Saturday, February 7, 2015

Bacaan Ringan "PERADABAN KEHIDUPAN MASYARAKAT KUNO ROMAWI - PART 3"

http://massandry.blogspot.com
Selama masa Republik apakah wilayah Romawi bertambah luas? Dapat Anda pastikan wilayah Romawi semakin luas. Untuk memperkuat pertahanannya selain Republik Roma mengembangkan pemerintahan yang teratur dan meningkatkan angkatan perangnya.

Republik Roma mewajibkan seluruh warganya masuk dinas ketentaraan. Unit angkatan perang dikenal dengan nama Legiun yang terdiri dari 3600 prajurit. Legiun dibagi menjadi kelompok kecil antara 60 hingga 120 orang yang disebut Maniple (secara harfiah berarti segenggam). Ekspansi yang dilakukan oleh Romawi adalah sebagai berikut:

1. Sampai dengan tahun 265 SM, Romawi berhasil menduduki Jazirah Apenina termasuk koloni Yunani.
2. Terlibat perang Phunicia yang berlangsung sampai 3 kali. Sebab terjadinya perang Phunicia adalah permintaan raja Syracuse dari Sicilia terhadap Roma untuk membantu menghadapi expansi kota dagang Kartago.
Perang Phunicia I tahun (264 - 241SM) Romawi menang dan memperoleh Sicilia Barat sebagai penghasil gandum.
Perang Phunicia II (218 - 201 SM). 
Pasukan Kartago dipimpin oleh Hannibal mengerahkan kekuatannya untuk masuk ke Italia melalui Spanyol dan Pegunungan Alpen. Hannibal juga meminta bantuan Suku Gaul untuk memperkuat pasukannya. Walaupun demikian Hannibal gagal menaklukkan Romawi, bahkan pasukan Romawi yang dipimpin oleh Scipio berhasil menyerbu Afrika Utara.
Pada tahun 201 SM Kartago tunduk kepada Roma dan menyerahkan daerah jajahannya di Spanyol kepada Roma.

Perang Phunicia III (149 - 146 SM). 
Pasukan Romawi dapat menghancurkan Kartago setelah senator Romawi yang bernama Cato berpidato “Delenda est Carthago” (Karthago harus dihancurkan). Bangunan-banguna dihancurkan rata dengan tanah dan wilayah kekuasaannya dijadikan wilayah kekuasaan Romawi.

3. Pada awal kedua SM, Romawi dapat mengalahkan Macedonia dan Syiria.
Setelah berhasil menaklukkan daratan di sekitar Laut Tengah maka bangsa Romawi menganggap Laut Tengah sebagai miliknya. Laut Tengah disebut Mare nostrum atau Laut Kita.
Siapakah negarawan Romawi pada masa Republik? Negarawan-negarawan Romawi tersebut antara lain: 
a. Tiberius Gracchus (163 - 133 SM). Ia berusaha memperbaiki nasib para petani melalui Land reform (pembaharuan hak pemilikan tanah) namun gagal dan ia terbunuh.
b. Gayus Gracchus (153 - 121 SM). Ia melanjutkan tindakan Land reform namun juga tewas ditangan musuh.
c. Marius (155 - 86 SM) yang berkuasa secara otokratis namun gagal dalam memperbaiki kehidupan politik.
d. Sulla (83 - 79 SM). Semasa pemerintahannya, ia banyak memihak senat. Ia memerintah sebagai diktator selama 4 tahun.
e. Trium Vurat I (Tiga Serangkai) yaitu Pompeyus, Crussus dan Yulius Caesar. Dari ketiga tokoh tersebut akhirnya Yulius Caesar tamoil sebagai penguasa tunggal. Untuk mengenal tokoh Yulius Caesar, amatilah gambar di bawah ini.
Catatan menarik yang perlu Anda ketahui mengenai tokoh Yulius Caesar adalah:
mengalahkan bangsa Galia di Perancis Selatan, kemudian dibukukan dengan judul “Oe Belo Gallica”. 
§  Dalam peperangannya di Asia Kecil, ia mengirim pesan yang terkenal ke Roma yang berbunyi Veni, Vidi, Vici artinya: saya datang, saya melihat dan saya menang.
§  Memperbaharui kalender Romawi sehingga disebut Kalender Julian yang hitungannya setahun ada 365 hari serta dikenal tahun kabisat seperti kalender sekarang. Tahukah Anda tahun kabisat itu?
§  Kelahiran Yulius Caesar adalah melalui operasi sehingga persalinan dengan operasi kini disebut operasi caesar.
Keberhasilan Yulius Caesar sebagai penguasa republik Roma menimbulkan iri hati para musuhnya antara lain Brutus dan Cassius yang membunuh Yulius Caesar tahun 14 SM.

f. Bagaimana situasi Romawi sepeninggal Yulius Caesar? 
Kematian Yulius Caesar menyebabkan kekacauan di Romawi. Muncullah tiga serangkai yang kedua terdiri dari Octavianus (anak angkat Yulius Caesar) Lepidus dan Antonius. Ketiga tokoh tersebut segera membagi kekuasaan. Leppidus di Afrika Utara, Octavianus menguasai wilayah barat yang berkedudukan di Roma sedangkan Antonius menguasai wilayah timur yang berkedudukan di Mesir yang saat itu diperintah oleh ratu Cleopatra. Mesir mempunyai kedudukan yang strategis antara lain sebagai gudang gandum untuk Roma.
Antonius terpikat dan menikahi Cleopatra yang mempunyai keinginan yang sama untuk membebaskan Mesir dari kekuasaan Republik Romawi. Hal ini menimbulkan kemarahan Octavianus sehingga terjadilah peperangan. Kedua pasukan bertemu di Teluk Actium (Italia Selatan) yang dimenangkan oleh Octavianus. Antonius dan Cleopatra kembali ke Mesir dan bunuh diri. 

Sampai disini uraian mengenai pemerintahan Republik Romawi. Untuk mengetahui pemahaman Anda, kerjakanlah soal yang tersaji di bawah ini dengan teliti.
Tabel 3. Romawi pada masa Republik

Setelah Anda menyelesaikan jawaban di atas kemudian cocokkanlah dengan keterangan di bawah ini.
1.   Dewan perwakilan Rakyat yang di bentuk sejak zaman kerajaan Romawi
2.   Golongan bangsawan dan orang kaya jaman kerajaan Romawi
3.   Raja terakhir Romawi yang dijatuhkan oleh rakyat yang dipimpinin oleh Lucius Jumius Brutus
4.   Pemegang pemerintahan pada masa Republik berjumlah 2 orang
5.   Warga negara Roma yang hanya memiliki dirinya sendiri
6.   Perang Romawi melawan kerajaan Phunisia di kartago memperebutkan kekuasan Laut tengah yang berlangsung 3 kali yaitu: 264-241 SM,218-201 SM dan 146 SM
7.   Tokoh republik Romawi yang memperjuangkan Land reform bagi kepentingan petani namun ia tewas terbunuh
8.   Salah satu Trium Virat I, Republik Romawi yang terkenal dengan semboyan Veni,Vidi, Vici, pengarang buku Debelo Gallica
9.   Tiga serangkai yang terdiri dari Octavianus, Lepidus, Antonius
10.              Ratu mesir yang menikah dengan Antonius dari Romawi yang bunuh diri berdua setelah dikalahkan oleh Octavianus.
Bagaimana jawaban Anda setelah dicocokan? Tepatkan? jika Anda sudah bersungguh-sungguh dalam mempelajari tentu semuanya tepat, selamat untuk Anda.
Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari tentang pemerintahaan Romawi yang berbentuk kekaisaran.