Tuesday, March 3, 2015

Bacaan Ringan "TIMELINE EROPA SEJAK ABAD PERTENGAHAN - PART 1"

http://massandry.blogspot.com
500CE: Eropa Abad Pertengahan -Clovis, pendiri negara kaum Frank, menaklukkan sebagian besar Prancis dan Belgia, mengkonversi wilayah ke Barat Kristen Katolik. Ia mendirikan dinasti Merovingian dan melewati kerajaannya pada anak-anaknya, yang mulai berkelahi satu sama lain untuk wilayah tambahan. 

590CE: Eropa Abad Pertengahan - Paus Gregorius, awalnya seorang Benediktin, menciptakan kebijakan keagamaan untuk Eropa barat dengan menggabungkan kepausan Romawi dengan monastisisme Benediktin. Ia menciptakan gereja Latin, yang berfungsi untuk menangkal subordinasi paus kaisar Romawi Timur. Sebagai besar keempat “bapa gereja,” St Gregorius Agung menarik teologinya dari Ambrosius dari Milan, Jerome dan Agustinus dari Hippo. Konsep Nya api penyucian dan penebusan dosa memperlebar jurang antara Gereja Timur dan Barat. Dia memerintah sampai kematiannya pada 604CE.

600CE: Abad Pertengahan Eropa - awal Abad Pertengahan dimulai pada 600CE dan terakhir sampai 1050CE.

610CE: Eropa Abad Pertengahan - Heraklius menjadi Kaisar di Konstantinopel sebagai Kekaisaran Persia mencoba pengambilalihan peradaban Bizantium. Demi kenyamanan, aturan Heraklius umumnya menandai awal sejarah Bizantium, meskipun dapat dikatakan bahwa peradaban Bizantium dimulai dengan Diokletianus, Konstantinus atau Justinianus.

627M: Abad Pertengahan Eropa - Persia ditaklukkan oleh pasukan Bizantium.Salib Yerusalem diambil dari Persia, yang mencuri relik dalam 614CE. Heraclius memerintah sampai kematiannya pada 641CE.

650CE: Abad Pertengahan Eropa -pasukan Arab menaklukkan sebagian besar wilayah Bizantium, yang sebelumnya ditempati oleh Persia.

677CE: Abad Pertengahan Eropa - Arab berusaha untuk menaklukkan Konstantinopel tetapi gagal.

687CE: Eropa Abad Pertengahan - Pepin dari Heristal, seorang penguasa Merovingian, menyatukan wilayah-wilayah kaum Frank dan membangun pusat kerajaan di Belgia dan lainnya Rhine daerah. Ia digantikan oleh putranya, Charles Martel, yang membentuk aliansi dengan Gereja yang membantu Dinasti Merovingian (dan Kristen) untuk memperluas ke Jerman. Pepin Pendek berhasil ayahnya, Charles Martel, dan memperkuat aliansi antara misionaris Benediktin dan ekspansi kaum Frank.

700CE: Abad Pertengahan Eropa -misionaris Benediktin menyelesaikan konversi Inggris dimulai oleh St Gregorius Agung.

717CE: Abad Pertengahan Eropa - Arab berusaha untuk menaklukkan Konstantinopel untuk kedua kalinya.Kaisar Bizantium Leo Isaurian, yang memerintah sampai 741CE, counter militer upaya Arab dengan “Api Yunani” (campuran cairan sulfur, naphtha dan kapur yang dilepaskan dari tabung perunggu, terletak di kapal dan di dinding Konstantinopel) dan besar kekuatan. Leo mengalahkan pasukan Arab dan reconquers sebagian besar Asia Kecil. Wilayah Asia Kecil, bersama dengan Yunani, menjadi kursi peradaban Bizantium selama beberapa abad.

735CE: Abad Pertengahan Eropa - Bede Mulia, Anglo-Saxon Benediktin sarjana, menulis Sejarah Gereja Orang Inggris dan dalam bahasa Latin, mungkin penulisan sejarah terbaik dari sejarah abad pertengahan.

740CE: Eropa Abad Pertengahan - Gerakan iconoclastic diprakarsai oleh Kaisar Bizantium Leo Isaurian, namun gerakan berkembang di bawah pemerintahan putranya Konstantinus V yang aturan sampai 775CE. Para iconoclasts advokat melakukan jauh dengan ibadah paganistic ikon (gambar Kristus atau orang kudus). Bagi mereka, Kristus tidak dapat diwujudkan atau dipahami melalui seni manusia.Kontroversi ikonoklas berakhir pada abad kesembilan ketika spiritualitas Bizantium baru mengakui bahwa kontemplasi ikon dapat membantu assend seseorang dari material ke material.

750CE: Abad Pertengahan Eropa - puisi epos besar pertama Inggris, Beowulf, ditulis dalam bahasa Inggris Lama. Karya ini anonim dan judul sampai 1805. Ini adalah puisi Kristen yang mencontohkan masyarakat abad pertengahan di Inggris awal dan menunjukkan akar dalam UU Perjanjian Lama.

750CE: Abad Pertengahan Eropa -biarawan Irlandia Abad Pertengahan menetapkan awal seni. Produk hidup terbesar dari para biarawan adalah Kitab Kells, sebuah buku Injil seni dekoratif.

751CE: Abad Pertengahan Eropa - StBonifasius mengurapi seorang raja Pepin sanksi ilahi, dan monarki Frank menyatu ke dalam urutan kepausan. Kerajaan Eropa Barat, berdasarkan aliansi antara monarki Frank dan Gereja Latin, menyediakan citra kesatuan budaya Barat untuk Eropa, meskipun tidak berlangsung lama.

768CE: Abad Pertengahan Eropa - anak Pepin itu, Carolus Magnus (Charlemagne), berhasil ayahnya dan merupakan salah satu penguasa yang paling penting dari sejarah abad pertengahan.Dalam waktu, kerajaan, yang dikenal sebagai dinasti Carolingian, termasuk bagian yang lebih besar dari Eropa Tengah, Italia utara dan tengah Italia di samping alam yang sudah ditaklukkan oleh aturan Frank. Sistem pemerintahan Charlemagne membagi wilayah yang luas ke berbagai daerah, dikuasai oleh lokal “jumlah” yang diawasi oleh perwakilan dari pengadilan sendiri Charlemagne.Selain itu, untuk membantu ekspansi dan administrasi kerajaan, Charlemagne mempromosikan, apa yang disebut kemudian, “Renaisans Carolingian.” Sebelum kebangunan pembelajaran, praktis seluruh dunia (dengan pengecualian Benediktin Inggris) adalah buta huruf karena pembusukan dari Kekaisaran Romawi.Direktur “renaisans” adalah Anglo-Saxon Alcuin Benediktin, yang menerima pengetahuan dari seorang mahasiswa Bede. Alcuin set up sekolah, melihat ke menyalin teks Latin klasik dan mengembangkan tulisan tangan baru.

800CE: Eropa Abad Pertengahan - Pada Hari Natal, Charlemagne dimahkotai Kaisar oleh Paus di Roma.Acara ini menunjukkan budaya Barat otonom berdasarkan kekristenan Barat dan linguistik Latin. Charlemagne menetapkan sekolah di semua keuskupan dan biara-biara di bawah kekuasaannya.