Thursday, November 15, 2012

Bacaan Ringan "MAKANAN ANEH DARI BELAHAN DUNIA"

http://massandry.blogspot.com
Cullen skink
Tak ada hubungannya dengan si vampir Edward Cullen. Berasal dari Skotlandia, Cullen skink adalah jenis makanan sup krim yang dibuat dari ikan asap (biasanya ikan haddock, tapi ikan jenis lain juga bisa digunakan) dengan kentang, daun bawang, susu, dan bawang.

Makanan ini dinamai berdasarkan kota di daerah pesisir yang membuat makan ini — Cullen, di Moray. Kata “skink” ini dikaitkan dengan kata "Gaelic" yang berarti sari pati atau sup.
 
Scrapple
Kedengarannya seperti nama permainan huruf, ya? Ternyata bukan. Scrapple sebenarnya potongan daging babi yang dicincang dan telah dicampur dengan bahan pengikat, seperti tepung jagung — dan kemudian dibentuk menjadi bentuk bongkahan.

Irisan bongkahan scrapple dipotong dan kemudian digoreng sebelum disajikan. Scrapple sangat populer di beberapa daerah di Amerika Serikat, yang dibawa oleh imigran Belanda ke Pennsylvania. Nama ini diduga berasal dari nama hidangan di Jerman ("panhas") dan kata "kröppel", yang berarti irisan. Jadi, selama bertahun-tahun, "Panhas-kröppel" menjadi "scrapple". Atau mungkin begitulah teorinya.
 
Fluffernutter
Yang ini terdengar menyenangkan, dan memang menyenangkan, jika Anda pecinta makanan manis. Ini adalah roti isi yang terbuat dari dua potong roti (atau roti panggang) — satu potong diolesi dengan selai kacang dan yang lainnya dengan marshmallow, sebelum ditekan menjadi satu.

Nama ini kombinasi dari kedua bahan utamanya. Di AS, mereka bahkan merayakan sendiri Hari Fluffernutter setiap 8 Oktober sebagai penghormatan pada sandwich.
 
Pudding sussex pond
Ini adalah puding kukus tradisional dari Inggris, yang terbuat dari lemak pastri yang diisi dengan irisan lemon, atau kadang-kadang lemon utuh.

Saat dimasak, kulit lemon akan melunak, dan jus serta gula mengalir keluar ketika puding dipotong. Hal ini menciptakan sebuah “kolam” air jeruk di sekitar puding, yang menginspirasi nama hidangan tersebut (pond = kolam). Resep untuk puding ini populer di wilayah tenggara Inggris pada awal 1900-an.
 
Turducken
Jangan tertawa. Kata ini adalah gabungan dari kata-kata kalkun (tur dari turkey), bebek (duck), dan ayam (ken dari chicken): tiga burung yang dipanggang. Makanan ini populer di AS, yang dimasak untuk merayakan acara-acara khusus, seperti Natal dan Thanksgiving. Untuk membuatnya, ayam tanpa tulang diisikan ke dalam bebek tanpa tulang, yang kemudian dimasukkan ke dalam kalkun. Kemudian dijahit dan dipanggang selama sekitar 3,5 jam.
 
Succotash
Succotash merupakan masakan dari buncis dan jagung manis, yang diyakini telah dimasak sejak zaman orang Indian, suku asli di Amerika. Secara tradisional masakan ini dibuat dengan buncis berbiji besar (lima beans), yang mirip dengan broad beans, tapi kini kacang merah atau kacang putih juga sering digunakan.

Dan mengenai nama masakan tersebut? Menurut penulis Harlan Walker, orang Indian asli menyebutnya “msakwitash”, yang berarti "semua dalam satu mangkok dalam waktu yang sama." Selama bertahun-tahun kemudian, namanya berubah menjadi “succotash” agar lebih mudah diucapkan.
 

Baba Ganoush
Dengan nama seperti ini, Anda akan beranggapan hidangan ini rumit dan sangat eksotis. Nyatanya, masakan ini hanya bubur terbuat dari terong panggang, tahini (pasta biji wijen) dan bawang putih. Berasal dari Timur Tengah, di mana biasa dinikmati di piring mezze, yang digunakan sebagai celupan roti. Kamus Oxford menunjukkan bahwa “baba” berarti “ayah” dalam bahasa Arab Mesir, dan “ganoush” sebenarnya bisa diturunkan dari nama keluarga, menyiratkan bahwa itu mungkin diturunkan dari resep keluarga kuno.
 
Pan haggerty
Populer di Timur Laut Inggris, Pan Haggerty merupakan hidangan yang terdiri dari lapisan kentang dan bawang. Sebuah lapisan kentang yang diiris dan digoreng dalam mentega, kemudian bawang dan kentang yang tersisa diletakkan di atasnya. Seluruh permukaan dipanggang dalam oven selama hampir satu jam, sampai kentang lunak.
 
Terakhir, masakan tersebut ditaburi dengan keju parut sebelum disajikan. Ini adalah masakan berkeju, murah, dan nyaman. Kata “Haggerty” dianggap berasal dari sebuah kata Inggris kuno untuk sesuatu yang telah dipotong atau dicincang dan situs Information Britain menunjukkan nama tersebut mungkin diturunkan dari kata Prancis “Hache”, yang berarti memotong.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds