Saturday, December 20, 2014

Bacaan Ringan "SEKOLAH PARA NINJA - NINJITSU - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Koga-ryu ("Sekolah Koga" (ryu berarti sekolah atau gaya) dan awalnya diucapkan koku-ryu) adalah sekolah ninjutsu. Desa ini berasal dari wilayah Koka ( Prefektur Shiga). Munculnya aliran Koga diperkirakan terjadi pada akhir periode Muromachi. Saat itu kota Koka berada di bawah yurisdiksi klan Rokkaku.

Sasaki Rokkaku dari Provinsi Omi, menggunakan puri Kannonji sebagai markas untuk membangun kekuatan militer. Dia sedikit mengabaikan perintah dari Keshogunan Ashikaga, dan akhirnya mulai mengabaikan shogun sama sekali. Pada tahun 1487, Jenderal Ashikaga Yoshihisa membawa pasukan untuk membasmi pemberontakan ini, dan pertempuran antara Ashikaga dan klan Rokkaku pun terjadi. Ashikaga mengerahkan para daimyo dari beberapa provinsi untuk menyerbu kastil Kannonji, markas besar Rokkaku, sebagai akibatnya, Rokkaku Masayori dan Rokkaku Takayori (putra Masayori) terpaksa mengungsi ke benteng Koka. Bukti soal mereka melarikan diri, sendiri masih diperdebatkan dan kemungkinan bahwa mereka menyerahkan kota untuk menghindari konfrontasi langsung sebagai gantinya.

Ashikaga kemudian memindahkan markasnya ke Anshiyoji di distrik Kurita dan menyerang benteng Koka. Koka jatuh, namun duo Rokkaku lolos dan memerintahkan para prajurit Koka yang mengikuti mereka untuk meningkatkan perlawanan terhadap Ashikaga dengan cara menggunakan perang gerilya. Memanfaatkan keunggulan geografis mereka di pegunungan, para prajurit Koka meluncurkan berbagai serangan mendadak terhadap pasukan Ashikaga, dan menyiksa mereka dengan menggunakan api dan asap di kamp Ashikaga saat malam hari. Pertempuran gerilya terus dikobarkan hingga akhir, sampai Ashikaga tewas dalam pertempuran pada tahun 1489, mengakhiri konflik tiga tahun dan menyelamatkan kehidupan duo Rokkaku.

Taktik gerilya yang digunakan para ninja koga dengan efektif dan membingungkan musuh pada akhirnya menjadi terkenal dan masyhur seantero Jepang. Hal ini juga menandai pertama kalinya bahwa ninja dari Koga yang dirancang sebagai tentara reguler oleh junjungan mereka. Sebelumnya, para ninja Koga ini bertempur dibawah perintah pihak yang membayar, dan tidak jarang ditemui para ninja Koga bertempur sendiri pada 2 pihak yang berlawanan.

Ninja Koga dilatih seni ninjutsu sama seperti rekan-rekan mereka di Iga. Hanya saja, di Koga para ninja dilatih untuk masing-masing punya keahlian khusus, yang nantinya bisa digabungkan untuk suatu kombinasi pertempuran yang mematikan.

Keahlian khusus itu diantaranya:

Angou: 
Keahlian memberikan sinyal dan kode

Bajutsu: 
Keahlian mengendarai kuda

Bōjutsu: 
Keahlian menggunakan tongkat

Boryaku: 
Keahlian dalam strategi militer

Chimon: 
Keahlian memahami geografi lokasi perang

Choho: 
Keahlian spionase

Gokui atemi sakkatsuho zukai: 
Keahlian serangan rahasia dalam membunuh

Goton-no-jutsu: 
Metode 5 elemen melarikan diri

Hensōjutsu: 
Seni kamuflase

Hichojutsu: 
Keahlian meloncat

Hojōjutsu: 
Keahlian mengikat dan menggunakan tali

Hojutsu: 
Keahlian menggunakan bahan peledak

Kusarigamajutsu: 
seni kusarigama

Kyushojutsu: 
Keahlian dalam melumpuhkan lawan lewat titik vital

Iaijutsu: 
Keahlian menggunakan pedang

Intonjutsu: 
Keahlian menyembunyikan diri

Jōjutsu: 
Keahlian menggunakan tongkat pendek

Jouhou kaishuu: 
keahlian mengumpulkan informasi 

Karumijutsu: 
Ilmu meringankan tubuh

Kenjutsu: 
Ilmu pedang

Kukushi bukijutsu: 
Keahlian menggunakan senjata rahasia

Kyuba: 
Keahlian memanah sambil berkuda

Kyujutsu: 
Seni memanah

Naginatajutsu: 
Seni naganata

Shinobi-irijutsu: 
Seni menyusup

Seishin teki kyoko: 
Ahli spiritual

Shurikenjutsu: 
Seni melontarkan Shuriken

Sojutsu: 
Ahli menggunakan tombak

Suijutsu: 
Keahlian Berenang

Suirenjutsu: 
Keahlian untuk bertahan hidup di air

Taihenjutsu: 
Keahlian gerakan badan yang gesit

Taijutsu: 
Keahlian gulat

Tenmon: 
Keahlian membaca cuaca

Zanshin: 
Ahli jiwa