Monday, March 30, 2015

Fakta Dunia "GENGHIS KHAN - KHAGAN OF THE MONGOL EMPIRES - PART 1"

http://massandry.blogspot.com

Reign:
1206–1227
Coronation:
1206 in khurultai at the Onon River, Mongolia
Full name:
Genghis Khan (birth name: Temüjin)
Titles:
Khan, Khagan
Born:
c. 1162
Birthplace:
Khentii Mountains, Mongolia
Died:
1227 (aged 65)
Successor:
Ögedei Khan
Consort:
Börte Ujin
Khulan
Yisugen
Yisui
others
Offspring:
Jochi
Chagatai
Ögedei
Tolui
others
Royal House:
Borjigin
Father:
Yesükhei
Mother:
Ho'elun

Genghis Khan (dilafalkan /ˈdʒɛŋɡɪs ˈkɑːn/ or /ˈɡɛŋɡɪs ˈkɑːn/[1]; Mongolia: Чингис Хаан atau Tengis (Ocean, Sea), Chinggis Khaan, atau Činggis Qaγan), IPA: [tʃiŋɡɪs χaːŋ]; probably[2] 1162–1227), dilahirkan dengan nama Temüjin (berarti "ironworker"), merupakan pendiri, Khan (penguasa) dan Khagan (kaisar) dari Kekaisaran Mongol, yang menjadi salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah setelah kematiannya.

Dia menjadi berkuasa dengan menyatukan seluruh suku nomaden di Timur laur Asia. Setelah mendirikan kekasiaran Mongol dan memperoleh sebutan "Genghis Khan", Dia memulai Invasi Mongol terhadap Kara-Khitan Khanate, Caucasus, Kekaisaran Khwarezmid, Dinasti Xia Barat dan Dinasti Jin. Pada akhir hidupnya, Kekaisaran Mongol menduduki sebagian besar Asia tengah dan Cina.

Sebelum Genghis Khan meninggal, dia memilih Ögedei Khan sebagai penerusnya dan membagi kerajaannya menjadi beberapa khanates (Khanates = daerah kekuasaan) diantara anak2xnya dan cucu2xnya. Dia meninggal pada 1227 setelah mengalahkan Tanguts. Dia dikuburkan di kuburan tanpa nama disuatu tempat di Mongolia pada tempat yang tidak diketahui. Keturunannya memperluas kekuasaan Kekaisaran Mongol ke sepanjang Eurasia dengan menaklukan dan atau membuat negara pengikut dari seluruh Cina modern, Korea, Caucasus, Negara2x Asia tengah, dan beberapa bagian besar Eropa Timur modern dan juga Timur Tengah.

Dibalik kehebatan kekuatan militernya, Genghis Khan juga memajukan Kekaisaran Mongol dengan cara2x lain. Ia mendeklarasikan skrip Uyghur sebagai sistem penulisan Kerajaan Mongol. Dia juga meningkatkan toleransi religi di Kekaisaran Mongol, dan menciptakan suatu kekaisaran yang bersatu dari seluruh suku nomaden di Timur Laut Asia. Orang2x mongol sekarang sangat menghormatinya sebagai bapak pendiri Mongolia.

Garis Keturunan
Temüjin masih sedarah dengan Khabul Khan dari sisi ayahnya, Ambaghai and Qutula Khan yang memimpin konfederasi Mongol. Ketika Dinasti Jin dari Cina memindahkan dukungannya dari Mongol ke Tatars pada 1161, mereka menghancurkan Khabul Khan. Ayah Genghis, Yesügei (pemimpin suku Borjigin dan keponakan dari Ambaghai and Qutula Khan), muncul sebagai kepala penguasa dari suku2x Mongol, namun posisinya ditentang oleh suku rival Tayichi’ud, yang merupakan keturunan langsung dari Ambaghai. Ketika Tatars menjadi terlalu kuat pada 1161, Jin memindahkan dukungan mereka dari Tatars kepada Keraits.

Kelahiran
Sungai Onon, Mongolia ketika musim gugur, sebuah wilayah dimana Temüjin dilahirkan dan tumbuh besar.

Karena kurangnya catatan2x tertulis, sangat sedikit info fakta tentang kehidupan Temüjin ketika ia masih kecil. Sedikit sumber yang menyediakan info mengenai periode ini seringkali saling bertentangan.

Temüjin dilahirkan pada 1162 di sebuah suku Mongol dekat gunung Burkhan Khaldun di dekat sungai Onon dan Kherlen Mongolia, tidak jauh dari ibukota Mongol sekarang Ulaanbaatar. Sejarah rahasia Mongol melaporkan bahwa ketika Temüjin lahir ia menggenggam sebuah kain berdarah di tangannya, sebuah tanda bawa ia ditakdirkan untuk menjadi pemimpin yang hebat . Dia adalah anak ketiga dari ayahnya Yesükhei, seorang kepala suku kecil Kiyad dan sekutu dari Ong Khan dari suku Kerait, dan juga anak tertua dari ibunya Hoelun. Menurut Sejarah rahasia, Temüjin dinamakan dari seorang kepala suku Tatar yang baru saja ditangkap oleh ayahnya. Nama ini juga mungkin berasal dari keluarga keturunan pandai besi.

Suku Yesükhei dinamakan Borjigin (Боржигин), dan Hoelun dari Olkhunut, salah satu garis keturunan dari Onggirat tribe. Seperti suku lain, mereka adalah nomaden. 

Karena ayahnya adalah kepala suku, maka sebagai penerusnya, Temüjin berasal dari latar belakang yang mulia. Tingkat sosial yang tinggi ini memudahkan dalam meminta bantuan dan juga menyatukan suku2x Mongol lainnya.

Tidak ada gambaran akurat tentang Genghis yang masih ada hari ini, dan seluruh lukisan dianggap sebagai gambaran artistik. Sejarahwan Persia Rashid-al-Din menggambarkan dalam tulisannya bahwa keturunan legendaris dari nenek moyang Genghis tinggi, berjanggut panjang, berambut merah, dan mempunyai mata berwarna hijau. Rashid al-Din juga menggambarkan pertemuan pertama antara Genghis dan Kubilai Khan, ketika Genghis terkejut bahwa Kubilai tidak mempunyai rambut merahnya. Juga menurut al-Din Suku Borjigid Genghis, mempunyai legenda mengenai asal mula keturunan mereka: dimulai sebagai hasil hubungan antara Alan-ko dan seorang asing di tempatnya, seorang pria yang mempunyai rambut merah dan mata hijau kebiruan. Sejarahwan modern Paul Ratchnevsky mengungkapkan dalam Biografi Genghisnya bahwa mungkin pria tersebut berasal dari orang Kyrgyz, yang secara sejarah mempunyai karakteristik yang sama. Menyampingkan kontroversi tersebut, Lukisan yang diterima secara umum oleh banyak sejarahwan adalah potret yang terdapat pada Musium Nasional di Taipei, Taiwan (Lihat gambar diatas)