Tuesday, November 5, 2013

Tokoh Terkenal "HABIB ABDULLAH BIN MUHSIN ALATHAS (EMPANG BOGOR)

http://massandry.blogspot.com
Masjid An-Nur Jl.Lolongok Empang Bogor.
Masjid keramat Empang ini didirikan sekitar tahun 1828 masehi. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh para habaib dan ulama-ulama besar di Indonesia waktu itu.

Di areal komplek masjid keramat ini terdapat rumah peninggalan Habib Abdullah yang sekarang di tempati oleh Kholifah masjid, Habib Abdullah bin Zain Alathas. Didalam rumah ini pula masih ada peninggalan-peninggalan dari Habib Abdullah Bin Mukhsin Al athas.

Dibelakang masjid inilah bersemayam tokoh besar Waliyullah Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas atau yang populer dengan sebutan Mbah Empang atau Buyut Empang Bogor.

Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas dimakamkan, bersama dengan makam putra putrinya yakni ;
Al Habib Mukhsin bin Abdullah Al Athas,
Al Habib Zein bin Abdullah Al Athas,
Al Habib Husen bin Abdullah Al Athas,
Al Habib Abubakar bin Abdullah Al Athas,
Syarifah Nur binti Abdullah Al Athas.

Juga salah satu murid kesayangannya yaitu ; Al Habib Habib Alwi bin Muhammad bin Thohir,
Dan satu lagi makam ulama besar yang wafat pada tanggal 26 maret 2007 ;Al Walid Habib
Abdurrohman bin Ahmad Assegaf.Jadi dalam satu ruangan terdapat tujuh makam Habaib.

Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Alathas
Habib Abdullah Bin Mukhsin Bin Muhammad Bin Abdullah Bin Muhammad Bin Mukhsin Bin Husain Bin Syaikh Al Qutub, Al Habib Umar Bin Abdurrohman Al Athas, dilahirkan di desa Kasri daerah Hurah Hadramaut pada hari selasa 20 jumadil awwal 1265 hijriyyah ( ada yang meriwayatkan tahun 1275 H ).

Sejak kecil Habib Abdullah mendapatkan didikan langsung dari orang tuanya. Habib Abdullah kecil belajar Al Qur’an kepada Mu’allim Syaikh Umar Bin Faraj Bin Sabah. Prestasi Habib Abdullah sangat memuaskan. Beliau berhasil menghafalkan Al Qur’an dalam usia 17 tahun.

Setelah puas mereguk berbagai diiplin ilmu di kampung kelahirannya,
Habib Abdullah Bin Mukhsin menunaikan ibadah haji yang pertama pada tahun 1284.
Selang beberapa tahun kemudian setelah Habib Abdullah kembali ke tanah kelahirannya,beliau menunaikan ibadah haji lagi untuk yang ke dua kalinya.

Namun setelah selesai dari menunaikan ibadah haji di Makkah Al Mukarromah, Habib Abdullah bin Mukhsin tidak kembali ke tanah airnya di Hadramaut. Habib Abdullah bin Mukhsin langsung menuju ke Indonesia. Dan pulau Jawa menjadi pilihan habib Abdullah bin Mukhsin. Beliau berguru kepada Habib Ahmad bin Muhammad Bin Hamzah di Pekojan, Azzawiyah.

Habib Abdullah Bin Mukhsin juga lama berguru kepada Al Habib Ahmad Bin Muhammad Al Athas Pekalongan. Hubungan Habib Abdullah dengan Habib Ahmad gurunya, terjalin sangat erat. Dari Habib Ahmad Pekalongan, Habib Abdullah banyak mendapat manfaat kerohanian yang sangat mendalam.

Perjalanan Ke Empang Bogor
Dari sumber periwayatan yang lain di ceritakan, bahwa awal pertama kedatangan Habib Abdullah ke Indonesia pada tahun 1800 Masehi adalah atas perintah dari salah satu guru beliau, yakni Al Habibul Imam Abdullah bin Abubakar Alaydrus.

Awalnya habib Abdullah di utus untuk pergi ke Mekkah. Sesampainya di Mekkah, habib Abdullah melakukan sholat sunnah pada malam hari. Dan ketika tertidur Habib Abdullah mimpi di datangi oleh Rosulallah Saw. Entah apa isi mimpi itu, yang jelas pagi harinya Habib Abdullah bergegas untuk meninggalkan tanah suci dan menuju ke Indonesia.

Sebagaimana di ceritakan di atas, Habib Abdullah awal mula ke Indonesia bertemu dengan Habib Ahmad bin Hamzah Alathas Pekojan. Kemudian Berguru pula kepada Habib Ahmad bin Muhammad Al Athas Pekalongan.

Dan Habib Abdullah juga berziarah kepada Habib Husain Alaydrus Luar Batang.
Oleh Habib Husein Luar Batang Habib Abdullah di suruh untuk mengembangkan dakwah Islamiyyah ke Empang Bogor. Beliau datang dengan tidak membawa apa-apa waktu itu.

Bahkan pada zaman itu kawasan Empang belum ada penghuninya. Namun dengan kekaromahan beliau, Allah SWT merubah kawasan Empang yang sepi menjadi kawasan yang padat penduduk,seperti sekarang ini.

Lokasi makam ini bisa dijangkau dengan angkutan kota. Dari terminal Baranang Siang naik angkutan kota nomer 06 atau 05 turun di depan Swalayan BTM.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds