Monday, November 26, 2012

Tokoh Terkenal "LEONARDO DI PIERO DA VINCI - RENAISSANCE PAINTER"

http://massandry.blogspot.com
Leonardo di ser Piero da Vinci (Italia pengucapan: [leonardo da vintʃi] Tentang ini pengucapan suara (bantuan · info)) (April 15, 1452 - 2 Mei 1519, Old Style) adalah seorang Renaissance Italia polymath: pelukis, pematung, arsitek , musisi, ilmuwan, matematikawan, insinyur, penemu, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, dan penulis. Kejeniusannya, mungkin lebih dari itu dari setiap tokoh lainnya, melambangkan cita-cita humanis Renaissance. Leonardo sering digambarkan sebagai pola dasar dari Renaissance Man, seorang pria dari "rasa ingin tahu tak terpadamkan" dan "imajinasi buru-buru inventif". Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar sepanjang masa dan mungkin yang paling berbakat diversely orang yang pernah hidup. Menurut sejarawan seni Helen Gardner, ruang lingkup dan kedalaman kepentingannya adalah tanpa preseden dan "pikirannya dan kepribadian tampaknya bagi kita manusia super, manusia itu sendiri misterius dan terpencil". Marco Rosci menyatakan bahwa sementara ada banyak spekulasi tentang Leonardo, visinya dunia pada dasarnya adalah logis ketimbang misterius, dan bahwa metode empiris ia mempekerjakan tidak biasa untuk waktunya.

Lahir di luar nikah ke notaris, Piero da Vinci, dan seorang wanita petani, Caterina, di Vinci di wilayah Florence, Leonardo dididik di studio pelukis terkenal Florence, Verrocchio. Banyak kehidupan sebelumnya bekerja dihabiskan dalam pelayanan Ludovico il Moro di Milan. Ia kemudian bekerja di Roma, Bologna dan Venesia, dan ia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Prancis di rumah diberikan kepadanya oleh Francis I.

Leonardo dan terkenal terutama sebagai pelukis. Di antara karya-karyanya, Mona Lisa adalah yang paling terkenal dan paling diparodikan potret dan The Last Supper lukisan religius yang paling direproduksi sepanjang masa, dengan ketenaran mereka mendekati hanya oleh Michelangelo Penciptaan Adam. gambar Leonardo dari Vitruvian Man juga dianggap sebagai ikon budaya,  yang direproduksi pada item beragam seperti euro, buku teks, dan T-shirt. Mungkin lima belas lukisannya bertahan, jumlah kecil karena terus-menerus, dan sering bencana, percobaan dengan teknik baru, dan penundaan kronis. Namun demikian, karya-karya beberapa, bersama dengan buku catatannya, yang berisi gambar, diagram ilmiah , dan pemikirannya tentang sifat lukisan, menulis kontribusi kepada generasi selanjutnya dari seniman hanya disaingi oleh kontemporer itu nya, Michelangelo.

Leonardo dihormati untuk kecerdikan teknologi nya. Ia dikonsep sebuah helikopter, tank, tenaga surya terkonsentrasi, kalkulator, dan lambung ganda, dan ia diuraikan teori dasar dari lempeng tektonik. Relatif sedikit dari desain yang dibangun atau bahkan layak selama hidupnya, tetapi beberapa penemuannya yang lebih kecil, seperti gelendong otomatis dan mesin untuk pengujian kekuatan tarik kawat, memasuki dunia manufaktur petenis. Dia membuat penemuan penting dalam anatomi, teknik sipil, optik, dan hidrodinamika, tetapi ia tidak mempublikasikan temuannya dan mereka tidak memiliki pengaruh langsung terhadap ilmu nanti
Leonardo lahir pada April 15, 1452 (Old Style), "pada jam sepertiga malam" di kota bukit Tuscan dari Vinci, di lembah yang lebih rendah dari Sungai Arno di wilayah Medici yang diperintah Republik Florence. Ia adalah anak out-of-nikah dari Piero Messer kaya Fruosino di Antonio da Vinci, yang Florentine hukum notaris, dan Caterina, petani .Leonardo memiliki tidak ada nama dalam pengertian modern, "da Vinci" hanya berarti "dari Vinci": nama lahir lengkapnya adalah "Lionardo di ser Piero da Vinci", yang berarti "Leonardo, (anak) dari (Mes) ser Piero dari Vinci". Dimasukkannya judul "ser" menunjukkan bahwa ayah Leonardo adalah seorang pria.

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal Leonardo. Dia menghabiskan lima tahun pertamanya di dusun Anchiano di rumah ibunya, kemudian dari 1.457 ia tinggal di rumah tangga, kakek dan pamannya, Francesco, di kota kecil Vinci. Ayahnya menikah dengan seorang gadis berusia enam belas tahun bernama Albiera, yang mencintai Leonardo tetapi mati muda. Ketika Leonardo adalah enam belas ayahnya menikah lagi, dua puluh tahun Francesca Lanfredini. Tidak sampai pernikahan ketiga dan keempat yang Ser Piero diproduksi ahli waris yang sah.

Leonardo menerima pendidikan informal dalam bahasa Latin, geometri dan matematika. Dalam kehidupan selanjutnya, Leonardo tercatat hanya dua insiden kecil. Satu, yang dianggap sebagai pertanda, adalah ketika layang-layang turun dari langit dan melayang di atas buaian, ekornya bulu menyikat wajahnya . Yang kedua terjadi saat menjelajahi di pegunungan. Ia menemukan sebuah gua dan kedua takut bahwa beberapa rakasa besar mungkin mengintai di sana dan didorong oleh rasa ingin tahu untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya

Kehidupan awal Leonardo telah menjadi subjek dugaan sejarah.Vasari, penulis biografi abad ke-16 pelukis Renaissance bercerita tentang bagaimana seorang petani lokal yang dibuat sendiri perisai bulat dan meminta agar Ser Piero memilikinya dicat baginya. Leonardo menanggapi dengan lukisan api meludah rakasa yang begitu mengerikan bahwa Ser Piero menjualnya kepada pedagang seni Florentine, yang menjualnya ke Duke of Milan. Sementara itu, setelah membuat keuntungan, Ser Piero membeli perisai dihiasi dengan hati tertusuk oleh panah, yang dia berikan kepada petani.
Lukisan menunjukkan Yesus, telanjang kecuali kain pinggang-, berdiri di sebuah sungai dangkal di lanskap berbatu, sedangkan ke kanan, Yohanes Pembaptis, diidentifikasi oleh salib bahwa ia membawa, air tips di atas kepala Yesus. Dua malaikat berlutut di sebelah kiri. Di atas Yesus adalah tangan Allah, dan burung merpati turun.

Pembaptisan Kristus (1472-1475)-Uffizi, oleh Verrocchio dan Leonardo
Verrocchio lokakarya, 1466-1476

Pada 1466, pada usia empat belas, Leonardo magang ke artis Andrea di Cione, yang dikenal sebagai Verrocchio, yang lokakarya adalah "salah satu yang terbaik di Florence"pelukis terkenal lainnya magang atau berhubungan dengan workshop. Termasuk Domenico Ghirlandaio , Perugino, Botticelli, dan Lorenzo di credi. Leonardo akan terekspos untuk kedua pelatihan teori dan berbagai macam keterampilan teknis termasuk penyusunan, kimia, metalurgi, pengerjaan logam, pengecoran plester, kulit bekerja , mekanik dan pertukangan serta keterampilan artistik menggambar, melukis mematung, dan pemodelan. 

