Monday, February 9, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH HILANGNYA LEGIUN IX HISPANA ROMAWI - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Ditahun 83 SM, sub unit dari Legion VIIII Hispana melawan Chatti, sebuah suku dari Jerman dekat Mainz, Germania Superior, setidaknya 1000 pasukan dikirim dari Inggris dan mereka juga ambil bagian dalam invasi trajan di Dacia.

Kiprah dari Legion VIIII ini terakhir kali tercatat di tahun 108/109 M saat mereka membuat benteng batu di York, apa yang terjadi pada legion ini tidak pasti, ada sejarawan yang mengatakan bahwa legiun ini dihancurkan oleh bangsa Picts, Skotlandia tahun 117/118 M dan inilah yang menyebabkan Kaisar Hadrian membangun benteng tembok yang terkenal di Inggris yang dikenal sebagai Hadrian Wall.

Namun berdasarkan penelitian, sub unit dari Legion VIIII ini masih eksis di tahun 121 M berada di Nijmegen di Germania Inferior(Pada saat bersamaan Legion VI Victrix dipindahkan ke Inggris. Tidak begitu jelas hilangnya Legiun IX Hispana ini apakah mereka mengalami kehancuran saat perang Romawi melawan Carphatia atau saat pemberontakan bangsa Yahudi yang dipimpin Simon Ben Kosiba (132-136 M), Namun jika Legiun ini dhancurkan keseluruhan mengapa pada tahun 142/143 M Lucius Aemilius Karus sebagai pimpinan dari Legiun IX (Legion VIIII Hispana) tercatat sebagai gubernur Arabia?

Namun yang pasti Legion VIIII lenyap dan tidak ada lagi dalam kesatuan tentara Romawi bisa dikatakan terjadi pada masa pemerintahan kaisar Marcus Aurelius (161-180 M) dimana terdapat inskripsi tulisan mengenai unit-unit pasukan dibawah kepemimpinan Marcus Aurelius dan Legion VIIII Hispana tidak terdapat didalamnya. Hal ini berarti bahwa unit ini telah hancur sebelum atau dimasa pemerintahan Marcus Aurelius.

Namun sejarawan Inggris Miles Russell (Pengajar senior Roman Archeology di Universitas Bournemouth) bahwa jawaban paling masuk akal mengenai menghilangnya legiun ke-9 tentara Romawi tersebut adalah mereka berjuang dan mati di Inggris, menghilang diakhir tahun 119 atau 120an awal. Terjadi dimasa Kekacauan banyak timbul di Provinsi-provinsi Romawi yang ada di Inggris, namun ini bukanlah pandangan mayoritas dari study Romawi-Inggris dan studi militer Romawi.

Spekulasi lebih lanjut mengenai peperangan di Inggris dimasa Kaisar Hadrian didukung oleh ditemukannya pekuburan di Vindolanda, Chesterholm di Northumberland. Dimana pada sebuah nisan terdapat tulisan:"Disini, memperingati seorang manusia, Titus Anius, seorang perwira, first Cohort (unit taktis dalam militer Romawi) dari Tungrians, yang tewas dalam perang. Sementara itu di Italia dibangun sebuah monumen untuk Titus Pontius Sabinus yang antara lain ia juga pernah menjadi komandan dari Legion VII Germina, VIII Augusta, dan XXII Primigenia, yang dikirimkan sebagai bala bantuan selama atau sesudah konflik besar pemberontakan di banyak tempat di Inggris, yang mungkin terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian.

Lambang pertamakali yang dipakai oleh Legiun ini tidak diketahui namun karena pada awalnya merupakan legiun dari Julius Cesar kemungkinan yang dipakai adalah lambang berbentuk Banteng.
Misteri menghilangnya Legiun IX ini menjadi subjek yang populer untuk karangan fiksi sejarah, fantasy maupun fiksi ilmiah.