Friday, June 29, 2018

Bacaan Ringan "SEJARAH BERDIRINYA KAMPUNG CAKUNG - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
KAMPUNG CAKUNG BERDIRI PADA ABAD KE 14.- 15. M.

Pada awalnya kampung ini bernama PULO AREN.
Pulo Aren, merupakan Daerah kawasan Hutan Aren.Pada bagian Utara,Timur dan Barat Pulo Aren dikelilingi oleh Rawa rawa yg sangat dalam.
kawasan rawa rawa ini merupakan jalur utama lalu lintas air, yg dilalui oleh perahu perahu dan kapal kapal kecil yg berniaga dari satu wilayah ke wilayah lainnya.
Perahu dan kapal kapal kecil ini baik dari masyarakat setempat maupun dari masyarakat pendatang selalu ramai melintasi jalur air yg melintasi Pulo Aren ini.
Bila kapal dan perahu perahu tsb dari arah utara mereka datang dari arah utara dari dipelabuhan muara sunda atau marunda. Menuju kewilayah Ujung karawang mereka selalu melintasi pulo aren.

UJUNG KARAWANG. Adalah merupakan daerah pelabuhan kecil tempat para pedagang untuk transit penyebarangan dari wilayah Bagasasi (Bekasih) yg melalui daratan dan mereka akan menuju pelabuhan muara sunda. Para penduduk menyebrang melalui pelabuhan ujung karawang.
Kapal atau perahu yg mereka tumpangi akan melewati daerah BUWERAN (putaran air
sekarang Buwaran)

Dan wilayah Pulo Aren.
Perahu perahu mereka terus melaju melewati Rawa rawa, mulai dari Rawa ujung karawang, terus kerawa kura, terus ke rawa Daon, terus kerawa Bugis, terus ke rawa Rotan (rorotan) lalu kerawa malang. kemudian masuk kesungai Tiram, lalu ke kali Blencong, dan sampailah dipelabuhan muara Sunda (marunda)

DARI MUARA SUNDA MENUJU KE DAERAH SAKA PURA.
Melalui kali blencong terus kesungai tiram, lalu kerawa malang, sampailah didermaga SAMPER. = ( Jemput ) sekarang jadi Semper.
Perjalanan selanjutnya ditempuh dgn jalan kaki atau naik kuda yg sdh mangkal di PEKANDANGAN.(Sekarang disebut kampung kandang)

BILA DARI SAKAPURA akan menuju ke Daerah PULO GADUNG
Maka lintasan perahu mereka melalui rawa malang dan rawa Gatel, lalu Perahu perahu akan bersandar didermaga PENGASOHAN (sekarang disebut PEGANGSAAN)

Kemudian mereka melanjutkan dgn berjalan kaki dan banyak dari para peniaga yg beristirahat untuk makan disebuah warung makan dan tempat itu disebut WARUNG JENGKOL
(Hingga sekarang)

BILA DARI DERMAGA PENGASOHAN AKAN MENUJU KE ARAH BAGASASI ATAU BEKASIH.
Maka perahu perahu mereka akan melalui Rawa Gatel, melaju kearah timur menuju Pulo Aren..
Dan bila yg singgah didaerah tempat pembuatan perabotan alat Rumah tangga mereka turun dan berlabuh didaerah tsb, daerah itu disebut kampung PETUKANGAN (skarang disebut PUPAR)

Bila dari petukangan akan kepulo Aren melalui pulo jahe mereka bisa menumpang perahu GETEK BAMBU atau disebut juga RAKIT. Kampung penyebrangan itu disebut kampung JEMBATAN.
(sampai sekarang)

YG TERUS MELAJUTKAN PERJALAN KEBAGASASI, mereka melintasi daerah Pulo Aren.
Daerah Buweran, daerah Rawa kura, mentasi daerah PULO GEBANG.
Melintasi Rawa kuning,terus kerawa Bebek, terus ke Rawa Pasung, kerawa tembaga, membelah sungai Candrabaga .

dan singgah kerawa Panjang itulah kondisi daerah Pulo Aren dimasa itu daerah tsb memang daerah ramai yg penuh hiruk pikuk dgn lalu lalang kapal kapal kecil dan perahu perahu penduduk.

MASIH DIABAD YG SAMA. DI ABAD KE 14 - 15. M
Datanglah Sebuah kapala asing yg datang dari negri Cina Mongolia.
Kapal tsb sangat besar, memasuki perairan rawa rawa daerah pulo Aren. kapal tsb membawa sekitar 1000 orang penumpang campuran dari beberapa suku.
Diantaranya Tiongkok, Mongolia,Campa kamboja, dan orang orang makasar.

Mereka dipimpin oleh dua orang Laksamana kaka beradik yaitu.
LAKSAMANA SAMPO LO.KHOEI KIAN. (kaka) dan wakilnya bernama LAKSAMANA MUDA. SAMPO LO. KIAN ZHEE. (adik)
Mereka berdua mempunyai beberapa orang kepercayaan yg konon katanya ada 20 orang yg diangkat menjadi wakil mereka. Adalah orang tangguh yg pilih tanding.
Dari 20 orang yg masih dingat dgn baik oleh para nara sumber adalah.
(1) DAIMIN.
(2) BAI LIN.
(3) IBUNG.
(4) LO IH.
(5) KHU SIN.
(6) LUWEK
(7) DAENG BIRAH (makasar)
Dan masih banyak yg lainnya..mereka adalah Cina cina muslim, yg datang ketanah jawa atas titah
KAISAR MING.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds