Saturday, November 17, 2012

Fakta Misteri "GAMAYUN - MANUSIA SETENGAH BURUNG DALAM MITOLOGI RUSSIA"

http://massandry.blogspot.com
Manusia Setengah Burung dalam Mitologi Rusia  I Alkonost adalah Sebuah makhluk mitos dari rakyat Rusia dengan bentuk bertubuh burung dan berkepala wanita cantik. Alkonost ini mampu membuat suara yang sangat indah sekali, sehingga dapat membuat yang mendengarnya terpukau dan lupa akan apa yang sedang dilakukannya. Alkonost ini bertelur di pinggir pantai, dan mendorong telurnya agar ditelan kedalam gulungan obak. Jika telurnya menetas, akan ditandai dengan adanya badai dan gelombang tinggi. Selain Alkonost

Sirin adalah makhluk mitos berbentuk wanita setengah burung berwarna hitam dan badannya mirip dengan burung hantu. Sirin biasanya digambarkan memakai mahkota atau dengan sebuah nimbus. Sirin merupakan makhluk yang berbahaya, orang yang tidak kuat terhadap mistik saat mendengar suara mereka akan melupakan segala sesuatu di bumi, mengikuti mereka, dan akhirnya mati. Orang yang bertahan terhadap suara itu akan berusaha untuk menyelamatkan diri dari Sirin dengan menembak meriam, dering lonceng dan membuat suara-suara keras lainnya untuk menakut-nakuti Sirin agar pergi.

Gamayun merupakan burung zaman kenabian cerita rakyat Rusia. Makhluk ini adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan dan kehidupan di sebuah pulau di timur, yang identik dengan surga. Sama seperti Sirin dan Alkonost itu, Gamayun pun digambarkan sama sebagai burung besar dengan kepala wanita.

Pada abad 17-18, citra ketiga makhluk ini berubah dan mereka menjadi lambang harmoni dunia. Orang-orang pada abad itu percaya, bahwa hanya orang beriman yang dapat mendengar suara Sirin, karena Sirin telah menjadi lambang kebahagian abadi di Surga. Kadang kala Sirins dilihat sebagai metafora untuk firman Tuhan yang masuk ke jiwa seorang manusia. Dalam kelanjutannya mitos ini, orang-orang Rusia percaya jika ketiga Makhluk (Alkonost, Sirin dan Gamayun) ini akhirnya menjadi bagian surga dengan berubah menjadi "ArchAngel".

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BABAD TANAH CIREBON - PART 10"

http://massandry.blogspot.com Pupuh Ketigapuluh Tiga Kinanti, 38 bait. Pupuh ini menceritakankisah sayembara memperebutkan Putri Pangur...

Blogger Template by Blogcrowds