Saturday, December 20, 2014

Bacaan Ringan "LEGENDA PARA NINJA - KUMOGAKURE HOSHI"

http://massandry.blogspot.com
Kumogakure Hoshi (1510-1550)
Kumogakure Hoshi atau biasa dipanggil dengan nama Heinaizaemon Ienaga Iga, lahir di awal tahun 1500. Dia mempunyai hubungan dekat dengan para ninja Iga, dan dikatakan juga dia merupakan salah satu pendiri Iga-ryu. Di tahun 1532 dia mengembangkan aliran ninjutsu Kumogakure-ryu dan menjadi soke pertama dalam aliran tersebut dari 1532-1534.

Banyak elemen dari aliran ini yang berasal dari banyak ilmu lainnya. Salah satunya dalam penggunaan Kamayari, senjata berupa sabit yang digunakan untuk memanjat dinding kapal maupun untuk menyerang lawan dan juga penggunaan lompatan yg tinggi untuk menghindari serangan lawan. pelatihan ninja aliran ini lebih menitik beratan pada taijutsu dan filosofi serta cara menghindari dan melarikan diri dari lawan. Salah satu yg unik adalah penggunaan topeng berwajah setan oleh para anggota aliran ninjutsu ini.
Ukifune Jinnai (1555-1590)

Ukifune sering dipanggil sebagai Kempati Dzinnai. dia sering dianggap sebagai dwarf karena tingginya yang kurang dari satu meter, dan juga karena keterlibatannya dalam pembunuhan Uesugi Kenshin. Dimana dia dikatakan pernah menunggu di kamar mandi Uesugi untuk membunuhnya. Dalam masanya Nobunaga dan Kenshin saling berebut kekuasaan menggunakan kekuatan ninja, suatu ketika Oda Nobunaga mengirimkan sepasukan ninja yg dipimpin oleh Ukifune kenpachi untuk membunuh Uesugi Kenshin. pada tanggal 14 april 1578 mereka berhasil masuk ke dalam kediaman Kenshin dan segera menuju ke kamar Uesugi Kenshin, dalam penyerangan tersebut kelompok ninja ternyata hanya sebagai umpan untuk dapat memasukkan pembunuh sebenarnya (Ukifune Jinnai) yang bersembunyi di kamar mandi Uesugi Kenshin. Pagi harinya ketika Kenshin hendak mandi dia diserang dan mengalami luka yg serius, walau tidak membunuhnya tetapi dalam 4 hari Kenshin akhirnya meninggal dunia.
Fujibayashi Nagato (1560-1610)

Fujibayashi juga dikenal dengan nama Momichi Tanbo seorang jonin dari ninja Koga. Dia dan para ninjanya mengabdi pada Sasaki Rokkaku yang merupakan Daimyo yg melawan Oda Nobunaga. Banyak yg berpendapat bahwa Fujibayushi merupakan nama lain dari Momochi Sandayu, walaupun tidak ada bukti yg kuat mengenai hal ini. Dia merupakan soke pertama dalam Ninja Koga.
Gamon Doshi (1030-1100)

Gamon Doshi dikenal juga dengan nama Fujiwara Tikata. Dikatakan bahwa Gamon Doshi merupakan biksu petarung dari china yang pergi ke jepang dan bertemu dengan jendral Ikai (berasal dari china juga). Dia berlatih di bawah jendral Ikai mengenai strategi perang,teknologi militer, dan mempelajari ilmu Kpshijutsu (ilmu menotok otot dan titik lemah di tubuh) dan Hityo no Kakuregata ( kamuflase di dalam kegelapan). Gamon mengajarkan semua ilmu yg didapatkannya kepada muridnya Garyu Doshi. Gamon Doshi dianggap sebagai bapak dari ilmu ninjutsu karena dia telah menyumbangkan peningkatan ilmu dalam aliran ninjutsu yg telah ada.