Monday, March 30, 2015

Fakta Dunia "GENGHIS KHAN - KHAGAN OF THE MONGOL EMPIRES - PART 8"

http://massandry.blogspot.com
Berikut adalah susunan Khanates yang disusun oleh Genghis Khan setelah kematiannya:
Kerajaan dari Khan yang Agung: Ögedei Khan, sebagai Khan yang agung, memperoleh sebagian besar Asia Timur, termasuk Cinal Teritorialnya kemudian menjadi Dinasti Yuan dibawah Kubilai Khan

Tanah Air Mongol (sekarang disebut Mongolia, termasuk Karakorum): Tolui Khan, menjadi yang termuda, memperoleh wilayah kecil dekat dengan tanah air Mongol sesuai tradisi.

Chagatai Khanate: Chagatai Khan, Anak kedua Genghis Khan, diberikan Asia Tengah dan utara Iran.
Blue Horde kepada Batu Khan, dan White Horde kepada Orda Khan, keduanya digabungkan kedalam Kipchak Khanate, dibawah Toqtamysh. Anak tertua Genghis Khan, Jochi, menerima Rusia dan Ruthenia. Karena Jochi meninggal sebelum Genghis Khan, wilayahnya dibagikan kepada anak2xnya. Batu Khan melancarkan serangan ke Rusia, dan kemudian Hungaria dan Polandia, dan menghancurkan beberapa pasukan sebelum dipanggil kembali karena kabar kematian Ögedei.

Penerus Genghis Khan, Ögedei Khaghan.
Dibalik kepercayaan umum, Genghis Khan tidak menaklukan semua wilayah Kekaisaran Mongol. Pada waktu kematiannya, Kekaisaran Mongol membentang dari Laut Kaspia ke Laut Jepang. Perluasan wilayah berlanjut untuk beberapa generasi setelah kematian Genghis pada 1227. Dibawah penerus Genghis, Ögedei Khan kecepatan penaklukan meraih puncaknya. Tentara Mongol merangsek menuju Persia, menghabisi Xi Xia dan sisa2x Khwarezmid, dan memulai perang dengan Dinasti Song dari Cina, menciptakan perang yang berlangsung hingga 1279 dan berakhir dengan pendudukan Mongol atas seluruh Cina. Mereka juga merangsek masuk dalam ke Rusia dan Eropa Timur.

Persepsi
Seperti halnya penakluk2x lainnya, Genghis Khan digambarkan secara berbeda oleh orang2x yang ia taklukan dan semua yang takluk olehnya. Pandangan negatif dan positif atas Genhis Khan sangatlah umum oleh berbagai sejarah dalam kebudayaan yang berbeda, dari berbagai letak geografis. Mereka kadan menceritakan kekejaman dan kehancuran oleh tentara Mongol; yang lain menceritakan aspek positif dari Penaklukan Genghis Khan.

Genghis Khan on the reverse of a Kazakhstan 100 Tenge coin
Genghis Khan dihargai dengan membawa Jalur Sutra kedalam satu lingkungan politik yang berkesinambungan. Ini memungkinkan peningkatan komunikasi dan perdagangan dengan Bangsa2x di Barat, Timur Tengah dan Asia, yang memperluas pandangan kebudayaan antara ketiga area budaya tersebut. Beberapa sejarahwan bahwa Genghis Khan mempertahankan tingkatan meritokrasi (Sistem pemerintahan berdasarkan Jasa dan Loyalitas) dalam pemerintahannya, sangat toleran terhadap berbagai agama dan menjelaskan keputusannya dengan jelas kepada semua prajuritnya. Pada masa Modern di Turki, Genghis Khan dilihat sebagai pemimpin yang hebat, dan sangat populer untuk anak laki2x memperoleh gelarnya sebagai nama.

Di Mongolia
Secara tradisional Genghis Khan telah diagungkan untuk berabad2x di kalangan rakyat Mongol, dan juga beberapa suku etnis lainnya seperti Turki, sebagian besar karena asosiasinya dengan Mongol, organisasi politik dan militer, dan juga kemenangannya dalam perang. Dia menjadi sebuah figur yang sangat agung pada rakyat Mongol dan masih dianggap sebagai simbol kebudayaan Mongol.

Equestrian statue of Genghis Khan, the largest (40 metres tall) in the world, near Ulaanbaatar, Mongolia.

Selama masa Komunis, Genghis Khan sering dianggap sebagai reaksi, dan pernyataan positif mengenainya dihindari. Pada 1962, pendirian sebuah monumen di tempat lahirnya dan sebuah konferensi diadakan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 800 menimbulkan kritik dari bangsa Soviet, yang mengakibatkan pemberhentian Tömör-Ochir, seorang sekretaris dari Partai Revolusi Rakyat Mongol.

Pada awal 1990an, ketika demokrasi didirikan di Mongol, kenangan Genghis Khan dengan tradisi Mongol sebagai identitas nasional memperoleh dukungan besar dari partai Republic Rakyat Mongol. Genghis Khan telah menjadi figur sentral dari identitas nasional. Dia dilihat dengan baik oleh Rakyat Mongol atas perannya menyatukan berbagai suku yang berperang. Namun, ada jurang antara persepsi mengenai kebrutalannya - Rakyat Mongol mempertahankan bahwa catatan sejarah yang ditulis oleh bangsa selain Mongol sangat tidak adil mengenai Genghis Khan; dan dalam hal ini pembantaiannya terlalu dibesar2xkan tetapi peran positifnya dikurang2xi.

Genghis Khan on the Mongolian 1,000 tögrög banknote
Nama Genghis Khan dan sejenisnya sering digunakan pada produk, jalanan, bangunan dan tempat2x lain. Wajahnya dapat ditemukan di berbagai komoditas, dari minuman sampai ke uang 500, 1000, 5000, dan 10,000 mata uang Mongol tögrög (₮). Nama bandara Internasional Mongol telah diganti menjadi Chinggis Khaan, dan patung2x besar Genghis Khan telah dibangun didepan gedung parlemen dan dekat Ulaanbaatar. Telah terjadi beberapa diskusi mengenai pengaturan penggunaaan namanya dan gambarannya untuk menghidari hal2x yang tidak dibutuhkan.

Statue of Genghis Khan in front of the Mongolian government building in Sükhbaatar Square, Ulaanbaatar
Genghis Khan sekarang di anggap sebagai salah satu pemimpin yang paling berjasa di Mongol. Dia berhasil menggerakkan Mongol sebagai suatu identitas politik dan etnis karena sebelumnya belum pernah ada identitas yang satu antara berbagai suku yang mempunyai kesamaan budaya. Dia memperkuat tradisi Mongol dan menyediakan kestabilan dan kesatuan ketika masa peperangan antar suku. Dia juga dihargai atas pengenalan Skrip Mongol dan penciptaan Ikh Zasag, hukum tertulis pertama aturan Mongol. Singkatnya rakyat Mongol melihatnya sebagai sebuah figur fundamental yang mendirikan Kekaisaran Mongol, dan dengan demikian mendirikan Mongolia sebagai sebuah negara.

Genghis Khan Monument in Hohhot
Ada beberapa pandangan mengenai Genghis Khan di Republik Rakyat Cina dengan beberapa memandangnya secara positif di dalam bagian pro Mongol dimana ada sebuah monumen dan bangunan mengenainya dan dimana ada sekitar 5 juta orang Mongol di daerah tersebut, hampir dua kali lipat populasi Mongolia. Ketika Genghis Khan tidak pernah menaklukan seluruh Cina, anaknya Kubilai Khan menyelesaikan penaklukan tersebut, dan mendirikan Dinasti Yuan yang sering disebutkan sebagai penyatuan kembali Cina. Banyak juga hasil seni dan wacana memuji Genghis sebagai seorang pemimpin militer yang hebat dan ahli politik jenius. Tahun2x ketika Mongol mendirikan Dinasti Yuan meninggalkan catatan yang tak dapat dihapus dalam politik Cina dan struktur sosial untuk berbagai generasi. Secara umum kekuasaan Genghis Khan dan keturunannya, yang menyelesaikan penaklukan Cina setelah 65 tahun perjuangan, menjadi topik yang hangat, bahkan sampai saat ini.