Sebagian besar produksi dicat lokakarya Verrocchio itu dilakukan oleh karyawannya. Menurut Vasari, Leonardo berkolaborasi dengan Verrocchio pada Baptisan tentang Kristus, lukisan malaikat muda memegang jubah Yesus dengan cara yang begitu jauh lebih unggul dari tuannya yang Verrocchio meletakkan kuas dan tidak pernah dicat lagi.Pada dekat. pemeriksaan, lukisan mengungkapkan banyak yang telah dicat atau disentuh selama tempera menggunakan teknik baru dari cat minyak, dengan lanskap, batu-batu yang dapat dilihat melalui aliran gunungan coklat dan banyak dari sosok saksi bantalan Yesus ke tangan Leonardo. Leonardo mungkin telah menjadi model untuk dua karya oleh Verrocchio:.. patung perunggu Daud di Bargello dan Archangel Raphael di Tobias dan Malaikat

Pada 1472, pada usia dua puluh, Leonardo memenuhi syarat sebagai master dalam Guild of St Lukas, serikat seniman dan dokter pengobatan, tapi bahkan setelah ayahnya menjebaknya di bengkel sendiri, lampiran untuk Verrocchio adalah sedemikian rupa sehingga ia terus bekerja sama dengan dia.awal karya Leonardo tanggal terkenal adalah gambar di pena dan tinta lembah Arno, digambar di 5 Agustus 1473

Profesional kehidupan, 1476-1513
Sebuah lukisan yang belum selesai menunjukkan Perawan Maria dan Kristus Anak dikelilingi oleh banyak tokoh yang semuanya berkerumun untuk melihat bayi. Di balik angka adalah pemandangan jauh dan bangunan hancur besar. Lebih banyak orang yang datang, di kejauhan.
The Pemujaan Orang Majus, (1481)-Uffizi

Florentine catatan pengadilan menunjukkan bahwa 1.476 Leonardo dan tiga pemuda lainnya didakwa dengan sodomi dan dibebaskan . Dari tanggal tersebut sampai 1.478 tidak ada catatan dari karyanya atau bahkan keberadaannya.  Pada 1.478 ia meninggalkan studio Verrocchio dan tidak lagi penduduk di rumah ayahnya. Salah satu penulis, yang "Anonimo" Gaddiano mengklaim bahwa pada 1480 ia tinggal dengan Medici dan bekerja di Taman Piazza San Marco di Florence, sebuah akademi Neo-Platonis seniman, penyair dan filsuf bahwa Medici telah ditetapkan.  Pada bulan Januari 1478, ia menerima pertama dari dua komisi independen:. untuk melukis altarpiece untuk Kapel St Bernard di Palazzo Vecchio dan, pada bulan Maret 1481, The Pemujaan Orang Majus untuk biarawan dari San Donato a Scopeto  komisi Baik selesai, kedua terganggu ketika Leonardo pergi ke Milan.

Pada 1482 Leonardo, yang menurut Vasari adalah musisi yang paling berbakat, [24] menciptakan kecapi perak dalam bentuk kepala kuda. Lorenzo de 'Medici dikirim Leonardo ke Milan, bantalan kecapi sebagai hadiah, untuk mengamankan perdamaian dengan Ludovico Sforza, Duke of Milan . Saat ini Leonardo menulis surat yang sering dikutip menjelaskan hal-hal yang luar biasa dan beragam yang dia bisa mencapai di bidang rekayasa dan menginformasikan Ludovico bahwa ia juga bisa melukis. 

Leonardo bekerja di Milan dari 1.482 sampai 1499. Dia ditugaskan untuk melukis Virgin of the Rocks untuk Confraternity dari Immaculate Conception dan The Last Supper untuk biara Santa Maria delle Grazie. Antara 1.493 dan 1.495 Leonardo tercatat seorang wanita bernama Caterina antara tanggungan dalam dokumen perpajakan nya . Ketika dia meninggal pada 1495, daftar pengeluaran pemakaman menunjukkan bahwa dia adalah ibunya

Sebuah halaman dengan dua gambar dari kuda perang, satu dari samping, dan lainnya menunjukkan dada dan kaki kanan.
Studi kuda dari jurnal Leonardo - Royal Library, Windsor Castle

Leonardo bekerja pada proyek-proyek yang berbeda untuk Ludovico, termasuk penyusunan mengapung dan kontes untuk acara-acara khusus, desain untuk sebuah kubah untuk Milan Cathedral dan model untuk sebuah monumen berkuda besar untuk Francesco Sforza, pendahulunya Ludovico. Tujuh puluh ton perunggu disisihkan untuk casting. Monumen masih belum selesai selama beberapa tahun, yang tidak biasa bagi Leonardo. Pada tahun 1492 model tanah liat kuda selesai. Ini melampaui ukuran dua patung satunya berkuda besar Renaissance, Gattemelata Donatello di Padua dan Verrocchio Bartolomeo Colleoni di Venesia, dan menjadi dikenal sebagai "Gran Cavallo".  Leonardo mulai membuat rencana rinci untuk casting , Namun, Michelangelo menghina Leonardo dengan menyiratkan bahwa ia tidak dapat membuang itu.Pada November 1494 Ludovico memberikan perunggu yang akan digunakan untuk meriam untuk mempertahankan kota dari invasi oleh Charles VIII.

Pada awal Perang Italia Kedua pada 1499, pasukan Perancis menyerang menggunakan model tanah liat seukuran untuk "Gran Cavallo" untuk praktek sasaran. Dengan Ludovico Sforza digulingkan, Leonardo, dengan Salai asisten dan teman, matematikawan Luca Pacioli, melarikan diri Milan untuk Venesia. di mana ia bekerja sebagai arsitek dan insinyur militer, merumuskan metode untuk mempertahankan kota dari serangan laut. Setelah kembali ke Florence pada tahun 1500, ia dan keluarganya adalah tamu dari Servite biarawan di biara Santissima Annunziata dan diberikan dengan sebuah lokakarya di mana, menurut Vasari, Leonardo menciptakan kartun The Perawan dan Anak dengan St Anne dan St Yohanes Pembaptis, suatu karya yang memenangkan kekaguman seperti itu "pria dan wanita, tua dan muda" berbondong-bondong untuk melihatnya "seolah-olah mereka sedang menghadiri festival besar"

Leonardo da Vinci yang sangat akurat peta Imola, Cesare Borgia diciptakan untuk

Di Cesena, pada 1502 Leonardo memasuki pelayanan Cesare Borgia, putra Paus Alexander VI, bertindak sebagai arsitek militer dan insinyur dan bepergian di seluruh Italia dengan pelindungnya. [29] Leonardo menciptakan peta kubu Cesare Borgia, sebuah rencana kota dari Imola dalam rangka untuk memenangkan patronase nya. Peta yang sangat langka pada waktu itu dan itu akan tampak seperti sebuah konsep baru, setelah melihat itu, Cesare mempekerjakan Leonardo sebagai chief engineer militer dan arsitek. Kemudian di tahun itu, Leonardo diproduksi lagi peta untuk pelindung, salah Chiana Valley, Tuscany sehingga memberikan pelindungnya overlay yang lebih baik dari tanah dan posisi strategis yang lebih besar. Dia menciptakan peta ini dalam hubungannya dengan proyek yang lain membangun bendungan dari laut ke Florence untuk memungkinkan pasokan air untuk mempertahankan kanal selama semua musim.

Leonardo kembali ke Florence di mana ia bergabung kembali dengan Guild of St Lukas pada tanggal 18 Oktober 1503, dan menghabiskan dua tahun merancang dan lukisan mural Pertempuran Anghiari untuk Signoria, [29] dengan Michelangelo merancang sepotong pendamping nya, The Battle of Cascina [nb 13] Di Florence pada 1504, ia adalah bagian dari sebuah komite yang dibentuk untuk relokasi, bertentangan dengan keinginan artis, patung Michelangelo Daud..

