Tuesday, March 3, 2015

Bacaan Ringan "TIMELINE EROPA SEJAK ABAD PERTENGAHAN - PART 7"

http://massandry.blogspot.com
1414CE: Abad Pertengahan Eropa - Sebuah pemberontakan Lollard di Inggris gagal.Beberapa retret Lollard bawah tanah dan bantuan Reformasi Protestan pada abad keenam belas.

1415CE: Abad Pertengahan Eropa - John Hus perjalanan ke Konsili Konstanz untuk mengusulkan reformasi bagi Gereja. Setibanya di Dewan, Hus dicoba untuk bid’ah dan dibakar.Kematiannya mendorong pemberontakan lebih lanjut oleh pengikutnya.

1417CE: Eropa Abad Pertengahan - Dewan Constance, pertemuan terbesar dalam sejarah Gereja Abad Pertengahan, mengakhiri Skisma Besar. Dewan mendapat dukungan sekuler dan memilih Martin V sebagai paus. Ia menggantikan monarki kepausan dengan pemerintah konsili, yang mengakui sebuah dewan wali gereja sebagai otoritas paus, dan mandat pertemuan sering dewan. Ini periode baru ini dikenal sebagai kepausan wilayah Italia, yang berlangsung sampai 1517CE .

1419CE: Abad Pertengahan Eropa - Provinsi istirahat Burgundy dari Perancis dan sekutu dengan Inggris selama Perang Seratus Tahun.

1420CE: - ”. Salibis” Eropa Abad Pertengahan pendukung Hus ‘kekalahan Jerman Semakin rendah kelas Hussites yang dipimpin oleh John Zizka umum.

1427CE: Abad Pertengahan Eropa - Thomas a Kempis menulis Mengikuti Kristus, manual mengarahkan individu melalui mistisisme Ortodoks. Awalnya dalam bahasa Latin, itu diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa untuk penonton awam. Tema utamanya menyangkut jalan kesalehan Kristen bagi mereka yang aktif dalam kehidupan sehari-hari, persekutuan dengan Kristus, meditasi Alkitab dan kehidupan moral. Sakramen hanya menyarankan kepada pembaca adalah Ekaristi.

1429CE: Eropa Abad Pertengahan - Joan of Arc, seorang gadis petani di Perancis, mencari pemimpin Perancis dan misi ilahi berhubungan nya-terinspirasi untuk mengusir Inggris dari Perancis. Dia mengambil kendali dari pasukan Perancis dan membebaskan sebagian besar dari pusat Perancis.

1430CE: Eropa Abad Pertengahan - Joan of Arc ditangkap dan dibawa ke Inggris. Inggris menuduhnya penyihir dan mengutuk dia untuk sesat. Joan dibakar di depan umum di kota Rouen.

1434CE: Abad Pertengahan Eropa - Bangsawan Hussites mengakhiri pemberontakan pendukung Hus dan upaya mereka reformasi sosial dan keagamaan. Bohemia tidak kembali ke Katolik Ortodoks sampai Reformasi Katolik abad ketujuh belas.

Istana Medici

1434CE: Abad Pertengahan Eropa -keluarga bankir Medici mendominasi pemerintah Florence.

Kaisar terakhir Bizantium bertempur dan meninggal di Konstantinopel dikepung oleh Ottoman pada 1453
1453CE: Abad Pertengahan Eropa - Turki Ottoman mengambil peradaban Bizantium Konstantinopel dan akhir. Raja Perancis Charles VII menangkap Bordeaux di barat daya dan berakhir Perang Seratus Tahun, selama pemerintahan Inggris Raja Henry VI dan setelah penarikan Burgandy dari bahasa Inggris aliansi. Monarki Perancis membangun kembali aturan dan kembali untuk mengumpulkan pajak nasional dan memelihara tentara berdiri di masa damai. Monarki menjadi lebih kuat selama pemerintahan Louis XI (1461 – 1483) dan Louis XII (1498 - 1515).

1454CE: Eropa Abad Pertengahan - Italia dibagi menjadi lima wilayah utama: Venice, Milan, Florence, Amerika Kepausan dan kerajaan selatan Naples.

1455CE: Eropa Abad Pertengahan - Henry VI dari Inggris (1422-1461) upah Wars of Roses. Dua sisi dari perang adalah mawar merah (keluarga Henry di Lancaster) dan mawar putih (rumah York). Yorkist Richard III keuntungan kerajaan untuk waktu yang singkat.

Pernikahan Ivan III dan Sophia Palaiologina
1462CE: Eropa Abad Pertengahan - Ivan III dari Moskow lampiran semua kerajaan Rusia antara Moskow dan Polandia-Lithuania selama dua puluh tiga tahun.

1469CE: Eropa Abad Pertengahan -Ferdinand dari Aragon menikah Isabella dari Kastilia, dan dua kerajaan Spanyol akhir konflik mereka tetapi tetap kekuatan terpisah.

1477CE: Eropa Abad Pertengahan - Charles Bold dari Burgundy ditangkap oleh Swiss, dan Louis XI recaptures wilayah yang hilang.

1482CE: Eropa Abad Pertengahan - Ivan III dari Moskow (1462 – 1505CE) renounces aturan Khanate Mongol atas Rusia. Bangsa Mongol tidak menolak dalam terang dari bangkitnya negara Moskow.

1485CE: Eropa Abad Pertengahan - Dengan berakhirnya Perang Mawar di Inggris, dinasti Tudor menggantikan Richard III. Henry VII, raja Tudor pertama, aturan untuk dua puluh empat tahun dan menghidupkan kembali takhta Inggris. Dia membangun kembali kekuasaan raja atas aristokrasi, ujung pendanaan perang asing dan reformasi keuangan. Parlemen juga menjadi bagian stabil dari sistem pemerintahan.

1492CE: Abad Pertengahan Eropa -Ferdinand dan Isabella lampiran Granada, mengusir semua orang Yahudi dari Spanyol dan mencari ekspansi ke luar negeri (misalnya, sebagai pelindung dari Christopher Columbus). Aliran emas Amerika dan perak melalui Spanyol, penaklukan Meksiko dan Peru dan keunggulan di medan membuat Spanyol negara paling kuat di Eropa.

1505CE: Eropa Abad Pertengahan - Ivan Agung Moskow memperluas perbatasan Rusia ke Belarus dan wilayah Ukraina, sebelum kematiannya. Muscovian Rusia diakui sebagai kekuatan Timur yang berorientasi utama di Eropa.