Invasions like Battle of Baghdad (1258) by his grandson are disliked in the Iraqi region.
Di Irak dan Iran, dia dilihat sebagai penghancur dan pembantai yang menyebabkan kerusakan dan kehancuran kepada populasi dari area2x tersebut. Sama halnya di Afganistan (bersama dengan negara2x non muslim lainnya) dia dipandang kurang menguntungkan meski beberapa grup menimbulkan pertentangan karena dipercaya bahwa Hazara dari Afganistan adalan keturunan dari bangsa Mongol yang pernah ditempatkan disana. Invasi atas Baghdad, Samarkand, Urgench, Kiev, Vladimir diantara yang lain menyebabkan pembunuhan massal, seperti bagian selatan Khuzestan yang luluh lantak. Keturunannya, Hulagu Khan menghancurkan banyak bagian utara Iran. Diantara rakyat Iran, dia dipandang seperti Alexander dan Tamerlan sebagai salah satu penakluk yang paling dibenci dari Iran. Di Rusia, Timur Tengah, Korea, Cina, Ukraina, Polandia, dan Hungaria, Genghis Khan dan tentaranya diduga menjadi penyebab kehancuran dan kerusakan.

The statue before his mausoleum
Sekitar 1155, 1162, or 1167: Temüjin dilahirkan dekat Khentii mountains.
Pada umur 9 tahun, ayah Temüjin,Yesükhei diracuni oleh suku Tatars
c. 1184: Istri Temüjin Börte diculik oleh suku Merkits; Dia meminta bantuan Jamuka dan Wang Khan, dan mereka menyelamatkannya.
c. 1185: Anak pertama Jochi lahir; menyebabkan perdebatan mengenai asal-usulnya diantara anak2x Genghis, karena dia lahir tidak lama setelah Börte diselamatkan dari suku Merkits.
1190: Temüjin menyatukan suku2x Mongol, menjadi pemimpin, dan menyusun kode hukum Yassa.
1201: Kemenangan atas suku Jadarans (yang didirikan oleh Jamuka).
1202: Diadopsi sebagai penerus Wang Khan setelah menghancurkan suku Tatars.
1203: Kemenangan atas suku Keraits (Wang Khan). Wang Khan sendiri terbunuh secara tidak sengaja oleh suku Naiman.
1204: Kemenangan atas suku Naiman (Semua konfederensi bersatu dan menjadi bangsa Mongol).
1206: Jamuka terbunuh. Temüjin diberikan gelar Genghis Khan oleh pengikutnya pada sebuah Kurultai (sekitar umur 40 tahun).
1207–1210: Genghis memimpin operasi melawan Xia Barat, yang terdiri dari Barat laut Cina dan Tibet. Pemimpin Xia Barat menyerah kepada Genghis Khan. Selama periode ini suku Uyghurs juga menyerah kepada bangsa Mongol dan menjadi administrator untuk keseluruhan kekaisaran.
1211: Setelah Kurultai, Genghis memimpin tentaranya melawan Dinasti Jin yang menguasai utara Cina.
1215: Bejing jatuh; Genghis Khan menuju ke barat menuju Khara-Khitan Khanate.
1219–1222: Menaklukan kerajaan Khwarezmid.
1226: Memulai operasi militer atas Xia Barat karena membentuk koalisi melawan Mongol, pertempuran kedua melawan Xia Barat.
1227: Genghis Khan meninggal setelah menaklukan orang Tangut. Sebab kematian tidak diketahu, meski legenda menyatakan bahwa dia jatuh dari kuda dalam pertempuran dan terkena penyakit mematikan setelah itu.
Lonely_dragon's opinion:

Penakluk terhebat sepanjang sejarah menurut saya... Dia memulai dari 0 dan berjuang dari kondisi yang serba sulit untuk memperoleh posisinya dalam situasi Mongol yang tidak bersahabat... Kalau ada yang menonton film asing Mongols pasti tersentuh akan kepribadiannya... Tidak ada penakluk lain yang dapat menyaingi dirinya dalam hal wilayah kekuasaan dan kesinambungan kerajaannya...