Tuesday, November 5, 2013

Fakta Dunia "BAHASA TERUNIK DI DUNIA - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Menemukan bahasa dari awal mungkin tampak seperti cara yang aneh untuk menghabiskan waktu Anda, tetapi ada alasan baik untuk melakukannya. Orang menciptakan bahasa untuk tujuan ilmiah, seni dan budaya: untuk menguji teori tentang bagaimana otak bekerja, untuk membantu orang berkomunikasi, untuk 'meningkatkan' bahasa yang sudah ada, atau karena mereka hanya membutuhkan bahasa baru untuk buku yang mereka tulis. Berikut adalah beberapa contoh terbaik dari bahasa diciptakan:

10. Solresol
Dikembangkan oleh Francois Sudre pada paruh pertama abad kesembilan belas, Solresol adalah contoh dari sebuah bahasa tambahan internasional: bahasa, direncanakan sengaja disederhanakan dibuat dalam rangka untuk membuat komunikasi di seluruh dunia lebih mudah. Solresol adalah bahasa pertama yang mendapatkan pengakuan apapun, tapi apa benar-benar membuatnya unik adalah dasar musik: ini berisi total hanya tujuh suku kata, terdiri dari nama-nama dari skala musik (do re mi fa la si jadi).

Pengaturan ini berarti bahwa kata-kata dapat ditulis dalam notasi musik, dan bahwa bahasa bisa dikomunikasikan dengan bernyanyi. Suku kata bisa diungkapkan dalam tujuh warna dan mudah 'dibaca' oleh buta huruf. Sayangnya, Solresol tidak pernah benar-benar pergi, meskipun beberapa penggemar setia tetap hari ini. 

9. Quenya
Quenya adalah salah satu dari setidaknya dua puluh bahasa ditemukan digunakan oleh JRR Tolkien dalam Tuhannya of the Rings trilogi. Lidah Peri seremonial, itu yang paling rumit dari semua bahasa Tolkien. Bahkan, Middle Earth diciptakan untuk sebaliknya Quenya dan tidak: Tolkien mulai menulis cerita-ceritanya dalam rangka untuk menyediakan bahasa dengan latar belakang sejarah yang kaya.

Menurut Tolkien, Quenya adalah usahanya untuk membuat bahasa yang paling indah dibayangkan, dan suara dan tata bahasa sebagian besar diambil dari bahasa bumi nyata bahwa dia pikir adalah yang paling indah: Finlandia, Latin dan Yunani.

8. Toki Pona
Menurut hipotesis Sapir-Whorf, pikiran seseorang dan persepsi bisa dibentuk oleh bahasa ia berbicara. Para Toki Pona bahasa adalah usaha, berdasarkan teori ini, untuk menyederhanakan hidup dengan menggunakan bahasa yang sangat disederhanakan. Toki Pona hanya memiliki 123 kata-kata, yang dapat dikombinasikan untuk membuat lebih 'kompleks' kata-kata. Jadi, 'bahagia' di Toki Pona adalah 'merasa baik', alkohol adalah 'gila air' dan geologi adalah 'bumi pengetahuan'. Meskipun mudah untuk belajar, bahasa memiliki beberapa kesulitan yang jelas mengekspresikan nuansa makna. 

7. Lingua Ignota
Lingua Ignota adalah pertama yang diketahui manusia membuat bahasa, diciptakan oleh kepala biara Hildegard dari Bingen Jerman di abad ke 12. Nama itu berarti 'lidah tidak diketahui', dan itu mungkin digunakan sebagai bahasa rahasia oleh Hildegard dan biarawati rekan-rekan, meskipun tujuan pastinya masih belum jelas. Hildegard adalah seorang komposer dicapai, dan kata-kata dari bahasa yang sering digunakan dalam komposisi musiknya. Dia meninggalkan glossary hanya sekitar 1000 kata, yang sebagian besar adalah istilah agama atau medis.

6. Laadan
Seorang profesor linguistik, Dr Suzette Haden, diciptakan Laadan sebagai satu uji hipotesis Sapir-Whorf: dalam kasus ini, untuk menguji gagasan bahwa bahasa manusia tidak memadai untuk ekspresi wanita. Laadan dirancang untuk memungkinkan orang untuk mengekspresikan hal-hal dalam kata-kata yang dalam bahasa Inggris hanya dapat disampaikan oleh bahasa tubuh atau nada. Jadi, misalnya, kalimat mungkin mengandung kata-kata khusus yang menunjukkan bahwa kalimat penuh dimaksudkan untuk menjadi peringatan.

Laadan juga mengandung banyak cara untuk menggambarkan emosi: ada nama terpisah untuk sebuah emosi yang berarti 'kebahagiaan untuk alasan yang baik' dan salah satu yang berarti 'kebahagiaan tanpa alasan', dan satu kata untuk mengungkapkan rasa 'Aku marah karena suatu alasan tapi tidak ada yang bisa dilakukan tentang itu. "

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds