Monday, March 30, 2015

Bacaan Ringan "LIMA GLADIATOR TERHEBAT SEJAK JAMAN ROMAWI"

http://massandry.blogspot.com
Zaman Romawi Kuno gladiator merupakan dambaan para lelaki pecandu olahraga adrenalin dan ketangkasan, bahkan popularitas para atletnya popular di hampir seluruh penjuru Eropa (terutama koloni Roma). Meskipun para gladiator sebelumnya adalah budak belian, namun ketika beraksi dan berhasil menundukkan lawan termasuk singa di arena Colosseum mereka akan mendapatkan popularitas di berbagai kalangan masyarakat bahkan pejabat pemerintah. Berikut old.uniknya.com 5 gladiator terkenal di zaman Romawi Kuno:

1. Spartacus
Spartacus adalah salah satu gladiator yang popular di dalam sejarah Romawi Kuno. Sebelumnya ia adalah seorang prajurit Thracia yang tertangkap dan dijadikan budak belian. Bakatnya ditemukan oleh Lentulus Batiatus dari Capua yang kemudian menjadikan Spartacus untuk menjadi budaknya. Lentulus kemudian menjadikan Spartacus menjadi gladiator, namun ia tidak lama menikmati kehebatan budak gladiatornya tersebut. Pada abad 73 SM Spartacus bersama tujuh rekan gladiator melakukan pemberontakan terhadap Batiatus. Spartacus beserta rekannya membunuh Batiatus di sebuah tempat dekat Gunung Vesuvius, dan membebaskan budak-budak belian lainnya.

Namun persiapan untuk menghadapi pemberontakan Spartacus telah dipersiapkan oleh pemerintah Roma pada abad 72 SM, mereka merekrut budak belian baru untuk dijadikan gladiator baru. Mereka dilatih dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan Perang Servilla III, dengan jumlahnya yang luar biasa 70.000 gladiator baru.  Ribuan gladiator baru tersebut lalu diperintahkan untuk menangkap dan mengalahkan pasukan yang dipimpin oleh Spartacus. Pasukan yang dipimpin oleh Marcus Licinius Crassus bersama 50.000 tentara Romawi yang terlatih akhirnya berhasil mengalahkan pasukan sekaligus membunuh Spartacus di wilayah selatan Italia.

2. Commodus
Sosok Kaisar Commodus menjadi popular ketika diperankan oleh Joaquin Phoenix dalam film Gladiator (2000). Commodus merupakan salah seorang kaisar yang sangat menikmati pertarungan gladiator, bahkan ia kerap mengikuti pertarungan sengit di Colosseum. Ia menganggap dirinya adalah Hercules –pahlawan dalam mitologi Yunani. Commodus dikenal sebagai seorang petarung (gladiator) yang mempersenjatai dirinya dengan pedang kayu dan kerap kali membunuh binatang liar dirantai tak berdaya dan terluka.

Meskipun ia seorang kaisar namun tidak banyak orang-orang Romawi yang mendukungnya. Keunikanya di arena pertempuran membuatnya tidak dihormati demikian pula dengan kemenangannya yang mudah diprediksi. Bahkan suatu saat pernah ia membunuh orang Roma yang cacat di arena gladiator. Commodus yang dikenal sebagai narsistis pun akhirnya terbunuh pada 192 SM.

3.Commodus
Flamma merupakan budak berdarah Siria, ia meninggal di usia 30 tahun. Setelah 34 kali bertarung, 21 di antara ia memperoleh kemenangan, 9 kali seri, 4 kali kala. Flamma pun tercatat sebagai seorang gladiator yang empat kali diberi kesempatan memperoleh rudis (pedang kayu) dalam empat kali pertarungan, namun ia tidak mengambil kesempatan itu dan tetap bertarung. Rudis diberikan oleh pemilik sebagai tanda kebebesan seorang budak gladiator.

4. Crixus
Crixus adalah seorang gladiator berdarah Gallia yang memperoleh kesuksesan di arena gladiaor. Crixus pun menjadi seorang Lanista yakni seorang pemilik dan pelatih di sebuah akademi gladiator. Ia pun pernah membantu kerajaan Roma untuk menumpas para budak yang memberontak. Namun ketika berniat untuk memisahkan pasukannya dari pasukan utama Roma, dan bergerak menuju selatan Italia, Legiun Romawi mengira Crixus dan pasukannya membelot dan mereka berperang.

5. Carpophorus
Ketika para gladiator sebelumnya dikenal tangkas dalam melakukan pertarungan tangan dan senjata antar sesama gladiator, Capophorus dikenal dengan keahlianya menghadapi dan membunuh binatang liar. Di arena Amphitheatre ia pernah mengalahkan beruang, singa, dan macan dalam sebuah pertarungan tunggal. Di pertarungan lainnya ia pernah membunuh badak hanya dengan menggunakan tombak. Secara kesuluruhan diperkirakan ia telah membunuh 20 hewan liar dalam satu hari. Meskipun ia adalah seorang gladiator yang bernyali besar namun kariernya tidak berlangsung lama.(**)

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, April 2013.