Saturday, November 17, 2012

Tokoh Terkenal "SHOURYYA RAY - PEMECAH TEORI DINAMIKA PARTIKEL NEWTON BERUSIA 350 THN"

http://massandry.blogspot.com
Ilmuwan legendaris dunia Sir Isaac Newton 350 tahun yang lalu pernah menciptakan sebuah teori tentang Dinamika Partikel Newton. dan tidak ada satupun Ilmuwan di dunia yang mampu memecahkannya, hingga suatu saat ada seorang pemuda 16 tahun yang secara brilian memecahkan teori tersebut.Menurut Ilmuwan yang pernah ingin memecahkan teori tersebut, tanpa bantuan komputer canggih, soal ini sulit dijawab. Nyatanya Shouryya Ray siswa 16 tahun, asal Dresden, Jerman, bisa menyelesaikan persoalan matematika itu memakai kertas dan pensil.
 
Shouryya Ray tidak sengaja memecahkan soal itu saat studi banding ke Universitas Dresden. Remaja imigran asal Kalkutta, India, ini merasa tertantang ketika salah satu profesor memamerkan teori dinamika partikel Newton yang katanya belum mampu dijawab kecuali dengan komputer supercanggih.
 
Dia mengaku hanya iseng saja. "Saya nekat mengerjakan problem matematika ini karena kenaifan anak muda, padahal dalam hati tidak yakin bisa menjawab," kata Ray.
 
Teori dinamika partikel terdiri dari dua set perhitungan matematis. Melalui problem ini, Newton ingin memberi cara bagi ilmuwan lain cara menghitung jalur terbang sebuah benda yang dilempar serta ke arah mana obyek itu bakal jatuh.
 
Usut punya usut, rupanya Ray memang bukan pemuda biasa. Dia sejak usia enam telah dilatih sang ayah menjawab soal matematika.
 
Pemuda ini mengaku telah menemukan keindahan ilmu hitung itu. "Sejak bertahun-tahun lalu, saya telah memahami letak keindahan dari menjawab soal matematika," kata Ray.
 
Sekarang, pemuda yang baru empat tahun jadi warga Jerman ini sedang menempuh pendidikan akselerasi. Saking pandainya, dia meloncat kelas dua tahun lebih cepat, bahkan kini sedang bersiap menghadapi ujian kelulusan.
 
Meski dianugerahi bakat berhitung, Ray punya keinginan terpendam yang belum terpenuhi. "Saya ingin sekali pandai bermain sepakbola," ujar dia.

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BABAD TANAH CIREBON - PART 10"

http://massandry.blogspot.com Pupuh Ketigapuluh Tiga Kinanti, 38 bait. Pupuh ini menceritakankisah sayembara memperebutkan Putri Pangur...

Blogger Template by Blogcrowds