Sunday, May 1, 2016

Bacaan Ringan "TIGA PULUH FAKTA MENGEJUTKAN ARTIS K-POP - PART 1"

http://massandry.blogspot.com

1. Terdapat 3 manajamen / agensi besar di Korea, JYP Entertainment, YG Entertainment, dan SM Entertainment.

2. Di Korea menjadi artis bukanlah hal yang mudah. Ada 2 hal paling utama yang menentukan layak atau tidaknya seseorang menjadi artis, SKILL dan PENAMPILAN. Tapi tentu skill tetap nomor 1 karena bagi mereka penampilan bisa diubah sewaktu-waktu. 

3. Para 'calon artis' biasanya dilatih (di training) nyanyi, dance, vocal, akting, juga kekompakan sesama member dan dilatihnya itu bukan sebulan dua bulan tapi bertahun-tahun,
bahkan ada yg sampai 5 tahun lebih- sebelum akhirnya didebutkan menjadi penyanyi. Tentu saja sebelum menjadi trainee (calon artis) mereka harus melewati 3 tahap audisi.

4. Umur 'calon artis' yg dicari biasanya antara 12-17 tahun dengan waktu trainee yang panjang, tapi sesuai sih dengan hasilnya. 

5. Untuk para trainer semua kebutuhan ditanggung manajemen, tapi bila trainer tersebut sudah debut (diorbitkan menjadi artis) biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen, hitungannya bayar biaya selama si artis di trainee. 

6. Penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana 

7. Idol korea DILARANG pacaran oleh manajemen mereka karena akan sangat membahayakan karir mereka. Kalau usia mereka sudah lebih dari 30 tahun, baru di perbolehkan pacaran, itupun untuk manajemen tertentu. 

8. Grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang Korea sana 

9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core 

10. Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown