Saturday, February 7, 2015

Bacaan Perang "SEJARAH KEMASYARAKATAN AWAL KERAJAAN ROMAWI KUNO - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
Kerajaan Romawi (Latin: Regnum Romanum) adalah sebuah pemerintahan monarki di kota Roma dan wilayah kekuasaannya. Tidak banyak yang diketahui mengenai sejarah Kerajaan Romawi karena tidak ada sumber tertulis yang berasal dari zaman tersebut. Kebanyakan sumber ditulis selama masa Republik dan Kekaisaran berdasarkan pada legenda. 

Sejarah Kerajaan Romawi bermula sejak pendirian kota tersebut, sekitar tahun 753 SM, Raja Numitor dari Alba Longa dibuang oleh adiknya Amulius. Agar tidak ada penerus tahtanya, Amulius membunuh anak laki-lakinya dan memaksa anak perempuannya, Rhea Silva agar tetap perawan (supaya gak ada keturunan). Tapi kemudian dewa Mars terpesona dengan kecantikan Rhea Silva, kemudian lahirlah kembar dari Mars dan Rhea Silva yang bernama Remus dan Romulus.

Mendengar berita itu, Amulius marah dan membuang Rhea Silva beserta anak-anaknya ke sungai Tiber. Rhea Silva kemudian diselamatkan oleh dewa sungai. Tapi anak-anaknya tersangkut di batang pohon. Lalu di dekat situ ada seekor serigala betina yang kemudian menyusui mereka sampai seorang gembala menemukan Remus dan Remulus.

Setelah Remus dan Romulus beranjak dewasa, mereka mengetahui bahwa mereka adalah keturunan Raja!. Mereka pun kembali ke Alba Longa dan membunuh Amulius. Kemudian mereka berdua mengembalikan tahta kerajaan ke Numitor.

Mereka berdua memutuskan untuk membangun sebuah kota dekat tempat mereka tersangkut di pohon ketika masih kecil. Tapi mereka berdua bertengkar tentang bukit yang tepat untuk membangun sebuah kota. Romulus memilih Palatine Hill, dan Remus memilih bukit lain (kemungkinan bukit Aventine). Lalu mereka menunggu petunjuk dewa di bukit pilihan masing-masing. Remus melihat 6 burung, sedangkan Romulus melihat 12 burung. Jadi diputuskan bahwa Romulus lah yang benar, kemudian pengikut Romulus pun membuat kota di bukit Palatine, sedang Remus dengan pengikutnya membuat kotanya sendiri.

Romulus membuat pembatas daerahnya dengan tanah yang dibajak dengan banteng putih dan sapi putih. Tapi kemudian Remus dengan sengaja atau tidak sengaja melewati batas daerah Romulus.Itu merupakan pertanda buruk bahwa pertahanan kota mudah ditembus. Kemudain Remus pun dibunuh oleh Romulus sendiri atau salah satu suruhannya. Kota Romulus inilah yang akan menjadi kota Roma dan Kerajaan Romawi.

Berdasarkan situs id.wikibooks.org Bangsa Romawi adalah penduduk kota Roma. Kota Roma dimulai dari perkampungan kecil di bukit-bukit Palatine dan Aventine. Diceritakan bahwa Romulus adalah raja pertama Roma, dan pendirian Roma secara tradisional terjadi pada 753 SM. Menurut legenda, Romulus merupakan keturunan pahlawan Troya, Aineias, yang bermigrasi ke Latium (Italia) setelah kejatuhan Troya.

Kerajaan Romawi dipimpin oleh tujuh raja. Raja ketujuhnya dikudeta dan rakyat Romawi menggantikannya dengan sistem pemerintahan republik pada 510 SM, sehingga Kerajaan Romawi berubah menjadi Republik Romawi. Pada masa kerajaan, tiga raja terakhir Romawi berasal dari bangsa Etruria (Tuscany modern). Pada waku itu, bangsa Etruria adalah orang-orang yang paling kuat dan berpengaruh. Bangsa Etruria juga mengajari bangsa Romawi mengembangkan tulisan, ilmu pasti, arsitektur, seni, dan agama.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds