Monday, November 26, 2012

Bacaan Ringan "OPHIUCUS - RASI BINTANG KE TIGA BELAS ? "

http://massandry.blogspot.com
Ophiuchus adalah salah satu dari 88 rasi bintang dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh astronom ternama dunia, Cladius Ptolemaeus (Ptolemy), yang hidup tahun 90 hingga tahun 168. Ophiucus yang dalam bahasa Yunani berarti si Penangkap Ular ini menjadi satu-satunya yang tidak memiliki lambang astrologi. Mengapa tahun ini tiba-tia Ophiuchus dimasukkan dalam sistem penamaan Zodiak? Versi ilmiah ceritanya bermula saat rasi bintang ditemukan kembali oleh astronom saat mendekati matahari Februari 2006 silam.

Alasan Ophiucus dimasukan dalam penamaan zodiak

1. Bermula saat rasi bintang ditemukan kembali oleh astronom saat mendekati matahari Februari 2006 silam. Menurut BBC, berdasarkan pengamatan astronom dunia, rasi bintang Ophiuchus sudah mendekati matahari dan memunculkan supernova spektakuler.

2.Jurnal ilmiah dunia, Nature, juga melaprokan bintang-bintang di rasi ini sangat terang dan tampak jelas di kosmos. Sebegitu terangnya hingga Ophiuchus bisa dilihat dari bumi tanpa peralatan teleskop sekalipun. Adalah astronom Denmark, Tycho Brahe, pada tahun 1572 yang pertama kali melihat kemunculan rasi itu.

3. Astrolog memastikan zodiak baru ini akan masuk dalam sistem penamaan bintang karena rasi bintang biasanya memakan waktu ratusan tahun untuk bergeser kembali. Rasi bintang Ophiuchus pertama kali muncul di abad kedua. Ptolemy mendaftarkan sebagai bintang ke-29 dari 48 rasi bintang.

Adalah astronom Denmark, Tycho Brahe, pada tahun 1572 yang pertama kali melihat kemunculanrasi itu. Nah, rasi yang baru menampakkan dirinya lagi ini, sebelumnya tidak dikenali dan hanya disebut sebagai New Star.

Rasi bintang Ophiuchus pertama kali muncul di abad kedua. Ptolemy mendaftarkan sebagai bintang ke-29 dari 48 rasi bintang. Diperkirakan rasi ini akan muncul kembali dalam jangka waktu 1.700 tahun lagi. Alasan Ophiucus tidak dimasukkan dalam astrologi barat selama ratusan tahun karena hanya ada 12 rasi bintang yang selama ini mengikuti perputaran benda-benda langit dalam sistem tata surya seperti bulan, planet, dan matahari. Karena baru, para astronot belum menemukan karakteristik serra peruntungan orang-orang yang lahir di zodiak Ophiuchus.
Namun demikian, apa yang menjadi pedoman para astrolog kini sudah tidak relavan lagi jika dicocokkan dengan kondisi sekarang. Artinya, tanggal-tanggal seperti tercantum dalam masing-masing zodiak tersebut tidak lagi kondisinya secara astronomis dengan waktu sekarang. Bahkan, ternyata pita zodiak kini tidak terdiri hanya atas 12 rasi saja, akan tetapi pada periode tertentu matahari juga melewati rasi non zodiak, yaitu rasi Ophiuchus yang berada diantara Scorpius dan Sagitarius, sehingga seharusnya Ophiuchus menjadi zodiak ke-13. Perubahan tanggal kemunculan bintang zodiak adalah konsensus dari International Astronomical Union (IAU). Mereka secara rutin memang melansir data terbaru perubahan posisi benda langit.

Bintang Ophiuchus yang baru letaknya dekat dengan tengah galaksi bima sakti, antara Scorpius dan Sagitarus. Dari Sagitarius ke timur dan dari Scorpius ke barat. Tanggalannya antara 19 November sampai 18 Desember. Simbol astrologinya tidak ada. Tetapi gambarnya menurut sejarah adalah gambar orang dibelit ular. Banyak teori tentang gambar itu, salah satunya adalah Apollo yang sedang berkelahi dengan piton. Ramalan untuk orang berbintang ini mungkin belum ada, jadi jangan tanya sama Mama Laurent dulu.

Menurut ahli astronomi, bintang Ophiuchus itu justru lebih banyak mengenai garis putar bumi daripada bintang Scorpius. Tapi karena Scorpius jauh lebih bersinar sementara bintang Ophiuchus kurang bersinar, maka Scorpiuslah yang jadi bintang.

Kenapa hal ini dapat terjadi? Jawabannya adalah perjalanan waktu akibat peristiwa yang disebut “presesi bumi” yang menjadi penyebab. Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun dan dari abad ke abad berikutnya terjadi pergeserang terhadap titik Aries (Ekuinox) yang menadi acuan awal durasi zodiak ini akibat presesi bumi. Besarnya pergeseran tersebut memang sangat kecil, yaitu 0.0139 derajat setiap tahun. Tapi jika itu terjadi 2000 tahun yang lalu hingga sekarang (2000 x 0.0139 derajat = 27.8 derajat), sehingga yang disebut titik Aries kini tidak lagi terletak di rasi Aries, melainkan sudah bergeser di rasi Pisces dan akan terus bergeser. Nantinya, setelah 25.800 tahun berlalu, titik ini akan kembali lagi di rasi Aries. Artinya, tanggal yang menjadi pedoman horoskop bergesr cukup jauh dari rasinya, sebuah angka tidak pernah diperhitungkan oleh para astrolog.

ZODIAK BERTAMBAH

CAPRICORNUS :
21 Januari – 18 Februari (26 hari)
Karakteristik Umum: Pendiam, rajin, ambisius, materialis, gengsi tinggi, suka memerintah, suka memperalat orang lain.

AQUARIUS :
16 Februari – 11 Maret (24 hari)
Karakteristik Umum: Tenang, objektif, jenius, penuh ide, cepat mengerti.

PISCES :
11 Maret – 18 April (38 hari)
Karakteristik Umum: Sangat perasa (dari sisi manusiawi), penuh cinta, praktis, suka mengkhayal.

ARIES :
18 April – 13 Mei (25 hari)
Karakteristik Umum: Agresif, enerjik, impulsif, pemimpin, tidak sabaran, egois, cepat emosi.

TAURUS :
13 Mei – 22 Juni (40 hari)
Karakteristik Umum: Keras kepala, materialistis, pasif, ramah, sabar, praktis, setia, toleran.

GEMINI :
22 Juni – 21 Juli (29 hari)
Karakteristik Umum: Lincah, pandai berbicara, tidak stabil, mudah berubah-ubah, mudah gugup, sangat peka.

CANCER :
21 Juli – 10 Agustus (20 hari)
Karakteristik Umum: Sentimentil, setia, penuh perhatian, sulit memaafkan, daya ingat kuat.

LEO :
10 Agustus – 16 September (37 hari)
Karakteristik Umum: Suka memimpin, dermawan, penuh gaya, aristokratik, congkak, percaya diri tinggi.

VIRGO :
16 September – 31 Oktober (45 hari)
Karakteristik Umum: Praktis, analitis, krisis, berkepala dingin, logis, rajin, sederhana.

LIBRA :
31 Oktober – 23 November (23 hari)
Karakteristik Umum: Penuh keraguan, bimbang, adil, pandai bermuka dua, naluri kuat, mempesona.

SCORPIO :
23 November – 29 November (6 hari)
Karakteristik Umum: Panjang akal, pendiam, pendendam, gigih, tekun.

OPHIUCHUS :
29 November – 18 Desember (19 hari)
Karakteristik Umum: Belum dikategorikan

SAGITARIUS :
18 Desember – 21 Januari (34 hari)
Karakteristik Umum: Berjiwa petualang, pandai, suka kebebasan, mandiri, pandai berdiplomasi, berpandangan luas.

Newer Post Older Post Home

Bacaan Ringan "BABAD TANAH CIREBON - PART 10"

http://massandry.blogspot.com Pupuh Ketigapuluh Tiga Kinanti, 38 bait. Pupuh ini menceritakankisah sayembara memperebutkan Putri Pangur...

Blogger Template by Blogcrowds