Saturday, February 7, 2015

Bacaan Perang "SEJARAH KEMASYARAKATAN AWAL KERAJAAN ROMAWI KUNO - PART 4"

http://massandry.blogspot.com
Sistem Lembaga Politik Kerajaan Romawi
Dalam perkembangan selanjutnya Roma mempunyai peranan penting dalam politik di Italia. Menurut cerita lama pemerintahan Roma dijalankan oleh tujuh orang raja sampai tahun 510 BC. Diantara raja-raja tersebut, yaitu raja Pompillius. Ia peletak dasar-dasar agama kerajaan Roma. Servius Fullius dianggap sebagai penyusun cara-cara pemerintahan dan perundang-undangan kerajaaan Roma.

Menurut Servius Fullius kerajaan Roma bukan kekuasaan raja secara mutlak, tetapi rakyat diberi wewenang dan tanggung jawab dalam pemerintahan. Oleh sebab itu rakyat membentuk dewan yang disebut dewan Comitia. Keanggotaan dewan tersebut terdiri dari  para kepala suku. Kedudukan dewan adalah sebagai penasehat raja. Oleh karena dewan tersebut terdiri dari para kepala suku. Kedudukan dewan adalah sebagai penasehat raja. Oleh karena dewan tersebut terdiri dari perwakilan suku maka disebut Comitia Centuriata (dewan suku-suku).

Pemerintahan pada mulanya cenderung demokratis, tetapi kemudian berubah menjadi dictator pada saat diperintah oleh Tarquinius. Ia menekan golongan patricia (waktu itu kepala suku). Anal tarquinius Superbus setelah menggantikan ayahnya, ia berusaha gaya pemerintahan ayahnya tetapi golongan patricia dibawah pimpinan Jubius brutus mengadakan pemberontakan dan dapat menumbangkan pemerintahan kerajaan. Sejalan dengan keruntuhan kerajaan tersebut maka berakhir pula bentuk kerajaan dan dimulailah bentuk baru, yaitu Republik (respublica) kekuasaan berada ditangan para kepala suku.

Raja
Romawi awal adalah sebuah monarki yang dipimpin oleh seorang raja (Latin: rex). Semua raja Romawi dipilih oleh rakyat Roma kecuali Romulus yang menjadi raja karena dia yang mendirikan Roma. Dengan asumsi bahwa raja berdaulat penuh dan memegang kekuasaan tertinggi negara, maka raja juga adalah sekaligus:

Kepala pemerintahan - memiliki kekuasaan untuk menegakkan hukum, mengelola semua harta milik negara, dan mengawasi semua pekerjaan umum.
Kepala Negara - mengatur hubungan dengan kerajaan lain dan menerima duta besar.

Pemimpin Legislatif - merumuskan dan mengajukan undang-undang.
Panglima tertinggi - komandan militer Romawi dengan kekuasaan mengatur legiun, menunjuk pemimpin militer, dan menyatakan perang.

Pemimpin keagamaan - mewakili Romawi dan rakyatnya di hadapan para dewa, memiliki kendali administratif atas agama Romawi.
Hakim Agung - mengambil keputusan mengenai semua kasus pidana dan perdata.

Agama Masyarakat Romawi
Agama orang Romawi disebut Religio (religar) maksudnya semua aturan harus teliti, supaya kekuasaan diatas manusia menjadi puas dan tidak marah. Untuk itu pejabat agama berusaha mendamaikan dunia dan dunia atas dewa. Apabila ada kejelekan / kejadian merisaukan manusia yang tidak dapat diatasi dianggap sebagai suatu tanda dunia atas marah.

Orang Romawi percaya terhadap Gonius, ia melindungi setiap orang dan lahir juga mati bersama yang dilindungi. Zugur adalah dukun yang bertugas mencari kehendak dewa, dan Sybelle adalah imam wanita yang memberi ramalan di Orakel yang ramalannya dibukukan menjadi semacam buku suci.

Pontifex adalah sebuah badan yang tugasnya mengawasi upacara agama. Ketuanya disebut Pontifex maximus. Oleh karena pengaruh Yunani, maka dewa-dewa Romawi dibayangkan sebagai manusia tetapi lebih sempurna. Pada saat Romawi itu pejabat agama digaji Negara, ia bertugas mendamaikan manusia dengan dunia atas (Paz Deoum).

Di samping itu tugas dukun selain mencari kehendak dewa dengan melalui Orakel, juga melalui hati hewan korban serta pelepasan burung.

Orang Romawi mengenal dewa sebagai personifikasi alam dan dalam perkembangannya sejajarkan dengan dewa-dewa Yunani. Diantara dewa-dewa tersebut, yaitu :

a. Jupiter Capitolinus
Ia menguasai hujan, Guntur, pelindung Negara dan sebagai pemelihara keadilan. Ia disamakan dengan dewa Zeus dari Yunani. (Yu=Zens=Dens;Piter=Ayah)

b. Dewi_Vesta 
Ia pelindung rumah tangga dan kaum pekerja. Vasta adalah penjaga kuil untuk dewi Vesta, berisi api suci.

c. Saturnus
Ia dewa pelindung gandum

d. Venus
Ia adalah dewa cinta yang di Yunani adalah Aprodite

e. Vulcanus
Ia adalah dewa api di Yunani adalah dewa Hepkaestos

f. Apollo
Ia adalah dewa kesenian, di Yunani namanya Apollo juga

g. Mars
Ia adalah dewa perang, di Yunani dewa Ares namanya

h. Neptunus
Ia adalah dewa laut, di Yunani dewa Poseidon namanya

i. Merkurius
Ia adalah dewa perdagangan, di Yunani namannya dewa Hermes
Yuno, dan Hera.