Pada 1506 Leonardo kembali ke Milan. Banyak murid yang paling menonjol atau pengikut dalam lukisan baik tahu atau bekerja dengan dia di Milan, termasuk Bernardino Luini, Giovanni Antonio Boltraffio dan Marco d'Oggione . Namun, dia tidak tinggal di Milan untuk waktu yang lama karena ayahnya meninggal pada 1504, dan tahun 1507 ia kembali di Florence mencoba memilah masalah dengan saudara-saudaranya di estate ayahnya. Dengan 1.508 Leonardo kembali di Milan, tinggal di rumah sendiri di Porta Orientale di paroki Santa Babila.


Dari September 1513-1516, Leonardo menghabiskan sebagian besar waktunya tinggal di Belvedere di Vatikan di Roma, di mana Raphael dan Michelangelo keduanya aktif pada saat itu .Pada bulan Oktober 1515, Francis I dari Perancis merebut kembali Milan. Pada tanggal 19 Desember Leonardo hadir pada pertemuan Francis I dan Paus Leo X, yang berlangsung di Bologna . Leonardo ditugaskan untuk membuat untuk Francis singa mekanis yang bisa berjalan maju, kemudian buka yang dadanya untuk mengungkapkan cluster bunga lili . Pada tahun 1516, ia memasuki layanan François ', diberi penggunaan manor house Clos Lucé  dekat kediaman raja di kerajaan Château d'Amboise . Itu di sini bahwa ia menghabiskan tiga tahun terakhir hidupnya, ditemani oleh teman dan magang, Count Francesco Melzi, dan didukung oleh pensiun sebesar 10.000 scudi.

Foto sebuah rumah abad pertengahan yang besar, dibangun dari batu bata dengan banyak jendela dan Gables dan sebuah menara melingkar dengan atap berbentuk kerucut.
Clos Lucé di Perancis, di mana Leonardo meninggal pada tahun 1519

Leonardo meninggal di Clos Lucé, pada tanggal 2 Mei 1519. Francis I telah menjadi teman dekat. Vasari mencatat bahwa raja memegang kepala Leonardo dalam pelukannya saat ia meninggal, meskipun cerita ini, dicintai oleh, Perancis dan digambarkan dalam lukisan romantis oleh Ingres Ménageot dan seniman Perancis lainnya, maupun oleh Angelica Kauffmann, mungkin menjadi legenda ketimbang fakta . Vasari menyatakan bahwa pada hari-hari terakhirnya, Leonardo memanggil pastor untuk membuat pengakuan dan untuk menerima Sakramen Kudus .Sesuai dengan kehendak-Nya, pengemis enam puluh mengikuti peti matinya. Dia dimakamkan di Kapel Saint-Hubert di Château d'Amboise. Melzi adalah pewaris utama dan pelaksana, menerima serta efek uang, lukisan Leonardo, peralatan, perpustakaan dan pribadi. Leonardo juga teringat lain nya lama murid dan pendamping, Salai dan hamba-Nya Battista di Vilussis, yang masing-masing setengah menerima dari kebun-kebun anggur Leonardo, saudara-saudaranya yang menerima tanah, dan istrinya melayani yang menerima jubah hitam "dari hal-hal yang baik" dengan ujung bulu .

Sekitar 20 tahun setelah kematian Leonardo, Francis dilaporkan oleh tukang emas dan pematung Benevenuto Cellini mengatakan: "Tidak pernah orang lain lahir di dunia yang tahu sebanyak Leonardo, tidak begitu banyak tentang lukisan, patung dan arsitektur, seperti yang Dia adalah seorang filsuf yang sangat besar ".

Hubungan dan pengaruh
Ghiberti Gates of Paradise, (1425-1452) adalah sumber kebanggaan komunal. Banyak seniman membantu dalam penciptaan mereka.
Florence: Latar belakang Leonardo artistik dan sosial

Florence, pada saat muda Leonardo, merupakan pusat pemikiran Humanis Kristen dan budaya. Leonardo memulai magang dengan Verrocchio di 1466, tahun yang menguasai Verrocchio, pematung Donatello besar, meninggal dunia. The Uccello pelukis, yang awal percobaan dengan perspektif adalah untuk mempengaruhi perkembangan lukisan pemandangan, adalah orang yang sangat tua. Para pelukis Piero della Francesca dan Fra Filippo Lippi, pematung Luca della Robbia, dan arsitek dan penulis Leon Battista Alberti berada di enam puluhan. Para seniman sukses dari generasi berikutnya adalah Leonardo guru Verrocchio, Antonio Pollaiuolo dan pematung potret, Mino da Fiesole yang manusia hidup patung memberikan persamaan yang paling dapat diandalkan Lorenzo Medici ayah Piero dan paman Giovanni

Pemuda Leonardo dihabiskan di Florence yang dihiasi oleh karya-karya para seniman dan oleh sezaman Donatello, Masaccio, yang figuratif lukisan-lukisan dinding yang dipenuhi dengan realisme dan emosi dan Ghiberti yang Gates of Paradise, berkilau dengan daun emas, ditampilkan seni menggabungkan kompleks mencari komposisi dengan latar belakang arsitektur rinci. Piero della Francesca telah membuat studi rinci perspektif, dan merupakan pelukis pertama untuk melakukan studi ilmiah cahaya. Studi-studi dan Risalah Alberti adalah untuk memiliki efek mendalam pada seniman muda dan khususnya pada pengamatan Leonardo sendiri dan karya seni .

Massaccio "The Pengusiran dari Taman Eden" yang menggambarkan Adam telanjang dan bingung dan Hawa menciptakan citra kuat ekspresif dari bentuk manusia, dilemparkan ke dalam tiga dimensi dengan menggunakan cahaya dan bayangan yang akan dikembangkan dalam karya Leonardo di cara yang akan berpengaruh dalam perjalanan lukisan. Pengaruh humanis Donatello "David" dapat dilihat dalam lukisan-an Leonardo, khususnya Yohanes Pembaptis

Renungan Kecil picture by Verrocchio, c. 1.470

Sebuah tradisi lazim di Florence adalah altarpiece kecil dari Perawan dan Anak. Banyak dari mereka dibuat dalam tempera atau terakota mengkilap oleh workshop dari Filippo Lippi, Verrocchio dan keluarga della produktif Robbia [43]. Madonna awal Leonardo seperti The Madonna dengan carnation dan The Madonna Benois mengikuti tradisi ini sambil menunjukkan keberangkatan istimewa, terutama dalam kasus di mana Madonna Benois Virgin diatur pada sudut miring ke ruang gambar dengan Kristus Anak di sudut yang berlawanan. Ini adalah tema komposisi muncul kemudian dalam lukisan Leonardo seperti The Virgin dan Anak dengan St Anne.

Leonardo adalah seorang kontemporer Botticelli, Domenico Ghirlandaio dan Perugino, yang semuanya sedikit lebih tua dari dia . Dia akan bertemu mereka di bengkel Verrocchio, dengan siapa mereka memiliki asosiasi, dan di Akademi Medici. Botticelli adalah favorit tertentu dari keluarga Medici, dan dengan demikian keberhasilannya sebagai seorang pelukis yang terjamin. Ghirlandaio dan Perugino berdua produktif dan berlari lokakarya besar. Mereka kompeten disampaikan komisi dengan baik-puas pelanggan yang menghargai kemampuan Ghirlandaio untuk menggambarkan warga kaya Florence dalam lukisan dinding keagamaan yang besar, dan kemampuan untuk memberikan Perugino banyak orang kudus dan malaikat tidak putus-putusnya manis dan tak bersalah.

