://massandry.blogspot.com
Sushi, sashimi, ramen, atau makanan Jepang lainnya adalah beberapa kuliner yang sudah banyak ditemui dan dinikmati oleh orang-orang. Namun jika suatu hari Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jepang, jangan heran apabila Anda menemukan berbagai makanan yang tidak biasa di sana.

Bagi Anda yang doyan mencoba kuliner ekstrim, beberapa jenis makanan 'aneh' Jepang di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi seperti yang dikutip dari Loneleeplanet.

Shirako
Sekilas shirako tampak seperti usus sapi yang dihidangkan mentah-mentah. Namun sesungguhnya shirako adalah bagian genital dari ikan yang mengandung sperma. Shirako cukup populer sebagai salah satu menu yang dihidangkan di beberapa bar di Jepang.

Inago no tsukudani
Inago adalah bahasa Jepang untuk belalang. Sementara tsukudani adalah kecap manis yang direbus bersama dengan mirin (bumbu yang mengandung alkohol). Bisa dibayangkan bagaimana bentuk inago no tsukudani? Makanan ini populer di provinsi Yamagata, Nagano dan Gunma di Jepang.

Basashi
Basashi adalah nama makanan daging kuda yang disajikan mentah. Makanan ini sering ditemukan di provinsi Kumamoto, Nagano, Oita dan wilayah Tohoku. Orang Jepang cukup menyukai kuliner ini, bahkan mereka juga memproduksi es krim dengan rasa serupa.

Natto
Natto adalah kedelai yang difermentasi dan memiliki bau yang sangat tajam. Natto mungkin tidak terlalu aneh diantara jenis makanan yang lain. Selain itu, kuliner yang sangat lengket ini juga biasa disajikan sebagai salah satu menu sarapan orang Jepang.

Fugu
Ikan buntal beracun mampu disulap oleh orang Jepang menjadi masakan bernama fugu. Olahan yang benar mampu menghilangkan racun ikan buntal sepenuhnya dan membuatnya menjadi hidangan lezat yang bisa Anda nikmati.

Hachinoko
Bar lokal di Jepang akan menghidangkan hachinoko atau larva ulat ketika makanan kecil seperti kacang habis diserbu pengunjung. Hachinoko memang makanan ringan yang penuh dengan kandungan protein. Konon almarhum Kaisar Hirohito gemar menikmati hachinoko yang dimakan dengan nasi dan dibumbui bersama kecap dan gula.

Zazamushi
Zazamushi adalah makanan yang terbuat dari serangga air yang bisa ditemukan di restoran-restoran di Jepang maupun berbentuk kalengan di supermarket. Zazamushi berasal dari kata mushi yang berarti serangga yang hidup di sungai dan membuat suara 'zaazaa' ketika airnya mengalir.

Kujira iruca
Kujira adalah bahasa Jepang untuk daging paus, sementara iruca adalah daging lumba-lumba. Meski terdengar aneh dan tidak lazim, kedua jenis daging tersebut menjadi salah satu pilihan menu sashimi di beberapa restoran Jepang. Daging-daging itu juga dijual di supermarket.

Shiokara
Shiokara merupakan makanan laut yang difermentasi. Rasa shiokara sangat asin dan juga berbau amis.

Shirouo no odorigui
Kuliner aneh terakhir Jepang adalah shirouo no odorigui. Shirouo adalah ikan yang sangat kecil dan transparan yang dimakan hidup-hidup. Shirouo seolah menari-nari (odorigui) di dalam mulut ketika Anda menikmatinya.
 

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds