Tuesday, November 5, 2013

Fakta Dunia "BAHASA TERUNIK DI DUNIA - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
5. Newspeak
Newspeak diciptakan oleh George Orwell untuk novelnya 1984. Totaliter buku sedang dalam proses penggantian bahasa Inggris dengan Newspeak, berniat untuk akhirnya menghapus bahasa Inggris sama sekali. Newspeak tujuan adalah untuk 'mempersempit kisaran pemikiran': misalnya, tidak berisi kata gratis atau kebebasan, sehingga ide kebebasan menjadi harfiah terpikirkan. Daripada menciptakan kata-kata baru, pemerintah bertujuan untuk menghancurkan mereka. Beberapa kata dari Newspeak seperti doublethink dan ungood telah dijemput ke dalam bahasa Inggris, di mana mereka biasanya digunakan untuk membuat titik tentang sesuatu yang dianggap totaliter secara alami.

4. Enochian
Bahasa ini muncul pada abad ke-16 dalam serangkaian buku yang ditulis oleh peramal John Dee dan pelihat Edward Kelley. Menurut Dee, itu adalah bahasa yang digunakan oleh Allah untuk menciptakan dunia, yang secara bertahap 'devolusi' dari waktu ke waktu untuk menjadi Bibel Ibrani dari Perjanjian Lama. Beruntung bagi mereka, bahasa ini diajarkan untuk Dee dan Kelley oleh para malaikat. Enochian juga datang dengan alfabet, yang Dee dan Kelley digunakan untuk menulis buku mereka merinci praktek-praktek magis.

Skeptis modern telah sejak menunjukkan bahwa Enochian telah jauh lebih banyak kesamaan tata bahasa dengan bahasa Inggris daripada bentuk bahasa Ibrani. Namun, bahasa menjadi populer lagi di abad ke-20, dan itu masih digunakan oleh beberapa okultis hari ini.

3. E-Perdana
Bahasa lain dibangun untuk membuat titik filosofis, E-Perdana hanyalah versi bahasa Inggris yang melarang segala bentuk dari kata kerja 'menjadi' (adalah, adalah, adalah, dll). Menurut Alfred Korzybski, yang dipromosikan bahasa pada tahun 1933 bukunya Ilmu dan Sanity, E-Perdana dapat digunakan untuk mempertajam pemikiran kritis dan membuat ide-ide lebih jelas. Misalnya, dalam E-prime seseorang tidak bisa mengatakan 'Ini adalah sebuah film mengerikan': harus diulang sebagai 'saya tidak suka film ini. " "Kau salah 'juga tidak mungkin: dia malah harus mengatakan' Saya tidak setuju dengan Anda." Karena itu, lebih mudah bagi penutur dan pendengar membedakan fakta dari opini.

Di sisi lain, berikut E-Perdana surat itu menjadi memberatkan: 'Ini adalah bunga 'harus menjadi sesuatu seperti' berbahasa Inggris menyebutnya bunga. " Hari ini, E-Perdana tetap populer, namun kebanyakan hanya sebagai latihan berpikir menarik untuk meningkatkan kejelasan.

2. Esperanto
Esperanto adalah bahasa yang paling sukses tambahan internasional untuk saat ini, dengan sampai dua juta pembicara di seluruh dunia. Ini diciptakan pada akhir abad ke-19 oleh seorang dokter Polandia, Ludovik Zamenhof, yang ingin mengakhiri konflik antaretnis dengan menyediakan semua orang dengan lidah umum. Tujuan Zamenhof adalah bahasa yang sederhana untuk belajar dan politik netral. 

Esperanto mendapatkan popularitas setelah Perang Dunia I , tapi itu ditekan di Polandia selama Perang Dunia II, dan banyak asosiasi yang mempromosikan hal itu, termasuk Liga Bangsa-Bangsa, tidak bertahan perang. Hari ini, hal terdekat yang kita miliki dengan 'bahasa internasional' diimpikan oleh Zamenhof adalah, sangat non-sederhana non-netral Inggris.

1. Klingon
Esperanto mungkin memiliki lebih banyak pembicara, namun Klingon mungkin merupakan bahasa yang paling terkenal dibangun jika mereka semua. Bahasa dari sebuah ras alien prajurit fiksi dalam film Star Trek dan acara TV, Klingon sebagian besar diciptakan oleh seorang ahli bahasa yang sengaja ditambahkan aturan-aturan yang kompleks dan suara yang langka dalam bahasa manusia. Kesulitan lain mungkin bagi siapa pun yang ingin berkomunikasi dalam Klingon adalah bahwa, sebagai bahasa berbasis ruang, itu kurang banyak kata-kata Bumi yang normal. Sebagai contoh, ada beberapa kata berbeda untuk 'bertempur', tetapi tidak ada kata 'halo': "? Apa yang Anda inginkan 'setara Klingon terdekat adalah

Meskipun tantangan ini, sejumlah kecil speaker berdedikasi di seluruh dunia dapat berkomunikasi lancar dalam Klingon, dan ada bahkan telah beberapa terjemahan Klingon Shakespeare memainkan.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds