Monday, March 30, 2015

Fakta Dunia "GENGHIS KHAN - KHAGAN OF THE MONGOL EMPIRES - PART 4"

http://massandry.blogspot.com
Dinasti Xia Barat
Pada 1206 kemajuan politik dari Genghis Khan, Kekaisaran Mongol yang diciptakan oleh Genghis Khan dan sekutunya bertetangga oleh Tanguts Dinasti Xia Barat. 

Dinasti Jin di timur dan barat, yang di pimpin oleh orang2x Manchu, yang memerintah utara Cina sekaligus pemimpin suku2x Mongol selama berabad2x.

Genghis Khan mengumpulkan orang2x, tentara, dan negaranya untuk pertama2x berperang denga Xia Barat, atau Xi Xia, yang lebih dekat dengan tanah Mongol. Dia dengan tepat memperkirakan pemimpin muda Dinasti Jin yang lebih kuat tidak akan datang membantu Xi Xia. Ketika Tanguts meminta bantuan Dinasti Jin, mereka dengan tegas menolak. Meski mengalami sedikit kesulitan merebut kota2x Xia yang bertembok tinggi dan terjaga dengan baik, Genghis Khan memaksa Xia barat menyerah pada 1209. .

Dinasti Jin
Pada 1211, setelah penaklukan Xia barat, Genghis Khan merencanakan lagi untuk menaklukan Dinasti Jin. Komandan pasukan Dinasti Jin membuat kesalahan taktis dengan tidak menyerang tentara Mongol pada kesempatan pertama. Sebagai gantinya, Komandan Jin mengirim seorang utusan, Ming-Tan, kepada bangsa Mongol, yang membelot dan memberitahu tentara Mongol bahwa tentara Jin menanti di sisi lain dari tempat itu. Pada pertempuran yang dilakukan pada Lembah Badger pasukan Mongol membantai ribuan tentara Jin. Pada 1215 Genghis mengepung, menaklukan dan menghancurkan ibukota Jin, Yanjing (Selanjutnya dikenal dengan Beijing). Ini memaksa Kaisar Xuanzong untuk memindahkan ibukotanya ke selatan, Kaifeng, meninggalkan bagian utara kerajaannya kepada bangsa Mongol.

Kara-Khitan Khanate
Kuchlug, Khan yang diasingkan dari konfederasi Naiman yang dikalahkan oleh Tem├╝jin kabur ke barat dan merampas kekuasaan khanate dari Kara-Khitan (juga dikenal sebagai Kara Kitay). Genghis Khan memutuskan untuk menaklukan Kara-Khitan khanate dan mengalahkan Kuchlug, juga untuk mengeluarkan dia dari kekuasaan. Pada saat ini tentara Mongol kelelahan dari operasi yang berlangsung selama 10 tahun melawan Xia Barat dan Dinasti Jin. Karena itu Genghis hanya mengirim dua tumen (20,000 prajurit) melawan Kuchlug, dibawah kepemimpinan salah satu Jendral mudanya, Jebe, Dikenal dengan julukan "Sang Panah".

Dengan jumlah tentara yang sedikit, tentara Mongol harus mengubah strategi dan mengandalkan siasat2x untuk memecah belah para pendukung Kuchlug, membuat Khara-Khitan Khanate menjadi lebih mudah untuk diserang pasukan Mongol. Sebagai hasilnya pasukan Kuchlug mengalami kekalahan di Kashgar Barat. Kuchlug melarikan diri lagi, tapi segera diburu oleh tentara Jebe dan dieksekusi. Pada 1218, sebagai hasil dari kekalahan Kara-Khitan Khanate, Kekasiaran Mongol dan kekuasannya tersebar sampai ke barat di Danau Balkhash, yang berbatasan dengan Kekaisaran Khwarezmia, sebuah negara Muslim yang terbentang antara Laut Kaspia di barat dan Teluk Persia dan Laut Arab di selatan.