The altarpiece Portinari, oleh Hugo van der Goes untuk keluarga Florentine

Ketiga adalah di antara mereka yang ditugaskan untuk mengecat dinding Kapel Sistina, pekerjaan dimulai dengan kerja Perugino di 1479. Leonardo bukan bagian dari komisi bergengsi. Komisi pertama yang signifikan, The Pemujaan Orang Majus untuk Monks dari Scopeto, tidak pernah selesai.

Pada 1476, pada masa Leonardo asosiasi dengan lokakarya Verrocchio, para altarpiece Portinari oleh Hugo van der Goes tiba di Florence, membawa teknik painterly baru dari Eropa Utara yang sangat mempengaruhi Leonardo, Ghirlandaio, Perugino dan lain-lain. Pada 1479 , pelukis Sisilia Antonello da Messina, yang bekerja secara eksklusif dalam minyak, perjalanan ke utara dalam perjalanan ke Venesia, di mana pelukis terkemuka Giovanni Bellini mengadopsi teknik lukisan cat minyak, cepat sehingga metode yang disukai di Venesia. Leonardo juga kemudian untuk mengunjungi Venesia.

Seperti dua arsitek kontemporer Bramante dan Antonio da Sangallo Leonardo Penatua bereksperimen dengan desain untuk gereja terpusat direncanakan, sejumlah yang muncul dalam jurnal nya, baik sebagai rencana dan pandangan, meskipun tidak pernah terwujud.

Lorenzo de 'Medici antara Antonio Pucci dan Francesco Sassetti, dengan Giulio de' Medici, fresco oleh Ghirlandaio

Sezaman politik Leonardo adalah Lorenzo Medici (il Magnifico), yang tiga tahun lebih tua, dan adiknya Giuliano yang gugur di Conspiracy Pazzi di 1478. Ludovico il Moro yang memerintah antara 1479-1499 Milan dan kepada siapa Leonardo dikirim sebagai duta dari pengadilan Medici, juga usia Leonardo. [44]

Dengan Alberti, Leonardo mengunjungi rumah dari Medici dan melalui mereka datang untuk mengetahui filsuf Humanis tua di antaranya Marsiglio Ficino, pendukung Neo Platonisme, Cristoforo Landino, penulis komentar pada tulisan-tulisan klasik, dan John Argyropoulos, guru Yunani dan penerjemah Aristoteles adalah yang paling utama. Juga terkait dengan Akademi Medici adalah Leonardo kontemporer, penyair muda yang brilian dan filsuf Pico della Mirandola.Leonardo kemudian menulis dalam margin dari jurnal "The Medici membuat saya dan Medici hancur saya . " Sementara itu melalui aksi Lorenzo bahwa Leonardo menerima pekerjaannya di pengadilan Milan, tidak diketahui persis apa Leonardo dimaksud dengan komentar ini samar.

Meskipun biasanya disebut bersama sebagai tiga raksasa dasar High Renaissance, Leonardo, Michelangelo dan Raphael itu bukan dari generasi yang sama. Leonardo adalah dua puluh tiga ketika Michelangelo lahir dan tiga puluh satu ketika Raphael lahir.  Raphael hanya hidup sampai usia 37 dan meninggal pada tahun 1520, setahun setelah Leonardo, Michelangelo namun pergi pada penciptaan selama 45 tahun.

Leonardo da Vinci kehidupan pribadiDalam seumur hidup Leonardo, kekuatan yang luar biasa dari penemuan, "kecantikan fisik yang luar biasa"-nya, "kasih karunia tak terbatas", "kekuatan besar dan kemurahan hati", "roh agung dan luasnya luar biasa dari pikiran" seperti yang dijelaskan oleh Vasari,serta semua aspek lain dalam hidupnya, menarik rasa ingin tahu orang lain. Salah satu aspek tersebut adalah rasa hormatnya terhadap kehidupan dibuktikan dengan vegetarian dan kebiasaannya, menurut Vasari, pembelian burung dikurung dan melepaskan mereka

Leonardo memiliki banyak teman yang sekarang terkenal baik di bidang mereka atau untuk makna sejarah mereka. Mereka termasuk matematika Luca Pacioli, dengan siapa ia berkolaborasi dalam sebuah buku di 1490-an tersebut, serta Franchinus Gaffurius dan Isabella d'Este. [Rujukan?] Leonardo tampaknya tidak punya hubungan dekat dengan wanita kecuali untuk persahabatan dengan dua saudara perempuan Este, Beatrice dan Isabella Dia. menarik potret Isabella saat perjalanan yang membawanya melalui Mantua, dan yang tampaknya telah digunakan untuk membuat potret dicat, sekarang hilang.

Di luar persahabatan, Leonardo dirahasiakan kehidupan pribadinya. Seksualitas Nya telah menjadi subyek dari satire, analisis, dan spekulasi. Tren ini dimulai pada pertengahan abad ke-16 dan dihidupkan kembali di abad 19 dan 20, terutama oleh Sigmund Freud [56] hubungan Leonardo yang paling intim. Barangkali dengan murid-muridnya Salai dan Melzi. Melzi, menulis untuk menginformasikan saudara Leonardo kematiannya, menggambarkan perasaan Leonardo untuk murid-muridnya karena keduanya penuh kasih dan penuh gairah. Telah diklaim sejak abad ke-16 bahwa hubungan yang bersifat seksual atau erotis. Catatan pengadilan 1476, ketika ia berusia dua puluh empat, menunjukkan bahwa Leonardo dan tiga pemuda lainnya didakwa dengan sodomi dalam insiden yang melibatkan seorang pelacur terkenal laki-laki. Tuntutan itu ditolak karena kurangnya bukti, dan ada spekulasi bahwa karena salah satu de Lionardo dituduh, Tornabuoni, terkait dengan Lorenzo de 'Medici, keluarga memberikan pengaruh untuk mengamankan pemecatan. [57] Sejak tanggal tersebut banyak memiliki telah ditulis tentang homoseksualitas dianggap dan perannya dalam seni, khususnya di androgini dan erotisme dimanifestasikan dalam Yohanes Pembaptis dan Bacchus dan lebih eksplisit dalam sejumlah gambar erotis.

Yohanes Pembaptis. Salai diperkirakan telah menjadi model. [59] (c. 1514)-Louvre.
Asisten dan murid

Gian Giacomo Caprotti da Oreno, dijuluki Salai atau Il Salaino ("The najis Satu kecil" yaitu, setan), memasuki rumah tangga Leonardo di 1490. Setelah hanya setahun, Leonardo membuat daftar pelanggaran hukum itu, menyebutnya "seorang pencuri, pembohong, keras kepala, dan rakus", setelah ia membawa kabur uang dan barang berharga pada setidaknya lima kali dan menghabiskan banyak uang pada pakaian.Namun demikian, Leonardo memperlakukannya dengan indulgensi yang besar, dan ia tetap dalam rumah tangga Leonardo selama tiga puluh tahun ke depan . Salai dieksekusi sejumlah lukisan di bawah nama Andrea Salai, tetapi meskipun Vasari mengklaim bahwa Leonardo "mengajarinya banyak tentang lukisan ", karyanya umumnya dianggap bernilai seni kurang dari orang lain di kalangan murid Leonardo, seperti Marco d'Oggione dan Boltraffio. Pada 1515, ia melukis sebuah versi telanjang Mona Lisa, yang dikenal sebagai Monna Vanna . Salai dimiliki Lisa Mona pada saat kematiannya pada tahun 1525, dan dalam surat wasiatnya itu dinilai pada 505 lira, suatu penilaian yang sangat tinggi untuk potret panel kecil .

Pada 1506, Leonardo mengambil murid yang lain, Count Francesco Melzi, anak seorang bangsawan Lombard, yang dianggap telah murid kesayangannya. Dia melakukan perjalanan ke Prancis dengan Leonardo dan tetap bersamanya sampai kematian Leonardo. [11] Melzi mewarisi karya-karya artistik dan ilmiah, manuskrip, dan koleksi Leonardo dan dikelola perkebunan.

Lukisan
Lihat juga: Daftar karya Leonardo da Vinci
Annunciation (1475-1480)-Uffizi, dianggap paling awal kerja lengkap Leonardo.

Meskipun kesadaran baru dan kekaguman dari Leonardo sebagai ilmuwan dan penemu, untuk bagian yang lebih baik dari empat ratus tahun ketenarannya beristirahat pada prestasi sebagai pelukis dan beberapa karya, baik diverifikasi atau dikaitkan dengannya yang telah dianggap sebagai salah karya .

Lukisan-lukisan terkenal untuk berbagai kualitas yang telah banyak ditiru oleh siswa dan dibahas panjang lebar oleh para pecinta dan kritikus. Di antara kualitas yang membuat karya Leonardo yang unik adalah teknik inovatif yang ia gunakan dalam meletakkan pada cat, pengetahuan rinci tentang anatomi, botani cahaya, dan geologi, minatnya dalam fisiognomi dan cara di mana manusia mendaftar emosi dalam ekspresi dan gerakan, nya inovatif penggunaan bentuk manusia dalam komposisi figuratif, dan penggunaan nya gradasi halus nada. Semua kualitas ini datang bersama-sama dalam karya paling terkenal dicat, Mona Lisa, Perjamuan Terakhir dan Virgin of the Rocks
Unfinished lukisan St Jerome in the Wilderness, (c. 1480), Vatikan.

Awal bekerja
Karya awal Leonardo dimulai dengan Pembaptisan Kristus dicat dalam hubungannya dengan Verrocchio. Dua lukisan lain muncul sampai saat ini dari waktu di bengkel, yang keduanya Annunciations. Salah satunya adalah kecil, 59 cm (23 in) panjang dan 14 cm (5,5 in) tinggi. Ini adalah "predella" untuk pergi di dasar komposisi yang lebih besar, dalam hal ini lukisan oleh Lorenzo di credi dari yang telah menjadi terpisah. Yang lainnya adalah sebuah karya yang jauh lebih besar, 217 cm (85 in) panjang.Dalam kedua Annunciations, Leonardo menggunakan pengaturan formal, seperti di dua Fra Angelico terkenal gambar dari subjek yang sama, dari Perawan Maria duduk atau berlutut di sebelah kanan gambar, mendekati dari kiri oleh malaikat di profil dengan garmen mengalir kaya, mengangkat sayap dan bantalan bunga bakung. Meskipun sebelumnya dikaitkan dengan Ghirlandaio, pekerjaan yang lebih besar sekarang umumnya dikaitkan dengan Leonardo

Dalam gambar yang lebih kecil Maria averts matanya dan lipatan tangannya gerakan yang menyimbolkan tunduk kepada kehendak Allah. Dalam gambar yang lebih besar, bagaimanapun, Maria tidak tunduk. Gadis, terputus dalam membaca nya dengan utusan ini tak terduga, menempatkan satu jari di Alkitab nya untuk menandai tempat dan mengangkat tangannya dalam gerakan resmi ucapan atau kejutan. Wanita muda ini tenang tampaknya menerima perannya sebagai Ibu Allah tidak dengan pengunduran diri tapi dengan keyakinan. Dalam lukisan ini, Leonardo muda menyajikan wajah humanis dari Perawan Maria, mengakui peran manusia dalam inkarnasi Allah.

Lukisan dari 1480s
Virgin of the Rocks, Louvre, menunjukkan ketertarikan Leonardo di alam.

Dalam Leonardo 1480s menerima dua komisi yang sangat penting dan memulai lagi pekerjaan yang juga dari tanah-melanggar pentingnya dalam hal komposisi. Dua dari tiga tidak pernah selesai, dan ketiga mengambil begitu lama bahwa itu tunduk pada negosiasi panjang selama penyelesaian dan pembayaran. Salah satu lukisan adalah bahwa St Jerome in the Wilderness. Bortolon asosiasi gambar ini dengan masa sulit dalam hidup Leonardo, sebagaimana dibuktikan dalam buku hariannya: ". Saya pikir saya belajar untuk hidup, saya hanya belajar untuk mati

Meskipun lukisan ini hampir dimulai, komposisi dapat dilihat dan itu sangat tidak biasa Jerome, sebagai seorang peniten, menempati tengah gambar, ditetapkan pada diagonal sedikit dan dilihat agak dari atas.. Bentuk berlutut Nya mengambil bentuk trapesium, dengan satu lengan terentang ke tepi luar dari lukisan dan tatapannya melihat ke arah yang berlawanan. J. Wasserman menunjukkan hubungan antara lukisan ini dan studi anatomi Leonardo .Di latar depan sprawls simbol itu, seekor singa besar yang tubuhnya dan ekor membuat spiral ganda di dasar ruang gambar.. Fitur yang luar biasa lainnya adalah pemandangan samar dari batu terjal terhadap yang angkanya siluet.

Tampilan berani komposisi gambar, elemen lansekap dan drama pribadi juga muncul dalam karya yang belum selesai besar, Pemujaan Orang Majus, komisi dari Monks San Donato sebuah Scopeto. Ini adalah komposisi yang kompleks, dari sekitar 250 sentimeter x 250. Leonardo lakukan gambar banyak dan studi persiapan, termasuk satu rinci dalam perspektif linear dari arsitektur klasik yang membuat hancur bagian dari latar belakang ke TKP. Tapi pada 1482 Leonardo pergi ke Milan atas perintah Lorenzo de 'Medici untuk memenangi hati dengan Ludovico il Moro, dan lukisan itu ditinggalkan.

Pekerjaan penting yang ketiga periode ini adalah Virgin of the Rocks yang ditugaskan di Milan untuk Confraternity of the Immaculate Conception. Lukisan, harus dilakukan dengan bantuan Predis de bersaudara, adalah untuk mengisi altarpiece kompleks yang besar, sudah dibangun.Leonardo memilih untuk melukis momen apokrif dari bayi Kristus ketika bayi Yohanes Pembaptis, dalam perlindungan malaikat, bertemu Keluarga Kudus di jalan ke Mesir. Dalam adegan ini, seperti yang dilukis oleh Leonardo, John mengakui dan menyembah Yesus sebagai Kristus. Lukisan menunjukkan keindahan menakutkan sebagai tokoh anggun berlutut dalam adorasi di sekitar bayi Kristus dalam lanskap liar jatuh batu dan berputar air. Sementara lukisan yang cukup besar, sekitar 200 × 120 cm, maka hampir tidak serumit sebagai lukisan diperintahkan oleh para biarawan dari St Donato, hanya memiliki empat angka ketimbang sekitar lima puluh dan lanskap berbatu ketimbang detail arsitektur. Lukisan itu akhirnya selesai, bahkan, dua versi dari lukisan itu selesai, salah satu yang tetap di kapel Confraternity dan lainnya yang terbawa Leonardo ke Prancis. Tapi Brothers tidak mendapatkan lukisan mereka, atau de Predis pembayaran mereka, sampai abad berikutnya .

The Last Supper (1498)-Convent of Sta. Maria delle Grazie, Milan, Italia
Lukisan dari 1490-an

Lukisan Leonardo yang paling terkenal dari 1490-an adalah The Last Supper, dicat untuk refter dari Biara Santa Maria della Grazie di Milan. Lukisan merupakan makanan terakhir bersama oleh Yesus dengan murid-muridnya sebelum dia ditangkap dan kematian. Ini menunjukkan khusus saat ketika Yesus baru saja mengatakan "salah satu dari kamu akan menyerahkan Aku". Leonardo bercerita tentang kekhawatiran bahwa pernyataan ini menyebabkan dua belas pengikut Yesus.

Novelis Matteo Bandello mengamati Leonardo di tempat kerja dan menulis bahwa beberapa hari ia akan melukis dari fajar sampai senja tanpa berhenti untuk makan dan kemudian tidak melukis selama tiga atau empat hari pada suatu waktu. Ini adalah di luar pemahaman yang sebelumnya dari biara, yang diburu dia sampai Leonardo meminta Ludovico untuk campur tangan. Vasari menjelaskan bagaimana Leonardo, terganggu atas kemampuannya untuk secara memadai menggambarkan wajah Kristus dan pengkhianat Yudas, mengatakan kepada Duke bahwa ia mungkin diwajibkan untuk menggunakan sebelumnya sebagai modelnya.

Setelah selesai, lukisan itu diakui sebagai karya desain dan karakterisasi,  tapi memburuk dengan cepat, sehingga dalam seratus tahun itu digambarkan oleh salah satu penampil sebagai "benar-benar hancur".Leonardo, daripada menggunakan Teknik diandalkan fresco, telah menggunakan tempera atas tanah itu terutama gesso, sehingga permukaan yang tunduk pada cetakan dan pengelupasan Meskipun demikian, lukisan itu tetap salah satu karya yang paling direproduksi seni, salinan yang tak terhitung jumlahnya. yang dibuat dalam setiap media dari karpet untuk akting cemerlang.
Lukisan dari tahun 1500-an

Mona Lisa atau La Gioconda (1503-1505/1507)-Louvre, Paris, Prancis

Di antara karya-karya yang dibuat oleh Leonardo di abad ke-16 adalah potret kecil yang dikenal sebagai Mona Lisa atau "la Gioconda", yang tertawa. Dalam era sekarang ini bisa dibilang lukisan paling terkenal di dunia. Ketenaran bersandar, khususnya, pada senyum yang sulit dipahami di wajah wanita itu, kualitas misterius yang dibawa mungkin dengan fakta bahwa artis telah halus dibayangi sudut-sudut mulut dan mata sehingga sifat yang tepat dari senyum tidak dapat ditentukan. Kualitas bayangan yang bekerja ini terkenal kemudian disebut "Sfumato" atau asap Leonardo. Vasari, yang umumnya dianggap telah mengenal lukisan hanya dengan reputasi, mengatakan bahwa "senyum itu begitu menyenangkan bahwa tampaknya ilahi daripada manusia, dan orang-orang yang melihatnya kagum untuk menemukan bahwa itu adalah sebagai hidup seperti aslinya".

Karakteristik lain yang ditemukan dalam pekerjaan ini adalah gaun tanpa hiasan, di mana mata dan tangan tidak memiliki persaingan dari rincian lain, latar belakang pemandangan dramatis di mana dunia tampaknya berada dalam keadaan fluks, pewarnaan tenang dan sifat yang sangat halus teknik painterly, minyak mempekerjakan, namun diletakkan di banyak seperti tempera dan dicampur di permukaan sehingga sapuan kuas yang dibedakan. Vasari mengungkapkan pendapat bahwa cara lukisan akan membuat bahkan "master yang paling percaya diri ... putus asa dan tawar hati "

Keadaan sempurna pelestarian dan fakta bahwa tidak ada tanda-tanda perbaikan atau overpainting jarang dalam lukisan panel tanggal ini..

Dalam lukisan Perawan dan Anak dengan St Anne komposisi lagi mengangkat tema tokoh-tokoh dalam lanskap yang Wasserman menggambarkan sebagai "biasa indah" dan harkens kembali ke gambar Jerome St dengan angka yang ditetapkan pada sudut miring. Apa yang membuat lukisan ini tidak biasa adalah bahwa ada dua tokoh miring diatur dilapiskan. Maria duduk di lutut ibunya, St Anne. Dia mencondongkan tubuh ke depan untuk menahan Anak Kristus sebagai dia bermain kasar dengan seekor domba, tanda pengorbanan sendiri yang akan datang [17]. Ini lukisan, yang disalin berkali-kali, dipengaruhi Michelangelo, Raphael, dan Andrea del Sarto, [83] dan melalui mereka Pontormo dan Correggio. Kecenderungan dalam komposisi yang diadopsi terutama oleh Tintoretto pelukis Venesia dan Veronese.

The Virgin dan Anak dengan St Anne, (c. 1510)-Museum Louvre
The Virgin dan Anak dengan St Anne dan St Yohanes Pembaptis (c. 1499-1500)-National Gallery, London

Leonardo adalah seorang pelukis tidak produktif, tapi dia adalah seorang juru paling produktif, menjaga jurnal penuh sketsa kecil dan gambar rinci merekam segala macam hal yang mengambil perhatiannya. Serta jurnal terdapat banyak penelitian untuk lukisan, beberapa di antaranya dapat diidentifikasi sebagai persiapan untuk karya tertentu seperti The Pemujaan Orang Majus, The Virgin of the Rocks dan The Last Supper. awal menggambar tanggal Nya adalah lanskap dari Lembah Arno,, 1473 yang menunjukkan sungai, pegunungan, Montelupo Castle dan lahan pertanian di luar itu dengan sangat rinci. 

Di antara gambar terkenal adalah Vitruvian Man, studi tentang proporsi tubuh manusia, Kepala Angel, untuk The Virgin of the Rocks di Louvre, sebuah studi botani Bintang Betlehem dan gambar besar (160 × 100 cm) dengan kapur hitam di atas kertas berwarna Sang Perawan dan Anak dengan St Anne dan St Yohanes Pembaptis di Galeri Nasional, London. gambar ini menggunakan teknik sfumato halus shading, dalam cara Mona Lisa . Diperkirakan bahwa Leonardo pernah membuat lukisan dari itu, kemiripan paling dekat yang untuk The Virgin dan Anak dengan St Anne di Louvre .

Gambar lain yang menarik termasuk berbagai penelitian umumnya disebut sebagai "karikatur" karena, meski dibesar-besarkan, mereka tampaknya didasarkan pada pengamatan dari model hidup. Vasari menceritakan bahwa jika Leonardo melihat seseorang dengan wajah yang menarik ia akan mengikuti mereka sepanjang hari mengamati mereka. Ada banyak penelitian laki-laki muda yang cantik, sering dikaitkan dengan Salai, dengan fitur wajah yang langka dan banyak dikagumi, sehingga yang disebut "profile Grecian".ini wajah sering dikontraskan dengan seorang pejuang [84]. Salai sering digambarkan dalam mewah-gaun kostum. Leonardo diketahui telah merancang set untuk kontes dengan yang ini mungkin berhubungan. Lainnya, seringkali teliti, gambar menunjukkan studi gorden. Perkembangan ditandai kemampuan Leonardo untuk menarik tirai terjadi pada karya-karya awalnya. Lain gambar sering direproduksi adalah sketsa mengerikan yang dilakukan oleh Leonardo di Florence di 1479 menunjukkan tubuh Bernardo Baroncelli, digantung sehubungan dengan pembunuhan Giuliano, saudara Lorenzo de 'Medici, dalam Conspiracy Pazzi. Dengan Leonardo integritas memihak telah terdaftar di cermin rapi menulis warna jubah yang Baroncelli kenakan saat ia meninggal.

Humanisme Renaisans tidak mengakui polaritas saling eksklusif antara ilmu dan seni, dan studi Leonardo di bidang sains dan teknik adalah sebagai mengesankan dan inovatif sebagai pekerjaan seninya. Studi ini tercatat di 13.000 halaman catatan dan gambar, yang seni sekering dan filsafat alam (cikal bakal ilmu pengetahuan modern), dibuat dan dipelihara setiap hari sepanjang hidup Leonardo dan perjalanan, karena ia membuat pengamatan terus-menerus dari dunia di sekelilingnya.

Tulisan Leonardo sebagian besar di cermin-gambar kursif. Alasannya mungkin lebih merupakan kebijaksanaan praktis daripada untuk alasan kerahasiaan seperti yang sering disarankan. Sejak Leonardo menulis dengan tangan kiri, besar kemungkinan bahwa lebih mudah baginya untuk menulis dari kanan ke kiri.

Sebuah halaman menampilkan studi Leonardo dari janin dalam kandungan (c. 1510) Royal Library, Windsor Castle

Catatan dan gambar menampilkan berbagai besar minat dan keasyikan, beberapa seperti biasa sebagai daftar bahan makanan dan orang-orang yang berutang uang dan beberapa yang menarik sebagai desain untuk sayap dan sepatu untuk berjalan di atas air. Ada komposisi untuk lukisan, studi detail dan drapery, studi wajah dan emosi, hewan, bayi, pembedahan, penelitian tanaman, formasi batuan, pusaran air, mesin perang, helikopter dan arsitektur.

Notebook ini-awalnya kertas longgar dari berbagai jenis dan ukuran, didistribusikan oleh teman-teman setelah kematiannya-telah menemukan cara mereka ke koleksi utama seperti Royal Library di Windsor Castle, Louvre, Biblioteca Nacional de España, Victoria dan Albert Museum, yang Biblioteca Ambrosiana di Milan yang memegang dua belas volume Codex Atlanticus, dan British Library di London yang telah menempatkan pilihan dari yang notebook BL Arundel MS 263 secara online . The Codex Leicester adalah satu-satunya pekerjaan ilmiah utama Leonardo di tangan swasta . Hal ini dimiliki oleh Bill Gates dan ditampilkan setahun sekali di kota-kota yang berbeda di seluruh dunia.

Catatan Leonardo tampaknya telah ditujukan untuk publikasi karena banyak lembaran memiliki bentuk dan ketertiban yang akan memfasilitasi hal ini. Dalam banyak kasus satu topik, misalnya, jantung atau janin manusia, dibahas secara rinci di kedua kata-kata dan gambar pada satu lembar. Mengapa mereka tidak diterbitkan dalam seumur hidup Leonardo tidak diketahui.
Studi ilmiah

Rhombicuboctahedron seperti diumumkan dalam Pacioli De Divina Proportione

Pendekatan Leonardo untuk ilmu pengetahuan adalah salah satu yang observasional: ia mencoba untuk memahami fenomena dengan menjelaskan dan menggambarkan secara rinci maksimal dan tidak menekankan percobaan atau penjelasan teoritis. Karena ia tidak memiliki pendidikan formal dalam bahasa Latin dan matematika, ulama kontemporer sebagian besar diabaikan Leonardo ilmuwan, meskipun ia mengajar dirinya Latin. Pada 1490-an ia belajar matematika di bawah Luca Pacioli dan menyiapkan serangkaian gambar dari padatan teratur dalam bentuk kerangka yang akan terukir sebagai piring untuk Pacioli buku De Divina Proportione, diterbitkan pada 1509.

Tampak bahwa dari isi jurnal ia sedang merencanakan serangkaian risalah yang akan diterbitkan pada berbagai mata pelajaran. Sebuah risalah koheren tentang anatomi dikatakan telah diamati selama kunjungan oleh Sekretaris Kardinal Louis 'D' Aragon pada tahun 1517Aspek karyanya pada studi anatomi, cahaya dan lanskap berkumpul untuk publikasi oleh muridnya Francesco. Melzi dan akhirnya diterbitkan sebagai Treatise on Painting oleh Leonardo da Vinci di Perancis dan Italia pada tahun 1651 dan Jerman pada tahun 1724, dengan ukiran berdasarkan gambar oleh pelukis Nicholas Poussin Klasik [rujukan?]. Menurut Arasse, risalah, yang di Perancis pergi ke enam puluh dua edisi dalam lima puluh tahun, menyebabkan Leonardo harus dilihat sebagai "cikal bakal pemikiran akademik Prancis pada seni" .

Sementara eksperimen Leonardo mengikuti metode ilmiah yang jelas, analisis terbaru dan lengkap Leonardo sebagai ilmuwan oleh Frtijof Capra berpendapat bahwa Leonardo adalah berbeda secara mendasar dari ilmuwan dari Galileo, Newton dan ilmuwan lain yang mengikutinya dalam hal itu, sebagai Renaissance Man, teorisasi nya dan hypothesising mengintegrasikan seni dan khususnya seni lukis.

Pelatihan formal Leonardo dalam anatomi tubuh manusia dimulai dengan magang kepada Andrea del Verrocchio, yang bersikeras bahwa semua murid-muridnya belajar anatomi. Sebagai seorang seniman, ia dengan cepat menjadi master anatomi topografi, menggambar banyak penelitian dari otot, tendon dan fitur anatomi terlihat.

Sebagai seorang seniman yang sukses, ia diberi izin untuk membedah mayat manusia di Rumah Sakit Santa Maria Nuova di Florence dan kemudian di rumah sakit di Milan dan Roma. Dari 1510-1511 ia bekerja sama dalam studinya dengan dokter Marcantonio della Torre. Leonardo membuat lebih dari 200 halaman gambar dan halaman banyak catatan menuju risalah tentang anatomi. Makalah ini dibiarkan ahli warisnya, Francesco Melzi, untuk publikasi, tugas kesulitan besar karena lingkup dan tulisan istimewa Leonardo .Hal ini meninggalkan lengkap pada saat kematian Melzi yang lebih dari lima puluh tahun kemudian, dengan hanya. sejumlah kecil bahan pada anatomi termasuk dalam Treatise Leonardo pada lukisan, yang diterbitkan di Perancis pada tahun 1632 .Selama waktu itu Melzi adalah memesan bahan ke dalam bab-bab untuk publikasi, mereka diperiksa oleh sejumlah ahli anatomi dan seniman , termasuk Vasari, Cellini dan Albrecht Dürer yang membuat sejumlah gambar dari mereka.

Leonardo menarik banyak penelitian dari kerangka manusia dan bagian-bagiannya, serta otot dan urat. Dia mempelajari fungsi mekanik tulang dan kekuatan otot yang diterapkan untuk itu dengan cara yang prefigured ilmu pengetahuan modern dari biomekanik. Ia menarik jantung dan sistem pembuluh darah, organ seks dan organ internal lainnya, membuat salah satu dari gambar ilmiah pertama dari janin dalam rahim . Sebagai seorang seniman, Leonardo erat mengamati dan mencatat pengaruh usia dan emosi manusia pada fisiologi, belajar khususnya efek kemarahan. Dia juga menarik banyak tokoh yang memiliki cacat wajah yang signifikan atau tanda-tanda penyakit .

Leonardo juga mempelajari dan menggambar anatomi banyak hewan, membedah sapi, burung, monyet, beruang, dan katak, dan membandingkan dalam gambar nya struktur anatomi mereka dengan manusia. Dia juga membuat sejumlah studi kuda.

Teknik dan penemuan-penemuan
Sebuah desain untuk mesin terbang, (c. 1488) Institut de France, Paris

Selama hidupnya Leonardo dihargai sebagai seorang insinyur. Dalam sebuah surat kepada Ludovico il Moro ia diklaim mampu untuk membuat segala macam mesin baik untuk melindungi kota dan untuk pengepungan. Ketika ia melarikan diri ke Venesia pada 1499 ia menemukan pekerjaan sebagai seorang insinyur dan merancang sistem barikade bergerak untuk melindungi kota dari serangan. Dia juga memiliki skema untuk mengalihkan aliran Sungai Arno, sebuah proyek di mana Niccolò Machiavelli juga bekerja. Jurnal Leonardo termasuk sejumlah besar penemuan, baik praktis dan tidak praktis. Mereka termasuk alat musik, pompa hidrolik, mekanisme engkol reversibel, mortir bersirip, dan meriam uap.

Pada 1502, Leonardo menghasilkan gambar rentang tunggal 720-kaki (220 m) jembatan sebagai bagian dari proyek teknik sipil untuk Ottoman Sultan Beyazid II dari Konstantinopel. Jembatan itu dimaksudkan untuk rentang inlet di mulut Bosporus yang dikenal sebagai Golden Horn. Beyazid tidak mengejar proyek ini karena ia percaya bahwa seperti konstruksi tidak mungkin. Visi Leonardo dibangkitkan pada tahun 2001 ketika sebuah jembatan kecil berdasarkan desain nya dibangun di Norwegia.

Untuk sebagian besar hidupnya, Leonardo terpesona oleh fenomena penerbangan, menghasilkan banyak studi penerbangan burung, termasuk c nya. 1.505 Codex pada Flight of Burung, serta rencana untuk mesin terbang beberapa, termasuk glider menggantung ringan dan mesin yang menyerupai helikopter.Stasiun televisi Channel British Empat menugaskan Mesin dokumenter Leonardo Dream, untuk disiarkan pada tahun 2003.. Mesin Leonardo dibangun dan diuji sesuai dengan desain aslinya .

Beberapa dari mereka desain terbukti sukses, sementara yang lainnya bernasib kurang baik saat diuji praktis.

Ketenaran dan reputasi
Artikel utama: Budaya referensi ke Leonardo da Vinci
Francis I dari Perancis menerima napas terakhir dari Leonardo da Vinci, oleh Ingres Desember 1818

Dalam seumur hidup Leonardo sendiri ketenarannya adalah sedemikian rupa sehingga Raja Perancis membawanya pergi seperti piala dan diklaim telah mendukung dia di usia tuanya dan memeluknya saat ia meninggal. Bunga di Leonardo tidak pernah berkurang. Orang banyak masih antrian untuk melihat karyanya yang paling terkenal, T-shirt menanggung gambar yang paling terkenal, dan penulis terus mengagumi kegeniusan dan berspekulasi tentang kehidupan pribadinya dan, khususnya, tentang apa yang begitu cerdas benar-benar percaya masuk

Giorgio Vasari, dalam edisi diperbesar dari Lives of the Artists, 1568, memperkenalkan bab tentang Leonardo da Vinci dengan kata-kata berikut:

    Dalam peristiwa biasa saja banyak pria dan wanita yang dilahirkan dengan bakat yang luar biasa, tapi kadang-kadang, dengan cara yang melampaui alam, satu orang yang mengagumkan diberkahi oleh Surga dengan keindahan, kasih karunia dan bakat dalam kelimpahan sehingga ia meninggalkan pria lain jauh di belakang , semua tindakannya tampak terinspirasi dan memang segala yang dilakukannya jelas berasal dari Allah dan bukan dari keterampilan manusia. Semua orang mengakui bahwa ini adalah benar Leonardo da Vinci, seorang seniman keindahan fisik yang luar biasa, yang ditampilkan kasih karunia yang tak terbatas dalam segala hal yang dia lakukan dan yang dibudidayakan kejeniusannya begitu cemerlang bahwa semua masalah dia belajar dia dipecahkan dengan mudah.
    -Giorgio Vasari

Kekaguman lanjutan bahwa Leonardo diperintahkan dari pelukis, kritikus dan sejarawan tercermin dalam banyak upeti tertulis lainnya. Baldassare Castiglione, penulis Il Cortegiano ("punggawa"), menulis pada tahun 1528: "... lain dari pelukis terbesar di dunia ini melihat ke bawah pada seni ini di mana ia tiada bandingnya ..." [100] sementara biografer dikenal sebagai "Anonimo Gaddiano" menulis, c. 1.540: "jenius Nya begitu langka dan universal yang dapat dikatakan bahwa alam bekerja keajaiban atas namanya ..." .
Patung Leonardo di Amboise

Abad ke-19 membawa kekaguman tertentu untuk jenius Leonardo, menyebabkan Henry Fuseli untuk menulis pada tahun 1801: "Begitulah fajar seni modern, ketika Leonardo da Vinci pecah sebagainya dengan kemegahan yang menjauhkan keunggulan mantan: terdiri dari semua elemen yang membentuk esensi dari jenius ... "Hal ini dikumandangkan oleh AE Rio yang menulis pada tahun 1861:". Ia menjulang tinggi di atas semua artis lain melalui kekuatan dan kemuliaan bakatnya "[103]

Pada abad ke-19, ruang lingkup notebook Leonardo dikenal, serta lukisannya. Hippolyte Taine menulis pada tahun 1866: "Mungkin tidak ada di dunia ini contoh jenius yang lain sangat universal, sehingga tidak mampu memenuhi, begitu penuh kerinduan untuk, tak terbatas sehingga secara alami halus, sehingga jauh di depan abad sendiri dan abad-abad berikutnya "[104] Seni sejarawan Bernard Berenson menulis pada tahun 1896:" Leonardo adalah artis salah satunya dapat dikatakan dengan literal yang sempurna:. Tidak ada yang ia menyentuh tetapi berubah menjadi sesuatu dari kecantikan abadi Apakah itu menjadi penampang. tengkorak, struktur gulma, atau studi otot, ia, dengan perasaannya untuk garis dan untuk cahaya dan bayangan, selamanya ditransmutasikan ke kehidupan-mengkomunikasikan nilai-nilai ".

Kepentingan dalam jenius Leonardo terus berlanjut, ahli studi dan menerjemahkan tulisan-tulisannya, menganalisis lukisannya menggunakan teknik ilmiah, berdebat atribusi dan mencari karya-karya yang telah direkam tetapi tidak pernah ditemukan .Liana Bortolon, menulis pada tahun 1967, mengatakan.: "Karena banyaknya kepentingan yang mendorong dia untuk mengejar setiap bidang pengetahuan ... Leonardo dapat dipertimbangkan, cukup benar, telah menjadi keunggulan jenius yang universal par, dan dengan semua nada meresahkan melekat dalam istilah itu. Manusia adalah sebagai hari tidak nyaman, dihadapkan dengan jenius, karena ia berada di abad ke-16. Lima abad telah berlalu, namun kita masih melihat Leonardo dengan kagum. "

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BANG JAMPANG - JAWARA DARI JAMPANG / GROGOL - PART 3"

http://massandry.blogspot.com Setibanya dikampung, sebuah fitnah menanti. Sebuah fitnah yang dibuat Subro dan Gabus yang menyatakan bahwa...

Blogger Template by Blogcrowds