Saturday, November 17, 2012

Fakta Misteri " PERSAUDARAAN ENAM DEWA KUNO YUNANI"

http://massandry.blogspot.com
Dewa Dewi dalam Mitologi Yunani I Dalam mempelajari tentang kepercayaan bangsa Yunani kuno terhadap Dewa mereka, diketahui ternyata 6 pilar Dewa tersebut masih ada persaudaraan, mereka antara lain adalah:

ZEUS adalah dewa tertinggi dari Olympia (Dalam mytologi Romawi dia dikenal dengan Jupiter). Dia adalah ayah dari Perseus dan Hercules. Zeus adalah anak bungsu dari Cronus dan Rhea Titans. Ketika ia lahir, ayahnya Cronus bermaksud untuk menelannya, seperti anak-anaknya yang terdahulu (Poseidon, Hades, Hestia, Demeter dan Hera). Tapi Rhea berhasil menyelamatkan dan menyembunyikan bayi yang baru lahir tersebut di sebuah gua di Gunung Dicte di Kreta. Ketika ia tumbuh besar, Zeus bertarung dengan Cronus sehingga dia memuntahkan semua saudara dan saudarinya yang ditelan oleh Cronus. Mereka bergabung dengan Zeus dalam pertempuran dan berhasil merebut kendali alam semesta dari para Titan lainnya. Setelah ayahnya dan para Titan lainnya kalah, Zeus memasukan mereka kedalam penjara yang berada di Tartarus. Kemudian ia dan saudaranya Poseidon dan Hades membagi urusan sebagai Dewa. Poseidon menerima laut sebagai urusannya, Hades mendapat urusan dunia bawah tanah (Neraka) dan Zeus mengurus langit. Zeus juga telah diberikan otoritas tertinggi di bumi yang bertempat di Gunung Olympus.
 
POSEIDON (Neptunus) adalah Dewa laut, selain itu dia juga mengurus masalah gempa dan kuda. Meskipun ia secara resmi salah satu Dewa tertinggi dari Gunung Olympus, ia lebih banyak menghabiskan waktunya di laut. Meskipun di darat ada banyak sungai, secara teknis tetap berada dikekuasaan Poseidon. Poseidon menikahi putri Nereus, yang bernama Amphitrite. Sesuai dengan perundingan yang mereka lakukan, mereka sepakat bahwa bumi itu akan diperintah secara bersama-sama, dengan Zeus sebagai pimpinannya (Raja). Poseidon adalah ayah dari Theseus, meskipun Aegeus juga mengklaim Theseus sebagai anaknya.

DEMETER (Ceres) adalah dewi panen, yang menurus semua tumbuh-tumbuhan dan kesuburan bumi. Dia mengajarkan manusia seni bercocok tanam sehingga manusia dapat mengurus keberadaan nomaden mereka. Selain itu dia juga mengurus masalah kesucian pernikahan, hukum agama, dan siklus hidup dan mati. Dementer adalah ibu dari Persephone. Menurut sebuah kisah Ketika Persephone diculik oleh Hades dan dijadikan istrinya, Demeter mengembara keseluruh pejuru bumi untuk mencari anaknya yang hilang. Selama pencariannya itu bumi lama mengalami gagal panen. Akhirnya Zeus mengutus Hermes untuk pergi ke dunia bawah, memesan Hades untuk mengembalikan Persephone kepada ibunya. Namun, sebelum dia pergi, Hades memberinya delima (simbol kesuburan umum). Ketika Persephone makan delima itu, ia terikat untuk suaminya menjadi bagian pengurus neraka dan terbiasa dengan kondisi yang panas. Oleh karena itu, jika Dementer bertemu dengan Persephone, terjadilah musim panas.

HERA (Juno) adalah dewi pernikahan, dia sering dilambangkan dengan burung Merak. Dalam mitologi Yunani, Hera adalah dewi perempuan yang memerintah dari Olympus karena dia adalah istri Zeus. Hera dipuja di seluruh Yunani, bahkan kuil tertua dan paling terpenting pun dipersembahkan kepada dirinya. Hera dikenal karena sifatnya cemburu dan dendam, terutama terhadap sang flamboyan Zeus dan keturunan, dan juga terhadap manusia yang tidak sepaham dengan dia, seperti Pelias. Salah satu penyebab awal Perang Troy adalah karena dia tersinggung pada Paris yang memilih Aphrodite sebagai dewi yang paling cantik.

HADES (Pluto) adalah penguasa kematian dan penguasa dunia bawah (Neraka). Singgasana Hades terbuat dari kayu hitam, dan dia selalu membawa tongkat. Dia juga memiliki helm, yang diberikan oleh Cyclopes kepadanya, yang dapat membuatnya tak terlihat. Hades memerintah orang mati, dibantu oleh berbagai (setan) pembantu, seperti Thanatos dan Hypnos, Charon, dan juga anjing Cerberus. Dari semua dewa, Hades adalah Dewa yang kurang favorit sehingga sedikit sekali yang mau menyembahnya karena merasa takut, bahkan para dewa sendiri engganan untuk berurusan dengannya.

HESTIA (Vesta) adalah Dewi api perapian, maksudnya adalah Dewi yang mengatur urusan rumah tangga. Dia adalah Saudari tertua dari Zeus. Ketika dirayu oleh Dewa Poseidon dan Dewa Apollo, dia bersumpah kepada Zeus untuk tetap perawan. Tahtanya berada diapi Olympus, kadang kala setiap perapian yang ada disetiap tempat dapat menjadi altarnya. Hestia digambarkan dalam lukisan vas Athena sebagai wanita sederhana terselubung kadang-kadang memegang cabang berbunga. Dalam patung klasik ia juga terselubung, dengan ketel sebagai atribut dirinya.

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BABAD TANAH CIREBON - PART 10"

http://massandry.blogspot.com Pupuh Ketigapuluh Tiga Kinanti, 38 bait. Pupuh ini menceritakankisah sayembara memperebutkan Putri Pangur...

Blogger Template by Blogcrowds